cover
Contact Name
Ebit Bimas Saputra
Contact Email
ebitbimas99@gmail.com
Phone
+6281365118590
Journal Mail Official
greenation.info@gmail.com
Editorial Address
Jl. Kapt. A. Hasan, Telanaipura Jambi
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
Jurnal Ilmu Multidisplin
Published by Greenation Publisher
ISSN : 28294599     EISSN : 28294580     DOI : https://doi.org/10.38035/jim.v1i1
Jurnal Ilmu Multidisplin (JIM) adalah jurnal nasional, peer review, akses terbuka dan ilmiah yang menerbitkan makalah penelitian, makalah review, review mini, laporan kasus, studi kasus, komunikasi singkat, surat, editorial, buku, tesis, karya disertasi, dll, dari semua Aspek Ilmu Pertanian, Ilmu Biologi, Bisnis, Ilmu Kimia, Ilmu Pendidikan, Teknik dan Teknologi, Humaniora, Ilmu Hayati, Ilmu Fisika, Ilmu Kelautan, Ilmu Sosial. Setelah diterbitkan, artikel tersedia secara gratis melalui online tanpa batasan apa pun atau langganan lain untuk peneliti dan pembaca di seluruh dunia.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 4 (2025): Jurnal Ilmu Multidisplin (Januari-Maret 2025)" : 6 Documents clear
Studi Respons Makna Maskulinitas Iklan Kahf di Youtube Pada Generasi Z Yogyakarta Hernantoputri, Nabiila Ophelia; Tatien Indah, Adelia; Cinta Priandini, Fariska
Jurnal Ilmu Multidisiplin Vol. 3 No. 4 (2025): Jurnal Ilmu Multidisplin (Januari-Maret 2025)
Publisher : Green Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jim.v3i4.758

Abstract

Maraknya penggunaan media sosial di Indonesia menjadi peluang bagi perusahaan produk perawatan kulit untuk mengenalkan produknya ke khalayak, salah satunya adalah perusahaan Kahf. Pada penelitian ini akan dilihat bagaimana respons generasi Z di Yogyakarta terhadap makna maskulinitas pada iklan Kahf. Penelitian ini meneliti tanggapan 105 responden Generasi Z, khususnya di DIY. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data melalui kuesioner. Studi ini memfokuskan pada empat indikator utama, yaitu konteks, komunikasi, kolaborasi, dan koneksi, untuk memahami persepsi terhadap pesan maskulinitas dalam iklan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden memberikan tanggapan positif terhadap iklan Kahf. Responden menganggap tema maskulinitas yang disampaikan jelas, relevan dengan nilai budaya lokal, dan sesuai dengan gaya hidup modern. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa iklan Kahf mampu menyampaikan pesan maskulinitas secara efektif dan sesuai dengan audiens Generasi Z. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pengiklan dalam merancang strategi komunikasi yang lebih optimal.
Determinasi Kinerja Tenaga Medis Melalui Motivasi Kerja Dimoderasi oleh Kepuasan Kerja Sobari, Mohammad
Jurnal Ilmu Multidisiplin Vol. 3 No. 4 (2025): Jurnal Ilmu Multidisplin (Januari-Maret 2025)
Publisher : Green Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jim.v3i4.771

Abstract

Determinasi kinerja tenaga medis melalui motivasi kerja dimoderasi oleh kepuasan kerja adalah artikel studi pustaka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh komunikasi internal, pengembangan karir, burnout, dan self-efficacy terhadap motivasi kerja dan kinerja tenaga medis, serta ingin mengetahui motivasi kerja memediasi komunikasi internal, pengembangan karir, burnout, dan self-efficacy terhadap kinerja, dan kepuasan kerja memoderasi motivasi kerja terhadap kinerja. Objek riset yaitu menggunakan pustaka online, google shoolar, dan media akademik lainya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan literature review (library risearch) bersumber dari jurnal ilmiah terpublikasi. Analisis data dilakukan menggunakan deskriptif kualitatif. hasil penelitian ini secara langsung komunikasi internal, pengembangan karir, burnout, self efficacy berpengaruh terhadap motivasi dan kinerja pegawai medis. Motivasi kerja mampu memediasi pengaruh komunikasi internal, pengembangan karir, burnout, self efficacy terhadap kinerja pegawai medis. Kepuasan kerja mampu memoderasi motivasi terhadap kinerja pegawai.
Strategi Pemasaran digital dan Pelayanan Pelanggan Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan dan Penjualan pada PT. Tokopedia Candra, Ayu Nurjanah Milawati
Jurnal Ilmu Multidisiplin Vol. 3 No. 4 (2025): Jurnal Ilmu Multidisplin (Januari-Maret 2025)
Publisher : Green Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jim.v3i4.764

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi pemasaran digital dan layanan pelanggan terhadap tingkat kepuasan pelanggan dan penjualan di PT. Tokopedia. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya strategi pemasaran digital dan layanan pelanggan dalam meningkatkan kepuasan pelanggan dan penjualan di era digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan pelanggan dan observasi langsung penggunaan platform Tokopedia. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan rekomendasi praktis bagi PT. Tokopedia yang berupaya meningkatkan strategi pemasaran digital dan layanan pelanggannya, dengan tujuan meningkatkan kepuasan pelanggan dan penjualan.
Pengaruh Strategi Branding, Promosi Media Sosial dan Citra Merek Terhadap Minat Beli pada Produk Kosmetik XYZ Febrianti, Amelia Seli
Jurnal Ilmu Multidisiplin Vol. 3 No. 4 (2025): Jurnal Ilmu Multidisplin (Januari-Maret 2025)
Publisher : Green Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jim.v3i4.765

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh strategi branding, promosi media sosial, dan citra merek terhadap minat konsumen membeli produk dari PT.XYZ. Merek Citra, yang merupakan kumpulan asosiasi yang berarti bagi konsumen, berperan penting dalam mempengaruhi keputusan pembelian mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi media sosial secara signifikan mempengaruhi merek citra dan minat membeli. Media sosial yang secara efektif dapat meningkatkan keterlibatan konsumen dan memperkuat citra merek . Selain itu, citra merek berkontribusi positif pada peningkatan minat beli, di mana atribut produk seperti kemasan, harga, dan kualitas menjadi faktor kunci dalam keputusan pembelian. Dengan demikian, penelitian ini memberikan wawasan bagi pemasok untuk mengimplementasikan strategi yang lebih efektif dalam memasok produk dan memperkuat posisi merek di pasar kosmetik Indonesia. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi studi lanjutan di bidang pemasaran dan perilaku konsumen.
Pengaruh Knowledge Management, Data Management dan Change Management terhadap Sistem Informasi Fronika, Ellis; Ali, Hapzi
Jurnal Ilmu Multidisiplin Vol. 3 No. 4 (2025): Jurnal Ilmu Multidisplin (Januari-Maret 2025)
Publisher : Green Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jim.v3i4.767

Abstract

Pengaruh Knowledge Management, Data Management dan Change Management terhadap Sistem Informasi adalah artikel ilmiah studi pustaka dalam ruang lingkup bidang ilmu manajemen. Tujuan artikel ini membangun hipotesis pengaruh antar variabel yang akan digunakan pada riset selanjutnya. Objek riset pada pustaka online, Google Scholar, Mendeley dan media online akademik lainnya.  Metode riset dengan library risearch bersumber dari e-book dan open access e-journal. Analisis deskriftif kualitatif.  Hasil artikel ini: 1) Knowledge Management berpengaruh terhadap Sistem Informasi; 2) Data Management berpengaruh terhadap Sistem Informasi; dan 3) Change Management berpengaruh terhadap Sistem Informasi.
Penentuan Status Mutu Air Sungai Bengawan Solo Menggunakan Teknologi Online Monitoring (Onlimo) Pada Stasiun Klhk 60 Jurug Jebres Kota Surakarta, Jawa Tengah Sulandari, Uci; Purba, Yunitasari; Marsito, Boy Jely; Hardini, Hardini; Hattaya, Muhammad Iza; Faiz, Nada Aqeel; Alfianto, Yudit
Jurnal Ilmu Multidisiplin Vol. 3 No. 4 (2025): Jurnal Ilmu Multidisplin (Januari-Maret 2025)
Publisher : Green Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jim.v3i4.782

Abstract

Sungai Bengawan Solo telah mengalami penurunan kapasitas, baik secara kualitas maupun kuantitas. Kondisi ini mengakibatkan fungsi dan kinerja sungai sebagai sumber air bagi mayoritas masyarakat yang bertempat tinggal di pinggiran Sungai Solo menjadi kurang optimal. Upaya meningkatkan pemantauan kualitas air Sungai Bengawan Solo memerlukan program pemantauan yang berkelanjutan dan dilaksanakan secara online. Oleh sebab itu diperlukan upaya pengendalian pencemaran air yang lebih handal dalam rangka untuk menjaga kualitas air sesuai dengan peruntukannya. Tujuan penelitian ini untuk memantau kualitas air secara berkala dan menentukan status mutu air di Sungai Bengawan Solo, Stasiun KLHK 60. Sistem online monitoring digunakan untuk pengukuran kualitas air menggunakan metode Indeks Pencemaran (IP), dengan Parameter kualitas air yang digunakan untuk analisis yaitu Amonia, BOD, COD, pH, TSS, TDS. Data tersebut akan dianalisis secara online menggunakan teknologi pemantauan kualitas air jarak jauh, online dan real-time atau disebut dengan Onlimo. Hasil analisis pemantauan kualitas air sungai Bengawan Solo menyatakan kandungan Amonia sebesar 13,91%, kebutuhan oksigen kimiawi (COD) 1,84%, BOD 3,31%, kebutuhan oksigen (DO) 0,28%, Nitrat (pH) 0,21%, total dissolved solid (TDS) 0,23%, Total Suspended Solid (TSS) 3,23%. Berdasarkan hasil analisa pada tanggal 26 April 2024 status mutu air Sungai Bengawan Solo kedalam kategori cemar berat yang mengakibatkan tingginya parameter pencemaran amonia sebesar 13,91%.

Page 1 of 1 | Total Record : 6