cover
Contact Name
Nurliana
Contact Email
nurliana@diniyah.ac.id
Phone
+6285271315660
Journal Mail Official
kreatifitas@diniyah.ac.id
Editorial Address
Jl. Kuau No.001/ Jl. KH. Ahmad Dahlan No.100, Pekanbaru, Riau, Indonesia, 28121
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam
ISSN : 24609870     EISSN : 28071883     DOI : 10.46781
Core Subject : Religion, Education,
Kreatifitas jurnal ilmiah Pendidikan Islam diterbitkan dua kali dalam setiap tahun. Kajian dalam jurnal ini ialah kajian ilmiah hal-hal yang berkaitan tentang pendidikan islam, hasil penelitian seputar pendidikan islam, pengabdian pendidikan islam; seperti pengetahuan ilmiah seputar keislaman, strategi pembelajaran, metode pembelajaran, manajemen kelas, dan segala sesuatu yang berkaitan dengan pendidikan islam baik ilmiah maupun hasil penelitian ataupun pengabdian. Tulisan dalam jurnal ini terbuka untuk akademisi, peneliti, dan praktisi yang berkaitan tentang pendidikan Islam.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 9 No 2 (2020): Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam" : 5 Documents clear
INOVASI METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DAN MADRASAH Basori, Basori
Kreatifitas Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Vol 9 No 2 (2020): Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam
Publisher : Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Diniyyah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (675.692 KB)

Abstract

ABSTRAK Jurnal ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang inovasi pada metode pembelajaran pendidikan agama islam disekolah maupun dimadrasah. Selama ini pembelejaran pendidikan agama islam disekolah ataupun madrasah hanya berjalan seadanya dengan menggunakan metode yang biasa-biasa saja, sehingga kurang dirasa hasilnya kepada peserta didik kita, salah satu bukti ketidak sampaian pembelajaran pendidika agama islam itu dengan semakin banyaknya generasi saat ini yang tidak mengaplikasikan nilai-njilai keislaman yang diajarkan disekolah maupun dimadrasah. Terbukti dengan banyak remaja yang melakukan kenakalan remaja diantaranya mengkonsumsi alkohol, narkoba, pelecehan seksual dan lain sebagainya. Ini semua terjadi karena materi tentang pendidikan agama islam disekolah ang mereka pelajari tidak mampu diserap oleh peserta didik dikarenakan pembelajaran pendidikan agama islam kurang menarik perhatian peserta didik. Maka perlu adanya inovasi tentang metode pembelajaran pendidikan agama islam, sudah seharusnya kita sebagai seorang guru mampu berinovasi dalam penggunaan metode pembelajaran Inovasi metode pembelajaran pendidikan agama islam yang penulis temukan diberbagai literatur yang bisa dijadikan sebagai alternatif dalam pemelajaran dikelas terutama pada mata pelajaran pendidikan agama islam yang konon kata peserta didik termasuk kedalam salah satu mata pelajaran yang membosankan atau kurang menarik perhatian. Berikut disajikan inovasi metode pembelajaran yang penulis temukan diberbagai literatur diantaranya: Problem Solving metod, Metode drill Metod, Metode ekperimental, Information Search , Critical insident, Jigsaw learning and Learning Star With A question
INISIASI PEMIKIRAN PENDIDIKAN SYAIKH ABDUL WAHAB ROKAN Ulya, Miftah; Nurliana, Nurliana
Kreatifitas Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Vol 9 No 2 (2020): Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam
Publisher : Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Diniyyah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (784.865 KB)

Abstract

Abstraksi Membicarakan sosok tokoh agama Syaikh Abdul Wahab yang populer dengan ajaran tarekat Naqsyabandiyah, merupakan satu dari sekian banyak tokoh agama yang patut menjadi sentra pembicaraan di level akademis. Melalui wasiat yang beliau ajarkan kepada para pengikutnya, menjadikan beliau sebagai tokoh pionir dan inisiator dalam pendidikan agama yang melampaui jamannya. Kepiawaiannya dalam menginisisasi pendidikan ternyata telah meretas keraguan sebahagian kalangan terhadap tuan guru syeikh Abdul Wahab Rokan yang populer dengan tarekat digelutinya di satu sisi, namun telah berhasil dalam membangun tata kelola kehidupan beragama yang dinamis bagi pengikutnya disisi yang lain, untuk selanjutnya telah memberikan kontribusi pemikiran dalam bidang pendidikan secara bersamaan adalah merupakan satu tawaran bidang bahasan yang sangat menarik dan perlu kajian lebih konfrehensif.
PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP AL- IKHLAS PEKANBARU Syukri, Syukri
Kreatifitas Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Vol 9 No 2 (2020): Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam
Publisher : Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Diniyyah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (426.911 KB)

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahuio peran kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas guru di SMP Al-Ikhlas Pekanbaru. Peran kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas guru sangat berperan karena kepala sekolah merupakan pimpinan dalam sebuah lembaga yang kemajuan sekolah termsuk kualitas para bawahannya menjadi tanggung jawab pimpinan, maju atau mundurnya sebuah sekolah tergantung kepada peran dan fungsi kepala sekolah dalam menggerakkan bawahannya agar tercapainya tujuan pendidikan yang akan dicapai. Adapun peran yang dapat dimainkan oleh kepala sekolah dalam menigkatkan kualitas guru diantaranya: kepala sekolah harus memberikan pelatihan, mengikutkan seminar, melakukan supervisi, melakukan inovasi dan memberikan teladan kepada bawahan dalam bertindak dan berucap. Berdasarkan hasil penelitian di SMP Al-Ikhlas Pelanbaru kepala sekolah sudah melakukan peran dan fungsinya dengan baik, dan kualitas guru di SMP tersebut juga dapat dikatakan meningkat jika dibandingkan dengan sebelumnya.
TEORI BELAJAR DESKRIPTIF DAN TEORI PEMBELAJARAN PRESKRIPTIF Marzuenda, Marzuenda
Kreatifitas Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Vol 9 No 2 (2020): Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam
Publisher : Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Diniyyah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (350.34 KB)

Abstract

ABSTRAKSI Penerapan Teori Belajar Deskriptif yang terstruktur atau terkonsep dapat membantu meningkatkan nilai siswa dengan cara meningkatkan giat belajar serta memahami materi, pendidik dapat menanyakan materi apa yanga belum difahami serta menyarankan untuk membuat belajar kelompok. Sedangkan Teori Belajar Preskriptif mencapai tujuan pembelajaran dengan menetapkan metode belajar optimal. Pembelajaran lebih sistematis dengan memberikan dorongan semangat kepada siswa dalam proses belajar. Dalam Teori Deskriptif psikologis siswa kurang di perhatikan dalam memahami materi, teori deskriptif lebih cenderung kepada hasil dalam sproses belajar. Sedangkan Preskriptif Membutuhkan waktu cukup lama untuk mencapai tujuan yang jelas dari proses belajar. Dengan penerapan Teori Belajar Deskriptif dan Preskriptif siswa mendapatkan nilai yang lebih baik dari ulangan sebelumnya dengan belajar lebih giat, serta memberikan motivasi untuk lebih semangat belajar kepada siswa sehingga proses belajar berjalan dengan baik. Kata Kunci : Belajar, Pembelajaran, Deskriptif, Preskriptif
METODE PENDIDIKAN DALAM AL-QUR’AN DAN HADIS Wijaya, Subur; Rahmatussaidah, Rahmatussaidah
Kreatifitas Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Vol 9 No 2 (2020): Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam
Publisher : Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Diniyyah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan zaman yang terus dinamis telah disikapi oleh al-Qur’an ditandai dengan dihadapkannya pada kehidupan manusia yang selalu berubah dan berkembang, dengan hal itu universalitas dan fleksibilitas kandungan al-Quran juga semakin terasa. Demikian juga hadis yang mengandung banyak pesan-pesan dan nilai-nilai kependidikan. Bagaimana metode Nabi Muhammad SAW dalam menyampaikan hadis kepada para sahabatnya, apa yang beliau sampaikan, semuanya merupakan bagian dari pendidikan dan di dalamnya terdapat nilai-nilai kependidikan. Metode pendidikan dalam Islam adalah prosedur umum dalam penyampaian materi untuk mencapai tujuan pendidikan didasarkan atas asumsi tertentu tentang hakikat Islam sebagai supra system, dan ini merupakan salah satu cara menunjang keberhasilan tujuan pendidikan. Metode dalam hal ini mempunyai peranan yang besar karena pendidikan tanpa metode dalam penyampaiannya akan mengalami kesulitan. Tulisan ini membahas permasalahan yang berkaitan dengan metode pendidikan yang dilihat dari perspektif al-Quran dan hadis. Bagaimana kedua sumber itu ditafsirkan mampu memberikan solusi untuk membantu memecahkan persoalan pendidikan dan kependidikan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5