cover
Contact Name
Muh. Nasir
Contact Email
perahubima@gmail.com
Phone
+6285253506723
Journal Mail Official
perahubima@gmail.com
Editorial Address
Jln. Pemuda No. 65 RT.003 RW.001 Kel. Penataoi Kec. Mpunda, Kota Bima, NTB
Location
Kota bima,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia
ISSN : 28301072     EISSN : 28301080     DOI : https://doi.org/10.55784/jupenji
JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, merupakan Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran dengan Fokus dan scope hasil penelitian, tinjauan teoritis dan konseptual dalam bidang pendidikan dan pembelajaran pada semua tingkat pendidikan. Pendidikan dasar, Pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi. Menggunakan bahasa Indonesia dan atau bahasa Inggris. Terbit empat kali dalam setahun pada bulan Pebruari, Mei, Agustus dan November
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2024): JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia" : 5 Documents clear
Pengaruh Sikap Asertif Terhadap Pemecahan Masalah Matematika Dengan Metode Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Siswa Kelas VIII SMP Gunawan, Gunawan; Ramdhani, Sri
Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia Vol 3 No 1 (2024): JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia
Publisher : Yayasan Jompa Research and Development

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57218/jupenji.Vol3.Iss1.1021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jawaban mengenai pengaruh sikap asertif terhadap pemecahan masalah dengan pendekatan Teams Group Tournament (TGT) dalam pembelajaran tmatematika siswa. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen model quasy ekserimen design. Sampel dalam penelitian berjumlah 58 orang yang terdiri dari 29 orang siswa untuk masing-masing kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang diambil secara cluster random sampling dari seluruh siswa kelas VIII. Sikap asertif diukur dengan skala sikap asertif model Likert. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes pemecahan masalah pada materi persamaan linier dua variable. Analisis data menggunakan uji independent sampke t-tes dengan terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitasnya. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pengujian nilai thitung > ttabel yaitu 2,2497 > 2,0042 dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima artinya ada pengaruh yang positif dan signifikan dalam penggunaan pendekatan TGT  dalam pembelajaran terhadap sikap asertif  dan pemecahan masalah siswa SMP kelas VIII.  Siswa  yang  memiliki  sikap asertif kategori tinggi dalam proses pembelajaran akan lebih efektif sekaligus memiliki kemampuan pemecahan masalah yg baik.
Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Pada Pelaksanaan Studi Kasus Mata Kuliah Pengantar Pendidikan Rahmadani, St.; Nasrianty, Nasrianty
Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia Vol 3 No 1 (2024): JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia
Publisher : Yayasan Jompa Research and Development

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57218/jupenji.Vol3.Iss1.1024

Abstract

Dalam pelaksanaan pembelajaran mata kuliah pengantar pendidikan dilengkapi dengan kegiatan studi kasus untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih berkualitas bagi mahasiswa. Namun, belum adanya pedoman instrumen penilaian kinerja yang tepat, menjadi kendala bagi pendidik dalam melakukan penilaian kompetensi keterampilan peserta didik pada kegiatan studi kasus. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mengembangkan instrumen penilaian kinerja studi kasus pada mata kuliah pengantar pendidikan di Universitas Patompo; 2)mengetahui karakteristik dan kelayakan produk hasil pengembangan. Pengembangan produk dalam penelitian ini mengacu pada model Borg dan Gall. Penelitian dilakukan mulai dari tahap studi pendahuluan sampai tahap ujicoba terbatas. Instrumen penilaian kinerja hasil pengembangan tersebut telah divalidasi oleh 3 (tiga) orang validator dengan rata-rata skor berturut-turut 4,76; 4,20 dan 4,51 yang berkategori “sangat baik”. Uji coba terbatas dilakukan terhadap 10 (sepuluh) orang mahasiswa dengan kategori kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Hasil ujicoba terbatas tersebut menunjukkan persentase rata -rata yang diberikan berturut-turut 81,2%, 80%,dan 80,57%. Dari hasil penelitian, Instrumen penilaian kinerja praktikum hasil pengembangan dianggap layak untuk digunakan pada kalangan terbatas. Penelitian ini dapat dilanjutkan pada tahapan yang lebih luas melalui ujicoba lapangan.
Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas IV SD Negeri Sukarame Siti Apsoh
Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia Vol 3 No 1 (2024): JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia
Publisher : Yayasan Jompa Research and Development

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57218/jupenji.Vol3.Iss1.1139

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran quantum learning dan adanya perbedaan peningkatan antara siswa yang menggunakan model pembelajaran quantum learning dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa kelas IV SD Negeri Sukarame. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis quasi exsperiment design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini yaitu kelas IVA sebagai kelas eksperimen (quantum learning) dan kelas IVB sebagai kelas kontrol (pembelajaran konvensional). Teknik analisis data menggunakan uji normalitas (shapiro‑wilk) karena sampel <100, uji homogenitas (lavene test), dan uji hipotesis (independent sample t-test). Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil dengan bantuan aplikasi SPSS Version 25.0 yaitu thitung = 6,750 dengan ttabel = 2,021. Karena thitung > ttabel (6,750 > 2,021), maka H0 ditolak. Hasil uji signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dalam hipotesis statistik ditulis H1 : µ1 ≠ µ2 yang artinya ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran quantum learning terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa kelas IV SD Negeri Sukarame. Setelah itu, dilakukan uji N‑Gain. Hasil analisis data diperoleh nilai thitung = 7,387 dengan ttabel = 2,021. Karena thitung > ttabel (7,387 > 2,021) maka H0 ditolak. Hasil uji signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dalam hipotesis statistik ditulis H1 : µ1 ≠ µ2 yang artinya ada perbedaan peningkatan yang signifikan antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran quantum learning dengan kelas kontrol yang hanya menggunakan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa kelas IV SD Negeri Sukarame.
Pola Penulisan Aksara Bima Dalam Melestarikan Budaya Kadafirman, Ahmad; Nurrahman, Radhinan Awal; Badri, Sri Saidatul; Mulyati, Murni; Hayati, Suci; Sukarni, Sukarni
Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia Vol 3 No 1 (2024): JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia
Publisher : Yayasan Jompa Research and Development

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57218/jupenji.Vol3.Iss1.1162

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman mahasiswa terkait pola penulisan aksara Bima di Universitas Nggususwaru Bima,penelitian ini di lakukan di mahasiswa kelas A semester 6 Program Studi Pndidikan Biologi Universitas Nggusuwaru. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif data tersebut diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan pembelajaran dimana mahasiswa di berikan pretes dan tanya jawab tekait aksara Bima. Hasil penelitian menunjukan bahwa bahwa mahasiswa yang kurang  paham terkait penulisan aksara sejumlah 10 orang dan mahsiswa yang paham sejumlah 9 orang. mahasiswa yang kurang paham tersebut belum bisa mengerti tulisan aksara baik pola tulisan maupun cara bacanya.
Peran Pembelajaran IPS Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar Istiqamah, Nurul; Nurhidayatika, Nurhidayatika
Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia Vol 3 No 1 (2024): JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia
Publisher : Yayasan Jompa Research and Development

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57218/jupenji.Vol3.Iss1.1168

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu hal penting dalam kehidupan manusia. Adanya pendidikan manusia dapat hidup dengan baik dalam masyarakat. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan mata pelajaran yang memiliki peranan penting dalam membentuk warga negara yang baik, maka pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, sangatlah penting pada jenjang pendidikan dasar dimana pendidikan dasar merupakan keletakan dasar/pondasi pemahaman dan keilmuan tentang bagaimana hidup bersosial dalam masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Deskripsi peran pembelajaran IPS dalam membetuk karakter peserta didik di SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data, peneliti bertindak sebagai instrumen penelitian. Data yang diperoleh melalui dua sumber yaitu informan dan dokumen. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, penilaian proses belajar dan dokumentasi. Pengabsahan data di lakukan dengan pengamatan. Hasil penelitian ini dapat mengetahui karakter adalah suatu sifat individu, kepribadian seseorang, watak serta tingkah laku yang dimiliki seseorang dalam kehidupan seseorang. Karakter merupakan aspek utama dalam membentuk kualitas seseorang untuk dapat menjadi insan yang mulia.

Page 1 of 1 | Total Record : 5