cover
Contact Name
Paijan Rambe
Contact Email
faijanrambe@gmail.com
Phone
+6282385884985
Journal Mail Official
faijanrambe@gmail.com
Editorial Address
http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talenta/about/editorialTeam
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
JURNAL TALENTA
ISSN : 20870973     EISSN : 27769534     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
The focus of Talenta journals includes the development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and creative development, parenting, parenting, management of early childhood education, early childhood development assessments, child development psychology, environmental empowerment Children, multiple intelligences, auditing strategies, APE, instructional media, innovation in early childhood education
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 2 (2015): JURNAL TALENTA VOL. VI NO. 2 DESEMBER 2015" : 4 Documents clear
BERNYANYI TERHADAP PENGUASAAN KOSA KATA ANAK 4-5 TAHUN TK AITI PERAWANG KECAMATAN TUALANG Musdalipa
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 6 No. 2 (2015): JURNAL TALENTA VOL. VI NO. 2 DESEMBER 2015
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosa kata anak usia 4-6 tahun melalui penerapan bernyanyi di TK Aiti Perawang Kecamatan Tualang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan, yang sengaja di munculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama dengan jumlah Subjek penelitian sebanyak 20 orang anak, terdiri dari 10 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Teknik pengumpulan data pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik persentase. Dari hasil penelitian tindakan kelas dan pembahasan seperti telah diuraikan diperoleh kesimpulan terhadap hasil penelitian ini yaitu: Dengan penerapan bernyanyi dapat meningkatkan penguasaan kosa kata anak usia 4-5 di TK Aiti Perawang Kecamatan Tualang. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan penguasaan kosa kata anak pada setiap siklusnya. Pada data awal diperoleh nilai 38,3% dengan kriteria belum berkembang. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus I diperoleh nilai sebesar 53,3% dengan kriteria BSH (Berkembang Sesuai Harapan) dan pada siklus II diperoleh nilai sebesar 76,1% dengan kriteria BSB (Berkembang Sangat Baik).
HUBUNGA KINERJA GURU DENGAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN TK SEKECAMATAN MANDAU Romaida
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 6 No. 2 (2015): JURNAL TALENTA VOL. VI NO. 2 DESEMBER 2015
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan kinerja guru dengan perkebangan kemampuan kognitif anak 4-5 tahun usia Taman Kanak-Kanak Sekecamatan Mandau. Adapun tempat dilakukannya penelitian di beberapa sekolah TK di Kecamatan Mandau. Adapaun jenis penelitian yang digunakan adalah metode Kualitatif. Objek kajian dapat penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun yang di ambil acak dari beberapa TK di Kecamatan Mandau, total keseluruhan anak adalah 40 Orang dan Guru 40 Orang. Dari hasil penelitian diketahui bahwa berhubungan kinerja guru secara positif dengan Perkembangan kognitif anak sebesar 0.732 ( r = 0.312 ). Dengan demikian, terdapat hubungan antara variabel X dengan variabel Y. Hipotesis Ho diatas oleh sebab itu ditolak dan hipotesis Ha diterima yaitu terdapat hubungan Kinerja Guru dengan Perkembangan Kognitif Anak di TK sekecamatan Mandau. Signifikan bisa ditentukan lewat baris Sig. (2-tailed). Jika nilai Sig. (2-tailed) < 0.05, maka hubungan yang terdapat pada r dianggap signifikan. Hasil uji signifikansi (di atas) adalah : Nilai r hubungan Kinerja guru dengan Perkembangan kognitif Anak adalah 0.000. Artinya 0.000 < 0.05 dan dengan demikian korelasi antara kedua variabel signifikan.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP ANGKA MELALUI PERMAINAN PAPAN SELUNCUR KELERENG TK MEKAR SARI KECAMATAN SUNGAI MANDAU Santi Lestari
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 6 No. 2 (2015): JURNAL TALENTA VOL. VI NO. 2 DESEMBER 2015
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kreativitas anak di PAUD Al-Masittoh Pulau Birandang Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar. Untuk itu diperlukan suatu penerapan yang konkret untuk dapat menemukan cara tepat berkenaan dengan kreativitas anak, yaitu penerapan metode bermain imajinatif melalui bermain peran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik persentase. Berdasarkan uraian di atas maka peneliti dapat menentukan hipotesis yang digunakan yaitu kreativitas anak usia 5 – 6 Tahun di PAUD Al-Masittoh Pulau Birandang Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar dapat ditingkatkan dengan penerapan metode bermain imajinatif melalui bermain peran. Peningkatan ini terjadi karena setiap tahap pelaksanaan peretemuan dilakukan perbaikan- perbaikan, sehingga anak terbiasa dengan kegiatan pembelajaran metode bermain imajinatif melalui bermain peran. Kreativitas anak Usia 5 – 6 Tahun di PAUD Al-Masittoh Pulau Birandang Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar pada data awal diperoleh persentase 37.9%, pada siklus I memperoleh persentase 55,3% dengan kiteria mulai berkembang. Terjadi peningkatan kreativitas pada anak usia 5-6 tahun pada siklus II dengan persentase 76,5% dengan kiteria berkembang sesuai harapan
METODE APPLIED BEHAVIOR ANALYSIS UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN VERBAL ANAK AUTISME TK ANANDA KAMPAR Sismar
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 6 No. 2 (2015): JURNAL TALENTA VOL. VI NO. 2 DESEMBER 2015
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui metode apa yang digunakan dalam Pembelajaran Untuk Pengembangan Kemampuan Verbal Anak Autis Di Taman kanak-kanak Ananda Desa Pandau Jaya Kec. Siak Hulu Kab. Kampar. Penelitian ini dilakukan melalui metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian meliputi berbagai cara yakni melalui pengamatan (observasi), wawancara (angket) dan studi dokumentasi. Ketiga teknik pengumpulan data tersebut digunakan dengan harapan saling melengkapi sehingga dapat diperoleh data yang akurat kemudian diklafikasikan menurut jenisnya, yaitu data primer dan skunder. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh hasil sebagai berikut; 1) Terapi prilakuyang diperkenalkan disekolah yang memiliki anak Autis dapat memberikan pengalaman belajar pada anak autis sehingga nantinya diharapkan anak autis dapat terbiasa dengan instruksi tersebut yang akhirnya anak autis dapat berinteraksi sosial dengan lingkungannya. Dengan demikian terapi prilakudalam kegiatan belajar dan mengajar pada anak Autis sangat diperlukan karena dapat memperlancar proses belajar mengajar dan dapat membantu anak Autis dalam bersosialisasi.

Page 1 of 1 | Total Record : 4