cover
Contact Name
-
Contact Email
jurnalcomserva@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalcomserva@gmail.com
Editorial Address
Greenland Sendang Residence No. RG-04, Sendang, Kec. Sumber, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat 45611
Location
Kab. cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Published by Publikasi Indonesia
ISSN : 27985652     EISSN : 27985210     DOI : 10.36418/comserva
The mission of COMSERVA : Indonesian Jurnal of Community Services and Devleopment as the result of community services activities. The activities are including the implementation of science development and applied technology to empower society and realize sustainable development. The journal highlights the existing issues that happened in various fields to empower the community. The issues including, but not limited to, increasing the community capacity, applying appropriate technology, applying research result in the community, improving the people knowledge, and also the innovation in the purpose to empower people.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2021): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat" : 6 Documents clear
Pembuatan Makanan Ringan Sebagai Usaha Skala Rumahan Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Di Masa Pandemi Siti Rokhmah; Siti Julaekha; Romlah Romlah; Ros Ros; Yuni Tazkiyah
COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2021): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Publisher : Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (482.467 KB) | DOI: 10.59141/comserva.v1i2.6

Abstract

Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) bertujuan untuk melaksanakan fungsi tridharma perguruan tinggi bagi setiap Dosen Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon. Salah satunya tridharma tersebut adalah melaksanakan pengabdian masyarakat dengan “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pembuatan kue pastel, sumpia, bintang, ladu, gapit, kecimpring, kerupuk ikan, biji ketapang, pangsit Asin, Pangsit Manis, keripik ubi , tahu kunti, pepes tahu, Sebagai Usaha Skala Rumahan dalam Meningkatkan Kesejahteraan di Desa CipejeuhKulon Kecamatan Lemah Abang Kabupaten Cirebon”. Permasalahan dalam pengabdian tersebut adalah (1) Usaha ini belum dikelola secara profesional sehingga kue pastel belum bervariasi dari segi rasa agar lebih menarik(2) Belum ada pembinaan dari intansi terkait, seperti pelatihan kewirausahaan tentang pengolahan kue pastel sebagai usaha rumahan, (3) Masyarakat terkendala permodalan dan akses pemasaran. Metode pendekatan dalam program tersebut meliputi : (1) Peragaan, yaitu melalui presentasi dan demontrasi pembuatan kue pastel (2) Pelatihan-Pelatihan kepada masyarakat tentang kewirausahaan, (3) Semua kegiatan program tersebut didampingi oleh tim pelaksana. Hasil yang dicapai dalam program Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) adalah (1) Produk makanan ringan bentuk kemasan dan varian rasa (2) Artikel ilmiah. Untuk lebih memudahkan pemahaman bagi masyarakat sasaran dilakukan praktek langsung dalam setiap tahapan pembuatan makanan ringan . Dari hasil peragaan tersebut masyarakat sasaran dapat menerapkan pengolaan kue pastel sebagai usaha skala rumahan sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa Cipeujeuh Kulon Kecamaan Lemah Abang Kabupaten Cirebon .
Peningkatan Mutu Pendidikan Sebagai Wujud Pengembangan Kompetensi Guru Amaliyah Amaliyah; Aminatus Zakhra
COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2021): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Publisher : Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (407.661 KB) | DOI: 10.59141/comserva.v1i2.7

Abstract

Berdasarkan data UNESCO dalam Global Education Monitoring Report 2016, kualitas guru menempati urutan ke-14 dari 14 negara berkembang di dunia. Peningkatan kualitas guru menjadi penting, karena sebaik apapun kurikulum yang telah direncanakan tidak akan dapat berjalan dengan baik tanpa dukungan guru yang berkualitas. Layanan ini dapat memberikan informasi dan solusi bagi para guru agar dapat meningkatkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi guna meningkatkan kompetensi guru di Sekolah Dasar (SD) Al-Khairiyah II Surabaya agar mampu bersaing dan bertahan dalam perubahan dunia yang dinamis ini. Banyak guru yang hanya lulusan S1, sehingga pengetahuannya terbatas dan belum berkembang sesuai dengan perkembangan zaman. Hasil dari pengabdian ini peserta mendapatkan tambahan wawasan tentang manfaat Sekolah Menengah Atas (SMA); informasi tambahan mengenai ketersediaan beasiswa bagi guru Sekolah Dasar (SD); dan temukan tips tentang cara mengatur waktu antara sekolah dan mengajar/kerja.
Penyusunan Laporan Keuangan Sebagai Pendukung Pengembangan Permodalan UMKM yang Tergabung dalam WPMI Masripah Masripah; Dianwicaksih Arieftiara; Retna Sari; Ratna Hindria Dyah Pita Sari
COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2021): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Publisher : Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (705.698 KB) | DOI: 10.59141/comserva.v1i2.8

Abstract

Wanita Pengusaha Muslimah Indonesia (WPMI) adalah suatu organisasi yang menjadi wadah para pelaku UMKM dan dikelola oleh wanita yang tersebar di seluruh Indonesia. Salah satu kendala yang dialami para anggota WPMI dalam menjalankan usahanya adalah sulitnya perolehan modal dalam upaya mengembangkan usaha mereka. Untuk itu, perlu adanya suatu platform yang dapat menjadi mediator antara UMKM dengan para investor sehingga dapat membantu permodalan usaha UMKM. Agar para investor dapat memahami kinerja pengusaha, maka para pelaku UMKM harus dapat menyajikan laporan keuangan yang sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan (SAK) EMKM. Laporan keuangan ini nantinya dapat menunjukkan bagaimana pengelolaan keuangan UMKM sebagai bahan penilaian dari para calon investor. Selain itu, laporan keuangan yang telah disusun dapat juga digunakan sebagai landasan dalam upaya menjalankan kewajiban perpajakannya. Solusi yang ditawarkan oleh pengabdi adalah pelatihan penyusunan laporan keuangan berdasarkan SAK EMKM dan seminar bersama OperBisnis sebagai salah satu mediator antara pelaku UMKM dengan calon investor dalam mendukung permodalan.
Kondisi Dan Optimalisasi Potensi Ekonomi Masyarakat Desa Setupatok Kec.Mundu Kab. Cirebon Dalam Menghadapi Masa Pandemi Covid-19 Dede Abdurohman; Fitriyah Fitriyah; Siti Nurkhamida; Diana Naftalia; Heri Kusnadi; Vivi Novia; Rismayanti Rismayanti; Fikri Agung Nugraha; Khaerudin Khaerudin; Kholifah Kholifah
COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2021): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Publisher : Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (679.833 KB) | DOI: 10.59141/comserva.v1i2.9

Abstract

Perkonomian di indonesia tingkat nasional hingga lokal (tingkat daerah) mengalami penurunan akibat adanya pandemi virus Covid-19 (Covid-19). Salah satu daerah yang mengalami dampak tersebut ialah desa setupatok. Dari sisi ekonomi masyarkat, pelaku usaha rempah-rempah dan pengolahanm air minum RO (reverse Osmosis) mengalami penurunan hingga 50 % (persen) dari sebelum adanya pandemi. Begitupun wisatawan yang berkunjung ke danau setupatok mengalami penurunan. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini ialah dengan metode filed research(studi lapangan). Penelitian deskriptif ini dilakukan dengan cara pendekatan kualitatif. Tujuan dari penelitiannya ialah menganalisi kondisi ekonomi masyarakat desa setupatok dan menggali potensi yang ada untuk diberdayakan agar menghasilkan kondisi ekonomi yang optimal. Sehingga sarana dan prasarana yang ada dapat dioptimalisasikan dengan lebih baik. Temuan dari penelitian ini ialah, pelaku usaha rempah-rempah harus memanfaatkan media digital, hal ini dikarenakan banyaknya barang yang tertahan akibat dari konsumen yang tidak mampu membeli secara langsung, sehingga harus dilakukan dengan media lainnya yaitu digital. Sedangkan untuk pengolahan air minum RO baiknya membuat inovasi dengan memasarkan prodak baru berupa aqua botol RO, mengingat dalam masa pandemi harus menjaga kualitas makanan dan minuman yang sehat dibandingkan dengan air minum isi ulang biasa. Sedangkan untuk sektor wisata danau setupatok, salah satu potensi yang ada ialah membuka sarana outbond berupa flying fox dengan memanfaatkan sumerb daya alam dan sumber daya manusia.
Optimalisasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Donat Topping Somantri Somantri
COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2021): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Publisher : Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (608.472 KB) | DOI: 10.59141/comserva.v1i2.10

Abstract

Saat ini UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) sangat berperan penting dalam peningkatan perekonomian negara berkembang seperti Indonesia. Pengusaha-pengusaha UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) telah terbukti memiliki ketangguhan dan kemampuan dalam menghadapi krisis ekonomi. Upaya meningkatkan atau mengoptimalisasikan pemasaran kemasan, promosi, kondisi produk, bahan dan legalitas atau perijinan layak tidaknya makanan itu beredar di pasaran harus diperhatikan. Salah satu produk UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang menjadi objek perhatian dalam mini riset kami adalah UMKM Donat Topping yang berada di Desa Sutawinangun Kecamatan Kedawung Kabupaten Cirebon. Optimalisasi sebagai upaya, proses, cara, dan perbuatan untuk menggunakan sumber-sumber yang dimiliki dalam rangka mencapai kondisi yang terbaik, secara efektif dan efisien dikembangkan dengan mahasiswa KPM (Kuliah Pengabdian Masyarakat) Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon setelah visi dan misi dan tujuan dirumuskan dalam upaya meningkatkan volume penjualan donat topping dengan hasil cukup signifikan.
Community Education regarding the Distribution of Inheritance Assets in Kading Village, Awangpone District, Bone Regency Alwi Jaya; Gustika Sandra; Tarmizi
COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2021): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Publisher : Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59141/comserva.v1i6.981

Abstract

Legal counseling activities as a form of community service which is the flagship program of Watampone Pengayoman College of Law aims to educate and solve problems in society. In this case, the legal counseling carried out in Kading Village, Awangpone District, Bone Regency is related to education on the distribution of inheritance and aims to increase the community's insight regarding procedures for dividing inheritance. The method used in this service activity is legal counseling by providing material related to the rules for dividing inheritance and followed by discussion. The results of this activity show that the people of Kading Village have better knowledge about the procedures for distributing inheritance assets according to the regulations in force in Indonesia. This activity provides progressive benefits and helps the community understand the procedures for distributing inheritance assets in accordance with applicable law and increases people's insight so that they are wise in dividing inheritance assets as an effort to avoid disputes due to competition over inheritance assets.

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol. 4 No. 12 (2025): COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 4 No. 11 (2025): COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 4 No. 10 (2025): COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 5 No. 7 (2025): Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 5 No. 6 (2025): COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 5 No. 5 (2025): COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 5 No. 4 (2025): COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 5 No. 3 (2025): COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 5 No. 2 (2025): COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 5 No. 1 (2025): COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 4 No. 9 (2025): COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 3 No. 12 (2024): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 3 No. 11 (2024): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 3 No. 10 (2024): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 3 No. 09 (2024): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 4 No. 8 (2024): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 4 No. 7 (2024): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 4 No. 6 (2024): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 4 No. 5 (2024): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 4 No. 4 (2024): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 4 No. 3 (2024): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 4 No. 2 (2024): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 4 No. 1 (2024): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 3 No. 08 (2023): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 3 No. 07 (2023): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 3 No. 06 (2023): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 3 No. 03 (2023): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 3 No. 02 (2023): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 12 (2023): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 11 (2023): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 10 (2023): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 09 (2023): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 3 No. 5 (2023): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 3 No. 4 (2023): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 3 No. 1 (2023): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 12 (2022): COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 11 (2022): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 10 (2022): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 8 (2022): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 7 (2022): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 6 (2022): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 5 (2022): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 4 (2022): COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 3 (2022): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 2 (2022): COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 1 (2022): COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 9 (2022): COMSERVA : (Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) Vol. 1 No. 8 (2021): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 7 (2021): COMSERVA: (Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) Vol. 1 No. 6 (2021): COMSERVA: (Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) Vol. 1 No. 5 (2021): COMSERVA: Indonesian Journal of Community Services and Development Vol. 1 No. 4 (2021): COMSERVA: Indonesian Journal of Community Services and Development Vol. 1 No. 3 (2021): COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2021): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2021): Special Issue COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2021): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat More Issue