cover
Contact Name
Fitria Carli Wiseza
Contact Email
fitriawiseza@gmail.com
Phone
+6285208002263
Journal Mail Official
elmadibjurnal@gmail.com
Editorial Address
Jln. Lintas Sumatera KM. 4 Sungai Binjai Kec. Bathin III Kab. Bungo Jambi 37211
Location
Kab. bungo,
Jambi
INDONESIA
el-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam
ISSN : -     EISSN : 2829176X     DOI : https://doi.org/10.51311/el-madib.v2i1
el-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam the journal is published by Center for Research, Publications and Community Service Institut Agama Islam Yasni Bungo Jambi Indonesia. It’s dedicated for the publication of scientific articles in Islamic Basic Education. The languages used in this journal are Indonesia, English and Arabic. This journal is published twice a year, March and September in printed and online version. The editors receive scientific articles of academics, lecturers, and researchers who have never been published by other Journals.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 1 (2025): (March 2025)" : 5 Documents clear
Membentuk Generasi Emas: Peran Strategi Guru Kelas dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas 4 SDN 83 Rimbo Mulyo Safira, Widia Gita; Khamim, Siti; Kusuma, Ela Widya; Hani, Muthoharotun Umi; Ibrohim, Muhammad
el-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol. 5 No. 1 (2025): (March 2025)
Publisher : Institut Agama Islam Yasni Bungo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51311/el-madib.v5i1.917

Abstract

Pembentukan karakter sejak usia dini menjadi pondasi penting dalam mencetak generasi emas yang berdaya saing, berakhlak mulia, dan siap menghadapi tantangan masa depan. Dalam konteks pendidikan dasar, guru kelas memiliki peran strategis sebagai figur teladan dan agen pembentuk karakter siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru kelas dalam membentuk karakter siswa kelas IV di SDN 83 Rimbo Mulyo. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas tidak hanya berperan sebagai pendidik dalam aspek kognitif, tetapi juga sebagai pembina moral dan sosial siswa. Guru menerapkan nilai-nilai karakter seperti disiplin, tanggung jawab, jujur, dan kerja sama melalui pembelajaran terintegrasi, kegiatan harian, dan pendekatan personal. Guru juga membangun komunikasi yang baik dengan orang tua untuk mendukung penguatan karakter di lingkungan rumah. Tantangan yang dihadapi antara lain keterbatasan waktu, perbedaan latar belakang siswa, serta pengaruh lingkungan luar sekolah. Meski demikian, guru menunjukkan upaya berkelanjutan melalui keteladanan, konsistensi aturan, dan pemanfaatan kegiatan sekolah seperti upacara, kerja bakti, dan lomba sebagai sarana pembentukan karakter. Kesimpulannya, peran guru kelas sangat signifikan dalam membentuk karakter siswa, dan keterlibatan aktif guru dalam pembelajaran serta kehidupan siswa di sekolah menjadi kunci dalam mewujudkan generasi emas di masa depan.
Inovasi Pembelajaran Soal Cerita Matematika Melalui Teknik Pemecahan Kalimat dan Permainan Ulil Amri, Ridho; Ahmala, Majidatun
el-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol. 5 No. 1 (2025): (March 2025)
Publisher : Institut Agama Islam Yasni Bungo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51311/el-madib.v5i1.959

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis inovasi pembelajaran dalam membantu siswa menyelesaikan soal cerita matematika melalui teknik pemecahan kalimat dan permainan di SD Negeri Duren 03 Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten madiun. Penelitian ini berlatar belakang pada permasalahan siswa, khususnya yang terjadi di SD Negeri Duren 03 dalam memahami dan menyelesaikan soal cerita pada mata pelajaran matematika. Kesulitan ini tidak hanya mencakup tentang pemahaman konsep, namun juga terkait keterampilan matematika untuk mencapai solusi yang diinginkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan berdasar pada sumber data yang di dapatkan melalui observasi terhadap siswa di lapangan, kajian pustaka, serta bersumber dari pendapat ahli yang relevan dengan topik penelitian yang dilakukan. Penelitian yang dilakukan menunjukkan perubahan yang positif pada siswa dalam memahami struktur dan mengidentifikasi informasi kunci dalam menyelesaikan soal cerita. Teknik pemecahan kalimat mengarahkan siswa untuk mengidentifikasi unsur-unsur penting dari masalah, seperti apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan. Selain itu, terjadi peningkatan motivasi belajar siswa karena pembelajaran yang dipadukan dengan permainan membuat siswa tidak merasa bosan. Inovasi guru dalam pembelajaran ini juga mampu mengurangi kecemasan siswa terhadap matematika, membangun rasa percaya diri, dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan.
Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing di Kelas II B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Bungo Rahayu, Putri; Ayu Pertiwi, Linda; Nur, Muhammad
el-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol. 5 No. 1 (2025): (March 2025)
Publisher : Institut Agama Islam Yasni Bungo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51311/el-madib.v5i1.1092

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas II B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Bungo. Penelitian ini dilatar belakangi dengan rendahnya minat belajar siswa serta kurangnya rasa ingin tahu peserta didik akan materi pembelajaran. Hal ini, dikarenakan penggunaan model ataupun metode pembelajaran pada saat proses pembelajaran yang kurang tepat. Selain itu, keterbatasan sarana dan prasarana juga menjadi kendala pada proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan menggunakan desain penelitian Kemmis dan MC Taggart yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan dan pengamatan, refleksi dan perencanaan ulang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Bungo yang berjumlah 24 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian pada mata pelajaran Bahasa Indonesia sebelum tindakan diperoleh rata-rata 39,35% dengan kategori sangat kurang. Lalu hasil setelah dilakukan tindakan dengan model pembelajaran Snowball Throwing mengalami peningkatan, pada siklus I pertemuan 1 memperoleh nilai rata-rata 54,75%. Kemudian mengalami peningkatan pada siklus I pertemuan 2 memperoleh nilai rata-rata 61,85%. Hasil penelitian siklus II pertemuan 1 memperoleh nilai rata-rata 71,31%. Kemudian mengalami peningkatan kembali pada siklus II pertemuan 2 dengan memperoleh nilai rata-rata 82,33%.
Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Snowball Throwing Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 61/II Kecamatan Pelepat Kabupaten Bungo Rosmaini, Rosmaini; Ariyanto, Soni Yuda; Muttaqin, Muttaqin
el-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol. 5 No. 1 (2025): (March 2025)
Publisher : Institut Agama Islam Yasni Bungo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51311/el-madib.v5i1.1094

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis prosses model pembelajaran Snowball Throwing terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV di SDN 61/II. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tidanakan Kelas dengan model kemmis dan MC Taggart dan model pembelajaran Snowball Throwing pada kelas IV. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada aktivitas dan hasil belajar siswa. Pada Prasiklus hasil belajar siswa memiliki persentase sebesar 67% dengan keaktifan belajar sebesar 59%, pada siklus I hasil belajar siswa sebesar 69% dengan keaktifan belajar sebesar 65%, sedangkan pada siklus II hasi l belajar siswa mencapai 91% dengan keaktifan belajar siswa sebesar 83%, hal ini menunjukan bahwa siswa mencapai ketuntasan belajar setelah menggunakan model Snowball Throwing. Peningkatan aktivitas belajar siswa juga terlihat dari persentase keaktifan yang meningkat dari 59% pada prasiklus menjadi 82% pada siklus II. Kesimpulannya, penerapan model pembelajaran snowball throwing terbukti efektif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi proses perumusan dan nilai-nilai Pancasila. Model ini dapat menjadi alternatif metode pembelajaran yang menarik dan memotivasi siswa dalam belajar.
Integrasi Problem Based Learning dan Video Animasi untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Mirna, Mirna; Pajrini, Ani; Misnawati, Misnawati
el-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol. 5 No. 1 (2025): (March 2025)
Publisher : Institut Agama Islam Yasni Bungo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51311/el-madib.v5i1.1095

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IV di SD Negeri 101/II Muara Bungo pada mata pelajaran pendidikan pancasila dengan menggunakan model Problem Based Learning berbantu media vidio animasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Model PTK yang digunakan adalah Kemmis and Taggart, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk instrumen peneliti menggunakan lembar observasi, lembar wawancara dan dokumentasi. Pada penelitian ini pada tahap pelaksanaannya menggunakan tahap sebagai berikut: a. Orientasi peserta didik pada masalah, b. Mengorganisasikan Kegiatan Pembelajaran, c. Membimbing Penyelidikan Mandiri dan Kelompok, d. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya, e. Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah. Hasil peningkatan minat belajar siswa pada siklus I pertemuan I yaitu 55,95% berada pada kriteria sangat kurang, siklus I Pertemuan II yaitu 65,27% berada pada kriteria kurang, siklus II pertemuan I yaitu 74,08% berada pada kriteria cukup, siklus II pertemuan II yaitu 83,22% berada pada kriteria baik dan telah memenuhi kriteria keberhasilan tindakan. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan minat belajar siswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 5