cover
Contact Name
Arif Kurniawan
Contact Email
nurodin@iuqibogor.ac.id
Phone
+6285977305222
Journal Mail Official
almunadzomah@iuqibogor.ac.id
Editorial Address
Jl. Moch Noh Nur No. 112 Leuwiliang Bogor-Jawa Barat
Location
Kab. bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Munadzomah
Al-Munadzomah : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam diterbitkan oleh Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurnal ini menerbitkan artikel yang menarik bagi praktisi pendidikan, guru, pembuat kebijakan pendidikan, dan peneliti. Jurnal ini mencakup artikel penelitian, laporan penelitian asli, review pendidikan Islam di bidang apapun termasuk: 1) Kepemimpinan, 2) Manajemen Humas, 3) Perilaku Organisasi, 4) Budaya Organisasi, 5) Manajemen Sumber Daya Manusia, 6) Manajemen Keuangan, 7) Pengambilan Keputusan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2022): AL-MUNADZOMAH" : 5 Documents clear
PENGARUH METODE TAKRIR TERHADAP KUALITAS HAFALAN SANTRI DI PESANTREN TAHFIDZ UMMUL QURO AL ISLAMI BOGOR Bayyina Baeturahmah
AL-MUNADZOMAH Vol. 1 No. 2 (2022): AL-MUNADZOMAH
Publisher : Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1793.845 KB) | DOI: 10.51192/almunadzomah.v1i2.317

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas metode takrir diterapkan saat menghafal Al-Qur’an di Pesantren Tahfidz Ummul Quro Al-Islami dan hal apa saja yang mempengaruhi efektivitas metode takrir di Pesantren Tahfidz Ummul Quro Al-slami. Metode ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penulisan ini berjumlah 60 orang yang dibagi menjadi dua kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penulisan ini mengambil metode eksperimen semu (Quasi Eksperimen) bentuk desain eksperimen ini merupakan mengembangan dari true experimental desig, yang sulit dilaksanakan, ciri penulisan semu ini adalah tidak mungkin untuk mengontrol semua variabel yang relevan kecuali beberapa variabel. Berdasarkan tabel output “Grup Statistic” di atas diketahui jumlah data pesantren tahfidz untuk kelompok eksperimen adalah 30 dan kelompok kontrol 30. Di peroleh nilai rata-rata pre-tes pada kelas eksperimen adalah 68.17, nilai rata-rata pre-test pada kelas kontrol adalah 52.27. Sedangkan nilai rata-rata post-test pada kelas eksperimen adalah 87.03, nilai rata-rata post-test pada kelas kontrol adalah 63.80. Nilai t hitung dibandingkan dengan nilai t tabel untuk taraf kesalahan 5% uji dua pihak dan dk= n-2. Penelitian ini digunakan taraf kesalahan 5% dan dk= 60-2 = 58 dimana t tabel = 2.021 jadi dapat diketahui t hitung = 4.48 lebih dari t tabel = 2.021. Hasil perhitungan di atas menunjukkan adanya pengaruh metode takrir terhadap kualitas hafalan santri di Pesantren Tahfidz Ummul Quro al-Islami sehingga hipotesis diterima
PENGARUH SARANA DAN PRASARANA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA UNGGULAN MAFAZAH BOGOR Afwa Nur Mujahiddah
AL-MUNADZOMAH Vol. 1 No. 2 (2022): AL-MUNADZOMAH
Publisher : Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1763.791 KB) | DOI: 10.51192/almunadzomah.v1i2.318

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Sarana dan Prasarana Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Unggulan Mafazah Bogor. Metode Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif desain survey, populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah Siswa SMA Unggulan Mafazah Bogor yang berjumlah 106 siswa, kemuduian instrumen pengumpulan data berupa skala likert uyang memiliki alternatif jawaban. Pengujian dalam penelitian ini menggunakan ujiu validitas, uji reliabilitas menggunakan rumus Alpa Cronbach, uji normalitas, uji linearitas dan uji koefisien korelasi. Analisis data menggunakan analisis uji t atau mencari thitung.. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat sarana prasarana dari hasil penyebaran angket kuestioner ke 106 siswa sebagai responden, diperoleh dengan jumlah skor 9.584 dengan nilai rata-rata 90,42 menunjukkan skor rata-rata golongan cukup tinggi, dengan kategori sangat baik. Tingkat hasil belajar dari nilai raport semester ganjil tahun ajaran 2020/2021 106 siswa sebagai responden, diperoleh dengan jumlah skor 8.348 dengan nilai rata-rata 78 menunjukkan skor rata-rata golongan cukup tinggi, dengan kategori Baik. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan positif sarana terhadap hasil belajar. Hal ini ditunjukan dengan koefisien korelasi diperoleh t hitung sebesar 0,451 yang lebih besar dari ttabel pada α = 0,05 yaitu 0,159 dengan taraf kesalahan 5%. Pola hubungan antara kedua variabel tersebut, dinyatakan dengan uji regresi variabel sarana prasarana terhadap variabel hasil belajar dengan hasil uji sebesar 0,003 yang lebih kecil dari taraf signifikasi 0,005 yang berarti variabel sarana prasarana memiliki pengaruh terhadap variabel hasil belajar
POLA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENJAGA KUALITAS KERJA GURU DI MASSA PANDEMI COVID 19 Wahyu Ziaulhaq
AL-MUNADZOMAH Vol. 1 No. 2 (2022): AL-MUNADZOMAH
Publisher : Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1107.657 KB) | DOI: 10.51192/almunadzomah.v1i2.319

Abstract

Penelitian ini mendeskripsi pola kepemimpinan kepala madrasah dalam menjaga kualitas kerja guru di massa pandemi covid 19 pada madrasah aliyah swasta persiapan negeri Besitang. Tujuan penelitian ini sebagai edukasi kepada khayalak pembaca dan guru madrasah agar selalu mengevaluasi kualitas kerja guru agar tetap terjaga meskipun dilanda wabah Covid 19.  Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang berupaya memaparkan fenomena-fenomena sosial yang sedang berkembang pada massa sekarang. Teknik pengumpulan data yang dilakukannya adalah observasi dan wawancara tidak terstruktur lalu kemudian data dianalisi secara objektif lalu dideskripsikan secara ilmiah dengan mengikuti prosedur penulisan karaya tulis ilmiah, dari hasil penelitian ini maka ditemukan yaitu: Pertama, melakukan pelatihan kepada para guru madrasah dalam membuat perencanaan pembelajaran dan model pembelajaran dengan memafaatkan teknologi digital. Kedua, memberikan tugas kepada guru untuk menyampaikan materi kepada siswa sesuai dengan petunjuk yang telah ditetapkan pemerintah. Ketiga, pimpinan madrasah melakukan pengawasan secara berkala berupa memonitoring proses pembelajaran daring (on line) dan daftar penilaian siswa sesuai dengan kompetensi siswa, Keempat, pimpinan madrsah terus berkoordinasi kepada orang tua siswa terkait dengan aktivitas belajar siswa selama berada dirumah
KEBIJAKAN PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM Selamet; Supiana; Qiqi Yuliati Zaqiah
AL-MUNADZOMAH Vol. 1 No. 2 (2022): AL-MUNADZOMAH
Publisher : Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1298.291 KB) | DOI: 10.51192/almunadzomah.v1i2.320

Abstract

Kurikulum merupakan komponen terpenting dalam pendidikan. Pengembangan kurikulum dalam pendidikan Islam merupakan sebuah keniscayaan, karena perubahan pasti terjadi mengikuti zamannya. Maka tujuan penulisan ini akan mengkaji terkait kebijakan pengembangan kurikulum pendidikan Islam khususnya di Indonesia dengan memperhatikan sejarah dan regulasi yang berlaku. Tulisan ini menggunakan metode library research dengan pendekatan content analysis. Hasil penelitian menunjukan bahwa kurikulum pendidikan Islam dalam tinjauan sejarah dari masa kemerdekaan hingga era reformasi terus mengalami perubahan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan. Pengembangan kurikulum pendidikan Islam terbagi atas 3 masa; yaitu pertama, masa orde lama, terjadi 3 kali perubahan yaitu kurikulum tahun 1947, 1952, dan kurikulum 1964; kedua, masa orde baru, terjadi 4 kali perubahan yaitu kurikulum 1968, 1975, 1984, dan Kurikulum 1994; ketiga, masa reformasi, tejadi 3 kali perubahan yaitu kurikulum 2004 (KBK), Kurikulum 2006 (KTSP), kurikulum 2013 yang dipakai hingga kini. Sedangkan dalam tinjauan regulasi kurikulum pendidikan islam terdapat 4 kategori yakni: pertama, regulasi kurikulum madrasah mengikuti UU nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional; kedua, regulasi kurikulum pesantren mengikuti UU nomor 18 tahun 2019 tentang Pesantren; ketiga, regulasi kurikulum perguruan tinggi keagamaan Islam menginduk UU nomor 12 tahun 2012 tentang pendidikan tinggi; dan keempat, regulasi kurikulum pendidikan agama Islam untuk sekolah/kampus umum menginduk UU nomor 20 tahun 2003.
ANALISIS SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH Mardia; Muhammad Mukhtar. S
AL-MUNADZOMAH Vol. 1 No. 2 (2022): AL-MUNADZOMAH
Publisher : Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1196.438 KB) | DOI: 10.51192/almunadzomah.v1i2.321

Abstract

Supervisi akademik kepala madrasah merupakan kemampuan membina kinerja guru dalam meningkatkan mutu proses pembelajaran dan mengembangkan keprofesian guru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru. Metode penelitian menggunakan kajian pustaka dengan dua sumber data yaitu data primer dan sukunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan supervisi akademik kepala madrasah yang dilaksanakan bukan hanya ditujukan bagi penilaian kinerja guru dalam mengelola proses pembelajaran, melainkan juga membantu guru dalam meningkatkan kemampuan profesionalnya. Pelaksanaan supervisi akademik secara optimal harus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, monitoring, dan tindak lanjut. Tahap perencanaan meliputi, (1) menetukan tujuan supervisi, (2) membuat jadwal supervisi, (3) menentukan teknik dan pendekatan supervisi, (4) menelaah instrumen supervisi. Tahap pelaksanaan meliputi, (1) Melaksanakan Supervisi Perangkat Pembelajaran, (2) Melakasanakan Supervisi Pemantauan RPP, (3) Melaksanakan Supervisi Proses Pembelajaran, dan (4) Melaksanakan Supervisi Penilaian Hasil Belajar. Tahap monitoring meliputi menilai program tahunan, program semester, silabus, rencana pelaksanaan program pembelajaran, pemetaan, kriteria ketuntasan minimal, jurnal guru, buku nilai, kisi-kisi soal, analisis nilai, program perbaikan dan pengayaan dan buku sumber yang dipakai untuk memberikan materi kepada siswa. Tahap tindak lanjut meliputi dua aspek kegiatan, yaitu (1) melihat kembali catatan-catatan hasil supervisi, (2) melakukan pembinaan terhadap guru, baik secara individu maupun secara kelompok

Page 1 of 1 | Total Record : 5