cover
Contact Name
Nurliana
Contact Email
nurliana@diniyah.ac.id
Phone
+6285271315660
Journal Mail Official
kreatifitas@diniyah.ac.id
Editorial Address
Jl. Kuau No.001/ Jl. KH. Ahmad Dahlan No.100, Pekanbaru, Riau, Indonesia, 28121
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam
ISSN : 24609870     EISSN : 28071883     DOI : 10.46781
Core Subject : Religion, Education,
Kreatifitas jurnal ilmiah Pendidikan Islam diterbitkan dua kali dalam setiap tahun. Kajian dalam jurnal ini ialah kajian ilmiah hal-hal yang berkaitan tentang pendidikan islam, hasil penelitian seputar pendidikan islam, pengabdian pendidikan islam; seperti pengetahuan ilmiah seputar keislaman, strategi pembelajaran, metode pembelajaran, manajemen kelas, dan segala sesuatu yang berkaitan dengan pendidikan islam baik ilmiah maupun hasil penelitian ataupun pengabdian. Tulisan dalam jurnal ini terbuka untuk akademisi, peneliti, dan praktisi yang berkaitan tentang pendidikan Islam.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 12 No 2 (2023): Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam" : 6 Documents clear
AKSIOLOGI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF ISLAM DAN BARAT Fasikhul Lisan, Moh; Yusron Maulana El-Yunusi, Muhammad
Kreatifitas Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Vol 12 No 2 (2023): Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam
Publisher : Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Diniyyah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46781/kreatifitas.v12i2.958

Abstract

Ajaran Islam adalah serangkaian nilai-nilai yang menjadi pedoman hidup sesuai dengan perintah Allah SWT. Oleh karena itu, pendidikan Islam adalah upaya untuk mengarahkan perkembangan seseorang menuju nilai-nilai Islam , baik dengan sengaja maupun tanpa disadari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendorong seseorang agar menjadi manusia yang memahami pendidikan Islam baik dari negara barat maupun negaranya sendiri. Penelitian ini menggunakan metode library riset yakni dengan mengumpulkan berbagai buku, data-data yang terkait. Dalam analisis ini bahwasannya nilai-nilai pendidikan Islam diakui sebagai krusial untuk mencapai kesejahteran, baik di dunia maupun di akhirat. Berdasarkan hasil analisis, dapat dinyatakan bahwa ranah aksiologi pendidikan Islam memiliki dimensi yang luas dan mendalam, mencakup berbagai perbebedaan.
MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI MADRASAH ALIYAH PP TUNAS HARAPAN TEMBILAHAN MELALUI PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN Nurhasanah , Nurhasanah; Maria Olfa, Ein
Kreatifitas Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Vol 12 No 2 (2023): Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam
Publisher : Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Diniyyah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46781/kreatifitas.v12i2.961

Abstract

Penelitian ini bertitik tolak pada permasalahan kurangnya minat membaca siswa di Madrasah Aliyah PP Tunas Harapan. Tujuan Penelitian in mengetahui peningkatan minat membaca siswa melalalui Perpustakaan sekolah di Madrasah Aliyah PP Tunas Harapan Tembilahan. Teknik pengumpulan data yang menggunakan angket dan dokumetasi, metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Hasil penelitian, berdasarkan analisis uji t adalah perhitungan : lebih besar daripada t tabel atau maka hipotesis nihil yang diajukan tidak diterima berarti adanya peningkatan minat baca siswa melalui perpustakaan sekolah.
KESANTUNAN BAHASA KENABIAN DALAM PEMBELAJARAN PERSPEKTIF AL-QUR’AN Mahfudz, Ali; Ulya, Miftah
Kreatifitas Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Vol 12 No 2 (2023): Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam
Publisher : Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Diniyyah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46781/kreatifitas.v12i2.966

Abstract

Kekerasan verbal di sekolah oleh guru terhadap peserta didik telah menjadi isu yang serius. Untuk mengatasi masalah ini, sebagian besar penelitian mengusulkan penggunaan kesantunan bahasa sebagai strategi efektif. Artikel ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan library research untuk mengeksplorasi konsep kesantunan berbahasa dalam konteks pendidikan, dengan mengambil teladan Nabi Muhammad saw dalam Al-Qur’an. Analisis kesantunan berbahasa menggunakan kerangka kerja Leech. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Nabi Muhammad saw selalu diajarkan oleh Allah untuk berbahasa santun dalam mendidik umatnya. Kesantunan berbahasa yang diterapkan mencakup kesimpatian, kesetujuan, penerimaan, kemurahan, dan kerendahan hati. Oleh karena itu, artikel ini menekankan pentingnya guru mempraktikkan kesantunan berbahasa ketika mendidik peserta didiknya, sebagai upaya untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif dan mendukung bagi perkembangan optimal peserta didik.
METODE PEMBELAJARAN PERSPEKTIF ISLAM DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN ISLAMI PESERTA DIDIK Silahudin, Agus
Kreatifitas Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Vol 12 No 2 (2023): Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam
Publisher : Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Diniyyah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46781/kreatifitas.v12i2.983

Abstract

Pembelajaran dalam perspektif pendidikan Islam bukan sekadar tentang mentransfer informasi, tetapi bertujuan membentuk kepribadian, karakter, sikap, dan perilaku yang sesuai dengan ajaran Islam. Tujuan penelitian ini mencari alternatif metode pembelajaran yang bisa membentuk kepribadian Islami pada peserta didik, melihat berbagai metode pembelajaran yang sudah diterapkan dalam dunia pendidikan saat ini belum memberikan hasil yang signifikan terhadap pembentukan kepribadian Islami peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode library riset yakni dengan mengumpulkan berbagai buku, data-data yang terkait. Dalam analisis ini bahwasannya metode pembelajaran dalam perspektif Islam dilakukan dengan metode aqliyah, sebuah metode pembelajaran yang mengaktifkan empat komponen berfikir yaitu, otak, indera, fakta dan informasi yang terkait dengan fakta. Metode ini dalam membentuk kepribadian Islami pada peserta didik dengan cara membentuk aqliyah dan nafsiyahnya berdasarkan aqidah Islam yang melahirkan pemahaman sebagai landasan dalam berfikir dan berprilaku. Karena kepribadian manusia tidak terbentuk dari bentuk tubuh dan asesoris yang digunakannya, tetapi kepribadian manusia terbentuk dari pemahaman dan prilakunya.
STRATEGY IMPROVING THEIR MEMORIZATION OF HADITH IN HADITH STUDIES COURSES STUDENT Rahman, Abdul
Kreatifitas Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Vol 12 No 2 (2023): Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam
Publisher : Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Diniyyah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46781/kreatifitas.v12i2.1009

Abstract

Hadis merupakan penyempurna Al-Qur’an yang menjadi pedomana bagi umat manusia, menjadi kewajiban umat Islam untuk menjaganya, salah satu uapaya adalah dengan menghafalnya. Menghafal hadis yang jumlahnya begitu banyak menurut akal sangat sulit menjalaninya apalagi bagi seorang mahasiswa Teknik Industri yang tidak memiliki latar belakang keagamaan. Maka dari itu UIN SUSKA Riau mewajibkan mahasiswanya mempelajari hadis melalui mata kuliah studi hadis yang merupakan mata kuliah wajib. Namun pada kenyataanya banyak mahasiswa yang masih merasa kesulitan dalam mengahafal hadis. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Hasil penelitian menunjukan bahwa masalah yang dihadapi mahsiswa Teknik Industri dalam menghafal hadis adalah rendahnya motivasi dari mahasiswa itu sendiri, solusi yang dilakukan mahasiswa Teknik Industri yaitu memotivasi diri sendiri, sering melakukan kajian hadis, serta mengetahui cara menghafal yang baik dan benar. Strategi mahasiswa dalam mengahafal Hadis yaitu langkah pertama yang dilakukan adalah memperlancar bacaan tulisan arabik dan menyetorkan hadis yang telah dihafal kepada penanggungjawab hafalan hadis. Strategi yang dapat dilakukan mahasiswa yaitu: memotivasi diri sendiri, bisa mengetahui cara menghafal yang baik dan benar, harus disiplin ketika menyetor hafalan, menambah waktu untuk menghafal, serta menonaktifkan dan menjauhkan handphone pada saat mulai mengahafal hadis.
KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA Tafsiruddin, Tafsiruddin
Kreatifitas Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Vol 12 No 2 (2023): Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam
Publisher : Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Diniyyah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46781/kreatifitas.v12i2.1015

Abstract

Sehubungan dengan kewajiban seorang dosen untuk melakukan penelitian ilmiyah, maka pada kesempatan ini peneliti memfokuskan pada penelitian “Kreativitas guru Pendidikan Agama Islam dalam memotivasi belajar siswa” sebagai objeknya dan tempat penelitiannya sekolah SDN 81 Pekanbaru. Motivasi belajar siswa dalam pembelajaran adalah hal yang sangat penting dalam suatu pembelajaran,didalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, antara siswa dan guru saling berinteraksi dengan baik dan memiliki hubungan yang sangat erat. Guru memiliki kreativitas yang sangat penting dalam meningkatkan prestasi siswa baik dalam pelajaran umum maupun dalam pembelajaran agama. Setiap pembelajaran dapat ditingkatkan melalui motivasi dan pemahaman materi. Guru juga sebagai pengelola ruang mengarahkan anak didik didalam kelas. Setiap anak didik seharusnya memiliki keingintahuan yang tinggi baik dalam pelajaran umum maupun pelajaran agama. Tetapi peneliti masih menemukan ada sebagian anak didik di SDN 81 Pekanbaru yang belum menyadari akan pentingnya belajar dan memahami pelajaran agama islam dengan baik.Adapun permasalahannya peneliti akan focus pada Kreativitas guru pendidikan agama islam dalam memotivasi belajar siswa masih berkemungkinan adanya beberapa permasalahan tentang kurangnya motivasi terhadap belajar anak, seperti anak lebih banyak waktu yang digunakan untuk bermain, pr jarang dikerjakan, di waktu PBM (Proses Belajar Mengajar) anak cenderung bermain dan tidak fokus pada pelajaran.

Page 1 of 1 | Total Record : 6