cover
Contact Name
Haryati
Contact Email
lppm.wit@gmail.com
Phone
+62231-207847
Journal Mail Official
lppm.wit@gmail.com
Editorial Address
Jl. Ariodinoto No.14, Lemahwungkuk, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat 45111
Location
Kab. cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Web Informatika Teknologi [J-WIT]
Published by STMIK WIT
ISSN : 25030299     EISSN : -     DOI : -
Jurnal Web Informatika Teknologi [ J-WIT ] merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) STMIK WIT. Jurnal ini berisi tentang karya ilmiah hasil penelitian yang bertemakan : Teknik Informatika, Sistem Informasi, Manajemen, Pendidikan dan Komputerisasi.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 35 Documents
Search results for , issue "Vol. 7 No. 1 (2022): Jurnal Web Informatika Teknologi (J-WIT)" : 35 Documents clear
PENGARUH PENGGUNAAN METODE PERMAINAN EDUKASI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK PADA TK TABITHA Laurencia Maria Yoyon; Arie Widiyastuti
Jurnal Web Informatika Teknologi Vol. 7 No. 1 (2022): Jurnal Web Informatika Teknologi (J-WIT)
Publisher : LPPM STMIK WIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (185.747 KB)

Abstract

Pada anak usia dini, seluruh perkembangan anak berkembang pesat karena otak anak mengalami peningkatan yang signifikan. Aspek perkembangan bahasa sangatlah penting untuk dikembangkan karena bahasa adalah sebagai alat komunikasi baik secara lisan, tulisan, simbol, atau menggunakan lambang. Permainan edukasi adalah permainan yang mampu merangsang dan melatih perkembangan otak anak. Penelitian ini menggunakan metode permainan edukasi berupa boneka tangan pada anak usia 4 - 5 tahun untuk upaya meningkatkan perkembangan bahasa pada anak di Taman Kanak - Kanak Tabitha. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode permainan edukasi dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak pada Taman Kanak - Kanak Tabitha. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Populasi penelitian ini adalah 10 anak kelompok A pada TK Tabitha
ANALISIS STRATEGI BISNIS PADA USAHA CAFÉ DI BEKASI (STUDI PADA JE.DA KOPI DI RAWALUMBU BEKASI) Duwi Lestari; Ifah Masrifah
Jurnal Web Informatika Teknologi Vol. 7 No. 1 (2022): Jurnal Web Informatika Teknologi (J-WIT)
Publisher : LPPM STMIK WIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (383.9 KB)

Abstract

Dalam penelitian ini dilakukan analisis model bisnis Je.da Kopi dengan pendekatan bisnis model kanvas yang kemudian dievaluasi berdasarkan analisis SWOT dan menghasilkan usulan untuk memperbaiki 9 faktor model bisnis kanvas sebelumnya. Metode penelitian ini adalah metode analisis data, metode kualitatif deskriptif menggunakan Bisnis Model Kanvas (BMC) seta analisis SWOT dengan IFAS, EFAS. Tehknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi partisipan, serta pengumpulan dokumen. Referensi survei ini adalah pemilik Je.da Kopi. Hasil survei menunjukkan bahwa grafik analisis SWOT mengarah pada “strategi berorientasi pertumbuhan” yang ditujukan untuk mendukung strategi agresif, dan hasilnya tercermin dalam perbaikan model bisnis kanvas. Implementasi menunjukkan bahwa 9 faktor bisnis model kanvas direkomendasikan untuk diperbaiki dan strategi yang dihasilkan dapat dijadikan referensi bagi pihak manajemen.
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA WHATSAPP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL (SIMDIG) KELAS X AKUNTANSI SMK BHARA TRIKORA 1 JAKARTA Diah Hikmahyati; Delina Kasih
Jurnal Web Informatika Teknologi Vol. 7 No. 1 (2022): Jurnal Web Informatika Teknologi (J-WIT)
Publisher : LPPM STMIK WIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (284.74 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media aplikasi whatsApp terhadap hasil belajar siswa dimasa pendemi covid 19 kelas X Akuntansi SMK Bhara Trikora 1 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi penelitian yang diambil yaitu seluruh siswa kelas X Akuntansi SMK Bhara Trikora 1 Jakarta Tahun Pelajaran 2021/2022. Sampel yang diambil berjumlah 24 siswa dengan menggunakan Total Sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui angket, observasi dan dokumentasi. Angket yang digunakan sudah diuji validitas dan reliabilitasnya
PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN LEMBAGA DI SMKS WALISONGO BEKASI: ONLINE LEARNING ON LEARNING MOTIVATION OF CLASS X STUDENTS PROGRAM OF ACCOUNTING AND FINANCIAL EXPERTISE IN SMKS WALISONGO BEKASI Atikah Atikah; Luluh Abdilah
Jurnal Web Informatika Teknologi Vol. 7 No. 1 (2022): Jurnal Web Informatika Teknologi (J-WIT)
Publisher : LPPM STMIK WIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (208.874 KB)

Abstract

Pembelajaran daring yang digunakan oleh guru beragam diantaranya Google Classroom yang ditunjang oleh buku paket, LKS, serta modul, Google Meet dan Zoom Meeting yang dapat mempengaruhi dan meningkatkan motivasi belajar siswa dalam memahami dan menerimaa materi pelajaran yang di sampaikan oleh guru. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran daring di SMKS Walisongo Bekasi sudah baik, hal ini dapat dilihat dari penggunaan Google Classroom, Google Meet, dan Zoom Meeting yang di gunakan oleh guru dalam menyampaikan materi dalam proses pembelajaran daring telah dapat dipahami oleh siswa. Hal ini berarti di SMKS Walisongo Bekasi sudah mengupayakan dan mengembangkan pembelajaran daring demi meningkatkan kualitas pendidikan yang lebih baik bagi siswa.
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA BALOK PADA ANAK USIA 5 - 6 TAHUN Ardiyah Ardiyah; Ajeng Priendarningtyas
Jurnal Web Informatika Teknologi Vol. 7 No. 1 (2022): Jurnal Web Informatika Teknologi (J-WIT)
Publisher : LPPM STMIK WIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (367.483 KB)

Abstract

Pendidikan anak usia dini memiliki peranan penting dalam mengembangkan seluruh aspek perkembangan pada anak agar seluruh perkembangan anak dapat berkembang secara optimal. Perkembangan kognitif pada anak meliputi kemampuan dasar berhitung, yaitu kemampuan melihat, membedakan, meramalkan, memisahkan, dan mengenal konsep angka. Media yang dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan berhitung pada anak usia dini adalah media balok. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung serta pengenalan simbol angka pada anak - anak Kelompok B di TK Al Hikam Bekasi. Diharapkan melalui media balok tersebut dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada anak kelompok B di TK Al Hikam Bekasi. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ), model dalam penelitian ini menggunakan model Kemmis & MC. Taggard. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 15 anak.
UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN SAINS ANAK USIA DINI DENGAN MENGGUNAKAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR Uswatun Chasanah; Delina Kasih
Jurnal Web Informatika Teknologi Vol. 7 No. 1 (2022): Jurnal Web Informatika Teknologi (J-WIT)
Publisher : LPPM STMIK WIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (278.14 KB)

Abstract

Pemeriksaan yang teliti dari masalah kurangnya kemampuan sains murid grup B di Taman Kanak-kanak AdanB Kids Development Center serta para guru yang jarang memakai lingkungan kurang lebih sekolah menjadi asal belajar. Setiap.anak.memiliki.rasa.ingin.tahu.yang.besar,.suka.melakukan.pengamatan,.ingin mencoba.sesuatu yang baru, serta hal lain yang tanpa disadari.oleh..orang.tua. Sehingga orang.tua.serta.guru diharapkan menjadi.fasilitator.sekaligus.pembimbing yang sangat.dibutuhkan..dalam..mendampingi masa.keemasan. Media pembelajaran lingkungan kurang lebih sangat sempurna untuk pengajaran ilmu pengetahuan anak tentang gejala alam dan diri sendiri. menggunakan pemanfaatan lingkungan, anak-anak dapat lebih tahu materi pembelajaran, menumbuhkan rasa cinta alam serta kesadaran buat menjaga lingkungan serta memelihara lingkungan lebih kurang. Maka berasal itu peneliti tertarik untuk menulis karya ilmiah tentang “Upaya menaikkan Pembelajaran Sains Anak Usia Dini menggunakan memakai Lingkungan sekitar menjadi asal Belajar”. Desain Penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tehnik pengumpulan data melalui observasi, demontrasi belajar atau praktik langsung serta studi dokumentasi menggunakan model pembelajaran pusat dengan menggunakan lingkungan sekitar sekolah menjadi sumber belajar menggunakan tema yang terdapat dan dilakukan di 20 anak grup B. pada siklus I pertemuan III telah terdapat peningkatan kemampuan sains anak bahwa terdapat tiga anak belum berkembang, 5 anak mulai berkembang, 7 anak berkembang sesuai harapan, serta lima anak berkembang sangat baik. Sedangkan di daur II pertemuan II, hanya lima anak berkembang sesuai harapan serta 15 anak berkembang sangat baik. kemudian di siklus II rendezvous III peningkatan kemampuan sains anak semakin tinggi relatif signifikan yakni 3 anak berkembang sesuai harapan serta 17 anak berkembang sangat baik. dan dari data itu dapat disimpulkan bahwa upaya peningkatan pembelajaran sains dengan memakai lingkungan sekitar menjadi asal belajar dapat menaikkan kemampuan sains anak usia dini.
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS ANAK USIA DINI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA YOUTUBE KIDS PADA ANAK USIA 5 - 6 TAHUN Rifa Rizqiyah; Childa Kumala Azzahri
Jurnal Web Informatika Teknologi Vol. 7 No. 1 (2022): Jurnal Web Informatika Teknologi (J-WIT)
Publisher : LPPM STMIK WIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (197.421 KB)

Abstract

Youtube kids adalah media sosial yang berbasis video yang dikhususkan untuk anak agar anak dapat menonton dan melihat video yang sesuai dengan usianya. Anak dapat belajar membaca dan menulis melalui video pada aplikasi youtube kids. Tujuan penelitian ini adalah mengupayakan meningkatkan baca tulis pada anak usia 5 - 6 tahun melalui media youtube kids. Diharapkan dengan menggunakan media youtube kids, kemampuan baca tulis anak pada usia 5 - 6 tahun dapat berkembang secara optimal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan observasi dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 10 anak usia 5 -6 tahun di Taman Kanak-kanak Tathmainul Qulub Kebalen. Tujuan penelitian ini adalah upaya meningkatkan kemampuan baca tulis anak usia dini melalui media youtube kids
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN Atpal Parahi; Chientya Annisa R P
Jurnal Web Informatika Teknologi Vol. 7 No. 1 (2022): Jurnal Web Informatika Teknologi (J-WIT)
Publisher : LPPM STMIK WIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (232.263 KB)

Abstract

Project Based Learning adalah sebagai pembelajaran yang menggunakan proyek. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapakan model pembelajaran Project Based Learning (X) yang meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (Y). Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei, sampel penelitian menggunakan teknik random sampling. Jumlah sampel penelitian sebanyak 56 siswa. Subyek penelitian adalah siswa kelas XII Akuntansi dan Keuangan Lembaga (22 Siswa) dan XII Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (34 Siswa). Pengambilan data menggunakan instrument yang valid dan reliabel. Analisis menggunakan regresi sederhana, hasil penelitian ini mengungkapkan : (1) Persamaan Regresi Linear Y = 51,183 + 0,327 X (2) Model Pembelajaran Project Based Learning berpengaruh positif terhadap Hasil Belajar Produk Kreatif dan Kewirausahaan siswa kelas XII SMK. (3) Uji Signifikansi persamaan garis regresi Fhit 0,027 > 0,05 (4) Koefisien kolerasi (rxy) =0,296 dan F hit (Fchange) = 5,202,, dengan dengan p-value = 0,027 > 0,05. Dengan demikian keofisien kolerasi X dan Y yang berarti Signifikan.
PEMBELAJARAN GOOGLE MEET TERHADAP KESIAPAN BELAJAR ANAK DI TK ASA KIDDY HOUSE KINDERGARTEN Monika Andriyati; Reza Lukmanda Yudhantara
Jurnal Web Informatika Teknologi Vol. 7 No. 1 (2022): Jurnal Web Informatika Teknologi (J-WIT)
Publisher : LPPM STMIK WIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (201.221 KB)

Abstract

Kondisi pandemi COVID-19 menyebabkan adanya kebijakan belajar dari rumah oleh pemerintah untuk mengurangi penyebaran virus. Sistem pembelajaran secara daring merupakan solusi ditengah pandemi dalam hal belajar mengajar dengan menggunakan aplikasi seperti Whatsapp grup, Google meet dan Zoom yang dapat membantu proses pendidikan dan pembelajaran berlangsung meskipun jaraknya jauh. Persiapan para orang tua memegang peranan penting sebagai bantuan dan sekaligus penyemangat bagi anak-anaknya ketika pulang kerumah.
Improving Students Pronounciation Skills by Using Songs at 11th Grade of SMK Pangeran Jayakarta Rahmadhani Fitria; Ircham Asrori
Jurnal Web Informatika Teknologi Vol. 7 No. 1 (2022): Jurnal Web Informatika Teknologi (J-WIT)
Publisher : LPPM STMIK WIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (319.741 KB)

Abstract

The purpose of this study was to determine whether using media such as English songs could improve the pronounciation skills of 11th grade students at SMK Pangeran Jayakarta. When the researcher conducts the PPL, the researcher notices that the students’ ability to pronounce the words remains low, and they find it difficult to pronounce the words given by the researcher. It makes the student nervous and uninterested in pronouncing or speaking English. English songs can be used by English teachers at all levels to teach pronounciation. This study employs classroom action research. It was divides into two cycles. The findings revealed that students’ test scores have improved. The outcome was derived from students’ pronounciation scores. It demonstrated that teaching pronouciation through the use of English song is effective in the teaching-learning process.

Page 1 of 4 | Total Record : 35