cover
Contact Name
Fuad Zaini
Contact Email
fuadzaini06@gmail.com
Phone
+6282360501584
Journal Mail Official
fuadzaini06@gmail.com
Editorial Address
Jl. Williem Iskandar No. K-2/22, Medan, Provinsi Sumatera Utara, 20226
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Pusat Studi Pendidikan Rakyat (PUSDIKRA)
ISSN : -     EISSN : 2808831X     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Pusat Studi Pendidikan Rakyat (PUSDIKRA) merupakan jurnal yang berfokus kepada penerbitan artikel pada bidang penelitian-penelitian sosial. jurnal ini berupaya memberikan sumbangsi ilmu pengetahuan pada bidang pendidikan, penelitian, sosial science, dan pengabdian.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Volume 3 Nomor 2 Mei 2023" : 9 Documents clear
Strategi Perencanaan Pendidikan Dan Implementasinya Di Sekolah Dasar Masri Masri; Hadiyanto Hadiyanto; Yahya Yahya
Jurnal Pusat Studi Pendidikan Rakyat Volume 3 Nomor 2 Mei 2023
Publisher : CV. PUSDIKRA MITRA JAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51178/jpspr.v3i2.1316

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi perencanaan pendidikan dan implementasinya di sekolah dasar. Tinjauan literatur sistematis dilakukan dengan menggunakan database jurnal-jurnal publish or perish. Hasilnya menunjukkan 33 artikel dengan kata kunci pencarian didasarkan pada: "perencanaan pendidikan di sekolah dasar”. Perencanaan pendidikan menempati posisi yang sangat krusial dalam pendidikan sekolah dasar. Kepala sekolah harus memiliki dan membuat rencana besar proyek jangka pendek dan jangka panjang bagi sekolah yang dipimpinnya. Strategi yang ditempuh dalam perencanaan pendidikan di sekolah dasar dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan sekolah dasar dapat melalui langkah sebagai berikut pengumpulan dan pengolahan data, mendiagnosis, perumusan kebijakan, perkiraan kebutuhan masa depan, perhitungan biaya, menetapkan tujuan, merumuskan rencana, merincikan rencana, mengimplementasikan rencana, mengevaluasi rencana, dan meninjau dan revisi rencana pendidikan. Adanya strategi perencanaan pendidikan ini diharapkan pendidikan di sekolah dasar akan semakin maju. Implementasi perencanaan pendidikan di sekolah dasar dapat meningkatkan efisiensi, efektifivitas, mutu dan pemerataan pendidikan.
Peran Organisasi Profesi Guru Terhadap Fenomena PPPK Yang Dianggap Belum Optimal Dalam Memenuhi Hak Guru Kristina Pujasari Sitompul, Nur Anisa Simbolon, Filza Irshadi, Joshua Hery Gultom, Yusna Elfrida Tam
Jurnal Pusat Studi Pendidikan Rakyat Volume 3 Nomor 2 Mei 2023
Publisher : CV. PUSDIKRA MITRA JAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51178/jpspr.v3i2.1335

Abstract

The purpose of this policy analysis is to examine some of the prblems associated with teacher management in Indonesia and to define some policy suggestions for managing teachers as professionals to realize the goals of national education. Writing this article using a descriptive qualitative method, using research instruments, namely interviews and documentation, the writing study contains an anlysis of the policy design, existing problems, and evalutation of the policy.
Pengaruh Model Cooperative Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Di Kelas X MAS Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Nadia Raisa, Muamar Al Qadri
Jurnal Pusat Studi Pendidikan Rakyat Volume 3 Nomor 2 Mei 2023
Publisher : CV. PUSDIKRA MITRA JAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51178/jpspr.v3i2.1338

Abstract

Model Cooperative jigsaw ini adalah suatu tipe pembelajaran kooperatif yang terdiri dari beberapa anggota dalam suatu kelompok yang bertanggung jawab atas penguasaan bagian materi belajar dan mampu mengajarkan materi tersebut kepada anggota lain dalam kelompoknya. Adapun tujuan penelitian ini antara lain: mendeskripsikan bagaimana penerapan Model Cooperative Jigsaw pada mata pelajaran Alquran Hadist di Kelas X MAS Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura, mendeskripsikan bagaimana prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Alquran Hadist di Kelas X MAS Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura, dan mengetahui pengaruh Model Cooperative Jigsaw terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Alquran Hadist di Kelas X MAS Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura. Penelitian ini tergolong pada Penelitian Kuantitatif dimana teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data pada penelitian ini, yaitu menggu nakan Angket (Kuesioner). hasil pengujian hipotesis statistik dinyatakan bahwa ada pengaruh positif antara Model Cooperative Jigsaw terhadap Prestasi belajar Siswa dengan kontribusi sebesar 33% dan sisanya sebesar 67% dipengaruhi oleh faktor lain, seperti strategi belajar yang diterapkan peserta didik dan faktor ketersediaan fasilitas belajar di rumah maupun di sekolah.
Ontologi Filsafat Pancasila Di Desa Perdamaian Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang Linton Naibaho, Rahma Dhani Fitria Sinaga, Wulan Ayu Trisna
Jurnal Pusat Studi Pendidikan Rakyat Volume 3 Nomor 2 Mei 2023
Publisher : CV. PUSDIKRA MITRA JAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51178/jpspr.v3i2.1344

Abstract

This study aims to understand the ontology of Pancasila Philosophy in Perdamean Village, Tanjung Morawa District, Deli Serdang Regency. Ontologically, the investigation of Pancasila as a philosophy is intended as an attempt to find out the basic nature of the Pancasila precepts.The problem is focused on the lack of application of Pancasila by some audiences in social life. In this research the author uses a qualitative descriptive method to clarify a description, conditions, or things by describing them in as much detail as possible based on the facts There is. The results of the research show that the ontology of Pancasila philosophy in the village of Peace is quite good, but there are some people who are still apathetic about the application of Pancasila in their lives, therefore there is a need for an approach by the family and village government.
Filsafat Pancasila Dalam Konsep Filosofis “Dalihan Na Tolu” Masyarakat Adat Batak Toba Dian Uli Anatasia L Tobing, Bila May, Nadila Septiani Ritonga
Jurnal Pusat Studi Pendidikan Rakyat Volume 3 Nomor 2 Mei 2023
Publisher : CV. PUSDIKRA MITRA JAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51178/jpspr.v3i2.1345

Abstract

Dalihan Natolu is understood as an identity and way of life that regulates the kinship system and is a determining factor in Batak cultural customs. This paper has two objectives, namely: to seek and discover the philosophical foundations of Dalikan Natolu; and displays how Dalihan Natolu’s “das sollen” and “das sein” are in the “now” era. Dalihan Natolu is the embodiment of the nature of human life itself and is the result of the search for the meaning of life for the Toba Batak people. Dalihan Natolu is the embodiment of the nature of Debata Natolu (the three Gods). However, there have been shifts, deviations in values ??and changes in perspective regarding the positions of the three functional groups in Dalihan Natolu, namely Hulahula, Dongan Sabutuha, and Boru.
Konsep Filosofis Pertuturen Sulang Silima Suku Pakpak Dalam Menjaga Persatuan Dan Kerukunan Di Tengah Keluarga Saparutdin Brutu, Frans Togu Sihombing, Ahmad Aridho
Jurnal Pusat Studi Pendidikan Rakyat Volume 3 Nomor 2 Mei 2023
Publisher : CV. PUSDIKRA MITRA JAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51178/jpspr.v3i2.1350

Abstract

Dalam suatu masyarakat ritual tradisional atau tradisi dianggap sebagai kegiatan yang dapat mengaktifkan muatan berbudaya yang dimantapkan lewat pewarisan tradisi. Sistem nilai budaya merupakan tingkat yang paling tinggi dan paling abstrak dari adat istiadat. Sama halnya seperti Sulang Silima yang merupakan teradisi suku pak-pak sebagai sebuah falsafah yang terdiri dari seperangkat nilai-nilai, kaidah-kaidah dan norma-norma adat istiadat suku Pakpak yang sudah melekat sejak individu lahir sampai meninggal. Metode yang digunakan pada penulisan ini adalah metode studi pustaka, suatu metode yang mendalami, menelaah, mencermati dan membuat identifikasi dari sumber kepustakaan baik jurnal maupun buku. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis makna dan konsep filosofis pertuturen Sulang Silima dalam suku Pakpak. Dengan adanya Sulang silima adat pakpak menjadi sebuah sistem badan sosial yang di junjung tinggi oleh masyarakat pakpak, yang mencakup susunan kekerabatan yang terikat pada satu marga. sistem badan sosial ini juga mempunyai beberapa unsur yaitu Berru, Puang, Sebeltek, Sinina, Dan Kula-kula. Unsur-unsur tersebut memiliki wewenang untuk pengambilan keputusan dan memberi sanksi hukum bagi yang melakukan pelanggaran adat Pak-pak.
The Effect of Duolingo Online Application on Students’ English Vocabulary Mastery of VII Grade Class at SMP Al Razi Sinar Harapan Khairani Mahfuza, Zulfitri
Jurnal Pusat Studi Pendidikan Rakyat Volume 3 Nomor 2 Mei 2023
Publisher : CV. PUSDIKRA MITRA JAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51178/jpspr.v3i2.1358

Abstract

The aim of this study was to determine the use of the Duolingo application to increase students' English vocabulary. In developing this research, the researcher implemented Duolingo through the discussion method so that it was chosen in this study to solve the problem. the method used in this research was quantitative data. The subjects of this study were 28 students of class VII SMP Al Razi Sinar Harapan with the research sample being class VII-2 as the experimental class and class VII-4 as the control class. The research instrument uses multiple choice. The results of the data show that there is a development of students' English vocabulary. This can be seen from the pre-test average for the experimental class was 53.85 and for the control class was 53.5 and the post-test average for the experimental class was 76.71 and for the control class was 67.35. From these data it can be seen that students' English vocabulary increased by using the Duolingo application as a learning medium. The research results found in this study observed t-observed 3.29 and t-table 2.05, so it can be concluded that there are differences in students' vocabulary when using the Duolingo application and without the Duolingo application. In addition, students also look active and enthusiastic about using Duolingo as a learning medium.
The Effect of Using Crosswords Puzzle Towards Students Vocabulary Mastery at SMP Al Razi Sinar Harapan Suci Anggi Harianja, M. Khalid
Jurnal Pusat Studi Pendidikan Rakyat Volume 3 Nomor 2 Mei 2023
Publisher : CV. PUSDIKRA MITRA JAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51178/jpspr.v3i2.1359

Abstract

This study aims to obtain emphirical evidence regarding the effect of crosswords puzzle on students vocabulary mastery. This research was conducted on students class VII of SMP Al Razi Sinar Harapan. The method used in this research was a Quantitative with quasioner-experimental from total sample of 34 students as a sample of 112 popultions which were divided into 2 classes, 17 students for the experimental class and 17 students for control class. Before giving treatment, the researcher gave a pre-test. Then the researcher tught the experimental class with the media crosswords puzzle and in the control class without media crosswords puzzle. After two meetings, the researcher gave post-test to both class. In the analysis of pre-test and post-test assessment data using thirty-five essay questions, after that it was analyzed using the t-test formula. The results of this study indicate that media crosswords puzzle are effective in learning vocabulary mastery in class VII of SMP Al Razi Sinar Harapan. This is based on the results of the t-test which shows that t-observed > t-table (3,01 > 2,03). At 5% significance. This means that Ha is accepted and Ho is rejected. Therefore it can be concluded thata the media crosswords puzzle has an effect on students vocabulary mastery.
Pengembangan Buku Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal Sumatra Utara Tema Daerah Tempat Tinggalku Untuk Kelas IV SD Isnaini Wigunani, Nurmairina
Jurnal Pusat Studi Pendidikan Rakyat Volume 3 Nomor 2 Mei 2023
Publisher : CV. PUSDIKRA MITRA JAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51178/jpspr.v3i2.1383

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) pembelajaran mengenalkan kearifan lokal Sumatra Utara untuk kelas IV SD, (2) mengetahui kelayakan pada pengembangan buku ajar tematik berbasis kearifan lokal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) yang mencakup lima Langkah antara lain : 1) Potensi dan Masalah, 2) Pengumpulan Data, 3) Desain Produk, 4) Validasi Desain, 5) Revisi Desain. Subjek pada penelitian ini adalah validator ahli kelayakan bahasa, ahli materi dan siswa kelas IV SD. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu angket,. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Buku Ajar Tematik Berbasis Karifan Lokal Sumatra Utara Tema Daerah Tempat Tinggalku Untuk Kelas IV SD “Sangat Layak” dengan rincian persentase kelayakan yang diberikan oleh ahli kelayakan bahasa sebesar 82,1% dengan kategori “Layak”, ahli materi sebesar 90,9% dengan kategori “Sangat Layak”, Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa Buku Ajar Tematik Berbasis Karifan Lokal Sumatra Utara Tema Daerah Tempat Tinggalku Untuk Kelas IV SD “sangat layak” digunakan kepada siswa saat proses pembelajaran.

Page 1 of 1 | Total Record : 9