cover
Contact Name
Hilyah Ashoumi
Contact Email
hira@unwaha.ac.id
Phone
+6285733144431
Journal Mail Official
lppm@unwaha.ac.id
Editorial Address
Jl. Garuda No. 09 61451 Tambakberas Jombang Jawa Timur
Location
Kab. jombang,
Jawa timur
INDONESIA
Margin Eco : Jurnal Ekonomi dan Perkembangan Bisnis
ISSN : -     EISSN : 25809725     DOI : https://doi.org/10.32764/margin.v5i2
Core Subject : Economy,
Jurnal Margin Eco adalah jurnal fakultas ekonomi dan perkembangan bisnis. Jurnal ini diterbitkan oleh fakultas ekonomi Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang. Terbit secara berkala satu semester sekali. Dimana sebagai sarana kajian ilmiah dan keilmuan di bidang ekonomi yang merupakan hasil kerja akademik para peneliti, dosen dan penulis. Redaksi mengundang para penulis, peneliti dan akademisi untuk mengirimkan artikel ilmiah dalam bentuk hasil penelitian. Gagasan konseptual berisi kajian teoritis dari ilmu ekonomi dan perkembangan bisnis yang meliputi : manajemen sumberdaya manusia, manajemen operasional, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, e-commerce, manajemen retail, kewirausahaan, studi kelayakan bisnis dan manajeme resiko. Artikel yang akan dimasukkan jurnal ini adalah artikel yang belum pernah dipublikasikan di media ekonomi lain. Redaksi akan menyeleksi naskah yang diterima dan layak untuk diterbitkan di jurnal ini. Redaksi berhak untuk mengedit artikel namun tidak boleh menghilangkan substansi ide yang dituangkan dalam artikel tersebut.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 2 (2020): Margin Eco : Jurnal Ekonomi dan Perkembangan Bisnis" : 6 Documents clear
PENGARUH PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN SEMANGAT KERJA DAN KINERJA TENAGA PENDIDIK Khotim Fadhli
MARGIN ECO Vol 4 No 2 (2020): Margin Eco : Jurnal Ekonomi dan Perkembangan Bisnis
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (142.55 KB) | DOI: 10.32764/margin.v3i2.907

Abstract

This study aims to analyze the effect of training, human resource development, spirit at work, and teacher performance in non-formal education through a positivist approach. The population is Yalatif Indonesia Foundation educators with a sample of 50 non-formal education tutors. The analysis technique used is Path Analysis. The results showed that the existence of training and human resource development had an effect on spirit at work of the teaching. This means that by carrying out training and human resource development will foster the confidence of educators that this institution is not only pursuing profit, and the institution where they work has attention to educators. The training that was held was proven to get a positive response. This proves that the teaching staff who take part in the training get the attention of the institution, where the teaching staff feels that the teaching staff is an asset for the institution. In addition, educators also feel that their presence is not only as a worker, but also for their interests. The results of the analysis show that the morale of the teaching force has an effect on the performance of the teaching force. This shows that with better morale, educators are able to carry out their duties and jobs better. Keywords: Training, Human Resource Development, Spirit at Work, Teacher Performance
PENGARUH FAKTOR SOSIAL, PSYCHOLOGICAL DAN CULTURAL SEBAGAI DASAR KEPUTUSAN PEMILIHAN JASA LAYANAN FISIOTERAPI MELALUI STIMULUS EMOSI POSITIF (Studi Kasus pada Kaffah Healthy Care KulonProgo) Azizah Fitriani; Muhammad Hijrah
MARGIN ECO Vol 4 No 2 (2020): Margin Eco : Jurnal Ekonomi dan Perkembangan Bisnis
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (262.897 KB) | DOI: 10.32764/margin.v4i2.1173

Abstract

ABSTRAK Dalam memenuhi kebutuhan barang jasa konsumen akan mencari informasi dan rekomendasi dari beberapa sumber yang dinilai dan diyakini memberikan informasi yang benar . Faktor sosial yang bisa diperoleh dari masyaakat , faktor psikologi merupakan hasil pembelajaran invidu juga beberapa kebiasan dan budaya dilingkungan sekitar merupakan factor yang mempengaruhi konsumen dalam menilai barang dan jasa dan selanjutnya menenukan pilihan produk yang dibutuhkan yang sehingga konsumen dapat memenuhi semua kebutuhannya sesuai dengan preferensi mereka . Dengan melakukan penelitian ini dapat diketahui proses pembelajaran dari beberapa factor yaitu sosial, psychological dan cultural sebagai pertimbangan dalam pemilihan jasa layanan fisioterapi dengan emosi positif sebagai variabel intervening di Kaffah Healty Care Kulonprogo. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian dengan berbasis kuantitatif untuk kegiatan operasional di lingkup Kaffah Healthy Care Kulonprogo. Dalam membuktikan hipotesis yang diajukan dengan menggunakan uji parsial (Uji t menggunakan analisis struktural equation modeling dengan alat statistik Smart PLS. Dari anaisis data diperoleh hasil psychological dan cultural secara signifikan terbukti mempunyai pengaruh terhadap keputusan pemilihan jasa layanan fisioterapi. Adapaun hasil analisis statistic diketahui factor social tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pemilihan jasa layanan fisioterapi di Kaffah Healthy Care Kulonprogo. Faktor sosial dan cultural kinerja secara statistik terbukti memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pemilihan jasa layanan fisioterapi melalui emosi positif. Sedangkan psychological secara statistik tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan pemilihan jasa layanan fisioterapi melalui emosi positif di Kaffah Healthy Care Kulonprogo. Kata kunci : perilaku konsumen, emosi positif dan keputusan pemilihan fisioterapi
PENGARUH CITRA DESTINASI, FASILITAS WISATA DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA WISATA PARIMAS WATERPARK MOJOKERTO Chairul Anam
MARGIN ECO Vol 4 No 2 (2020): Margin Eco : Jurnal Ekonomi dan Perkembangan Bisnis
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (214.369 KB) | DOI: 10.32764/margin.v4i2.2069

Abstract

Abstrak Industri pariwisata yang semakin berkembang pesat diiringi oleh persaingan antar pengelola destinasi wisata yang semakin ketat. Membuat semua tertuju pada peningkatan kepuasan pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh citra destinasi, fasilitas wisata dan harga terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini dilakukan dengan kuesioner yang menggunakan metode analisis regresi linear berganda terhadap 105 responden yaitu Pengunjung usia remaja sampai dewasa yang membeli tiket masuk Parimas Waterpark. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Analisis terhadap data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif. Analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji f, uji t serta analisis koefisien regresi. Perhitungan menggunakan SPSS 21. Hasil pengujiannya menyatakan bahwa variabel citra destinasi, fasilitas wisata dan harga berpengaruh positif dan signifikan baik secara parsial maupun simultan terhadap variabel kepuasan pelanggan. Kata kunci: Citra Destinasi, Fasilitas Wisata, Harga dan Kepuasan Pelanggan
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN LAYANAN PURNAJUAL APLIKASI BROMPIT TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN HONDA SCOOPY DI JOMBANG Ulfatun Hasanah
MARGIN ECO Vol 4 No 2 (2020): Margin Eco : Jurnal Ekonomi dan Perkembangan Bisnis
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (137.133 KB) | DOI: 10.32764/margin.v4i2.2070

Abstract

Abstrak Beragamnya kebutuhan masyarakat akan alat trasportasi saat ini meningkat sehingga produsen sepeda motor terus berinovasi higga akhirnya lahir jenis sepeda motor bertransimisi otomatis yang yang kemudian dikenalkan dengan skutermatika, dengan layanan yang baik produsen juga menciptakan sebuah layanan yang berbasis aplikasi dengan menggunakan android. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, layanan purnajual aplikasi Brompit terhadap loyalitas konsumen baik secara simultan maupun parsial pada pemilik sepeda Scoopy dan pengguna layanan aplikasi Brompit. penelitian yang digunakan menggunakan metode survei, Penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan 51 responden pemilik Honda Scoopy dan pengguna Layanan Aplikasi Brompit, teknik analisis menggunakan regresi berganda. Hasil analisi secara simultan menunjukkan kedua variabel bebas yang terdiri kualitas produk dan layanan aplikasi brompit berpengaruh sinifikasi terhadap loyalitas konsumen. Sedangkan secara persial kualitas produk berpengaruh terhadap loyalitas konsumen, layanan purnajual aplikasi brompit tidak berpengaruh terhadap loyalitas konsumen Honda Scoopy di Jombang.
PENGARUH CUSTOMER ENGAGEMENT TERHADAP KEPERCAYAAN CUSTOMER TOKO DARING SHOPEE Hifi Rini Puspita; Azis Pujiarto; Mar'atul Fahimah
MARGIN ECO Vol 4 No 2 (2020): Margin Eco : Jurnal Ekonomi dan Perkembangan Bisnis
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (279.985 KB) | DOI: 10.32764/margin.v4i2.2394

Abstract

Customer engagement baru-baru ini muncul dalam literatur akademis dan diskusi praktisi sebagai perspektif baru dalam penerapan customer relationship management yang bertujuan untuk membangun loyalitas pelanggan. Hal ini didorong munculnya saluran interaksi baru, yaitu media sosial dan semakin semakin populernya internet, yang memungkinkan perusahaan dapat berinteraksi lebih insentif dengan pelanggannya, namun demikian, penyelidikan empiris tentang customer engagement masih relatif terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh customer engagement terhadap kepercayaan pelanggan yang dimediasi kepercayaan pelanggan pada toko daring shopee. Peneliti menggunakan pendekatan survei melalui kuesioner yang disebar pada 100 sampel pelanggan toko daring shopee. Data dianalisis menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa customer engagement berpengaruh positif terhadap kepercayaan pelanggan. Penelitian ini berkontribusi tentang literatur customer engagement dalam toko daring shopee, dengan pembuktian empiris pengaruh signifikan customer engagement terhadap kepercayaan pelanggan. Kata kunci : Customer Engagement, Kepercayaan Pelanggan, Toko Daring
PENGARUH MOTIVASI DAN IKLIM KOMUNIKASI TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA (Studi Pada Tenaga Kerja Klinik Pratama Aulia Jombang) Heru Totok Tri Wahono; Khotim Fadhli; Muhammad Nashir Amrulloh
MARGIN ECO Vol 4 No 2 (2020): Margin Eco : Jurnal Ekonomi dan Perkembangan Bisnis
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (166.326 KB) | DOI: 10.32764/margin.v4i2.2395

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tentang pengaruh motivasi terhadap produktivitas tenaga kerja Klinik Pratama Aulia Jombang (2) tentang pengaruh iklim komunikasi terhadap produktivitas tenaga kerja Klinik Pratama Aulia Jombang (3) tentang pengaruh motivasi dan iklim komunikasi terhadap produktivitas tenaga kerja Klinik Pratama Aulia Jombang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah tenaga kerja Klinik Pratama Aulia Jombang yang berjumlah 30 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah semua populasi yang akan diteliti yaitu 30 responden. Teknik pengambilan sampling dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan menggunakan jenuh sampling. Hasil penelitian Uji F dengan nilai signifikansi 0,00 lebih kecil dari tingkat signifikansi yang diharapkan sebesar 0,05 (0,00 < 0,05) menunjukkan bahwa variabel motivasi dan iklim komunikasi secara bersama — sama mempengaruhi produktivitas tenaga kerja Klinik Pratama Aulia Jombang. Hasil Uji T variabel motivasi dengan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari tingkat signifikansi yang diharapkan sebesar 0,05 (0,00 < 0,05) menunjukan motivasi berpengaruh terhadap produktivitas tenaga kerja Klinik Pratama Aulia Jombang. Hasil Uji T variabel iklim komunikasi dengan nilai signifikansi 0,038 yang lebih kecil dari tingkat signifikansi yang diharapkan sebesar 0,05 (0,038 > 0,05) menunjukkan iklim komunikasi berpengaruh terhadap produktivitas tenaga kerja Klinik Pratama Aulia Jombang. Kata Kunci: Iklim Komunikasi, Motivasi, Produktivitas

Page 1 of 1 | Total Record : 6