cover
Contact Name
Paijan Rambe
Contact Email
faijanrambe@gmail.com
Phone
+6282385884985
Journal Mail Official
faijanrambe@gmail.com
Editorial Address
http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talenta/about/editorialTeam
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
JURNAL TALENTA
ISSN : 20870973     EISSN : 27769534     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
The focus of Talenta journals includes the development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and creative development, parenting, parenting, management of early childhood education, early childhood development assessments, child development psychology, environmental empowerment Children, multiple intelligences, auditing strategies, APE, instructional media, innovation in early childhood education
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 11 No. 1 (2020): JURNAL TALENTA VOL.XI NO.1 JUNI 2020" : 5 Documents clear
PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL TAM-TAM BUKU TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK TK AL-MULK KAMPAR: Arismawati, Nini Aryani, Nopa Wilyanita Arismawati Arismawati; Nini Aryani; Nopa Wilyanita
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 11 No. 1 (2020): JURNAL TALENTA VOL.XI NO.1 JUNI 2020
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional Tam-Tam Buku terhadap perkembangan sosial emosional anak usia 4-5 tahun di TK Al- Mulk Desa Ranah Singkuang Kecamatan Kampar Kab.Kampar. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi terhadap 15 orang anak di TK Al- Mulk Desa Ranah Singkuang Kecamatan Kampar Kab.Kampar. mengunakan metode sampling jenuh. Kemudian dilakukan analisis terhadap data-data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif. Pengolahan data menggunakan program komputer SPSS series 21 Analisis Kuantitatif melalui uji t yaitu uji hipotesis yaitu uji t Paired Samples t Test. dalam penelitian ini digunakan untuk menguji signifikansi perbedaan mean antar kelompok pretest dan kelompok posttest. Pengujian hipotesis menunjukkan penggunaan permainan tradisional Tam-Tam Buku terbukti secara signifikan memiliki pengaruh terhadap peningkatan perkembangna sosial emosional anak di TK Al- Mulk Desa Ranah Singkuang Kecamatan Kampar Kab.Kampar Berdasarkan hasil perhitungan uji t menunjukkan angka signifikan 0,000 lebih kecil dari taraf signifikan 0,05 dengan demikian Ha diterima, artinya penggunaan permainan tam tam buku memiliki pengaruh terhadap perkembangan sosial emosional anak Usia 4-5 Tahun di TK Al- Mulk Desa Ranah Singkuang Kecamatan Kampar Kab.Kampar. Dimana permainan tradisional Tam-Tam Buku merupakan permainan yang dimainkan secara kelompok terdapat atau terjalinnya interaksi antar setiap pemain sehingga terdapat kontak sosial dan emosional anak.
ANALISIS KREATIFITAS GURU DALAM MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARANAN GAMBAR DI TK AL-KHAIRIYAH KUBANG JAYA: Dahliana, Rahmah, Syalwa Dahliana Dahliana; Rahmah Rahmah; syalwa syalwa
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 11 No. 1 (2020): JURNAL TALENTA VOL.XI NO.1 JUNI 2020
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui kreatifitas guru dalam membuat media pembelajaranan di TK Al-Khairiyah Kubang Jaya. Maka rumusan penelitian ini adalah Apa Faktor-faktor yang menyebabkan guru kurang kreatif dalam membuat media pembelajaran gambar di TK Al-Khairiyah Kubang JayaAdapun Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian deskriptif kualitatif, yaitu menjelaskan dan memaparkan data dari hasil penelitian. yakni melakukan penelitian langsung terhadap anak dan orang tua anak sebagai sampel guna mendapatkan gambaran kokrit tentang kreatifitas guru dalam membuat media pembelajaranan. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data, menyusun data, atau mengklasifikasikannya, menganalisa dan menginterpretasikannya. Hasil penelitian menunjukan bahwa bahwasannya guru merasa ketersediaan media pembelajaran gambar yang sudah cukup disekolah menjadi salah satu kurangnya dalam mengembangkan kreatifitasnya. Keterbasatan waktu yang dimiliki guru selain media gambar yang sudah cukup juga menjadi salah satu guru kurang mengembangkan kreatifitasnya guru sibuk dengan aktivitas mengajar. Kreatifitas guru dalam membuat media pembelajaran guru kurang memiliki motivasi yang tinggi disekolah, guru kurang semangat dalam membuat media pembelajaran beberapa faktor diantaranya ialah karena keterbatasan waktu sehingga kurang mengoptimalkan dalam membuat media pembelajaran gambar dan juga karena media pembelajaran gambar yang tersedia disekolah sudah cukup untuk kegiatan proses belajar mengajar.
ANALISIS PROGRAM GUGUS GURU PAUD DI GUGUS MAWAR KECAMATAN RUMBAI PESISIR: Hamnah, Susi Herlinda, Santi Kusuma Dewi Hamnah Hamnah; Susi Herlinda; Santi Kusuma Dewi
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 11 No. 1 (2020): JURNAL TALENTA VOL.XI NO.1 JUNI 2020
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

UPAYA MENINGKATKAN MORAL ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI ANIMASI NUSSA DAN RARA DI RA.PUTIH EMBUN PELALAWAN: Imaria Rutina, Susi Herlinda, Nopa Wilyanita Imaria Rutina; Susi Herlinda; Nopa Wilyanita
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 11 No. 1 (2020): JURNAL TALENTA VOL.XI NO.1 JUNI 2020
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh masih rendahnya Moral Anak di Raudhatul Athfal Putih Embun Putih yaitu dapat dilihat dari fenomena-fenomena sebagai berikut: Masih ada anak yang berkata kurang sopan kepada teman lainnya, masih ada anak yang mengambil peralatan belajar milik temannya tanpa izin, masih rendahnya rasa tolong-menolong pada anak di Raudhatul Athfal Putih Embun Putih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Meningkatkan Moral Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Film Animasi Nussa dan Rara di Raudhatul Athfal Putih Embun Putih Kabupaten Pelalawan. Penelitian ini dilaksanakan pada anak usia 5-6 tahun di Raudhatul Athfal Putih Embun Putih Kabupaten Pelalawan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, yaitu peneliti melakukan pengamatan ketika pelaksanaan tidakan berlangsung. Berdasarkan penelitian yang dilakukan melalui tiga siklus, siklus pertama diketahui bahwa peningkatan moral anak secara klasikal mencapai 13.33% dengan klasifikasi belum meningkat. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus kedua maka peningkatan moral anak meningkat yaitu sebesar 66.67% dengan kategori meningkat sesuai harapan. Namun peningkatan klasikal belum mencapai 75%. Sedangkan siklus III, peningkatan moral anak secara klasikal mencapai 86.67% dengan kategori meningkat sangat baik. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Film Animasi Happy Holy Kids dapat meningkatkan moral anak usia 5-6 tahun di Raudhatul Athfal Putih Embun Putih Kabupaten Pelalawan.
PENGGUNAAN MEDIA MARIONETTES DALAM KEMAMPUAN MENYIMAK USIA 5-6 TAHUN TK NURUL IMAN PEKANBARU Riska Noprianti
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 11 No. 1 (2020): JURNAL TALENTA VOL.XI NO.1 JUNI 2020
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui optimalisasi penggunaan media boneka tali (Marionettes) dalam menstimulasi kemampuan menyimak usia 5-6 tahun di tk nurul iman kota pekanbaru. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi deskriptif. Penelitian ini berlokasi di TK Nurul Iman Kota Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah guru kelas dan anak kelompok B yang berjumlah 22 anak yang terdiri dari 9 anak laki- laki dan 13 anak perempuan. penggunaan media marionettes dalam menstimulasi kemampuan menyimak anak usia 5-6 tahun di TK Nurul Iman Kota Pekanbaru sudah dikatakan optimal dan bisa meningkatkan kemampuan menyimak anak di TK Nurul Iman Kota Pekanbaru. Hal ini dilihat dari kemampuan anak dalam menerima dan memahami apa yang didengar, anak sudah mampu membedakan antara suara dan bunyi, kemampuan anak dalam menigngat kalimat yang didengar dan mengulanginya kembali, kemampuan anak dalam menghubungkan objek yang diamati dengan pengalaman, ide dan perasaan dan kemampuan anak dalam mengenali dan mengungkapkan kata- kata yang berirama.

Page 1 of 1 | Total Record : 5