cover
Contact Name
Karunia Eka Lestari
Contact Email
karunia@staff.unsika.ac.id
Phone
+6285721512517
Journal Mail Official
radian@fkip.unsika.ac.id
Editorial Address
First Floor FKIP Building, Universitas Singaperbangsa Karawang Jl. H.S. Ronggowaluyo Telukjambe Timur, Karawang 41361 West Java, Indonesia.
Location
Kab. karawang,
Jawa barat
INDONESIA
Radian Journal: Research and Review in mathematics Education
ISSN : -     EISSN : 29617049     DOI : https://doi.org/10.35706/rjrrme.v1i2
Core Subject : Education,
Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education is a peer-reviewed online academic journal devoted to disseminate original research (qualitative research, qualitative research, design/development research) and review papers (literature reviews, review articles, book reviews) in the field of mathematics education (teaching and learning strategy, curriculum development, mathematical hard skills & soft skills, learning environment, educational technology, and other related teaching and learning mathematics issues).
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2023): Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education" : 5 Documents clear
Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Menurut Teori Konstruktivisme Ditinjau dari Gaya Belajar Fidia Puspa Azzahra; Hanifah Nurus Sopiany
Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education Vol. 2 No. 1 (2023): Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education
Publisher : Program Studi Sarjana Pendidikan Matematika, Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35706/rjrrme.v2i1.7155

Abstract

Kemampuan representasi diperlukan siswa untuk mengekspresikan pemikiran atau ide matematika yang berguna untuk memecahkan persoalan matematika dan memahami konsep dengan mengacu pada prinsip-prinsip belajar konstruktivisme serta gaya belajar yang dapat mempengaruhi penguasaan kemampuan representasi siswa. Adapun tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis menurut teori konstruktivisme yang ditinjau dari gaya belajar. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IX SMP yang terdiri dari 10 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu tes tertulis serta wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan konklusi. Hasil penelitian membuktikan bahwa kemampuan representasi matematis siswa dengan tipe gaya belajar (1) visual mampu dalam membuat model matematis namun masih salah dalam membuat grafik serta penulisan kalimat matematis secara benar, (2) auditorial mampu dalam membuat grafik serta penulisan kalimat matematis secara benar tetapi masih salah dalam model matematis, dan (3) kinestetik mampu dalam membuat model matematis namun masih salah dalam membuat grafik serta penulisan kalimat matematis secara benar. Hal ini membuktikan bahwa siswa menggunakan representasi matematis dan berarti bahwa dalam prinsip pembelajaran konstruktivisme siswa telah mencapai pada tahap eksplorasi dimana siswa menggunakan kemampuan representasi matematis untuk menemukan sebuah konsep yang akan membantu dalam proses pemecahan masalah.
Analisis Kemandirian Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Baru Nurlaela Windiya Sari; Iyan Rosita Dewi Nur
Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education Vol. 2 No. 1 (2023): Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education
Publisher : Program Studi Sarjana Pendidikan Matematika, Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35706/rjrrme.v2i1.7156

Abstract

Permasalahan yang sering ditemukan dalam pembelajaran matematika adalah seringkali siswa ketergantungan dengan orang lain dalam mengerjakan tugas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemandirian belajar siswa pada pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian dengan jenis pendekatan kualitatif dan metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Pemilihan subjek penelitian menggunakan purposive sampling sehingga diperoleh banyak subjek yang diteliti adalah 5 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kemandirian belajar, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model interaktif menurut Miles&Huberman. Hasil penelitian menunjukkan subjek 5 dapat mengidentifikasi kesalahan dalam penyelesaian tugas matematika, subjek 2 perlu dorongan dari orang lain ketika belajar matematika dan merasa kurang yakin ketika mengerjakan soal tes matematika, subjek 3 dapat meyelesaikan tugas matematika yang sulit dengan baik, akan tetapi subjek 3 kurang dalam mencari sumber belajar untuk lebih memahami materi pelajaran matematika yang sedang dipelajari, Subjek 4 memiliki kemauan belajar sendiri tetapi kurang memperbanyak latihan soal dan  ia  hanya menggunakan sumber belajar yang digunakan oleh guru saja. Subjek 1 malas dalam mengerjakan tugas matematika dan merasa cemas dalam belajar matematika
Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa SMA Annisa Jannah; Rina Marlina
Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education Vol. 2 No. 1 (2023): Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education
Publisher : Program Studi Sarjana Pendidikan Matematika, Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35706/rjrrme.v2i1.8230

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tingkat kecerdasan emosional siswa, gambaran tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, dan hubungan antara kecerdasan emosional dengan kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa SMA Negeri 5 Karawang . Jenis penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian kuantitatif. Peneliti menggunakan metode penelitian ex post facto korelasi. Sampel yang penulis gunakan adalah siswa kelas XII IPA 1 yang berjumlah 18 siswa. Data-data dalam penelitian ini penulis dapatkan dengan menggunakan metode kuesioner, tes. Semua data penelitian di analisis dengan menggunakan rumus product moment.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, kecerdasan emosional siswa kelas XII IPA 1 SMA Negeri 5 Karawang  dengan kecerdasan emosional rendah dengan prosentase 28,1%, sedang dengan prosentase 37,5%, dan tinggi dengan prosentase 34,4%. Kedua, kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XII IPA 1 SMA Negeri 5 Karawang  dengan kemampuan pemecahan masalah matematika rendah dengan prosentase 29,7%, sedang dengan prosentase 35,9%, dan tinggi dengan prosentase 34,4%. Ketiga, setelah data dianalisis menggunakan teknik korelasi product moment diperoleh nilai  dengan jumlah koefisien korelasi 0,586 kemudian dibandingkan dengan dengan jumlah n = 18 dan taraf signifikan  1% yaitu 0,2075 , sehingga terdapat hubungan yang signifikansi antara kecerdasan emosional dengan kemampuan pemecahan masalah matematika.
Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Akun Belajar.id Kemendikbud pada Materi Statistika ditengah Pandemi Gilang Romadoni; Asep Sahrudin; Eka Rosdianwinata
Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education Vol. 2 No. 1 (2023): Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education
Publisher : Program Studi Sarjana Pendidikan Matematika, Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35706/rjrrme.v2i1.8708

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran pada materi statistika dengan menggunakan bantuan Akun ID Kemendikbud ditengah mewabahnya pandemi yang terjadi di seluruh dunia pada tahun 2020 hingga 2022. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang dilakukan di SMA Negeri 1 Cijaku, Kabupaten Lebak. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, hasil penelitian menunjukan bahwa efektivitas pembelajaran dengan menggunakan Akun Belajat.id Kemendikbud pada materi statistika ditengah pandemi menunjukan bahwa pembelajaran dimasa pandemi ini sangatlah efektif untuk digunakan di sekolah yang menerapkan pembelajaran secara daring, dimana hal tersebut dapat dilihat dari bagaimana proses pembelajaran siswa yang dilakukan secara daring menunjukan peningkatan pada hasil belajarnya, meskipun peningkatan tersebut tidak signifikan apabila dibandingkan dengan pembelajaran yang dilakukan secara luring. Kegiatan pembelajaran secara daring yang meliputi google classroom dan google meet yang terhubung pada Akun Belajar.id Kemendikbid dapat membantu siswa melakukan proses pembelajaran yang setara dengan pembelajaran secara luring, sehingga dengan melakukan pembelajaran berbantuan Akun Belajar.id Kemendikbud siswa dapat belajar secara normal ditengah pandemi.
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA Kelas XI pada Soal Barisan dan Deret Anita Anita; Indra Budiman
Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education Vol. 2 No. 1 (2023): Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education
Publisher : Program Studi Sarjana Pendidikan Matematika, Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35706/rjrrme.v2i1.8749

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematis terhadap siswa SMA. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 6 sebanyak 29 siswa. Data penelitian ini diperoleh dari hasil tes pemecahan masalah matematis berupa 2 soal uraian. Populasi dalam penelitian ini adalah SMA Negeri 4 Karawang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 6. Berdasarkan penelitian yang diperoleh pada saat diberikannya tes kemampuan pemecahan masalah matematis, 29 orang siswa berpartisipasi pada tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan diperoleh 4 orang siswa termasuk kategori rendah, 11 orang siswa kategori tinggi dan 14 orang siswa kategori sangat tinngi. Pada penelitian ini menggunakan instrument tes tertulis yang terdiri dari 2 soal uraian dan diberikan langsung kepada siswa. Hal ini untuk mengukur tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Dari penelitian ini didapatkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa pada tahap memahami masalah, merencanakan strategi pemecahan masalah lebih baik daripada proses melaksanakan strategi pemecahan masalah, sehingga pada indikator mengecek kembali jawaban siswa mengalami kesalahan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5