cover
Contact Name
Mumuh Mulyana
Contact Email
jurnal.ibik@gmail.com
Phone
+622518337733
Journal Mail Official
redaksi.jadkes@gmail.com
Editorial Address
Kampus IBI Kesatuan Jalan Ranggagading No. 1 Kampung Gudang, Bogor Tengah
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan
ISSN : 27457508     EISSN : 27457508     DOI : https://doi.org/10.37641/jadkes
Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan adalah media ilmiah yang independen bagi para Dosen dan Peneliti di bidang Pengabdian Kepada Masyarakat. Terbit dua kali dalam setahun, pada bulan Juni dan Desember. Mempublikasikan hasil-hasil pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dalam arti luas. Dikelola oleh LPPM IBI Kesatuan
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2020): JADKES Edisi Desember 2020" : 15 Documents clear
PKM Donasi Alat Pelindung Diri Bagi Tenaga Kesehatan Puskesmas di Kota Bogor pada Masa Pandemi Covid-19 Muktiadji, Nusa; Rainanto, Bambang Hengky; Cahyani, Nani; Herawati, Heti; Mulyana, Mumuh; Noor, Tubagus Dicky Faldy Syahid
Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan Vol. 1 No. 2 (2020): JADKES Edisi Desember 2020
Publisher : LPPM Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37641/jadkes.v1i2.479

Abstract

Kegiatan donasi saat ini sangat dibutuhkan, karena adanya wabah pandemic covid-19 yang terlah menyebar di Indonesia sejak Maret 2020 dengan kasus terkonfirmasi positif hingga 2 Juni 2020 sebanyak 27.549 orang. menyebabkan masker yang sangat dibutuhkan menjadi langka dan memiliki harga yang cukup tinggi dan tidak terjangkau. Di sisi lain, selain para tenaga medis yang membutuhkan masker, para masyarakat pun memerlukannya. Selain masker, kebutuhan akan sabun cuci tangan yang cukup tinggi membuatnya mahal Oleh karena itu, kegiatan donasi dirasa sangat diperlukan untuk membantu dan meringankan beban bagi masyarakat ataupun tenaga medis. Mengingat bahwa seluruh lapisan masyarakat dari berbagai bidang terkena dampak yang signifikan dari merebahnya wabah pandemi covid-19. Seluruh elemen masyarakat, tak terkecuali institusi pendidikan ikut bahu membahu untuk meringankan beban yang dirasakan.
Pelatihan Pengembangan Merek Dan Kemasan Bagi UMKM Kota Bogor Sulistiono, Sulistiono; Mulyana, Mumuh; Firmansyah, Muhammad Fikri
Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan Vol. 1 No. 2 (2020): JADKES Edisi Desember 2020
Publisher : LPPM Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37641/jadkes.v1i2.512

Abstract

Ketatnya persaingan dalam dunia usaha menjadikan pengusaha berupaya untuk mendominasi pasar. Strategi pemasaran lewat pengembangan merek dan kemasan inilah sebagai saluran agar dapat menarik calon pembeli, Merek merupakan investasi jangka panjang,apabila dikelola dengan baik akan memberikan keuntungan besar bagi perusahaan yang mengelolanya. Disamping pengembangan merek, yang harus diperhatikan dalam sebuah produk adalah kemasan. Oleh karenanya, kemasan ini termasuk strategi produk, dengan cara memperbaiki bentuk luar dari produk, seperti pembungkus, etiket, warna dan lain-lain. Dalam rangka pemenuhan ketercapaian dalam penjualan produk maka diperlukan adanya pemahaman tentang pengembangan merek dan kemasan . Salah satu yang perlu diberikan informasi tersebut adalah para pelaku UMKM yang merupakan penyumbang terbesar dalam perekonomian Nasional. Sasaran kegiatan ini adalah pelaku UMKM di wilayah Bogor. Pertimbangan penetapan sasaran pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pelaku UMKM dalam memasarkan produknya melalui pengembangan merek dan kemasan sehingga dapat meningkatkan volume penjualan UMKM.
PKM Pembekalan Pelaku UMKM Kota Bogor Tentang Strategi Diferensiasi Dan Positioning Untuk Bertahan Dan Menang Rainanto, Bambang Hengky; Fathiah, Rita
Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan Vol. 1 No. 2 (2020): JADKES Edisi Desember 2020
Publisher : LPPM Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37641/jadkes.v1i2.513

Abstract

Tujuan diadakannya PKM Pembekalan Pelaku UMKM dengan materi Strategi Diferensiasi dan Positioning untuk Mempertahankan dan Memenangkan Pasar adalah untuk memberi informasi dan melatih mental pelaku UMKM Kota Bogor tentang strategi bertahan dan sukses para kepada pelaku UMKM di tengah pasar yang selalu berubah. Membuat diferensiasi dan memperkuat positioning oleh para pelaku UMKM perlu diinfromasikan karena sebagian pelaku UMKM masih melakukan perubahan para produk yang dihasilkan sehingga mereka tidak memiliki pasar yang tetap. Metode pelaksanaan yang dilakukan adalah memberikan contoh-contoh industri yang ada di sekitar kita terkait dengan cara-cara mereka melakukan diferensiasi, kemudian memperkuat positioning di pasar. Melalui pelatihan pelaku UMKM ini, diharapkan partisipan dapat menjadi pelaku UMKM yang mampu bertahan dan semakin meningkat di masa mendatang.
Pelatihan Digital Marketing Bagi Karyawan PT Mahatani Bogor di Era Pandemi Covid 19 Wibowo, Wadudi; Setiawan, Budi; Iriyadi, Iriyadi
Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan Vol. 1 No. 2 (2020): JADKES Edisi Desember 2020
Publisher : LPPM Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37641/jadkes.v1i2.514

Abstract

Perusahaan senantiasa akan berusaha untuk mengembangkan usahanya salah satunya dengan cara meningkatkan volume usaha. Hal ini bertujuan agar perusahaan mencapai laba optimal. Dalam proses pengembangan usaha, perusahaan membutuhkan kegiatan promosi yang digunakan untuk menunjang kelancaran operasional perusahaan . Digital marketing adalah kegiatan promosi dan pencarian pasar melalui media digital secara online dengan memanfaatkan berbagai sarana misalnya jejaring sosial. Tujuan diadakannya pelatihan digital marketing ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai pentingnya digital marketing di era Covid-19 bagi Karyawan PT. Mahatani. Ditengah situasi pandemi covid-19 saat ini membuat bisnis dipaksa beradaptasi dengan industri 4.0 dan ekonomi digital yang nyatanya dibutuhkan serta it works for customers! Adanya covid-19 ini bisa berdampak pada perubahan yang permanen dalam consumer purchase journey. Oleh sebab itu, transformasi digital menjadi kata kunci kelangsungan hidup sebuah bisnis atau brand.
Pelatihan Merancang Sistem Informasi Akuntansi Atas Prosedur Pembelian PT. Mahatani Kota Bogor Suharmiati, Suharmiati; Pramiudi, Udi; Puspitasari, Ratih
Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan Vol. 1 No. 2 (2020): JADKES Edisi Desember 2020
Publisher : LPPM Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37641/jadkes.v1i2.515

Abstract

UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menegah) di Indonesia menjadi salah satu sektor usaha yang cukup mendominasi dijalankan oleh pelaku usaha. Pengolahan data yang berhubungan dengan persediaan dilakukan menggunakan sistem manual, hal ini menyebabkan proses yang lama dalam menghitung stock persediaan, juga mengalami kesulitan dalam membuat laporan persedian dan keuangan terutama pada laporan pembelian. Sering terjadi data-data yang hilang. Pengelolaan data dan penyusunan laporan persediaan, terutama dalam hal melakukan pembelian untuk memenuhi kebutuhan stock persediaan membutuhkan sistem informasi untuk membantu dalam menuyusun laporan pembelian agar mendapatkan hasil data yang lebih akurat dan cepat. Jika tidak ada sistem pencatatan laporan pembelian yang terprogram dalam aplikasi komputerisasi, maka informasi tentang pembelian akan menghambat kelancaran sistem lainnya yang terdapat pada PT. Mahatani tersebut, karena didalam terdapat semua aktivitas operasional pekerjaan yang saling berkaitan. Untuk itu penulis melakukan Pelatihan Merancang Sistem Informasi Akuntansi atas Prosedur Pembelian studi kasus pada PT. Mahatani di Kota Bogor, dengan konsep desain yang mudah dipahami oleh pengguna sistem/user untuk membantu mempermudah dalam penyusunan laporan pembelian dengan tujuan untuk mendapatkan data dan informasi yang tepat dan akurat serta mempercepat dalam pengambilan keputusan. Kata kunci : UMKM, Sistem Informasi Akutansi, PT.Mahatani
Membangun Motivasi Dan Spirit Kewirausahaan Bagi Pelaku UMKM Di Kota Bogor Melalui Kegiatan Klinik Untuk Menciptakan Pengusaha Unggul Mekaniwati, Ani; Victor, Haniel
Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan Vol. 1 No. 2 (2020): JADKES Edisi Desember 2020
Publisher : LPPM Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37641/jadkes.v1i2.516

Abstract

Tujuan diadakannya kegiatan KUMPUL bagi pelaku UMKM Kota Bogor adalah untuk Memberi motivasi dan semangat kepada pelaku UMKM untuk melakukan wirausaha serta Meningkatkan kreativitas dan inovasi para pelaku UMKM. Metode pelaksanaan yang dilakukan adalah mengenalkan dan menjelaskan pemahaman tentang digital marketing, memberikan cara yang tepat dalam memasarkan produk dan jasa di era digital, memberikan pemahaman untuk dapat menganalisa produk pesaing. Melalui kegiatan ini, diharapkan partisipan dapat menjadi pelaku UMKM yang sukses baik ditingkat lokal Kota Bogor maupun Internasional.
Pelatihan Peningkatan Pengetahuan Tentang Pembukuan Keuangan Dan Laporan Keuangan Bagi Karyawan PT. Mahatani Di Kota Bogor Ariffin, Muhammad; Sastra, Heri; Srihandoko, Wimpi; Fahsani, Donny Hendry
Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan Vol. 1 No. 2 (2020): JADKES Edisi Desember 2020
Publisher : LPPM Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37641/jadkes.v1i2.517

Abstract

Setiap aktivitas usaha yang dilakukan oleh usaha kecil maupun menengah memerlukan sebuah laporan keuangan yang mencerminkan kegiatan usahanya selama satu periode, dimana laporan keuangan tersebut dapat berguna untuk memantau jalannya usaha. Tujuan laporan keuangan yaitu menghasilkan informasi mengenai posisi keuangan, kinerja dan arus kas dari entitas yang bermanfaat, guna pengambilan keputusan ekonomi oleh berbagai pengguna yang luas. Tanpa laporan keuangan, akan kesulitan melakukan kegiatan manajerial yang penting bagi perkembangan usaha. Salah satu kesulitan yang dihadapi usaha kecil maupun menengah apabila tidak memiliki laporan keuangan adalah ketika usaha kecil dan menengah telah berkembang sampai melakukan kegiatan ekspor barang dengan perusahaan asing, maka laporan keuangan menjadi tolak ukur perusahaan asing untuk melakukan kerja sama karena di dalam laporan keuangan dapat menggambarkan bagaimana fluktuasi kinerja usaha dari tahun ke tahun. Upaya yang dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan di atas adalah dengan meningkatkan pemahaman dan kemampuan karyawan PT. Mahatani dalam pengelolaan dan penyajian transaksi keuangan. Pelatihan penyusunan laporan keuangan bagi karyawan PT. Mahatani di Kota Bogor merupakan upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan di atas. Kata kunci: Akuntansi, Penyusunan Laporan Keuangan, Pengambilan Keputusan.
Pelatihan Tentang Teknik Mengakses Permodalan Perbankan (PT. Mahatani) Bogor Listari, Sinta; Silaen, Uluan; Syarif, Rini
Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan Vol. 1 No. 2 (2020): JADKES Edisi Desember 2020
Publisher : LPPM Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37641/jadkes.v1i2.519

Abstract

Perusahaan senantiasa akan berusaha untuk mengembangkan usahanya salah satunya dengan cara meningkatkan volume usaha. Hal ini bertujuan agar perusahaan mencapai laba optimal. Dalam proses pengembangan usaha, perusahaan membutuhkan modal usaha yang digunakan untuk menunjang kelancaran operasional perusahaan . Besarnya kebutuhan modal Usaha bagi perusahaan akan berbeda-beda, tergantung dari jenis usaha yang digarap, mulai dari usaha kecil, menengah, dan usaha besar. Masing-masing memerlukan modal dalam batas tertentu. Pada awalnya suatu perusahaan membiayai modal kerjanya berasal dari pemilik perusahaan. Namun seiring dengan perkembangan yang telah dicapai perusahaan, maka kebutuhan modal usaha pun akan meningkat dari waktu ke waktu. Modal usaha perusahaan dapat meningkat apabila terjadi peningkatan jumlah penjualan perusahaan. Peningkatan penjualan menyebabkan peningkatan jumlah persediaan barang dagangan. Modal Usaha dibutuhkan dalam rangka membiayai peningkatan jumlah persediaan bagi perusahaan. Penambahan modal usaha dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan mengakses permodalan lewat perbankan dengan pengajuan pinjaman. Kata kunci: Modal Usaha, Pengembangan Usaha, perbankan.
Peningkatan Pemahaman Pembukuan Koperasi Melalui Pemograman Sederhana Muanas, Muanas; Mulia, Isnan; Pamungkas, Bambang
Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan Vol. 1 No. 2 (2020): JADKES Edisi Desember 2020
Publisher : LPPM Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37641/jadkes.v1i2.520

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan meningkatkan kemauan, pemahaman dan kemampuan para karyawan koperasi dalam hal pembukuan, Tujuan meningkatkan pemahaman karyawan akan pembukuan yang sesuai dengan standar akutansi dan menerapkan pemograman sederhana, juga untuk mencapai tujuan koperasi dalam memajukan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi (a) ceramah atau penyuluhan yang berisi penyampaian atau pemaparan informasi untuk materi yang bersifat umum dan teoritis, dalam hal ini adalah materi untuk memotivasi murid-murid agar mau berwirausaha, cara menanamkan pemahaman murid-murid tentang teknis berwirausaha dan hal-hal lain yang sangat penting untuk dikuasai oleh peserta pelatihan, (b) tanya jawab yang memungkinkan murid-murid menggali pengetahuan sebanyak-banyaknya tentang kewirausahaan, dan (c) simulasi untuk memberikan kesempatan mempraktekkan materi pelatihan yang diperoleh. Kegiatan PPM yang telah dilaksanakan ini berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dari program ini, dan mendapatkan hasil yang baik. Kata Kunci: Koperasi, pembukuan, pemograman sederhana
Pendampingan Promosi Digital Bagi UMKM Kota Bogor Kusumayanti, Diah; Wibisono, Sandy; Sulistiono, Sulistiono
Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan Vol. 1 No. 2 (2020): JADKES Edisi Desember 2020
Publisher : LPPM Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37641/jadkes.v1i2.521

Abstract

UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menegah) di Indonesia menjadi salah satu sektor usaha yang cukup mendominasi dijalankan oleh pelaku usaha. Pandemi covid-19 merupakan tantangan yang besar bagi UMKM saat ini. Digitalisasi merupakan hal yang penting bagi UMKM dalam meningkatkan penjualan agar dapat bertahan dalam massa pandemi ini. Maka dari itu, perlu diadakan program pendampingan promosi digital bagi UMKM. Tujuan dari kegiatan pendampingan adalah memberikan pengetahuan mengenai bagaimana menentukan media digital yang sesuai dengan produk UMKM, memberikan pengetahuan mengenai cara promosi yang baik, dan memberikan pengetahuan mengenai hal hal yang penting dalam promosi di media digital. Metode yang digunakan adalah pendampingan dengan studi kasus produk produk yang akan dijual oleh UMKM yang bersangkutan. Fokus kegiatan pendampingan ini adalah bagaimana UMKM peserta dapat mengembangkan iklan melalui foto produk yang menarik dan bagaimana cara mengkomunikasikan produk dalam bentuk foto yang baik merupakan keahlian yang perlu dilatih agar dapat menjaring pangsa pasar yang lebih luas dalam dunia digital. Kata kunci: media digital, promosi digital, foto yang menarik dan komunikatif

Page 1 of 2 | Total Record : 15