cover
Contact Name
Erwinsyah Tuhuteru
Contact Email
clapeyron.unkhair@gmail.com
Phone
+6281244380182
Journal Mail Official
clapeyron.unkhair@gmail.com
Editorial Address
Jl. Yusuf Abdulrahman, Gambesi, Kecamatan Ternate Tengah, Kota Ternate
Location
Kota ternate,
Maluku utara
INDONESIA
CLAPEYRON: Jurnal Ilmiah Teknik Sipil
Published by Universitas Khairun
ISSN : -     EISSN : 2776463X     DOI : -
Core Subject : Engineering,
CLAPEYRON: Jurnal Ilmiah Teknik Sipil adalah merupakan wadah ilmiah untuk menyebarluaskan hasil-hasil penelitian dan kajian analisis yang berkaitan dengan bidang teknik dan Rekayasa yang diterbitkan oleh Program Studi Magister Teknik Sipil Program Pascasarjana Universitas Khairun. CLAPEYRON: Jurnal Ilmiah Teknik Sipil terbit 2 (dua) kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Alamat Digital Object Identifier (DOI) yang diterbitkan dari Crossref DOI: http://doi.org/10.3387/clapeyron
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2022): Clapeyron : Jurnal Ilmiah Teknik Sipil" : 5 Documents clear
STUDI KAPASITAS LENTUR BALOK BETON RINGAN DENGAN PENAMBAHAN SERAT KAWAT Bodardin Muhtar; Ismanto Wahab Ali; Thariq Al Faridzi Amir Sultan
CLAPEYRON: Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 3, No 2 (2022): Clapeyron : Jurnal Ilmiah Teknik Sipil
Publisher : CLAPEYRON: Jurnal Ilmiah Teknik Sipil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33387/clapeyron.v3i2.5404

Abstract

Beton ringan didapat dari pencampuran bahan-bahan agregat halus dan kasar yaitu pasir, batu kerikil (batu apung) atau bahan semacam lainnya, dengan menambahkan secukupnya bahan perekat semen, dan air sebagai bahan pembantu, guna keperluan reaksi kimia selama proses pengerasan dan perawatan beton berlangsung Beton ringan dengan berat antara 1440 kg/m3 – 1850 kg/m3, dapat dipakai sebagai beton struktur jika bersifat mekanik dapat memenuhi syarat pada umur 28 hari mempunyai kuat tekan berkisar >17,42 MPa. Untuk mencapai kekuatan sebesar itu, beton dapat memakai agregat kasar seperti pumice, expanded shale, clays, slate, dan slag. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek penambahan serat kawat bendrat terhadap lentur balok beton ringan. Benda uji yang dipakai berbentuk balok dengan ukuran 15 cm x 20 cm x 120 cm, dan tambahan potongan kawat bendrat lurus dengan panjang 6 cm, dan konsentrasi penambahan serat sebesar 7,5.% terhadap berat semen. Jumlah benda uji 12 buah masing-masing komposisi sebanyak 3 sampel. Dari hasil penelitian ini menunjukan penambahan serat kawat bendrat dengan kadar serat 7,5% ke dalam campuran beton dapat meningkatkan kuat lentur pada balok beton. 
KAJIAN SIMULASI BANJIR DESA DORO DENGAN APLIKASI HECRAS 2D Ridwan Ridwan; Ichsan Rauf; Kusnadi Kusnadi
CLAPEYRON: Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 3, No 2 (2022): Clapeyron : Jurnal Ilmiah Teknik Sipil
Publisher : CLAPEYRON: Jurnal Ilmiah Teknik Sipil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33387/clapeyron.v3i2.5392

Abstract

Desa Doro yang telah menjadi salah satu wilayah langganan banjir di Provinsi Maluku Utara. Beberapa media local menyatakan bahwa kejadian banjir didesa ini telah terjadi sejak tahun 2018 hingga saat ini. Kejadian banjir berdampak pada kehidupan masyarakatnya serta memutus jaringan jalan Provinsi, sehingga pengendalian banjir mutlak harus dilakukan. Upaya pengendalian banjir dalam penelitian ini difokuskan pada analisis kapasitas sungai Laka sebagai system drainase alami serta pola sebaran banjir yang terjadi di desa Doro. Dalam studi ini kajian banjir dilakukan dengan beberapa pendekatan analisa, baik analisa morfometri DAS sungai Lasa, pendekatan statistic untuk analisa hidrologi yang bertujuan mentransformasi nilai curah hujan menjadi debit banjir dengan kala ulang 2, 5, 10 dan 25 tahun, serta analisa hidrolika aliran sungai Laka dengan menggunakan perangkat lunakHec-RAS 2D. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa debit banjir untuk kala ulang 2, 5, 10 dan 25 tahun berpotensi menyebabkan terjadinya genangan di desa Doro masing-masing seluas 3.43 ha, 4.23 ha, 4.78 ha dan 5.19 ha. Adapun validasi untuk luas dan tinggi genangan berdasarkan beberapa kejadian banjir sebelumnya menunjukkan deviasi sebesar 1.15 % terhadap model yang dihasilkan. 
PENGEMBANGAN PELABUHAN ARMADA SEMUT (Studi Kasus Pelabuhan Speedboat Kupal) Irfan Ilyas; Mufti Amir Sultan; Sabaruddin Sabaruddin
CLAPEYRON: Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 3, No 2 (2022): Clapeyron : Jurnal Ilmiah Teknik Sipil
Publisher : CLAPEYRON: Jurnal Ilmiah Teknik Sipil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33387/clapeyron.v3i2.5393

Abstract

Pelabuhan merupakan wilayah strategis bagi negara kepulauan, sebagai urat nadi yang menunjang konektivitas antar pulau dan meningkatkan mobilitas penduduk sekitarnya dalam melakukan kegiatan perekonomian. Wilayah Kabupaten Halmahera Selatan yang memiliki puluhan pulau, atau dengan kata lainsebagai wilayah gugus kepulauan, salah satunya adalah speed boat Kupal yang digunakan untuk melayani angkutan penyeberangan antar pulau. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Tercatat mobilitas masyarakat yang menyeberang melalui pelabuhan speed boat menuju Pulau Obi, Pulau Kasiruta dan Pulau Kayoa antara 70 sampai 80 orang sepanjang harinya. Analisis proyeksi menggunakan metode regresi linear untuk mendapatkan proyeksi permintaan penumpang di tahun yang akan datang. Jumlah armada speed boat sampai tahun 2039 relatif belum memerlukan pengembangan dermaga. Dimana kinerjia fasilitas dermaga (BOR) masih jauh dibawah kinerjia maksimum.
ANALISIS STRATEGIS PENGEMBANGAN PELABUHAN KUPAL PADA KORIDOR REGIONAL HALMAHERA SELATAN Mardiana M Taiyeb; Mufti Amir Sultan; Abdul Gaus
CLAPEYRON: Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 3, No 2 (2022): Clapeyron : Jurnal Ilmiah Teknik Sipil
Publisher : CLAPEYRON: Jurnal Ilmiah Teknik Sipil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33387/clapeyron.v3i2.5394

Abstract

Pelabuhan adalah tempat yang terdiri dari daratan dan perairan di sekitarnya dengan batas-batas tertentu sebagai tempat kegiatan pemerintah dan kegiatan ekonomi yang dipergunakan sebagai tempat kapal bersandar, berlabuh, naik turun penumpang dan bongkar muat barang yang dilengkapi dengan fasilitas keselamatan pelayaran dan kegiatan penunjang pelabuhan serta sebagai tempat perpindahan intra dan moda transportasi. Faktor internal dan eksternal pelabuhan Kupal berpengaruh besar terhadap pengembangan pelabuhan dan daerah di sekitarnya. Dengan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang terdapat pada Pelabuhan Kupal. Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan harus memanfaatkan pelabuhan Kupal dengan skala proritas. Hasil penelitian menunjukkan pelabuhan Kupal berada pada kuadran 4 dalam posisi yang lemah dan sangat tidak menguntungkan. Rekomendasi strategi yang diberikan adalah untuk meningkatkan kinerja internal, membenahi infrastruktur pelabuhan dan meminimalisir kelemahan.
ANALISIS KEBUTUHAN CONTAINER YARD PADA PELABUHAN WILAYAH KEPULAUAN DI MALUKU UTARA Raudha Hakim; Sabaruddin Sabaruddin
CLAPEYRON: Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 3, No 2 (2022): Clapeyron : Jurnal Ilmiah Teknik Sipil
Publisher : CLAPEYRON: Jurnal Ilmiah Teknik Sipil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33387/clapeyron.v3i2.5395

Abstract

Pelabuhan merupakan prasarana utama dalam sistem transportasi laut. Morotai dan Halmahera Selatan adalah  Kabupaten pada wilayah kepulauan Maluku Utara yang cukup strategis dalam mengembang misi Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia. Evaluasi kinerja pelayanan operasional pelabuhan container dilakukan untuk mengetahui kapasitas kodisi sekarang dan yang akan datang. Tujuannya untuk mengetahui Berth Occupancy Ratio (BOR), Berth Throughput (BTP), kapasitas lapangan penumpukan Container Yard Occupancy (YOR) sebagai  bahan pertimbangan kebijakan optimasi, dan efisiensi operasional maupun pengembangan sarana pelabuhan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi. Metode regresi digunakan untuk mengetahui tingkat pemakaian dermaga dan lapangan penumpukan container pada pelabuhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja peralatan bongkar muat yang melayani peti kemas pelabuhan Daruba dan pelabuhan Babang dikategorikan baik namun pada perhitungan lapangan penumpukan peti kemas (YOR) prediksi tahun 2031 sudah terjadi over capacity dengan nilai YOR 135,6% pada pelabuhan Babang  dan  nilai YOR 119% pada pelabuhan Daruba yang sudah melebihi standar yang ditentukan

Page 1 of 1 | Total Record : 5