Jurnal Manajemen, Organisasi, Dan Bisnis
Jurnal Manajemen, Organisasi, dan Bisnis (JMOB) mempublikasikan artikel dari hasil penelitian yang belum diterbitkan dimanapun dalam bentuk apapun. JMOB fokus pada bidang keilmuan seperti: Manajemen, Organisasi, Bisnis, dan kajian lainnya yang relevan. Terbit 4 nomor dalam setahun, yaitu bulan Maret, Juni, September dan Desember
Articles
15 Documents
Search results for
, issue
"Vol 1, No 2 (2021): JMOB (Juni 2021)"
:
15 Documents
clear
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA DEPARTEMEN PENGADAAN PT. VETCO GRAY INDONESIA
Henri Zen;
T. Munzir
JURNAL MANAJEMEN, ORGANISASI DAN BISNIS (JMOB) Vol 1, No 2 (2021): JMOB (Juni 2021)
Publisher : Pascasarjana Universitas Riau Kepulauan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (201.93 KB)
|
DOI: 10.33373/jmob.v1i2.3732
Gaya kepemimpinan sangat berpengaruh dan menjadi salah satu faktor penunjang bagi kinerja suatu organisasi. Dibutuhkan gaya kepemimpinan yang efektif dimana pengaruh dan peran pimpinan bisa mengolah sumber daya manusia dalam organisasi untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan dalam meningkatkan kinerja karyawan pada Departemen Pengadaan PT. Vetco Gray Indonesia, Batam. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan data primer dan sekunder, dengan teknik pengumpulan data seperti wawancara, observasi, dan dokumentasi. Gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh Manajer Pengadaan PT. Vetco Gray Indonesia menggunakan pendekatan kepemimpinan partisipatif, dimana pemimpin berusaha untuk mendorong dan memfasilitasi karyawan untuk berpartisipasi dalam membuat keputusan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gaya Kepemimpinan berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan.
MANAJEMEN KINERJA DALAM PENINGKATAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI ASRAMA HAJI BATAM KOTA BATAM
Subandi Subandi
JURNAL MANAJEMEN, ORGANISASI DAN BISNIS (JMOB) Vol 1, No 2 (2021): JMOB (Juni 2021)
Publisher : Pascasarjana Universitas Riau Kepulauan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (266.807 KB)
|
DOI: 10.33373/jmob.v1i2.3717
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana manajemen kinerja dalam peningkatan pelayanan masyarakat di Asrama Haji Batam dan dapat meningkatkan kepuasan. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode dekriptif yaitu menggambarkan tentang manajemen kinerja Asrama Haji Batam mampu menjalankan tugas-tugas secara maksimal dalam peningkatan pelayanan dengan dukungan sumber daya manusia. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan analisis data kualitatif. Hasil analisis adalah manajemen kinerja dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan meningkatkan kepuasan pelanggan.
ANALISIS DAMPAK KESADARAN MEREK, PERSEPSI KUALITAS, DAN ASOSIASI MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AIR MINUM DALAM KEMASAN
Yandra Rivaldo;
Edwin Agung Wibowo;
Rahman Hasibuan;
Dini Anggraini;
Arnesih Arnesih
JURNAL MANAJEMEN, ORGANISASI DAN BISNIS (JMOB) Vol 1, No 2 (2021): JMOB (Juni 2021)
Publisher : Pascasarjana Universitas Riau Kepulauan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (266.492 KB)
|
DOI: 10.33373/jmob.v1i2.3538
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas dan Asosiasi Merek terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan Aqua. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa prodi manajemen semester tujuh Fakultas Ekonomi Unrika yang berjumlah 87 orang. Sampel terdiri dari 87 responden, yang diambil dengan metode sampling jenuh. Analisis data menggunakan Regresi berganda dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa kesadaran merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, persepsi kualitas berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, asosiasi merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. kesadaran merek, persepsi kualitas, dan asosiasi merek secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian.
ANALISIS PENERAPAN MANAJEMEN KINERJA TERHADAP EVALUASI KINERJA KARYAWAN
Jomaianto Sihombing
JURNAL MANAJEMEN, ORGANISASI DAN BISNIS (JMOB) Vol 1, No 2 (2021): JMOB (Juni 2021)
Publisher : Pascasarjana Universitas Riau Kepulauan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (214.779 KB)
|
DOI: 10.33373/jmob.v1i2.3733
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kemajuan suatu perusahaan yang dipengaruhi oleh dua faktor lingkungan, yaitu; lingkungan eksternal dan internal. Suatu perusahaan dapat maju apabila perusahaan tersebut mampu memanfaatkan kesempatan dan dapat mengatasi masalah yang sedang dihadapi oleh lingkungan perusahaan. Oleh karena itu penting menerapkan manajemen berbasis evaluasi kinerja dalam rangka menghadapi perubahan-perubahan dilingkungan organisasi. Untuk itu para pimpinan dan bawahan dituntut memiliki kinerja yang baik untuk menghadapi tantangan agar dapat memanfaatkan situasi yang dapat menguntungkan organisasi. Program Manajemen Kinerja mempunyai implikasi bahwa kegiatan tersebut harus dilaksanakan sebagai sebuah proses manajemen umum yang dimulai dengan penetapan tujuan dan sasaran dan diakhiri dengan evaluasi. Meliputi: Merencanakan, Proses Manajemen, dan Produktivitas. Ruang lingkup program manajemen kinerja di PT. Artha Utama Propertindo yang mampu mencapai akuntabilitas meliputi: Teknologi, Kualitas dari input, Kualitas lingkup fisik, Iklim dan budaya organisasi, serta sistem kompensasi dan imbalan. Salah satu pendekatan yang dapat dilakukan dalam penerapan manajemen kinerja di PT. Artha Utama Propertindo adalah dengan evaluasi kinerja karyawan.
PENGARUH SISTEM INFORMASI SUMBERDAYA MANUSIA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI MELALUI KOMPENSASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA KANTOR PEMBERDAYA SUMBER DAYA AIR (PSDA) KABUPATEN PESISIR SELATAN
Serli Rahma
JURNAL MANAJEMEN, ORGANISASI DAN BISNIS (JMOB) Vol 1, No 2 (2021): JMOB (Juni 2021)
Publisher : Pascasarjana Universitas Riau Kepulauan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (363.766 KB)
|
DOI: 10.33373/jmob.v1i2.3718
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh: sistem informasi sumberdaya manusia terhadap kinerja pegawai, disiplin kerja terhadap Kinerja pegawai, sistem informasi sumberdaya manusia melalui kompensasi terhadap kinerja pegawai, disiplin kerja melalui kompensasi terhadap kinerja pegawai. Populasi penelitian ini adalah seluruh pegawai kantor pemberdaya sumberdaya ari (PSDA) di kabupaten pesisir selatan Indonesia yang berjumlah 70 pegawai Sampel penelitian ini adalah seluruh populasi sebanyak 70 pegawai dengan menggunakan teknik koesioner. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan analisis statistik menggunakan metode Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian ini adalah sistem informasi sumberdaya manusia berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai, disiplin kerja berpengaruh signifikan terhadap Kinerja pegawai, kompensasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai, sistem informasi sumberdaya manusia melalui kompensasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai, dan disiplin kerja melalui kompensasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai.
PENGARUH STRES KERJA, KOMUNIKASI, KOMITMEN ORGANISASI DAN MOTIVASI TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI
Supriadi Supriadi;
Lukmanul Hakim;
Zulkifli Zulkifli
JURNAL MANAJEMEN, ORGANISASI DAN BISNIS (JMOB) Vol 1, No 2 (2021): JMOB (Juni 2021)
Publisher : Pascasarjana Universitas Riau Kepulauan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (244.875 KB)
|
DOI: 10.33373/jmob.v1i2.3544
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh stres kerja, komunikasi, komitmen organisasi dan motivasi terhadap kepuasan kerja. Populasi penelitian ini adalah pegawai Pemadam Kebakaran Kota Batam yang berjumlah 48 orang. Sampel terdiri dari 48 responden, yang diambil dengan metode sampling jenuh. Analisis data menggunakan regresi berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa variabel stres kerja berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja, variabel komunikasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja, variabel komitmen organisasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja, variabel motivasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja. Variabel stres kerja, komunikasi, komitmen organisasi dan motivasi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja.
PENGARUH REKRUTMEN, PENEMPATAN KERJA DAN KONFLIK PERAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN
Aufa Ulinnuha;
Sri Langgeng Ratnasari
JURNAL MANAJEMEN, ORGANISASI DAN BISNIS (JMOB) Vol 1, No 2 (2021): JMOB (Juni 2021)
Publisher : Pascasarjana Universitas Riau Kepulauan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (403.257 KB)
|
DOI: 10.33373/jmob.v1i2.3734
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh: rekrutmen terhadap kinerja karyawan, penempatan kerja terhadap Kinerja karyawan, konflik peran terhadap kinerja karyawan dan rekrutmen, penempatan kerja dan konfili peran terhadap Kinerja karyawan. Populasi penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Persero Batam yang berjumlah 159 karyawan tetap. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 61 karyawan dengan menggunakan teknik random sampling. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan analisis statistik menggunakan metode Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian ini adalah rekrutmen berpengaruh signifikan terhadap Kinerja karyawan, penempatan kerja berpengaruh signifikan terhadap kienrja karyawan, konflik peran berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan dan rekrutmen, penempatan kerja dan konflik peran berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan.
KORELASI ANTARA KETRAMPILAN MANAJERIAL, SUPERVISI PENGAJARAN KEPALA SEKOLAH, DAN IKLIM SEKOLAH, DENGAN KINERJA GURU SEBAGAI TENAGA PENDIDIK DI SMAN SE-KOTA BATAM
Imas Sa'adah;
Zulkifli Zulkifli
JURNAL MANAJEMEN, ORGANISASI DAN BISNIS (JMOB) Vol 1, No 2 (2021): JMOB (Juni 2021)
Publisher : Pascasarjana Universitas Riau Kepulauan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (549.484 KB)
|
DOI: 10.33373/jmob.v1i2.3726
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengatahui korelasi antara Ketrampilan Manajerial, Supervisi pengajaran Kepala Sekolah, dan Iklim Sekolah, dengan Kinerja Guru Sebagai Tenaga Pendidik di SMAN se-Kota Batam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif serta memakai rancangan deskriptif korelasi. Pengambilan informasi menggunakan kuesioner berupa angket dan dokumentasi. Populasi yang dipakai merupakan semua guru SMA Negeri di Kota Batam sebanyak 396 guru. Besarnya sampel yaitu 195 guru atau dapat dikatakan 50% dari Populasi. Hasil dari perhitungan yang dilakukan menjelaskan ada korelasi yang signifikan serta positif antara Keterampilan manajerial Kepala sekolah dengan kinerja guru yang ada di SMA Negeri se Kota Batam, adanya korelasi yang positif serta signifikan antara keterampilan supervisi dalam meningkatkan kemampuan pengajaran terhadap kinerja guru SMA Negeri se-Kota Batam, adanya korelasi signifikan iklim sekolah terhadap Kinerja guru yang ada di SMA Negeri se-Kota Batam. Dilihat dari nilai koefisien korelasi dengan hasil 0,785 menunjukkan bahwa sebesar 78,5% secara bersama-sama terdapat korelasi positif sertaa signifikan antara keterampilan manajerial, keterampilan supervisi dalam menigkatkan kemampuan pengajaran dan iklim sekolah terhadap kinerja Guru. Selisihnya 21,5% berhubungan pada faktor lain yang bukan dalam variabel yang dijelaskan dalam artikel ini.
PENGARUH BEBAN KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN
Ervin Nora Susanti;
Sri Langgeng Ratnasari;
Ferry M Manalu;
Aisyah Khairani Pasaribu
JURNAL MANAJEMEN, ORGANISASI DAN BISNIS (JMOB) Vol 1, No 2 (2021): JMOB (Juni 2021)
Publisher : Pascasarjana Universitas Riau Kepulauan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (356.852 KB)
|
DOI: 10.33373/jmob.v1i2.3545
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh beban kerja dan disiplin kerja secara parsial dan simultan terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui pengumpulan data menggunakan kuesioner. Penelitian ini dilakukan di PT. Citra Buana Prakarsa. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PT. Citra Buana Prakarsa yang berjumlah 100 karyawan. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Beban kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan, (2) Disiplin kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan, dan (3) Beban kerja dan Disiplin kerja secara simultan berpengaruh terhadap kinerja karyawan
ANALISIS PENERIMAAN NEGARA BUKAN PAJAK (PNBP) JASA PEMANDUAN DAN PENUNDAAN KAPAL PADA BADAN USAHA PELABUHAN BATAM SEBELUM DAN SESUDAH PENERAPAN SEAPORT MANAGEMENT SYSTEM
Nanditta Maharani Putri;
Oktavianti Oktavianti
JURNAL MANAJEMEN, ORGANISASI DAN BISNIS (JMOB) Vol 1, No 2 (2021): JMOB (Juni 2021)
Publisher : Pascasarjana Universitas Riau Kepulauan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (303.417 KB)
|
DOI: 10.33373/jmob.v1i2.3735
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perbedaan peningkatan Penerimaan Negara Bukan Pajak setelah diterapkan Seaport Management System atas Jasa Pemanduan dan Penundaan Kapal selama kurun waktu tahun 2018, 2019, 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu data primer dan data sekunder. Penerimaan Negara Bukan Pajak Pemanduan dan Penundaan pada Badan Usaha Pelabuhan Batam pada Seaport Management System setiap tahunnya mengalami peningkatan, sedangkan pada Finance and Billing Management System mengalami penurunan dikarenakan pada saat penelitian terjadi proses perpindahan penggunaan sistem dari Finance and Billing Management System menjadi Seaport Management System. Penerimaan Negara Bukan Pajak Pemanduan dan Penundaan dengan menggunakan Finance and Billing Management System pada tahun 2018, 2019, dan 2020 dibandingkan dengan menggunakan Seaport Management System lebih tinggi atau lebih besar perolehan dengan menggunakan Seaport Management System, hal tersebut dikarenakan pada Seaport Management System pada kapal dengan GT lebih dari 500 GT wajib menggunakan pelayanan pemanduan dan kapal dengan panjang 70 meter keatas wajib menggunakan pelayanan penundaan.