cover
Contact Name
Muhammad Helmi
Contact Email
addabana@staialfalahbjb.ac.id
Phone
+6282234318118
Journal Mail Official
addabana@staialfalahbjb.ac.id
Editorial Address
Jl. A. Yani Km. 23 Landasan Ulin Banjarbaru Postal Code. 70723 Province South Kalimantan
Location
Kota banjarbaru,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Addabana: Jurnal Pendidikan Agama Islam
ISSN : 26544849     EISSN : 26206129     DOI : 10.47732
Core Subject : Religion, Education,
Jurnal ilmiah berkala yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Falah Banjarbaru. Jurnal ini dikhususkan untuk memuat tulisan dalam bentuk hasil penelitian pendidikan Islam, atau gagasan tertulis dalam bentuk karya ilmiah dengan bidang kajian yang serumpun. Tujuan dari jurnal ini adalah untuk menampung ide dan gagasan tentang pendidikan Islam dan untuk memudahkan civitas akademika pada umumnya untuk memperoleh angka kredit dalam menunjang eksistensinya di dunia akademik. Semua artikel yang diterbitkan adalah wawasan dan ide individu dari penulis yang tidak mewakili jurnal ini atau lembaga afiliasi penulis. Jurnal ini terbit dua kali setahun pada bulan Februari dan Agustus. Fokus jurnal ini adalah pada isu-isu penting dan aktual mengenai Pendidikan Islam, seperti: Evaluasi Pendidikan Islam, Kajian Pemikiran Pendidikan Islam, Kajian Tafsir dan Hadits Tarbawi, Kurikulum Pendidikan Islam, Media Pembelajaran Pendidikan Islam, Metode Pembelajaran Pendidikan Islam, Pemikiran Ulama Banjar tentang Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Masyarakat, Pendidikan Islam untuk Anak Berkebutuhan Khusus, Pengelolaan Sistem Pembelajaran Pendidikan Islam, Sejarah Islam di Indonesia, Sejarah Peradaban Islam, Strategi Pembelajaran Pendidikan Islam, Teori Pendidikan Islam.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2021): February" : 5 Documents clear
INOVASI PEMBELAJARAN BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA MASA COVID-19 (STUDI KASUS: SMPLB NEGERI KANDANGAN) Rusdiana, Rusdiana
ADDABANA: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 4, No 1 (2021): February
Publisher : Program Studi PAI STAI Al Falah Banjarbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47732/adb.v4i1.359

Abstract

Abstract: The purpose of this research is to describe the urgency of learning innovation for children with special needs in the Covid-19 period and what are the learning innovations for children with disabilities in the Covid 19 period with the Covid-19 virus case study at SMPLB Negeri Kandangan. The data collection techniques that researchers use are through observation, interviews, and documentation. The subjects in this study were five subject teachers and one homeroom teacher at SMPLB Negeri Kandangan. The data processing techniques used in this research are data collection, data reduction, editing and conclusion drawing. The results showed that learning innovations are needed in order to continue to carry out learning well during Covid-19.  Learning online makes it difficult for children with special needs to understand the material so that teachers need new innovations in learning so that learning is not monotonous and easily accepted by children with special needs. The innovations made by the teachers are: conducting home visits, conducting online learning using applications, creating content in the form of learning material videos and skills videos and packaging learning in the form of games that aim to make students not easily bored when learning. For the evaluation system in the form of assignments, the teachers apply the offline method by taking the assignments to school every week. The obstacles in developing these innovations are the limited ability of children with disabilities to use gadgets, children's very sensitive moods and networks that are not always good. Based on the interview results, the adaptation process to online learning takes quite a long time, about six months or one semester. With these innovations, it is quite helpful in achieving learning objectives during the Covid-19 period. Keywords: Children with Special Needs, Covid-19, Innovation. Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan urgensi inovasi pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus di masa covid-19 dan apa saja inovasi pembelajaran bagi ABK di Masa Covid 19 Dengan adanya virus Covid-19 studi kasus di SMPLB Negeri Kandangan. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah lima guru mata pelajaran dan satu wali kelas SMPLB Negeri Kandangan. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, editing dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi-inovasi pembelajaran sangat diperlukan agar tetap bisa melaksanakan pembelajaran dengan baik selama Covid-19.  Belajar daring membuat anak berkebutuhan khusus sulit untuk memahami materi sehingga para pengajar memerlukan inovasi baru dalam pembelajaran agar pembelajaran tidak monoton dan mudah diterima oleh para anak berkebutuhan khusus. Inovasi yang dilakukan oleh para pengajar yakni : melaksanakan home visit, melakukan pembelajaran daring menggunakan aplikasi-aplikasi, membuat konten-konten berupa video materi pembelajaran dan video keterampilan serta mengemas pembelajaran dalam bentuk game yang bertujuan agar murid tidak mudah bosan ketika belajar. Untuk sistem evaluasi berupa penugasan para guru menerapkan metode luring (luar jaringan) yakni dengan antar jemput tugas ke sekolah setiap minggunya. Kendala dalam mengembangkan inovasi tersebut adalah keterbatasan kemampuan para ABK dalam menggunakan gawai, mood anak yang sangat sensitif dan jaringan yang tidak selalu bagus. Berdasarkan hasil wawancara proses adaptasi dengan pembelajaran daring memakan waktu yang cukup lama yakni sekitar enam bulan atau satu semester. Dengan adanya inovasi-inovasi tersebut cukup membantu dalam mencapai tujuan pembelajaran pada masa Covid-19. Kata Kunci: Anak Berkebutuhan Khusus, Covid-19, Inovasi.
PROBLEMATIKA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) PADA PEMBELAJARAN DARING DI MASA PENDEMI COVID-19 SMPN 9 BANJARBARU Hayati, Anisah Norlaila; Toriqularif, Muhammad; Khairunnisa, Khairunnisa
ADDABANA: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 4, No 1 (2021): February
Publisher : Program Studi PAI STAI Al Falah Banjarbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47732/adb.v4i1.333

Abstract

Abstract: When learning, teachers and students are often faced with various problems both related to subjects and social relations. Moreover, when the Covid-19 pandemic hit, there were several obstacles so that online learning could not run optimally. So it is necessary to review this issue in more depth. The focus of this research is the problems of PAI teachers in online learning during the Covid-19 pandemic at SMPN 9 Banjarbaru. So the aim of this research is to find out the problems of PAI teachers in online learning during the Covid-19 pandemic at SMPN 9 Banjarbaru as well as the supporting and inhibiting aspects. The subjects in this research were 2 Islamic Religious Education teachers. In extracting data, researchers used observation, interview and documentation techniques. Data management techniques are carried out by data classification, editing, and data interpretation. Next, it was analyzed using qualitative descriptive analysis and conclusions were drawn inductively.Based on the research results, it is known that the problems of PAI teachers in online learning during the Covid-19 pandemic at SMPN 9 Banjarbaru, the problems of PAI teachers in online learning at SMPN 9 Banjarbaru are not optimal in their implementation because there are several problems faced by Islamic religious education teachers, such as: 1) Lack of attention parent. 2) unwise use of learning media. 3) Lazy about doing school work. 4) Unstable Network. 5) The state of the family's economic conditions. It can be seen that Islamic Religious Education Teachers carry out online learning by carrying out implementation, assignments and problems in assessments. Aspects that support Islamic Religious Education Teachers' problems in Online Learning include, among others, the educational background, teaching experience and personality of Islamic Religious Education teachers. Apart from that, learning media and the family environment, especially parents, are also aspects that hinder PAI teacher problems in online learning during the COVID-19 pandemic at SMPN 9 Banjarbaru. The inhibiting aspect is the low level and unwise use of learning media, because the free use of cellphones as learning media can make students unfocused and lazy with the tasks given by the teacher. Apart from that, an unstable network also makes it difficult for students to do their assignments. Keywords: Islamic Education Teacher, Online Learning, Problems. Abstrak: Saat dalam pembelajaran guru dan peserta didik sering dihadapkan pada berbagai masalah baik yang berkaitan dengan mata pelajaran maupun yang menyangkut hubungan sosial. Apa lagi pada saat pandemi covid-19 melanda ada beberapa kendala sehingga pembelajaran daring tidak dapat berjalan dengan maksimal. Sehingga perlu untuk ditinjau lebih mendalam terkait masalah tersebut. Fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana problematika guru PAI dalam pembelajaran daring pada masa pendemi Covid-19 di SMPN 9 Banjarbaru. Maka tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahuai problematika guru PAI  pada pembelajaran daring dimasa pendemi Covid-19 SMPN 9 Banjarbaru serta aspek pendukung dan penghambatnya. Subjek dalam penelitian ini ialah 2 guru Pendidikan Agama Islam. Dalam penggalian data, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengelolaan data dilakukan dengan klasifikasi data, editing, dan interpretasi data. Selanjutnya dianalisis dengan analisa deskriptif kualitatif dan ditarik simpulan secara induktif.Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Problematika Guru PAI pada Pembelajaran Daring dimasa Pendemi Covid-19 SMPN 9 Banjarbaru, Problematika Guru PAI pada pembelajaran daring di SMPN 9 Banjarbaru dalam pelaksanaanya kurang maksimal karena ada beberapa problem yang dihadapi Guru pendidikan agama Islam seperti: 1) Kurangnya perhatian orang tua. 2) penggunaan media pembelajaran yang kurang bijak. 3) Malas mengerjakan tugas sekolah. 4) Jaringan tidak Stabil. 5) Keadaan kondisi Ekonomi keluarga. Terlihat dari Guru Pendidikan Agama Islam melaksanakan pembelajaran daring dengan melakukan pelaksanaan, penugasan dan problematika pada penilaian.Aspek yang mendukung problematika Guru PAI pada Pembelajaran Daring antara lain berasal dari latar belakang pendidikan, pengalaman mengajar, dan kepribadan guru Pendidikan Agama Islam. Selain itu media pembelajaran, dan lingkungan keluarga terutama orangtua yang juga menjadi aspek penghambat Problematika Guru PAI pada pemnelajaran daring dimasa pendemi COVID-19 SMPN 9 Banjarbaru. Aspek yang menghambat adalah rendah dan penggunaan media pembelajaran yang kurang bijak, karena penggunaan handphone sebagai media pembelajaran secara bebas dapat membuat siswa tidak fokus dan malas dengan tugas-tugas yang diberikan guru. Selain itu, jaringan yang tidak stabil juga membuat siswa kesulitan pada saat mengerjakan tugas. Kata Kunci: Guru PAI, Pembelajaran Daring, Problematika.
EVALUASI PROGRAM LEMBAGA KETERAMPILAN KEAGAMAAN (LKK) DI UIN ANTASARI BANJARMASIN Helmi, Muhammad
ADDABANA: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 4, No 1 (2021): February
Publisher : Program Studi PAI STAI Al Falah Banjarbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47732/adb.v4i1.323

Abstract

Abstract: Religious skills institution program which is a forum for developing students' knowledge and skills to equip them to carry out community service (KKN). The educational backgrounds are different and there are some students who are not yet fluent in reading the Koran. This research aims to evaluate the context, input, process and product using the CIPP model in the religious skills institute program at UIN Antasari. This type of research is field research with a qualitative descriptive approach. Data analysis uses the Miles and Huberman analysis model. Techniques for checking data validity include increasing persistence and triangulation (sources and techniques). The research results found that the context of this program in each faculty had been implemented in accordance with the expectations and objectives that had been set. Evaluation of input in each faculty shows that the availability of teachers, students, curriculum, procedures and rules as a whole is appropriate and has been fulfilled. However, the facilities and infrastructure as well as financing can still be improved. Evaluation of the process at each faculty shows that the program process at the religious skills institution is running smoothly to provide students with knowledge and preparation for leading religious activities in the community. However, it is necessary to equalize all activities, processes and implementation times for each faculty. Product evaluation at each faculty is different in terms of the graduation assessment aspect, but there are programs that are only carried out in 1 day, which is felt to be less than optimal in delivering material and practice. It is recommended that this LKK program continue to be implemented even during the Covid 19 pandemic, allocate funds according to needs, synchronize the process and activity curriculum for all faculties and the implementation time can be increased.Keywords: CIPP, LKK, Program Evaluation.Abstrak: Program lembaga keterampilan keagamaan yang menjadi wadah pengembangan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa/i untuk membekali mereka dalam melakukan pengabdian masyarakat (KKN). Latar pendidikan yang berbeda serta terdapat beberapa mahasiswa/i yang belum lancar dalam membaca Alquran. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi konteks, input, proses, dan produk dengan menggunakan model CIPP pada program lembaga keterampilan keagamaan di UIN Antasari. Jenis penelitian ini ialah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Analisis data menggunakan model analisis Miles dan Huberman. Teknik pengecekan keabsahan data di antaranya meningkatakan ketekunan dan triangulasi (sumber dan teknik). Hasil penelitian ditemukan bahwa konteks program ini di setiap fakultas telah dilaksanakan sesuai dengan harapan dan tujuan yang telah ditetapkan. Evaluasi input di setiap fakultas menunjukkan bahwa ketersedian pengajar, mahasiswa/i, kurikulum, prosedur dan tata tertib secara keseluruhan sesuai dan sudah terpenuhi. Namun bagian sarana dan prasarana serta pembiayaan masih bisa ditingkatkan. Evaluasi proses di setiap fakultas menunjukkan bahwa proses program pada lembaga keterampilan keagamaan berlangsung dengan lancar untuk memberikan ilmu dan persiapan bekal mahasiswa/i dalam memimpin kegiatan keagamaan di masyarakat. Namun perlu disamakan untuk setiap fakultas dari seluruh kegiatan, prosesnya, serta waktu pelaksanaannya. Evaluasi produk pada setiap fakultas berbeda-beda pada aspek penilaian kelulusannya, namun terdapat program yang hanya dilakukan dalam waktu 1 hari, dirasa kurang maksimal dalam penyampaian materi serta praktek. Program LKK ini direkomendasikan agar terus dilaksanakan walau pada masa pandemi Covid 19, alokasi dana yang sesuai kebutuhan, proses dan kurikulum kegiatan yang disinkronkan untuk semua fakultas serta waktu pelaksanaan yang bisa ditambah.Kata Kunci: CIPP, Evaluasi Program, LKK.
PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 5 BANJARBARU Nizami, Ahmad Wafa; Ramadhan, Mufti; Nazif, Ahmad; Dewi, Dewi
ADDABANA: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 4, No 1 (2021): February
Publisher : Program Studi PAI STAI Al Falah Banjarbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47732/adb.v4i1.330

Abstract

Abstract: In changing learning from conventional to online there are many obstacles faced by both teachers and students, the obstacles are internet network problems, quota, and tools such as laptops and cellphones as tools for conducting online learning. The population in this study was students from classes VIII and IX, 60 respondents were taken using the Stratified Sampling technique. This technique is used when the population consists of different levels, while selecting samples from each level in the population uses the Proportional Ramdom Sampling technique. Based on the results of the research that the author has carried out, it can be seen that the online learning carried out by SMP Negeri 5 Banjarbaru has the '"Medium" category. This can be seen from the questionnaire distributed with the highest score being 75% and in the interval range of 66 - 85. Then for Student learning achievement is categorized as "Medium" this is obtained from the analysis obtained from the report card grades with the highest score being 65% and it is in the interval range of 77-83. And from the results of the analysis that online learning has an influence on student learning achievement at SMP Negeri 5 Banjarbaru, it is found that r calculated from r table is 0.284 0.254. And online learning contributes to student learning achievement, namely 8.30%. Keywords: Influence, Learning Achievement, Online Learning. Abstrak: Pergantian pembelajaran dari konvensional ke daring ada banyak kendala yang di hadapi baik bagi guru maupun bagi siswa, adapun  kendalanya yaitu dimasalah jaringan internet, kouta, dan alat seperti laptop dan handpone sebagai alat untuk melakukan pembelajaran daring. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII dan IX yang diambil berjumlah 60 respoden dengan menggunakan teknik Stratified Sampling teknik ini digunakan apabila populasi terdiri dari tingkatan yang berbeda, adapun untuk memilih sampel dari masing tingkatan pada populasi menggunakan teknik Proporsional Ramdom Sampling. Berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis lakukan maka dapat diketahui bahwa pembelajaran daring yang dilakukan SMP Negeri 5 Banjarbaru memiliki kategori ‘”Sedang” hal ini dapat diketahui dari angket yang dibagikan dengan nilai tertinggi sebesar 75% dan berada pada kisaran interval 66 – 85. Kemudian untuk prestasi belajar siswa dikategorikan “Sedang” hal ini didapat dari analisa yang didapat dari nilai rapot dengan nilai tertinggi sebesar 65% dan itu berada pada kisaran interval 77-83. Dan dari hasil analisa bahwa pembelajaran daring memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar siswa di SMP Negeri 5 Banjarbaru hal ini didapat bahwa r hitung dari r table sebesar 0,2840,254. Dan pembelajaran daring memiliki kontribusi terhadap prestasi belajar siswa yaitu sebesar 8,30%. Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Pengaruh, Prestasi Belajar.
PENGARUH KEBIASAAN MEMBACA AL-QURA’AN TERHADAP KECERDASAN SPIRITUAL SISWA DI MTSN 2 KATINGAN Mursyida, Hayatul; Yuliani, Anisa; Jannah, Miftahul; Aulia, Fatimatul
ADDABANA: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 4, No 1 (2021): February
Publisher : Program Studi PAI STAI Al Falah Banjarbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47732/adb.v4i1.357

Abstract

Abstract: The habit of reading the Qur'an makes a person always remember Allah. By remembering Allah, a person will have peace of mind and a person who has peace of mind will think positively and behave well. Someone who thinks positively and behaves well is characteristic of someone who has spiritual intelligence. Therefore, the author conducted research on the effect of the habit of reading the Qur'an on the Spiritual Intelligence of Students at MTsN 2 Katingan.This study aims to determine the effect of the habit of reading the Koran on the spiritual intelligence of students at MTsN 2 Katingan. The hypothesis in this study is "The habit of reading the Qur'an affects the spiritual intelligence of students". This study uses a quantitative approach. There are two variables in this study, namely the habit of reading the Qur'an as the independent variable and the spiritual intelligence of students as the dependent variable. The population in this study were all students in grades VIII and IX of MTsN 2 Katingan, totaling 141 students. By using proportionate stratified random sampling technique, the researcher determines the sample in this study is class VIII students as many as 18 students and class IX as many as 17 students. Data analysis techniques using descriptive statistical analysis techniques and inferential statistical analysis techniques.The results of calculations using descriptive statistics show that the habit of reading the Koran in its implementation is in a very high category with an average value of 36.45, which is in the 36-42 interval. Meanwhile, students' spiritual intelligence also shows a very high number with an average value of 46.14, which is in the interval 42-49.The results of calculations using inferential statistics show that there is an effect of the habit of reading the Qur'an on students' spiritual intelligence with a correlation coefficient value of r count r table of 0.651 0.325 and a coefficient of determination of 0.423 which means that the contribution of the habit of reading the Qur'an to students' spiritual intelligence is 42%. So it can be concluded that there is a significant influence between the habit of reading the Qur'an and the spiritual intelligence of students at MTsN 2 Katingan and the remaining 58% is influenced by other factors, such as student background, family, community environment, and student social. Keywords: Habit, Spiritual Intelligence, Reading the Qur'an. Abstrak: Kebiasaan membaca Al-Qur’an menjadikan seseorang selalu mengingat Allah. Dengan mengingat Allah seseorang akan memiliki ketenangan jiwa dan orang yang memiliki ketenangan jiwa akan berfikir positif dan bertingkah laku secara baik. Seseorang yang berfikir positif dan bertingkah laku secara baik merupakan ciri seseorang yang memiliki kecerdasan spiritual. Oleh karena itulah, penulis melakukan penelitian tentang Pengaruh kebiasaan Membaca Al-Qur’an terhadap Kecerdasan Spiritual Siswa di MTsN 2 Katingan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebiasaan membaca Al-Quran terhadap kecerdasan spiritual siswa di MTsN 2 Katingan. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “Kebiasaan membaca Al-Qur’an berpengaruh terhadap kecerdasan spiritual siswa”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Terdapat dua variabel dalam penelitian ini yaitu kebiasaan membaca Al-Qur’an sebagai variabel bebas dan kecaerdasan spiritual siswa sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII dan IX MTsN 2 Katingan yang berjumlah 141 siswa. Dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling peneliti menentukan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII sebanyak 18 siswa dan kelas IX sebanyak 17 siswa. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial.Hasil perhitungan menggunakan statistik deskriptif menunjukkan bahwa Kebiasaan membaca Al-Quran dalam pelaksanaannya masuk kategori sangat tinggi dengan diperoleh nilai rata-rata sebanyak 36,45 yaitu berada pada interval 36-42. Sementara itu, kecerdasan spiritual siswa juga menunjukkan angka sangat tinggi dengan diperoleh nilai rata-rata sebanyak 46,14 yaitu berada pada interval 42-49.Hasil perhitungan menggunakan statistik inferensial menunjukkan terdapat pengaruh kebiasaan membaca Al-Qur’an terhadap kecerdasan spiritual siswa dengan nilai koefien korelasi r hitung r tabel sebesar 0.651 0.325 dan nilai koefisien determinasi sebesar 0,423 yang berarti kontribusi kebiasaan membaca Al-Qur’an terhadap kecerdasan spiritual siswa sebanyak 42%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kebiasaan membaca Al-Qur’an dengan kecerdasan spiritual siswa di MTsN 2 Katingan dan sisanya 58% dipengaruhi oleh faktor lain, seperti latar belakang siswa, keluarga, lingkungan masyarakat, dan sosial siswa. Kata Kunci: Kebiasaan, Kecerdasan Spiritual, Membaca Al-Qur’an.

Page 1 of 1 | Total Record : 5