cover
Contact Name
Hilda Hilaliyah
Contact Email
diskursus.unindra@gmail.com
Phone
+6287878741498
Journal Mail Official
diskursus.unindra@gmail.com
Editorial Address
Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
ISSN : 26154935     EISSN : 26154943     DOI : http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v4i2
Core Subject : Education,
Diskursus: Jurnal Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is a peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing original articles concerned with research, theory development, or program applications related to Indonesian Language teaching in across settings.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 02 (2018): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia" : 10 Documents clear
Pengaruh Penguasaan Kosa Kata dan Tata Bahasa terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Neni Kurniati
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 1, No 02 (2018): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (111.924 KB) | DOI: 10.30998/diskursus.v1i02.5295

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis teks eksposisi. Untuk mengetahui pengaruh penguasaan tata bahasa terhadap kemampuan menulis teks eksposisi, dan untuk mengetahui pengaruh penguasaan kosakata dan tata bahasa secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis teks eksposisi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Sampel sebanyak 88 orang siswa yang dipilih secara acak/random dari seluruh siswa smp negeri dikota Serang. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan test langsung kepada sampel. Untuk tes penguasaan kosakata dan tata bahasa menggunakan instrumen multiple choice atau tes pilihan ganda, sedangkan tes kemampuan menulis teks eksposisi menggunakan tes uraian tertulis. Hasil penelitian menunjukan: 1) terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan kosakata dan tata bahasa secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa smp negeri kota Serang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai sig 0,000< 0,05 dan Fh = 15,056. Secara bersama-sama penguasaan kosakata dan tata bahasa memberikan kontribusi sebesar 26,2% terhadap variable kemampuan menulis teks eksposisi. 2) terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa smp negeri kota Serang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai sig. 0,000 < 0,05 dan th =4,008. Variable penguasaan kosakata memberikan kontribusi sebesar 17,5% dalam meningkatkan kemampuan menulis teks eksposisi. 3) terdapat pengaruh yang signifikan penguasan tata bahasa terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa smp negeri kota Serang. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig. 0,008 < 0,005 dan th= 2,733. Variable penguasaan tata bahasa memberikan kontribusi sebesar 9,14% dalam meningkatkan kemampuan menulis teks eksposis
Pengaruh Status Sosial Ekonomi dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Johan Syah
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 1, No 02 (2018): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (296.076 KB) | DOI: 10.30998/diskursus.v1i02.5291

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh status sosial ekonomi dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar bahasa indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei deskriptif dengan mengambil sampel sebanyak 64 siswa kelas VIII tahun ajaran 2017/2018 yang berasal dari dua MTs Negeri Kabupaten Indramayu. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan status sosial ekonomi dan perhatian orang tua secara bersama-sama terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa MTs Negeri Kabupaten Indramayu Hal ini dibuktikandenganperolehan nilaiSig.0,000 <0,05danFhitung= 11.745. Variabel status sosial ekonomi dan perhatian orang tua ini secara bersama-sama memberikan kontribusikepadavariabelprestasi belajar bahasa Indonesia sebesar28%. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan status sosial ekonomi terhadapprestasi belajar bahasa Indonesia siswa MTs Negeri Kabupaten Indramayu. Halinidibuktikan dengan perolehannilaiSig.0,032<0,05dan thitung = 2,198. Kontribusi variabel status sosial ekonomi dalam meningkatkan prestasi belajar bahasa Indonesiasebesar 12,2%. 3) Terdapat  pengaruhyang  signifikan perhatian orang tua terhadapprestasi belajar bahasa Indonesia  siswa MTs Negeri Kabupaten Indramayu. Halini dibuktikan dengan perolehan nilaiSig.0,010 <0,05dan thitung=2,650. kontribusiperhatian orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar bahasa Indonesia sebesar 15,7%.  Kata Kunci: status social ekonomi orang tua, perhatian orangtua, prestasi belajar bahasa Indonesia
Pengaruh Penguasaan Kosakata dan Kalimat terhadap Kemampuan Menulis Narasi Sarnan Sarnan
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 1, No 02 (2018): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (203.967 KB) | DOI: 10.30998/diskursus.v1i02.5296

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menunjukan: 1) Adanya pengaruh penguasaan kosakata dan penguasaan kalimat secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis narasi; 2) Adanya pengaruh penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis narasi; 3) Adanya pengaruh penguasaan kalimat terhadap kemampuan menulis narasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey deskriptif dengan mengambil sampel sebanyak 75 siswa kelas VIII tahun ajaran 2017/2018 yang berasal dari dua SMP Swasta Kabupaten Tangerang. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan kosakata dan kalimat secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis narasi bahasa Indonesia siswa SMP Swasta Kabupaten Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan dan Fhitung = 9,266.  Secara bersama-sama variabel penguasaan kosakata dan penguasaan kalimat memberikan kontribusi sebesar 20,5% kepada kemampuan menulis narasi. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis narasi bahasa Indonesua siswa SMP Swasta Kabupateb Tengerang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,011 < 0,05 dan thitung = -2,614. Kontribusi yang diberikan variabel penguasaan kosakata kepada kemampuan menulis narasi adalah sebesar 8,8%.  3) Terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan kalimat terhadap kemampuan menulis narasi bahasa Indonesia siswa SMP Swasta Kabupaten Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai   Sig. 0,003 < 0,05 dan thitung = 3,058. Kontribusi yang diberikan variabel penguasaan kalimat kepada kemampuan menulis narasi bahasa Indonesia adalah sebesar 11,7%. Kata Kunci: penguasaan kosakata, penguasaan kalimat, dan kemampuan menulis narasi
Pengaruh Kecerdasan Interpersonal dan Penguasaan Diksi terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek Homsaniwati Homsaniwati
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 1, No 02 (2018): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (175.888 KB) | DOI: 10.30998/diskursus.v1i02.4398

Abstract

Penelitian survei ini bertujuan untuk menemukan dan menganalisis secara empiris pengaruh kecerdasan interpersonal dan penguasaan diksi secara bersama-sama/parsial terhadap kemampuan menulis cerita pendek. Populasi terjangkau pada penelitian ini adalah siswa kelas XI pada Sekolah Menengah Atas Negeri di Kec. Gambir, Jakarta Pusat, sebanyak 60 responden. Sampel penelitian diperoleh melalui metode simple random sampling. Rancangan penelitian yang digunakan melalui teknik korelasi dengan tiga variabel yang terdiri atas dua variabel bebas, yaitu kecerdasan interpersonal dan penguasaan diksi serta satu variabel terikat, yaitu kemampuan menulis cerita pendek. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik kuesioner serta tes obyektif dan tertulis untuk semua variabel. Data yang terkumpul selanjutnya menggunakan teknik korelasi dan regresi linier berganda.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan interpersonal dan penguasaan diksi baik secara bersama-sama maupun secara tersendiri terhadap kemampuan menulis cerita pendek.Kata Kunci: kecerdasan interpersonal, diksi, menulis, cerita pendek
Pengaruh Metode Pembelajaran dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Juwariah Juwariah
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 1, No 02 (2018): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (300.732 KB) | DOI: 10.30998/diskursus.v1i02.5292

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh metode pembelajaran terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa SMP Swasta di Kabupaten Indramayu. 2)  Pengaruh motivasi terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa SMP Swasta di Kabupaten Indramayu. 3) Pengaruh metode pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa SMP Swasta di Kabupaten Indramayu. Sampel yang digunakan 60 siswa dengan teknik proposional random sampling dari seluruh kelas VII SMP Swasta di Kabupaten Indramayu. Pengumpulan data dilaksanakan dengan pemberian tes pemahaman konsep dan penyebaran angket. Analisa data terdiri dari pengujian instrumen penelitian dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis dengan uji Anova 2 jalur. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia di SMP Swasta di Kabupaten Indramayu. Hal ini dibuktikan dengan perolehan Sig= 0,007 < 0,05 dan Fh = 7.791. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia di  SMP Swasta di Kabupaten Indramayu. Hal ini dibuktikan dengan perolehan Sig = 0.000 < 0.05 dan Fh = 34.722. 3) Terdapat pengaruh interaksi yang signifikan model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia di SMP Swasta di Kabupaten Indramayu. Hal ini dibuktikan dengan perolehan Sig. = 0,034 < 0,05 dan Fh = 4.713. Kata Kunci: Hasil belajar bahasa Indonesia, metode pembelajaran, motivasi belajar.
Pengaruh Minat Baca dan Pemahaman Unsur Intrinsik terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Desi Yanuar
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 1, No 02 (2018): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (183.699 KB) | DOI: 10.30998/diskursus.v1i02.5288

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji kebenaran hipotesis mengenai pengaruh Minat Baca dan Pemahaman Unsur Intrinsik terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa. Hipotesis penelitian yang diuji meliputi: 1) Pengaruh minat baca dan pemahaman unsur intrinsik terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas (SMA) Swasta di Pandeglang Banten. 2) Pengaruh minat baca terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas (SMA) Swasta di Pandeglang Banten. 3) Pengaruh pemahaman unsur intrinsik terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas (SMA) Swasta di Pandeglang Banten. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif yang dianalisis menggunakan statistik kemudian diinterpretasikan dengan analisis deskriptif. Populasi adalah siswa kelas XI SMA Swasta di Pandeglang Banten dengan besar sampel sebanyak 60 siswa, menggunakan teknik sampel acak sederhana. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen minat baca sebanyak 38 pernyataan yang telah diuji validitasnya dan reliabilitas. Analisis data menggunakan analisis Statistik Deskriptif dengan penyajian data dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan diagram batang. Kata Kunci: Minat Baca, Pemahaman Unsur Intrinsik, dan Kemampuan Menulis Cerpen
Pengaruh Kemampuan Membaca Pemahaman dan Minat Belajar terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek Marinan Marinan
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 1, No 02 (2018): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (240.295 KB) | DOI: 10.30998/diskursus.v1i02.5293

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh kemampuan membaca pemahaman dan minat belajar terhadap Kemampuan Menulis cerita pendek. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode survey deskriptif yaitu suatu metoda penelitian yang mengambil sampel dari suatu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 4 kelas dari 2 sekolah yaitu SMP PGRI 338 dan MTs Daarussalam Kabupaten Tangerang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan membaca pemahaman dan minat belajar secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis cerita pendek siswa SMP Swasta Kabupaten Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,005 < 0,05 dan Fhitung = 5,744 Secara bersama-sama variabel kemampuan membaca pemahaman dan minat belajar memberikan kontribusi sebesar 13% terhadap variabel kemampuan menulis cerita pendek. (2) terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan membaca pemahaman terhadap kemampuan menulis cerita pendek siswa SMP Swasta Kabupaten Tangerang.  Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,010 < 0,05 dan thitung = 2,645. Kontribusi yang diberikan variabel membaca pemahaman terhadap kemampuan menulis cerita pendek sebesar 7,24 %. (3) terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap kemampuan menulis cerita pendek siswa SMP Swasta Kabupaten Tangerang.  Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,019 < 0,05 dan thitung = 2,387.  Variabel minat belajar ini memberikan kontribusi kepada peningkatkan kemampuan menulis cerita pendek siswa sebesar 5,74%. Kata Kunci: membaca pemahaman siswa, minat belajar, dan menulis cerita pendek
Pengaruh Minat Baca dan Persepsi Atas Perpustakaan Sekolah terhadap Keterampilan Menulis Narasi Hartinah Hartinah; Suparman Ibrahim Abdullah
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 1, No 02 (2018): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (101.709 KB) | DOI: 10.30998/diskursus.v1i02.5289

Abstract

Hal ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh minat membaca dan persepsi perpustakaan sekolah secara simultan dan parsial terhadap kemampuan menulis narasi, terutama siswa SMP di Kota Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan analisis korelasi dan regresi, yaitu dengan menghubungkan data yang menunjukkan minat membaca dan persepsi perpustakaan sekolah dengan data yang menunjukkan kemampuan menulis siswa dalam narasi. Data tentang variabel minat baca dan persepsi perpustakaan sekolah diperoleh melalui koesioner. Data tentang kemampuan menulis narasi diperoleh melalui tes langsung dengan meminta responden untuk membuat tulisan/ esai berbentuk tema. Dari hasil analisis data penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan minat baca dan persepsi perpustakaan sekolah terhadap kemampuan menulis narasi siswa SMP Negeri di daerah Tangerang Selatan, ini terbukti dengan Sig = 0,000 <0,05 dan Fcount = 47,293; (2) ada pengaruh minat membaca yang signifikan terhadap kemampuan menulis narasi siswa SMP Negeri di wilayah Tangerang Selatan, hal ini dibuktikan oleh Sig = 0,000 <0,05 dan thitung = 4,898; dan (3) ada pengaruh signifikan persepsi perpustakaan sekolah terhadap kemampuan menulis SMP Negeri di Kota Tangerang Selatan, hal ini dibuktikan oleh Sig = 0,000 <0,05 dan tcount = 4,532. Kata Kunci: minat baca, persepsi atas perpustakaan sekolah, keterampilan menulis narasi
Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual dan Minat Belajar terhadap Kemampuan Menulis Puisi Meria Sri Dewi Priatna
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 1, No 02 (2018): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (138.989 KB) | DOI: 10.30998/diskursus.v1i02.5294

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan pengaruh model pembelajaran kontekstual dan minat belajar terhadap kemampuan menulis puisi. Penelitian mempergunakan design two group, pretest, posttest design, dengan populasi siswa SMP Negeri di kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, dan melalui teknik eksperimen, diperoleh sampel sebesar 80 orang. Penelitian ini menggunakan bantuan software SPSS 20.0. Hasil penelitian membuktikan bahwa model pembelajaran kontekstual dan minat belajar berpengaruh terhadap kemampuan menulis puisi. Kata Kunci: kemampuan menulis puisi, model pembelajaran kontekstual, minat belajar
Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Jaka Sunarya
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 1, No 02 (2018): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (224.606 KB) | DOI: 10.30998/diskursus.v1i02.5290

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Pengaruh Status social-ekonomi orang tua dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri di Jakarta Utara dengan jumlah populasi sebanyak 598 dari siswa kelas VIII MTs Negeri 5 dan MTs Negeri 39 Jakarta Utara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan status social-ekonomi orang tua dan lingkungan belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa MTs Negeri Jakarta Utara. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan Fhitung= 50,900. Secara bersama-sama variabel status social-ekonomi orang tua dan lingkungan belajar memberikan kontribusi sebesar 64,1% kepada variable prestasi belajar bahasa Indonesia. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan status socialekonomi orang tua terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa MTs Negeri Jakarta Utara. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig.0,000 <0,05 dan thitung = 4,632. Kontribusi yang diberikan variabel status social-ekonomi orang tua kepada variabel prestasi belajar bahasa Indonesia sebesar 26,15%. 3). Terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa MTs Negeri Jakarta utara. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig.0,000 < 0,05 dan thitung= 6,050. Kontribuai yang diberikan varialbel lingkunagn belajar kepada variabel prestasi belajar bahasa Indonesia sebesar 37,9% Kata Kunci: status sosial-ekonomi orang tua, lingkungan belajar, prestasi belajar bahasa Indonesi

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2018 2018