cover
Contact Name
RINI PURWATININGSIH
Contact Email
progresifjurnal@gmail.com
Phone
+6281330787770
Journal Mail Official
progresifjurnal@gmail.com
Editorial Address
Lembaga Penelitian, Penerbitan dan Pengabdian Masyarakat - Universitas Bondowoso Jalan Diponegoro 247 Kotakulon - Kabupaten Bondowoso, Indonesia Tlpon. 0332-427022 e-mail : admin@unibo.ac.id
Location
Kab. bondowoso,
Jawa timur
INDONESIA
Progresif : Media Publikasi Ilmiah
Published by Universitas Bondowoso
ISSN : 2337599X     EISSN : 27766799     DOI : -
This journal is published twice a year, in April and November. Progressive journals accept submissions of articles that have never been published in other media. Progressive journals are committed to implementing ethical standards for publication. Therefore, Progressive Journals have formulated publication ethics that publishers, editors, reviewers and authors must comply with. In order for an article to be published in this Journal, the author must pay attention to several guidelines. The scope of this progressive journal is general in nature, which contains the writings of lecturers across majors at the University of Bondowoso.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 1 (2016): PROGRESIF : MEDIA PUBLIKASI ILMIAH" : 5 Documents clear
THE IMPLEMENTATION OF ALTERNATIVE ASSESSMENT FOR EFL STUDENT Alfi Hidayatu Miqawati; Fachrurrazy
Progresif : Media Publikasi Ilmiah Vol. 4 No. 1 (2016): PROGRESIF : MEDIA PUBLIKASI ILMIAH
Publisher : Universitas Bondowoso

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (153.381 KB)

Abstract

This study investigated the implementation of the alternative assessments for EFL student writing. To collect data for this study, information was obtained from an English teacher teaching at an A accredited Public Junior High School in Bondowoso. To make the process of data collection and analysis easier, some instruments were used, which were observation, interview, and documentation. The findings showed that there were some alternative assessments that the teacher applied. The alternative assessments applied were story telling, writing samples, portfolio, teacher observation, and conference. The portfolio assessment was no longer done since she found some difficulties and obstacles in applying it. There were two considerations of choosing certain language assessments. The first consideration was the language skills that were going to be assessed. The second consideration was the applicability of an alternative assessment. The applied alternative assessments gave positive effect to the students compared to the traditional ones, in term of gaining the students’ mastery and participation.
PENGEMBANGAN KOMPETENSI SUPERVISI MANAJERIAL DAN AKADEMIK PENGAWAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH Eddy Basuki; Gunawan
Progresif : Media Publikasi Ilmiah Vol. 4 No. 1 (2016): PROGRESIF : MEDIA PUBLIKASI ILMIAH
Publisher : Universitas Bondowoso

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (140.666 KB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari urgensitas kompetensi yang harus dimiliki oleh pengawas sekolah dalam membina dan mensupervisi sekolah. Pelaksanaan supervisi ini menjadi penting guna peningkatan kemampuan profesionalitas guru dan peningkatan kualitas pembelajaran melalui proses pembelajaran yang baik serta membantu guru dan kepala sekolah dalam menciptakan lulusan yang dapat dipertanggung jawabkan, baik dari segi kualitas maupun kuantitas, yang selanjutnya bertujuan meningkatkan mutu dan relevansi pendidikan nasional. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahui hakikat supervisi akademik, (2) untuk mengetahui teknik supervisi, dan (3) untuk mengetahui pentingnya peningkatan kompetensi pengawas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah library research (telaah pustaka). Dalam penelitian ini diperoleh kesimpulan: (1) Supervisi (akademik) merupakan kegiatan pembinaan yang direncanakan dengan memberi bantuan teknis kepada guru dan pegawai lainnya dalam melaksanakan proses pembelajaran, atau mendukung proses pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan profesional guru dan meningkatkan kualitas pembelajaran secara efektif. Apa yang selama ini dilaksanakan oleh para Pengawas pendidikan, belum bergeser dari nama jabatan itu sendiri, yaitu sekedar mengawasi; (2) Pengawas pendidikan diharapkan memahami corak lembaga pendidikan yang dilakukan supervisi sehingga didalam melakukan supervisi dapat mengetahui teknik apa yang harus digunakan sehingga tujuan akhirnya dapat dicapai; dan (3) Pentingnya meningkatkan kompetensi pengawas, kepala sekolah, dan guru, karena dengan menguasai kompetensinya para pelaku pendidikan dapat melakukan gerakan perubahan di sekolah .
KEKUATAN HUKUM PETOK C DALAM PEMBUKTIAN HAK MILIK ATAS TANAH (Perkara No. 30/Pdt.2006/PN.Bdw) Supriyadi Supriyadi; Ahmad Abrari; Bambang Supriyanto
Progresif : Media Publikasi Ilmiah Vol. 4 No. 1 (2016): PROGRESIF : MEDIA PUBLIKASI ILMIAH
Publisher : Universitas Bondowoso

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (124.22 KB)

Abstract

Masalah tanah sangat penting dalam kehidupan masyarakat. Masyarakat baik sendiri-sendiri maupun bersama dengan orang lain dapat memiliki hak atas tanah Pemindahan hak atas tanah tanpa alas bukti yang kuat dapat digugat lewat pengadilan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meneliti sejauh mana kekuatan hukum petok C dalam pembuktian hak milik atas tanah (2) mengetahui pertimbangan Hakim dalam memutuskan perkara yang berkaitan dengan Petok C. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dan interview. Metode analisis data yang digunakan adalah metode induktif dan metode deduktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Letter C yang diajukan sebagai buktii dalam perkara Nomor 30/Pdf.G/2006/PN.Bdw. adalah bukti surat pemilikan hak atas tanah yang mempunyai kekuatan hukum yang kuat sepanjang tidak dapat dibuktikan sebaliknya. (2) Pembuktian hak milik atas tanah yang belum bersertifikat dengan mengajukan bukti – bukti akurat yang berhubungan dengan asal-usul tanah.
KELAYAKAN USAHA TANI PEMBIBITAN TEMBAKAU RAJANGAN (Nicotiana tobacum L.) Rini Purwatiningsih; Nurul Huda; Saifullah
Progresif : Media Publikasi Ilmiah Vol. 4 No. 1 (2016): PROGRESIF : MEDIA PUBLIKASI ILMIAH
Publisher : Universitas Bondowoso

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (143.521 KB)

Abstract

Kabupaten Bondowoso merupakan salah satu wilayah di Jawa Timur yang memiliki potensi sebagai penghasil tembakau rajangan. Dalam usahataninya petani pada umumnya melakukan pembibitan sendiri dengan menggunakan tanaman induk yang berasal dari tanaman tembakau pada musim tanam sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh biaya sarana produksi pembibitan tembakau rajangan terhadap pendapatan petani. (2) kelayakan usahatani pembibitan tembakau rajangan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, korelasional dan analitik. Metode pengambilan contoh menggunakan Purposive Sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Harga benih, pupuk, obat-obatan, dan upah tenaga kerja, berpengaruh nyata terhadap pendapatan petani.(2) Usaha pembibitan tembakau rajangan layak diusahakan.
PERBEDAAN PENDAPATAN DAN EFISIENSI USAHATANI ANTARA PETANI KLASTER KOPI ARABIKA DAN PETANI NON-KLASTER Eko Soemarjono
Progresif : Media Publikasi Ilmiah Vol. 4 No. 1 (2016): PROGRESIF : MEDIA PUBLIKASI ILMIAH
Publisher : Universitas Bondowoso

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pendapatan dan efisiensi usahatani kopi arabika di Kecamatan Sumberwringin antara petani peserta klaster dan non klaster. Kecamatan Sumberwringin merupakan sentra kopi arabika dan banyak petani yang membentuk kelompok yang disebut petani peserta klaster, namun masih ada yang mengelola sendiri tanpa ikut kelompok. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari wawancara dengan responden petani kopi arabika baik klaster maupun non klaster. Metode analisis pertama yang digunakan adalah uji t dua sampel independen untuk mengetahui perbedaan pendapatan antara klaster dan non klaster petani kopi. Kedua, analisis menggunakan R/C ratio untuk membandingkan usahatani kopi arabika yang lebih menguntungkan antara petani kopi peserta klaster dan non klaster. Hasil analisis menunjukkan tidak ada perbedaan pendapatan antara petani kopi arabika peserta klaster dan petani kopi arabika non klaster, dan Usahatani kopi arabika lebih menguntungkan peserta klaster dibandingkan usahatani kopi arabika non klaster.

Page 1 of 1 | Total Record : 5