cover
Contact Name
Maya Safhida
Contact Email
mayasafhida@unsyiah.ac.id
Phone
+6281382618184
Journal Mail Official
jimpbsi@fkip.usk.ac.id
Editorial Address
Jalan Tgk. Hasan Krueng Kale, Darussalam, Banda Aceh
Location
Kab. aceh besar,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Bahasa dan Sastra
Core Subject : Education, Art,
Indonesian language and literature learning, linguistics, literature, and social and cultural studies
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 14, No 1 (2020): Jurnal Bahasa dan sastra, Januari 2020" : 11 Documents clear
MAKNA SYAIR-SYAIR GAYO DALAM ANTOLOGI SYAIR GAYO Fitriani Fitriani; Rajab Bahry; Herman R
Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 14, No 1 (2020): Jurnal Bahasa dan sastra, Januari 2020
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (433.717 KB)

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna yang terdapat pada syair-syair Gayo dalam Antologi Syair Gayo. Rumusan masalah penelitian ini adalah makna apa sajakah yang terdapat pada syair-syair Gayo dalam Antologi Syair Gayo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan kualitatif.Sumber data penelitian ini adalah buku Antologi SyairGayo.Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dalam bentuk dokumentasi.Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil berupa makna syair-syair Gayo dalam Antologi Syair Gayo, yaitu (1) makna kognitif, (2) makna konotatif, (3) makna emotif, (4) makna idiomatik, dan (5) makna referensial. Makna yang dominan dalam Antologi Syair Gayo adalah makna kognitif dan makna konotatif.Kata kunci: syair gayo, antologi syair gayo.ABSTRACKThis study aims to describe the meaning contained in Gayo poems in the anthology of the Gayo. The research problem formulation is what are the meanings of the Gayo poems in the Anthology of the Gayo Poetry. The method used in this study is a qualitative descriptive method with a qualitative approach. The source of this research data is the book Anthology Gayo Poetry.Data collection in this study was carried out in the form of documentation. Analysis of the data used in this study is qualitative. Based on the results of data analysis, the results obtained in the form of the meanings of Gayo verses in the anthology of Gayo poetry, namely (1) cognitive meaning, (2) connotative meaning, (3) emotive meaning, (4) idiomatic meaning, and (5) referential meaning. The dominant meaning in the Gayo Poetry Anthology is cognitive meaning and connotative meaning.Keywords: gayo poetry, anthology of gayo poetry.
KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 18 BANDA ACEH MENYIMPULKAN ISI TEKS PERSUASI Dwi Rhadhatul Wardani; Rostina Taib; Muhammad Iqbal
Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 14, No 1 (2020): Jurnal Bahasa dan sastra, Januari 2020
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (607.371 KB)

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini berjudul “Kemampuan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Banda Aceh Menyimpulkan Isi Teks Persuasi”. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Banda Aceh yang berjumlah 120 orang dan sampel yang diambil sebanyak 30 orang siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data penelitian ini dikumpulkan melalui teknik nontes dalam penugasan. Hasil kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Banda Aceh menyimpulkan isi teks persuasi adalah 68,16. hasil yang diperoleh siswa dari menyimpulkan isi saran adalah 56,5, hasil yang diperoleh siswa dari menyimpulkan isi ajakan adalah 85,3 dan hasil yang diperoleh siswa dari menyimpulkan isi arahan adalah 58,7. adapun hasil keseluruhan dari penelitian ini menunjukan bahwa nilai yang diperoleh siswa pada rentang sangat baik berjumlah 7 orang siswa (23,33%), pada kategori baik berjumlah 8 orang siswa (26,66%), pada kategori cukup berjumlah 10 orang siswa (33,33%), pada kategori kurang berjumlah 5 orang siswa (16,66%) dan pada kategori sangat kurang berjumlah 0 orang siswa (0%). Dengan demikian, menyimpulkan isi teks persuasi tergolong dalam kategori cukup.Kata Kunci : kemampuan siswa, menyimpulkan, teks persuasi.ABSTRACTThis research is entitled "The Ability of Class VIII Students of Banda Aceh State Middle School 18 Concluding the Contents of Persuasion Text". The population of this study was the eighth grade students of SMP Negeri 18 Banda Aceh, totaling 120 people and the samples taken were 30 students. The method used in this research is descriptive method with a quantitative approach. The data of this study were collected through non-test techniques in the assignment. The results of the ability of the eighth grade students of SMP Negeri 18 Banda Aceh concluded that the contents of the persuasion text were 68.16. the results obtained by students from concluding the content of the suggestion is 56.5, the results obtained by students from concluding the content of the invitation are 85.3 and the results obtained by students from concluding the content of the direction is 58.7. As for the overall results of this study, it shows that the scores obtained by students in the excellent range are 7 students (23.33%), in the good category there are 8 students (26.66%), in the sufficient category there are 10 students (33 , 33%), in the less category there were 5 students (16.66%) and in the very less category there were 0 students (0%). Thus, the ability concluded that the contents of the text of persuasion belong to the sufficient category.Keywords: student's ability, conclude, persuasion text.
ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM LIRIK LAGU BAHASA SINGKIL DI SUBULUSSALAM Suarni Suarni; Ramli Ramli; Azwardi Azwardi
Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 14, No 1 (2020): Jurnal Bahasa dan sastra, Januari 2020
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (279.405 KB)

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini berjudul “Analisis Nilai Pendidikan Karakter dalam Lirik Lagu bahasa Singkil di Subulussalam.Penelitian inibertujuan untuk mendeskripsikan nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam lirik lagu bahasa Singkil.Lirik lagu merupakan karya sastra ungkapan pengalaman pengarang secara individual dan pengalaman yang terjadi dan berkembang dimasyarakat.Larik lagu adalahkarya sastra yang berperan penting untuk memberikan pembelajaran pendidikan karakter.Sumber data penelitian ini adalah lirik lagu yang dinyanyiakan oleh Arisman Lembong,Isran Siketang, dan Isnaini Siketang yang diposting dalam situs youtubedengan menggunakan akun yang berbeda. Lagu-lagu ini dikumpulkan dalam sebuah CD agar memudahkan proses penelitian. Adapun lagu-lagu tersebut sebagai berikut: (1) Nasehat Bages Nyanyian, (2) Khajani Thukang, (3) Anak Bankhu Belen, (4) Janji-janji, (5) Janji Suci, (6) Lagu sedih, (7) Si Jantung Ate, (8) Penganggun Emak), (9) Dua Pilehen, (10) Bunga Dunia, (11) Pecah Pinggan, (12) Menjalab Bintang, (13) Otang Jodohku dan (14) Uci Uni. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskripsi kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah tekni catat dan teknik lanjutannya teknik simak.Data penelitian ini diolah dengan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam lirik lagu bahasa Singkil mengandung 12 nilai pendidikan karakter, yaitu (1) religius, (2) jujur, (3) toleransi, (4) disiplin, (5) kerja keras, (6) kreatif, (7) mandiri, (8) demokrasi, (9) bersahabat atau komunikatif, (10) cinta damai, (11) peduli sosial, (12) tanggung jawab.Kata Kunci: analisis, nilai pendidikan karakter, lirik laguABSTRACT This study entitled "Analysis of Character Education Values in Song Lyrics of Singkil language in Subulussalam. This study aims to describe the value of the character of education found ini the Singkil language song lyrics. The data source of this research is the lyrics of the song sung by Arisman Lembong, Isran Siketang, and Isnaini Siketang which were posted on the youtube site through a different account. The songs were collected in a CD aimed at facilitating the research process. The songs are as follows: (1) Nasehat Bages Nyanyian, (2) Khajani Thukang, (3) Anak Bankhu Belen, (4) Janji-janji, (5) Janji Suci, (6) Lagu sedih, (7) Si Jantung Ate, (8) Penganggun Emak), (9) Dua Pilehen, (10) Bunga Dunia, (11) Pecah Pinggan, (12) Menjalab Bintang, (13) Otang Jodohku dan (14) Uci Uni. The research method used is a qualitative descriptive method. The data collection technique of this study is a note-taking technique with the follow-up technique with the referring technique. The data of this study were processed with qualitative descriptive techniques. The results showed that the value of character education contained in Singkil language song lyrics contained 12 character education, namely (1) religious, (2) honest, (3) tolerance, (4) discipline, (5) hard work, (6 ) creative, (7) independent, (8) democratic, (9) friendly or communicative, (10) peace-loving, (11) social care, and (12) responsibility. Keywords: analysis, character education, value, song lyrics
PENGUATAN MGMP GURU BAHASA INDONESIA SMP DI KOTA SABANG BERBASIS PELATIHAN PENGEMBANGAN LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN Subhayni Subhayni
Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 14, No 1 (2020): Jurnal Bahasa dan sastra, Januari 2020
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (381.664 KB)

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bermaksud mengetahui: (1) pelaksanaan penguatanMGMP kelas Bahasa Indonesia di SMP Kota Sabang (2) kekhasan susunan organisasi MGMP kelas Bahasa Indonesia di SMP Kota Sabang, dan (3) faktor pendukung dan penghambat kualitas MGMP di SMP Kota Sabang. Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat kualitatif dan pendekatan yang digunakan fenomenologi. Penelitian dilaksanakan di SMP Kota Sabang. Teknik pengumpulan data dilakukan secara pengamatan dan bertanya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis struktural dan analisis model interaktif. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Penguatan MGMP tingkat SMP Indonesia di Kota Sabang meliputi kegiatan-kegiatan berikut: pemrograman, pembelajaran pengembangan perangkat lunak, metode pengajaran, alat bantu belajar, assasmen pembelajaran, dan peningkatan kompetensi guru, sarana dan prasarana, dan penjadwalan untuk penelitian tindakan kolaboratif. (2) susunan dan manajemen keanggotaan MGMP diatur dengan berbagai tugas dan fungsi. (3) Faktor yang mendukung pelaksanaan penguatan yaitu: menyatukan pemahaman, persepsi guru, komitmen, dan sikap mental guru. Faktor penghambat penguatan anggaran terbatas, tempat kurang representatif, jadwal kegiatan MGMP kurang tepat.Kata kunci: penguatan kelas MGMP IndonesiaABSTRACTThis study agreed to understand: (1) the implementation of strengthening the Indonesian MGMP class in Sabang City Middle School (2) the specific organizational structure of the Indonesian MGMP class in Sabang City Middle School, and (3) the supporting and inhibiting factors of MGMP quality in the Sabang City Middle School. This research is a qualitative research and research that uses phenomenology. The study was conducted at Sabang City Middle School. Data collection techniques are done by observation and asking questions. Data analysis techniques used are structural analysis and interactive model analysis. The results of this study are (1) Strengthening the MGMP of Indonesian junior high school level in Sabang City containing the following activities: programming, learning software development, methods that help, learning, learning assessment, and increasing teacher competence, facilities and infrastructure, facilities and infrastructure , and scheduling for collaborative action research. (2) the composition and management of MGMP are regulated by various tasks and functions. (3) Factors that support the implementation of coordination, namely: uniting understanding, teacher perceptions, commitment, and teacher mental attitude. Inhibiting factors in increasing the budget is limited, the place is not representative, the MGMP activities schedule is not right.Keywords: revitalization activities grade Indonesian MGMP
PENGGUNAAN METODE GIVE THE MONEY DALAM PEMBELAJARAN MENYAJIKAN GAGASAN KE DALAM BENTUK TEKS EKSPOSISI OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KUTAPANJANG, GAYO LUES Asriyuna Asriyuna; Saifuddin Mahmud; Armia Armia
Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 14, No 1 (2020): Jurnal Bahasa dan sastra, Januari 2020
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (447.5 KB)

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini berjudul “Penggunaan Metode Give the Money dalam Pembelajaran Menyajikan Gagasan ke dalam Bentuk Teks Eksposisi oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kutapanjang, Gayo Lues”. Rumusan masalahnya adalah (1) Bagaimanakah rencana pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode Give the Money dalam menyajikan gagasan ke dalam bentuk teks eksposisi oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kutapanjang, Gayo Lues, (2) Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode Give the Money dalam menyajikan gagasan ke dalam bentuk teks eskposisi oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kutapanjang, Gayo Lues, dan (3) Bagaimanakah hasil pembelajaran siswa dengan menggunakan metode Give the Money dalam menyajikan gagasan ke dalam bentuk teks eksposisi oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kutapanjang, Gayo Lues. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menyusun RPP sesuai dengan langkah-langkah metode Give the Money. Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode Give the Money berjalan dengan baik, yakni sesuai dengan rumusan RPP. Materi pembelajaran menyajikan gagasan ke dalam bentuk teks eksposisi berhasil diimplementasikan oleh guru sesuai langkah-langkah metode Give the Money. Hasil pembelajaran dalam menyajikan gagasan ke dalam bentuk teks ekposisi dengan menggunakan metode Give the Money berada pada skala sangat baik.Kata Kunci: metode Give the Money, teks eksposisiABSTRACTThis study is entitled "The Use of the Give the Money Method in Learning Presenting Ideas into Text Form Exposition by Class VIII Students of SMP Negeri 1 Kutapanjang, Gayo Lues". The formulation of the problem is (1) How is the plan of implementing learning using the Give the Money method in presenting ideas in the form of exposition text by eighth grade students of SMP Negeri 1 Kutapanjang, Gayo Lues, (2) How is the implementation of learning using the Give the Money method in presenting ideas in the form of text exposition by VIII grade students of SMP Negeri 1 Kutapanjang, Gayo Lues, and (3) What are the results of student learning using the Give the Money method in presenting ideas into exposition text form by VIII grade students of SMP Negeri 1 Kutapanjang, Gayo Lues This research uses a qualitative approach with descriptivemethods. The data analysis technique of this research is qualitative analysis with descriptive methods. The results showed that the teacher arranged the lesson plan according to the steps of the Give the Money method. The implementation of learning using the Give the Money method went well, which is in accordance with the formulation of the RPP. Learning material presents ideas in the form of exposition text successfully implemented by the teacher according to the steps of the Give the Money method. The learning outcomes in presenting ideas into exposition text using the Give the Money method are on a very good scale.Keywords: Give the Money method, exposition text
MENDORONG LEARNING COMMUNITY DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS X SMA LAB SCHOOL UNSYIAH Mukhlis Mukhlis; Evi Ridhayani; Suhartina Suhartina
Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 14, No 1 (2020): Jurnal Bahasa dan sastra, Januari 2020
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (673.196 KB)

Abstract

ABSTRAK Artikel ini mengulas dasar pemikiran pentingnya implementasi konsep learning community (komunitas belajar) dalam pembelajaran bahasa Indonesia bagi siswa baru (siswa kelas X) SMA Lab School Unsyiah beserta strategi, dampak, dan rekomendasi bagi manajemen sekolah. Artikel ini ditulis sebagai salah satu strategi publikasi lesson learned pelaksanaan program Penugasan Dosen ke Sekolah (Program PDS tahun 2018/2019).Penelitian ini dilaksanakan di SMA Lab School Unsyiah Banda Aceh. Data dikumpulkan melalui observasi dan perekaman langsung proses pembelajaran di kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perubahan yang cukup signifikan dalam proses belajar Bahasa Indonesia di kelas X SMA Lab School Unsyiah. Perubahan itu terjadi dari aspek keterlibatan secara aktif para siswa dalam aspek hubungan dan kepedulian antarindividu dalam proses pembelajaran, adanya inkuiri (proses mencari tahu) yang produktif pada para siswa, lingkungan belajar yang lebih positif, dan pengharapan guru yang tinggi akan hasil belajar siswa. Usaha untuk menciptakan komunitas belajar (learning community) di SMA Lab School Unsyiah bukanlah hal yang mudah bagi guru, akan tetapi ini harus dilakukan. Tidak ada proses kegiatan belajar yang baik yang dapat tercipta tanpa adanya komunitas belajar yang baik. Penciptaan kondisi sedemikian memerlukan berbagai tindakan dari guru apabila ia berharap semua upaya yang dilakukannya untuk membelajarkan siswa membuahkan hasil yang memuaskan. Kata Kunci: Learning Community, pembelajaran bahasa Indonesia ABSTRACTThis article reviews the rationale for the importance of implementing the concept of learning community in Indonesian learning for new students (class X students) of the Unsyiah High School Lab School along with strategies, impacts, and recommendations for school management. This article was written as one of the lessons learned publication strategies for the implementation of the Lecturer-to-School Assignment program (2018/2019 PDS Program). This research was carried out at Unsyiah Banda Aceh High School Lab School. Data was collected through direct observation and recording of the learning process in class. The results showed that there were significant changes in the process of learning Indonesian in class X of the Unsyiah Lab School High School. The change occurred from the aspect of students' active involvement in aspects of relationships and caring between individuals in the learning process, the existence of productive inquiry (the process of finding out) in students, a more positive learning environment, and high teacher expectations for student learning outcomes. The effort to create a learningcommunity in the Unsyiah Lab School High School is not an easy thing for teachers, but it must be done. There is no good learning process that can be created without a good learning community. The creation of such conditions requires a variety of actions from the teacher if he hopes all the efforts he made to teach students produce satisfying results.Keywords: Learning Community, learning Indonesian
KOMPETENSI MAHASISWA FKIP UNIMAL DALAM MENELAAH UNSUR-UNSUR SURAT DINAS Ririn Rahayu; Sayni Nasrah; Iba Harliyana; Azhari Azhari
Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 14, No 1 (2020): Jurnal Bahasa dan sastra, Januari 2020
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (399.84 KB)

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan mendeskripsikan kompetensi mahasiswa FKIP Unimal dalam menelaah unsur-unsur surat dinas. Asumsi dilakukannya penelitian ini adalah terbatasnya keterampilan mahasiswa dalam menulis atau menelaah isi surat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Tindakan penelitian dilakukan dalam satu sesi, yaitu: pengumpulan data yang berkenaan dengan kompetensi mahasiswa FKIP Unimal dalam menelaah unsur-unsur surat dinas. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kompetensi mahasiswa FKIP Unimal dalam menelaah unsur-unsur surat dinas berjumlah 80 yang berada pada kategori baik.. Salah satu kemungkinan penyebab hasil kompetensi mahasiswa FKIP Unimal dalam menelaah unsur-unsur surat dinas baik adalah hanya sebagian mahasiswa yang mampu menjawab dengan baik setiap unsur yang ada dalam surat dinas, sedangkan sebagian mahasiswa yang lainnya masih kurang paham dalam menelaah unsur-unsur surat dinas. Hal tersebut dibuktikan dari hasil pengamatan penulis dan hasil pengamatan dan wawancara dengan beberapa mahasiswa.Kata Kunci: Kompetensi, Mahasiswa, Menelaah, Unsur-Unsur Surat DinasABSTRACT This study aims to describe the competency of FKIP Unimal students in examining the elements of official letters. The assumption of this research is the limited skills of students in writing or studying the contents of the letter. This study uses a quantitative approach. This type of research is quantitative descriptive. The research action was carried out in one session, namely: data collection regarding the competence of FKIP Unimal students in examining the elements of official letters. The results showed the average competency of FKIP Unimal students in examining the elements of official letters totaling 80 were in good category. well every element in the official letter, while some other students still lack understanding in studying the elements of the official letter. This is evidenced from the writer's observations and observations and interviews with several students.Keywords: Competence, Students, Studying, Elements of Service Letters
KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII SMPNEGERI 6 BANDA ACEH MENELAAH STRUKTUR TEKS BERITA Cici Paramida; Subhayni Subhayni; Muhammad Idham
Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 14, No 1 (2020): Jurnal Bahasa dan sastra, Januari 2020
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (609.821 KB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Kemampuan Siswa Kelas VIII SMP Negeri6 Banda Aceh Menelaah Struktur Teks Berita”. Masalah penelitian ini adalah (1) bagaimanakah kemampuan siswa kelas VIII SMPNegeri6 Banda Aceh menelaah struktur teks berita. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPNegeri6 Banda Acehyang berjumlah245 siswa.Sampel penelitian ini diambil15% dari jumlah populasi, yaitu berjumlah 37siswa. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik nontes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas VIII SMPNegeri6 Banda Aceh menelaah struktur teks berita dikategorikan baik. Hasil nilai rata-rata keseluruhannya adalah 84. Nilai rata-rata 84 berada pada rentang nilai 71─85 yang merupakan rentang nilai untuk kategori baik. Dari rata-rata perolehan nilai siswa dapat dikatakan bahwa siswa kelas VIII SMPNegeri6 Banda Aceh sudah mampu menelaah struktur teks berita. Kata Kunci: Kemampuan Siswa, Menelaah, Struktur, Teks Berita ABSTRACT This study entitled "The Ability of Class VIII Students SMP Negeri 6 Banda Aceh To Examine The Structure Of The News Text". The problems of this study are (1) how the ability of class VIII students of SMPNegeri 6 Banda Aceh to examine the structure of the news text. The method used in this research is descriptive quantitative approach. The population of this class VIII students of SMP Negeri 6 Banda Aceh totaling 245 students. The research sample was taken 15% of the total population, namely 37 students. The technique used in this research is nontes technique. The results showed that the ability of class VIII students SMPNegeri 6 Banda Aceh to examine the structure of the news text was categorized as good. The result of the overall average value of 84 is in the range of values 71 – 85 which is a range of values for either category. From the average acquisition of student of class VIII SMP Negeri 6 Banda Aceh have been able to examine the structure of the news text. Keywords: student ability, examine, structure, news text
METODE PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA Anizar Anizar
Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 14, No 1 (2020): Jurnal Bahasa dan sastra, Januari 2020
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (528.182 KB)

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini berisi tentang gambaran penelitian tindakan kelas menggunakan model pembelajaran kooperatif two stay two strayyang bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi menelaah kaidah kebahasaa teks cerita inspiratif di kelas IX-4 SMP Negeri 6 Banda Aceh.Manfaat penelitian ini adalah sebagai langkah pemecahan masalah bagi guru terhadap permasalahan belajar yang ditemukan, yaitu rendahnya kemampuan siswa dalam menelaah kaidah kebahasaan teks cerita inspiratif. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 6 Banda Aceh kelas IX-4 berjumlah 33 siswa yang terdiri atas 17 laki-laki dan 16 perempuan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini secara deskriptif kualitatif. Prosedur penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Langkah-langkah dalam setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pada tahap observasi, observer dan peneliti melakukan pengumpulan data dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas siswa dan guru dalam proses pembelajaran menelaah kaidah kebahasaan teks cerita inspiratif menggunakan metode two stay two stray.Hasil penelitian menunjukkan bahwa saat proses pembelajaran berlangsung tercipta pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered learning). Hal ini terlihat dari persentase ketuntasan belajar siswa siklus I 64%, siklus II menjadi 97%. Persentase aktivitas siswa siklus I 60%, siklus II menjadi 84,5%. Kemampuan guru melakukan proses pembelajaran pada siklus I 78,5% dengan kategori baik, siklus II menjadi 93,75% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran two stay two stray dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menelaah kaidah kebahasaan teks cerita inspiratif.Kata Kunci: Bahasa Indonesia, dan metodetwo stay two stray
PENGGUNAAN METODE BATU LONCATAN (STEPPING STONE) PADA MATERI MENGIDENTIFIKASI UNSUR PEMBANGUN KARYA SASTRA DALAM CERITA PENDEK DI KELAS IX SMP NEGERI 8 BANDA ACEH Wardina Hasanah Harefa; Ramli Ramli; Subhayni Subhayni
Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 14, No 1 (2020): Jurnal Bahasa dan sastra, Januari 2020
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (462.84 KB)

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini berjudul “Penggunaan Metode Batu Loncatan (Stepping Stone) pada Materi Mengidentifikasi Unsur Pembangun Cerpen dalam Cerita Pendek di Kelas IX SMP Negeri 8 Banda Aceh”.Rumusan masalahnya adalah (1) Bagaimanakah penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran yang menggunakan metode Batu Loncatan (Stepping Stone) dalam mengidentifikasi unsur pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek oleh siswa kelas IX SMP Negeri 8 Banda Aceh,(2) Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran yang menggunakan metode Batu Loncatan (Stepping Stone) dalam mengidentifikasi unsur pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek oleh siswa kelas IX SMP Negeri 8 Banda Aceh, dan (3) Bagaimana hasil pembelajaran yang menggunakan metode Batu Loncatan (Stepping Stone) dalam mengidentifikasi unsur pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek oleh siswa kelas IX SMP Negeri 8 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik studi dokumentasi dan teknik observasi. Selanjutnya, sumber data penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia, serta siwa kelas IX-1 dan IX-5 di SMP Negeri 8 Banda Aceh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menyusun RPP sesuai dengan langkah-langkah metode Batu Loncatan (Stepping Stone). Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode Batu Loncatan (Stepping Stone) berjalan dengan baik dan langkah-langkah yang digunakan juga sudah tepat sesuai dengan metode Batu Loncatan (Stepping Stone). Hasil pembelajaran yang diperoleh oleh siswa dalam materi mengidentifikasi unsur pembangun karya sastra dalam teks cerpen dengan menggunakan metode Batu Loncatan (Stepping Stone) sudah sangat memuaskan.Kata Kunci: metode Batu Loncatan (Stepping Stone), teks cerpenABSTRACTThis research is entitled "The Use of Stepping Stone in the Material of Identifying Short Builder Elements in Short Stories in Class IX of Banda Aceh Public Middle School 8". The formulation of the problem is (1) How is the preparation of the learning plan using the Stepping Stone method in identifying elements of building literary works in short story texts by class IX students of SMP Negeri 8 Banda Aceh, (2) What is the implementation of learning using the Stone method Stepping Stone in identifying the building blocks of literary work in short story texts by class IX students of SMP Negeri 8 Banda Aceh, and (3) What are the learning outcomes using the Stepping Stone method in identifying literary building elements in story texts short by class IX students of SMP Negeri 8 Banda AcehThis study used a qualitative approach with descriptive methods. Data collection techniques used are documentation study techniques and observation techniques. Furthermore, the data sources of this study are Indonesian language teachers, as well as students of grades IX-1 and IX-5 in State Middle School 8 Banda Aceh. The results of the study show that the teacher prepares the lesson plan in accordance with the steps of the Stepping Stone method. The implementation of learning using the Stepping Stone method goes well and the steps used are also in accordance with the Stepping Stone method. The learning results obtained by students in the material identified the building blocks of literary works in short story texts using the Stepping Stone method were very satisfying.Keywords: Stepping Stone method, short story text

Page 1 of 2 | Total Record : 11