cover
Contact Name
Rajab Ritonga
Contact Email
editor@caraka.web.id
Phone
+62811133471
Journal Mail Official
editor@caraka.web.id
Editorial Address
Indonesian Scientific Journal (Jurnal Ilmiah Indonesia) Jl. Pasar Atas No 3, Kompleks Setramas Kota Cimahi, Bandung http://idscience.id/
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Caraka : Indonesia Journal of Communication
ISSN : -     EISSN : 27456595     DOI : https://doi.org/10.25008/caraka
Core Subject : Education,
CARAKA Indonesian Journal of Communication is a peer-reviewed journal organized and published by the Indonesian Scientific Journal (Jurnal Ilmiah Indonesia). Accepted paper will be available online (free access), and there will be no publication fee. The author will get their own personal copy of the paperwork. The journal consists of online and print versions, published biannually at the end of June and December of the current year. As a scientific periodical, the journal is subject to standard provisions of peer reviews conducted by Communication Scholars from various universities. All submitted manuscripts will go through the double-blind peer review and editorial review before being granted with acceptance for publication. CARAKA Indonesian Journal of Communication is for publications focusing on social life in which communication occurs through the use of various media. The manuscripts to be published include the results of research, theoretical thinking, and the study of various phenomena of human life in communication. CARAKA Indonesian Journal of Communication is for publications focusing on social life in which communication occurs through the use of various media. The manuscripts to be published include the results of research, theoretical thinking, and the study of various phenomena of human life in communication. The area of research of JISKI are, but not limited to: Communication and National Resilience Communication and Policies Communication, War, and Conflicts Health Communication Globalization and Social Impact Media, Democracy and Integration Media Literacy and Media Education Media and Tourism Media and Development Media, Popular Culture, and Society Media and Religion Media and Identity Politics, Hegemony, and the Media Gender and Sexuality in the Media The Social Media and Subcultures Youth and Media Globalization Information Communication Technology (ICT) and Power Audience Analysis
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2023): Caraka : Indonesia Journal of Communication" : 5 Documents clear
Munculnya Kecemasan Sosial sebagai Masalah Kesehatan Mental pada Pengguna Media Sosial Sahputra, Dedi; Habibah, Puspita; Fitria, Dilla
CARAKA : Indonesia Journal of Communication Vol 4, No 1 (2023): Caraka : Indonesia Journal of Communication
Publisher : Indonesian Scientific Journal (Jurnal Ilmiah Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25008/caraka.v4i1.86

Abstract

Masifnya penggunaan media sosial menjadi fenomena seiring menggejalanya kecemasan sosial sebagai masalah kesehatan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola penggunaan media sosial yang menjadi indikator bagi munculnya kecemasan sosial di masyarakat. Penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan kajian pustaka (library research) dari beberapa literatur yang relevan dengan tujuan penelitian. Hasilnya menunjukkan, adanya keterkaitan antara pola bermedia sosial yang terhubung kepada kecemasan sosial. Pola penggunaan media sosial yang menjadi indikator seseorang akan mengalami kecemasan sosial yakni pertama, self disclosure yang diasumsikan sebagai, pengungkapan diri seseorang dalam rangka mencapai tujuan sosial, untuk klarifikasi diri, pengembangan hubungan, dan penegasan sosial, serta kontrol sosial, serta adanya efek alternatif dalam pengungkapan diri. Jika ada dua orang terlibat dalam suatu komunikasi yang berdiri pada pijakan yang sama maka akan mempromosikan keterbukaan diri secara bersama. Kedua, perilaku stalking atau penguntit melalui media sosial melibatkan pola berulang dari perilaku intrusif. Stalking adalah aspek lainnya dari perilaku media sosial yang mengacu pada kecenderungan impulsif, dengan melakukan pemeriksaan secara terus-menerus akun media sosial orang lain.
Pola Komunikasi Penyiar Radio Geronimo 106.1 FM Yogyakarta dalam Menjalin Komunikasi dengan Pendengar Khotimah, Siti; Agustina, Dwi Pela
CARAKA : Indonesia Journal of Communication Vol 4, No 1 (2023): Caraka : Indonesia Journal of Communication
Publisher : Indonesian Scientific Journal (Jurnal Ilmiah Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25008/caraka.v4i1.87

Abstract

Penelitian ini membahas pola komunikasi penyiar radio Geronimo 106.1FM Yogyakarta dalam menjalin komunikasi dengan pendengar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi penyiar radio 106.1FM Yogyakarta berkomunikasi dengan pendengar. Dalam kegiatan penyiaran, peran seorang penyiar sangat dominan mewakili radio dalam menyampaikan informasi dan hiburan menurut pendengarnya. Oleh karena itu, pola komunikasi yang sesuai dengan segmentasi pendengar juga perlu dikuasai oleh penyiar agar pendengar tetap setia mendengarkan Radio Geronimo 106.1FM. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teori interaksi simbolik. Penelitian ini juga menggunakan pendekatan fenomenologis. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah wawancara mendalam dan observasi partisipan di Radio Geronimo 106.1FM. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan pengujian keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola komunikasi radio Geronimo memiliki dua pola komunikasi sekunder dan satu pola komunikasi primer dan mengaitkannya dengan teori interaksi simbolik. Pola komunikasi yang dilakukan oleh penyiar adalah menyesuaikan format siaran yang ditentukan, mulai dari siaran yang santai, seru, humoris, menghibur, serta dengan gaya percakapan dan vokal yang berkarakter. Memutar lagu-lagu hits di awal siaran untuk membahas sapaan di awal siaran, yang kemudian dilanjutkan dengan membaca berita dan informasi menarik yang biasa disebut bridging mastery. Informasi yang dibacakan dengan nyaring, penyiar dituntut untuk dapat membangun Theater of Mind agar pendengar tenggelam dalam esensi siaran serta dapat dengan mudah mencerna dan memahami informasi yang disampaikan.
Rekonsiliasi Multilateral dalam Komunikasi Politik Internasional: Studi Kasus Konflik Politik Rusia- Ukraina Sasongko, Yohanes Probo Dwi
CARAKA : Indonesia Journal of Communication Vol 4, No 1 (2023): Caraka : Indonesia Journal of Communication
Publisher : Indonesian Scientific Journal (Jurnal Ilmiah Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25008/caraka.v4i1.88

Abstract

Perdamaian saat ini menjadi kata yang mahal untuk direalisasikan dalam perang yang terjadi antara Rusia dan Ukraina. Dalam perang yang telah berlangsung mencapai 500 lebih hari itu, telah banyak yang kehilangan harta benda, materi dan nyawa yang sia-sia. Demi kepentingan tertentu antar pemimpin bangsa. Negara yang bertikai sampai hati untuk mengorbankan masa depan negara dan kini mereka terus berusaha untuk mendapatkan kemerdekaan semu. Politik luar negeri yang menekankan pada adanya komunikasi multilateral yang menjadi kebutuhan semua negara, sangat dibutuhkan secara bersama cara-cara yang dapat ditempuh untuk melahirkan adanya kemerdekaan yang saling membuka dan memaafkan setiap pengalaman bangsa yang sudah menjadi catatan Sejarah dalam membangun hubungan ke dunia politik. Pemahamn yang di gagas oleh Reza Antonius Wattimena, mengenai konsep transfomasi kesadaran menjadi salah satu tawaran kebaharuan yang nanti mampu menghadirkan dan mendamaikan konflik antar negara tersebut. Sehingga kedamaian yang dirindukan menjadi nyata dalam usaha terus menciptakan perdamaian duni secara berkala dan terstruktur.
Aktivitas Digital PT. Terminal Petikemas Surabaya dalam Penggunaan Media Sosial Instagram sebagai Media Interaksi dan Komunikasi Publikasi Sunyoto, Dwi Bagus; Kristiyono, Jokhanan
CARAKA : Indonesia Journal of Communication Vol 4, No 1 (2023): Caraka : Indonesia Journal of Communication
Publisher : Indonesian Scientific Journal (Jurnal Ilmiah Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25008/caraka.v4i1.84

Abstract

Aktivitas media sosial digital mengacu pada segala bentuk interaksi dan tindakan yang diperbuat oleh individu maupun kelompok melalui platform media sosial di dunia maya. Jenis aktivitas ini meliputi berbagai aspek, mulai dari berbagi materi, berinteraksi dengan pengguna lain, membangun relasi jaringan, dan banyak hal lainnya. Adapun tujuan penelitian ini berfokus pada aktivitas digital PT. Terminal Petikemas Surabaya (TPS) dalam penggunaan media sosial instagram sebagai media interaksi dan komunikasi publikasi. Dengan penelitian ini diharapkan membantu memahami dalam melakukan publikasi informasi terkait perusahaan, dimana target audience Terminal Petikemas Surabaya (TPS) selain perusahaan terbuka (PT), juga perorangan atau masyarakat. Sebagai bentuk output aktivitas digital PT. Terminal Petikemas Surabaya khususnya pada media sosial instagram @pttps_offical dijadikan sebagai media interaksi dan komunikasi publikasi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis kualitatif dengan teknik pengambilan sampel snowball sampling.
Komunikasi Digital E-commerce bagi Masyarakat Perdesaan Haris, Abdul; Marlina, Marlina
CARAKA : Indonesia Journal of Communication Vol 4, No 1 (2023): Caraka : Indonesia Journal of Communication
Publisher : Indonesian Scientific Journal (Jurnal Ilmiah Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25008/caraka.v4i1.85

Abstract

Belanja lewat online saat ini bukan hal aneh, karena perkembangan dunia digital yang pesat telah mengantarkan kita kepada situasi serba praktis dan cepat. Dukungan internet sebagai alat yang menghubungkan media digital digunakan tidak saja untuk mencari informasi tetapi juga digunakan untuk berbagai keperluan. Perkembangan teknologi ini telah memberikan kemudahan bagi segala aspek kehidupan, salah satunya kemudahan berbisnis melalui sarana internet atau e-commerce. Pemasaran pada dunia digital dengan menggunakan software marketing automation sudah bisa digunakan sebagai sarana yang efektif untuk mempromosikan produk dan bisnis e-commerce. Tidak begitu sulit jika ingin mendapatkan aplikasi maupun informasi bagaimana cara memasarkan produk dan jasa e-commerce tersebut melalui dunia digital. Perkembangan digital tidak saja di perkotaan akan tetapi sudah sampai ke perdesaan. Dengan menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan deskriptif penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan e-commerce. Beberapa komoditas yang potensial memasuki pasar ekspor sangat membutuhkan pengetahuan dan teknologi digital. Pemasaran kopi arabika dari Aceh Gayo, misalnya, dapat menjadi contoh ketika para pengusaha kopi arabika ingin mendapatkan pembeli potensial dari luar negeri. Para pedagang kopi lokal menggunakan teknologi internet dan komunikasi digital secara otodidak sehingga dapat memasarkan kopi mereka ke para pengusaha di Medan hingga ke manca negara. Komunikasi digital telah mengantarkan masyarakat desa membangun entrepreneurship dalam berbisnis.

Page 1 of 1 | Total Record : 5