cover
Contact Name
NUNUK SURYANTI
Contact Email
nunuksuryanti@edu.uir.ac.id
Phone
+6285230218353
Journal Mail Official
nunuksuryanti@edu.uir.ac.id
Editorial Address
Jalan Kaharudin Nasution nomor 113, Marpoyan Pekanbaru
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Peka : Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntasi FKIP UIR Pekanbaru
Published by Universitas Islam Riau
ISSN : 2337652x     EISSN : 25983253     DOI : https://journal.uir.ac.id/index.php/Peka
Core Subject : Education,
Jurnal Peka bertujuan untuk menggali dan menerbitkan tulisan tentang isu-isu terkini terkait dengan pengajaran dan pembelajaran ekonomi dan akuntansi baik pada tingkat sekolah menengah dan pendidikan tinggi.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 13 No. 2 (2025): Desember" : 5 Documents clear
PENGAJARAN ORANG TUA TERHADAP PERILAKU KEUANGAN MAHASISWA DIMEDIASI OLEH EFIKASI DIRI DAN PENGETAHUAN KEUANGAN Reza Dwi Kumala; Ahmad Nurkhin
PEKA Vol. 13 No. 2 (2025): Desember
Publisher : UIR PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/peka.2025.vol13(2).22099

Abstract

Mahasiswa sering mengikuti keinginan daripada kebutuhan sehingga menyebabkan pengelolaan keuangan buruk. Penting bagi mereka untuk mengatur keuangan dengan pijak, maka perlunya pendidikan keuangan untuk mengatur keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji pengaruh pengajaran orang tua terhadap perilaku keuangan mahasiswa dengan efikasi diri dan pengetahuan keuangan sebagai mediasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Theory of Planned Behavior dan Experiental Learning Theory. Metode pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh sebanyak 133 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan penyebaran kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur dengan model persamaan Structural Equation Modeling – Partial Least Square (SEM – PLS). Penelitian menunjukkan bahwa pengajaran orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap efikasi diri serta pengajaran orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengetahuan keuangan. Efikasi diri berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku keuangan, pengetahuan keuangan berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku keuangan, dan efikasi diri mampu memediasi pengajaran orang tua terhadap perilaku keuangan. Namun, pengajaran orang tua tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku keuangan dan pengetahuan keuangan tidak mampu memediasi pengajaran orang tua terhadap perilaku keuangan.
PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI KELAS X SMK NEGERI 6 MAKASSAR Yulia Karmila, Firda; Tikollah, M. Ridwan; Sahade
PEKA Vol. 13 No. 2 (2025): Desember
Publisher : UIR PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/peka.2025.vol13(2).24282

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar siswa program keahlian akuntansi kelas X SMK Negeri 6 Makassar. Variabel dalam penelitian ini adalah pembelajaran berdiferensiasi sebagai variabel bebas (X) yang diukur dengan konten, proses, produk, dan lingkungan belajar dan hasil belajar sebagai variabel terikat (Y) yang diukur dengan ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi, sedangkan sampel adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi terdiri dari satu kelas yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif presentase, uji normalitas, dan uji hipotesis dengan bantuan SPSS 25 for windows. Dari hasil analisis regresi linear sederhana diperoleh persamaan = 63.943 + 0,666X yang berarti setiap pembelajaran berdiferensiasi, maka hasil belajar siswa akan meningkat sebesar 0,666. Sehingga pembelajaran berdiferensiasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikkan melalui hasil uji paired sampel t-test yang menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifkan antara sebelum dan setelah pembelajaran berdiferensiasi. Sementara itu, hasil analisis koefisien determinasi (KD) diperoleh nilai = 66,6 persen dam sisanya sebesar 33,4 persen yang dipengaruhi oleh faktor lain.
PENGEMBANGAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN LECTORA INSPIRE PADA MATA PELAJARAN PROJEK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN : PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN LECTORA INSPIRE PADA MATA PELAJARAN PROJEK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN Afandi, Muhammad Roestam; Megantari, Nofiulina
PEKA Vol. 13 No. 2 (2025): Desember
Publisher : UIR PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/peka.2025.vol13(2).24777

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) proses pengembangan media pembelajaran berbantuan Lectora Inspire pada mata pelajaran Projek Kreatif dan Kewirausahaan, (2) kelayakan media yang dikembangkan berdasarkan penilaianpara ahli dan pengguna, serta (3) efektivitas media dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian melibatkan 3 validator (ahli materi, ahli media, dan ahli soal) serta 35 siswa kelas XI Geomatika SMK Negeri 2 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, kuesioner, tes, dan dokumentasi, dengan analisis data secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Lectora Inspire dinilai layak digunakan dengan hasil validasi dari ahli materi sebesar 75% (Layak), ahli media 99,6% (Sangat Layak), ahli soal 100% (Sangat Layak), dan praktisi pembelajaran 96,41% (Sangat Layak). Ujicoba pada siswa menunjukkan respon yang sangat baik, yakni 93,71% pada kelompok kecil dan 92% pada kelompokbesar. Media ini juga terbukti efektif meningkatkan hasil belajar, ditunjukkan dengan peningkatan nilai sebesar 40% antara pretest dan posttest.
PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI Nur balkis; Zulfikar, Zulfikar; wahyudi, Mauliana
PEKA Vol. 13 No. 2 (2025): Desember
Publisher : UIR PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/peka.2025.vol13(2).24905

Abstract

Keterampilan kolaborasi merupakan salah satu kompetensi penting abad ke-21 yang perlu dikembangkan dalam pembelajaran, khususnya pada pembelajaran ekonomi yang menekankan kerja sama, pemecahan masalah, dan pengambilan keputusan kolektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model Project Based Learning (PjBL) terhadap keterampilan kolaborasi siswa SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi-experiment) melalui desain nonequivalent control group design. Subjek penelitian terdiri atas dua kelas VIII SMP Negeri 1 Peusangan, yakni kelas VIII-7 sebagai kelompok eksperimen yang mendapat pembelajaran berbasis proyek dan kelas VIII-4 sebagai kelompok kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan berupa angket keterampilan kolaborasi. Analisis data dilakukan dengan uji paired sample t-test dan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kedua kelompok dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05. Siswa pada kelas eksperimen menunjukkan peningkatan keterampilan kolaborasi yang lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Dengan demikian, penerapan model PjBL terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa dalam pembelajaran ekonomi. Penelitian ini merekomendasikan agar model PjBL diterapkan secara berkelanjutan guna mendukung pengembangan keterampilan kolaborasi dan kompetensi abad ke-21.
ALTRUISME DAN POLA KONSUMSI MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS ISLAM RIAU Suyono, Akhmad; Wulandari, Fitri; Laia, Lestari
PEKA Vol. 13 No. 2 (2025): Desember
Publisher : UIR PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/peka.2025.vol13(2).25206

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk menganalisis pola konsumsi dan tingkat altruisme mahasiswa Pendidikan Akuntansi di Universitas Islam Riau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Islam Riau cenderung memiliki pola konsumsi yang bersifat konsumtif, dengan alokasi pengeluaran lebih banyak diarahkan pada kebutuhan sekunder seperti makanan cepat saji, hiburan digital, dan belanja daring. Sebagian besar responden masih bergantung pada kiriman orang tua sebagai sumber utama keuangan, sehingga tingkat kemandirian finansial masih rendah. Meskipun demikian, mulai muncul kesadaran untuk mengelola keuangan secara lebih bijak. Sementara itu, mahasiswa yang menunjukkan perilaku altruistik tetap mempertahankan pola konsumsi konsumtif, namun memiliki motivasi internal yang kuat untuk membantu sesama. Keputusan untuk bersikap altruistik lebih dipengaruhi oleh empati, niat, dan kesadaran sosial, bukan oleh kondisi keuangan. Temuan ini menunjukkan bahwa altruisme lebih ditentukan oleh faktor internal dari pada pola konsumsi.

Page 1 of 1 | Total Record : 5