cover
Contact Name
Enggal Mursalin
Contact Email
enggal.mursalin@iainambon.ac.id
Phone
+6285385585481
Journal Mail Official
al-alam.isej@iainambon.ac.id
Editorial Address
Jl. Dr. H. Tarmizi Taher, Batumerah Atas, Sirimau, Kota Ambon, Kode Pos. 97128
Location
Kota ambon,
Maluku
INDONESIA
Al-Alam : Islamic Natural Science Education Journal
Core Subject : Education,
Aim Al-Alam: Islamic Natural Science Education Journal (INSEJ) publishes papers from empirical studies (experiment papers) and literature review papers. This journal has accepted and published papers for integrated science studies of both islamic and common values. Scope Al-Alam: Islamic Natural Science Education Journal (INSEJ) specializes in studying the theories and practices of natural science education and is intended to express original researches and current issues. This journal welcomes the contributions of scholars from related fields warmly that consider the following general topics: Development of Teaching and Learning Natural Science Education Innovation of Natural Science Learning Assessment and evaluation of Natural Science Learning Biology Learning Chemistry Learning Physics Learning
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2023): (Edisi Januari) Metode dan Media Pembelajaran Sains" : 4 Documents clear
Etika Guru IPA Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Di SMP Agnes Taliya Igusthetia; Rifa Rosyida; Farida Yufarlina Rosita
Al-Alam: Islamic Science Education Journal Vol 2, No 1 (2023): (Edisi Januari) Metode dan Media Pembelajaran Sains
Publisher : IAIN Ambon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33477/al-alam.v2i1.3670

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian etika profesi guru IPA di SMPN 1 Balong dalam kegiatan belajar mengajar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini, pendekatan deskriptif yang mana hasil dari penelitian ini akan disajikan dalam bentuk teks deskriprif yang berasal dari teknik kegiatan wawancara, angket, observasi (pengamatan), studi dokumentasi, studi perpustakaan, tes, studi khusus dan survei. Hasil dari penelitian ini menujukkan guru IPA di SMPN 1 Balong sudah memiliki etika baik yang diwujudkan dengan etika yang sudah mengacu pada Kode Etik Guru Indonesia. Adapun kode etik yang diimplementasikan yaitu: 1) Guru berbakti membimbing anak didik seutuhnya untuk membentuk manusia pembangunan yang berjiwa Pancasila, 2) Guru memiliki kejujuran profesional dalam menerapkan kurikulum sesuai dengan kebutuhan anak didik masing-masing, 3) Guru mengadakan komunikasi terutama dalam memperoleh informasi tentang anak didik, tetapi menghindarkan diri dari segala bentuk penyalahgunaan, 4) Guru menciptakan suasana kehidupan sekolah dengan menciptakan dan memelihara hubungan dengan orangtua murid sebaik baiknya bagi kepentingan anak didik, 5) Guru melaksanakan segala ketentuan yang merupakan kebijaksanaan Pemerintah dalam bidang Pendidikan.
Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Pembelajaran IPA Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VIII SMPN 14 Ambon Novi Susanti; Adam Latuconsina; Siti Mutiaraningsih Asshagab; Enggal Mursalin
Al-Alam: Islamic Science Education Journal Vol 2, No 1 (2023): (Edisi Januari) Metode dan Media Pembelajaran Sains
Publisher : IAIN Ambon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33477/al-alam.v2i1.4293

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada-tidaknya pengaruh penggunaan media video animasi pembelajaran IPA melalui materi sistem pencernaan manusia terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VIII SMPN 14 Kota Ambon. Penelitian ini menggunakan tipe kuantitatif melalui rancangan pre-eksperimen “one group pretest-posttest design” dengan tujuh kelas VIII tahun ajaran 2021-2022 sebagai populasi 223 orang pada sampel 31 orang dengan kelas VIII-E berdasarkan “random sampling” secara acak dengan metode undian. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan partisipan dan test dengan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil temuan menjelaskan penerimaan hipotesis alternatif dengan nilai rata-rata posttest 75.32 dan hasil nilai dari pretest hanya sebesar 53.06 dengan nilai sig (2-tailed) = 0,023 < 0,05 yang diperoleh dari data variabel bebas 47.60% dan variabel terikat 53.40%, sehingga “ada pengaruh” penggunaan media video animasi pembelajaran IPA melalui materi sistem pencernaan manusia terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VIII SMPN 14 Kota Ambon.
Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IX SMP Melalui Penerapan Metode Mind Mapping Rasi Salampessy; Djaffar Lessy; Arman Kalean
Al-Alam: Islamic Science Education Journal Vol 2, No 1 (2023): (Edisi Januari) Metode dan Media Pembelajaran Sains
Publisher : IAIN Ambon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33477/al-alam.v2i1.4292

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk  mengetahui peningkatan hasil belajar IPA setelah menerapkan metode Mind Mapping di SMP Negeri 21 Maluku Tengah. Jenis penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini berlangsung dari tanggal 17 Februari sampai tanggal 17 Maret 2022 di kelas IX. Jumah keseluruhan 59 siswa dibagi menjadi tiga kelas. Peneliti melakukan penelitian pada 1 kelas yang berjumalah 16 siswa. Untuk menganalisis hasil belajar siswa dengan pemberian Pre Test pada pra siklus dan Pos Test pada siklus I dan siklus II. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat peningkatan hasil belajar IPA setelah menggunkan metode Mind Mapping pada materi Listrik Statis di SMP Negeri 21 Maluku Tengah. Hal ni dapat ditunjukan pada hasil belajar siswa yang diperoleh dari siklus I dan siklus II yang menunjukan pada siklus 1, 11 siswa (68,75%) mendapat nilai tinggi, 3 sisiwa (18,75%) yang mendapat nilai tinggi, 2 siswa (12,5%) mendapat nilai sedang dan tidak ada siswa yang mendapat niai rendah dan sangat rendah dengan ketuntasan siswa 75%. Pada siklus II 13 siswa (81,25%) mendapat nilai sangat tinggi, 3 siswa (18,75%) mendapat nilai tinggi dan tidak ada siswa yang mendapat nilai sedang, rendah dan sangat rendah dengan ketuntasan siswa adalah 87,5%. Kepada penelitian lain yang ingin melakukan penelitian yang sama, agar mengembangkan metode Mind Mapping ke dalam bentuk yang lebih kolaboratif dengan media pembelajaran yang lain.
Struktur Komunitas Diatom di Perairan Pulau Pombo, Maluku Tengah Iskandar Abd Hamid Pelupessy; Sem Likumahua; Iwan Piter Tia Naroly
Al-Alam: Islamic Science Education Journal Vol 2, No 1 (2023): (Edisi Januari) Metode dan Media Pembelajaran Sains
Publisher : IAIN Ambon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33477/al-alam.v2i1.4291

Abstract

Sebagai kawasan konservasi, perairan Pulau Pombo pernah dilakukan beberapa penelitian tetang sumberdaya perairan, namun untuk observasi dan penelitian tentang komunitas diatom belum dilakukan. Penelitian yang dilakukan saat ini adalah untuk mempelajari serta mengetahui komunitas diatom dan hubungannya dengan parameter hidrologi di perairan konservasi Pulau Pombo. Penelitian ini dilakukan selama musim barat pada Bulan Juni - Agustus 2010 terhadap 7 stasiun pengamatan yang mengelilingi Pulau Pombo dengan mengamati parameter plankton (diatom), oksigen terlarut, fosfat, nitrat, suhu dan salinitas. Kelimpahan rata-rata diatom di stasiun pengamatan dari 6 kali pengamatan bervariasi dengan kisaran 3,06 x 105 – 7,98 x 105 sel/m3. Marga diatom yang tergolong dominan dengan frekuensi kehadiran yang tinggi pada pengamatan ini adalah Chaetoceros, Rhizosolenia, Nitzschia, Bakteriastrum dan Astereonela. Kondisi komunitas diatom di Perairan Konservasi Pulau Pombo selama musim Timur berada pada keadaan stabil atau seimbang (steady state), dimana kondisi hidrologi perairan sangat mempengaruhi secara alami.

Page 1 of 1 | Total Record : 4