cover
Contact Name
Jeperson Hutahaean
Contact Email
jepersonhutahean@gmail.com
Phone
+6281266157563
Journal Mail Official
jepersonhutahean@gmail.com
Editorial Address
Jl. Acces Road Kuala Tanjung Inalum No. 29, Dusun: Bahagia, Kelurahan: Pakam Raya Selatan, Kecamatan: Medang Deras Kabupaten: Batubara, KP. 21258, Provinsi : Sumatera Utara
Location
Kab. batu bara,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen
ISSN : -     EISSN : 29625637     DOI : https://doi.org/10.56854/pak.v1i2
Core Subject : Religion, Education,
Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen bersifat terbuka bagi peneliti, dosen dan mahasiswa dalam serta luar negeri serta terbuka juga diakses oleh umum agar kebaruan hasil temuan peneliti dapat dinikmati publik. Penerbit berharap kontribusi ini berguna dalam membangun khazanah keilmuan bidang Teologi dan Pendidikan Agama Kristen. Metanoia (μετάνοια)dalam bhs Yunani secara jelas artinya ‘merubah pikiran’ ke arah yang lebih baik. Dalam banyak teks di Alkitab kata “metanoia” diterjemahkan bertobat. Dengan demikian Jurnal Bangun Metanoia berharap untuk membangun bangsa dengan merubah pikiran dengan menyajikan hasil-hasil temuan insan peneliti, dosen dan mahasiswa dalam serta luar negeri di bidangnya. Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen diterbitkan oleh PT. Bangun Harapan Bangsa, dengan harapan berkontribusi membangun negeri ini dari segmen dunia Teologi dan Pendidikan Agama Kristen. Tujuan dari penerbitan jurnal ini untuk memberi ruang hasil penelitian ilmiah dari berbagai lingkup kajian teologi dan pendidikan Kristen insan peneliti, dosen dan mahasiswa dalam serta luar negeri.Dengan E-ISSN: 2962-5637 dan SK 0005.29625637/K.4/SK.ISSN/2022.09 Focus dan scope; berupa berbagai kajian yang menyentuh salah satu segmen kehidupan, pada ruang lingkup Teologi Kristen dan Pendidikan Agama Kristen, dengan bidang; Teologi Sistematika Teologi Biblikal Teologi Sosial dan Publik Teologi dan Religiositas Pelayanan dan Pemberdayaan Masyarakat Gereja Etika Misiologi Pendidikan Kristiani Gereja dan Masyarakat
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2: November 2022" : 7 Documents clear
Kepercayaan Orang Kristen Pada Konsep Allah Tritunggal Sebagai Kebenaran Firman Tuhan Budiatmaja, Rudy; Lamsir, Seno; Nugroho, Andreas Eko; Purba, Asmat
Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Vol. 1 No. 2: November 2022
Publisher : PT. Bangun Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (695.468 KB) | DOI: 10.56854/pak.v1i2.97

Abstract

Penelitian ini bersifat kualitatif secara literatur berbagai sumber penelitian untuk mengikuti perkembangan dan pertumbuhan gereja yang begitu cepatnya yang menyebabkan paradigma baru dalam berkonsep sehingga banyak mengungkapkan ide-ide baru termasuk konsep pemahaman yang baru bahwa Allah itu Dwitunggal tetapi kita sebagai orang percaya tentunya harus berhati-hati dan tegas untuk mengatakan “TIDAK” dan berpegang teguh pada Allah tritunggal sebagai kebenaran Firman Tuhan yang benar bagi berbagai denominasi gereja dan pengajaran para hamba Tuhan untuk jemaat masing-masing gereja sehingga hasil akhir penelitian ini agar jemaat tidak disesatkan dengan konsep pengajaran nabi-nabi palsu dan selalu berpegang teguh pada kebenaran Firman Tuhan bahwa Alkitab sebagai otoritas tertinggi dalam penerapan konsep teori baru yang bermunculan pada Generasi Yeremia ini.
Pengaruh Kompetensi Sosial Guru PAK terhadap Prestasi Belajar Siswa dalam Pendidikan Agama Kristen Yulianto, Auw Tammy; Kuntari J, Valentina Dwi; Sarumpaet, Sorimuda
Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Vol. 1 No. 2: November 2022
Publisher : PT. Bangun Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (595.427 KB) | DOI: 10.56854/pak.v1i2.101

Abstract

This study aims to find out the relationship between the social competence of PAK teachers and the student achievement. The research was conducted at a Christian Vocational School, with students as the research subjects. The research population was 104 people, and the sample was obtained from 51 people. The research method used is descriptive quantitative method with correlational type of research. The data obtained were analyzed using correlation techniques and carried out with the help of the SPSS 13 computer program. The results of the analysis were that the perception of teachers' social competence was mostly assessed in a good category and most of the students' achievement in Christian religious education was in the good category. Thus, it can be concluded that the social competence of teachers has an influence on the learning achievement of Christian religious education of the students. The regression equation obtained is Y = 26.478 + 0.407 X
Pengaruh Penerapan Teori Belajar Sibernetik Terhadap Kemampuan Mahasiswa Mengelola Pembelajaran Berbasis Digital Telaumbanua, Arozatulo; Gulo, Detiriani; Lahagu, Lisman Apriliani; Gulo, Citra Kurnihati; Gulo, Ener Kenangan Kasih
Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Vol. 1 No. 2: November 2022
Publisher : PT. Bangun Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (769.391 KB) | DOI: 10.56854/pak.v1i2.105

Abstract

The development of increasingly sophisticated technology creates a learning atmosphere that must adapt. Students adapt to digital-based learning, both subject matter and assignments to be received and sent. Students can improve skills in managing learning and assignments digitally. Not a few students have not been able to professionally manage digital-based learning and assignments. Limited knowledge and infrastructure are important factors in the lack of student’s ability to manage their digital-based assignments. In addition, the lack of involvement of lecturers using digital-based learning also makes one of the weak abilities of students to adapt to managing electronic assignments. Therefore, this study uses a quantitative methodology with the aim of finding out how much influence the application of cybernetic learning theory has on students' ability to manage digital-based assignments. To deal with this problem, the researchers provide a solution by conducting training and technical guidance to students on the use of technology in learning and seeking to procure facilities and infrastructure that support digital-based learning processes.
Urgensi Pendidikan Agama Kristen Dalam Membina Sikap Berapologetik Warga Jemaat Tulus, Safatulus Giawa; Sediria Buulolo; Lilis Hertiana Daeli; Yaniati Gulo; Paparang, Stenly R
Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Vol. 1 No. 2: November 2022
Publisher : PT. Bangun Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56854/pak.v1i2.110

Abstract

Tulisan ini mengangkat judul Urgenitas Pendidikan Agama Kristen Dalam Membina Sikap Berapologetik Warga Jemaat. Kita menyadari sepenuhnya bahwa kehidupan kekristenan bukanlah hidup yang eksklusif. Kekristenan adalah hidup yang membagikan hidup yang diperoleh dalam Yesus Kristus. Membagikan hidup dapat ditunjukkan dengan membela apa yang dipercayainya kepada orang yang mempertanyakan. Tindakan membela iman Kristen membutuhkan sebuah proses rentang waktu yang panjang. Pengajaran merupakan bentuk penanaman secara sistematis sikap berapologetik. Warga jemaat dalam gereja perlu diajarkan secara intens mengenai apa dan bagaimana iman Kristen melihat agama lain dengan perbandingan agamanya. Akhirnya, akan ditemukan bahwa iman Kristen merupakan sebuah kebenaran yang konsisten dari zaman ke zaman. Pendidikan agama Kristen memiliki naluri penyajian informasi dari berbagai disiplin ilmu. Dengan demikian iman Kristen mampu menjawab dan bertahan dalam imannya sekalipun masyarakat berubah perilaku dan sikap oleh pengaruh perkembangan zaman.
Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Kristen Di Era Pandemi Covid-19 Ranting, Hermin; Purwantoro, Elia; E Sipayung, Gerhard; Ginting, Gundari
Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Vol. 1 No. 2: November 2022
Publisher : PT. Bangun Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56854/pak.v1i2.118

Abstract

The Covid-19 pandemic has changed the entire order of life, including in the field of education, which requires the world of education to update the abilities of a teacher in their respective places. With these demands, teachers must update their abilities in all areas specifically in skills, learning methods and learning materials and character. It is done as a reference for teachers to prove qualified abilities. Using a qualitative method of literature study approach, this article presents a finding related to how professional Christian teachers should be. The findings in this article suggest that there are many things that must be considered in carrying out duties and responsibilities as a teacher during the COVID-19 pandemic. This is done in order not to reduce the quality in carrying out its duties and responsibilities properly. With the teacher upgrating his abilities in all aspects, it is part of the tangible manifestation of a teacher's professionalism. That attitude of professionalism is a must for a teacher, considering that the current era is closely related to digitalization.
Analisis Teologis Perkataan Iblis Dalam Menciptakan Kebohongan Yang Mempengaruhi Manusia Illu, Jonidius; Tambun, Mariduk; Cancera, Atong
Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Vol. 1 No. 2: November 2022
Publisher : PT. Bangun Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (497.034 KB) | DOI: 10.56854/pak.v1i2.131

Abstract

Penjelasan tentang berbagai perkataan Iblis yang menipu manusia telah diceritakan dalam Alkitab. Tulisan ini bermaksud menguraikan pandangan teologis perkataan Iblis yang menciptakan kebohongan yang mempengaruhi manusia. Diharapkan orang Kristen memiliki dasar pemahaman yang sesuai Alkitab sehingga tidak mudah dipengaruhi oleh Iblis yang selalu menciptakan kebohongan dan pada akhirnya dapat berkata tidak terhadap bujuk rayuan atau perkataan Iblis dan keluar sebagai pemenang. Artikel ini menggunakan metode kualitatif yaitu melakukan penelitian kepustakaan dengan menemukan sumber literatur yang tepat sehingga penulisan artikel ini sesuai dengan isi yang diharapkan. Sumber-sumber yang dimaksudkan adalah buku-buku dan artikel-artikel yang terkait dengan topik atau latar belakang masalah tersebut. Permasalahan yang terjadi dalam kehidupan orang Kristen yaitu Iblis menciptakan kebohongan yang mempengaruhi manusia sehingga dapat menerima dan mengikutinya tanpa menguji kebenarannya berdasarkan Alkitab. Manusia mudah dipengaruhi sebab perkataan Iblis, hal ini disebabkan beberapa hal antara lain: perkataan Iblis seolah-olah benar adanya, sikap orang Kristen yang mendua hati yang tanpa berpikir panjang mengambil keputusan tanpa mempertimbangkan kebenarannya, hubungan manusia yang renggang dengan Allah memudahkan Iblis untuk melakukan pendekatan, menghasut dan akhirnya mengendalikan pikiran manusia dengan dengan berbagai tipu muslihat dan kebohongannya. Di sisi lain orang Kristen tidak memiliki kedekatan dengan Allah sehingga tidak mengerti kehendak-Nya dibandingkan dengan kebohongan Iblis, dampaknya lebih memilih perkataan Iblis. Harapan penulis yaitu orang Kristen memahami perkataan Iblis yang menciptakan kebohongan sehingga tidak tertipu. Selain itu, diharapkan tulisan ini memberi penjelasan yang lengkap tentang berbagai kebohongan yang diciptakan Iblis.
Aspek Integrasi Penginjilan Paulus dalam 1 Tesalonika 1:5-6 Steven Silalahi, Bonnarty
Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Vol. 1 No. 2: November 2022
Publisher : PT. Bangun Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (544.246 KB) | DOI: 10.56854/pak.v1i2.133

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pustaka melalui pendekatan kualitatif deskriptif atas nas 1 Tesalonika 1:5-6 untuk melihat penginjilan yang dilakukan oleh Paulus dan menemukan aspek integrasi dalam penginjilan, yakni aspek verbal, aspek substansial, aspek spiritual dan aspek testimonial. Aspek-aspek yang dilakukan dalam sebuah integrasi ini memberikan kritik terhadap praktek-praktek penginjilan yang hanya mengutamakan kata-kata serta kelihaian menyampaikan Injil dan mengabaikan aspek spiritual, atau mengutamakan aspek-aspek spiritual dan mengabaikan aspek pengetahuan dan keterampilan.

Page 1 of 1 | Total Record : 7