cover
Contact Name
Hendra Kartika
Contact Email
journal_jrsme@teachers.org
Phone
+6282218560919
Journal Mail Official
edupedia.publisher@gmail.com
Editorial Address
Blok Selasa RT 004 RW 005 Ds. Trajaya Kec. Palasah, Kab. Majalengka, Provinsi Jawa Barat, 45475
Location
Kab. majalengka,
Jawa barat
INDONESIA
Journal of Research in Science and Mathematics Education
Published by Edupedia Publisher
ISSN : -     EISSN : 29625521     DOI : https://doi.org/10.56855/jrsme.v1i1.11
Core Subject : Science, Education,
Journal of Research in Science and Mathematics Education (J-RSME) is a journal to publish works in the form of research results, theoretical studies and review results that are original and have a novelty as a contribution to science in the scope of mathematics education, physics education, chemistry education, biology education and also includes research results in the field of mathematics, physics, chemistry and biology.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2022): August" : 5 Documents clear
Mengukur Tingkat Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Kelas VIII pada Materi Garis Singgung Lingkaran Nurhasanah, Nurhasanah; Hanifah, Hanifah; Kartika, Hendra
Journal of Research in Science and Mathematics Education Vol. 1 No. 1 (2022): August
Publisher : EDUPEDIA PUBLISHER

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (358.551 KB) | DOI: 10.56855/jrsme.v1i1.8

Abstract

The purpose of this study was to measure the level of mathematical connection ability of class VIII junior high school students on the material of tangents to circles. The approach of this research is quantitative with case study design. The sample of this study was 50 students of class VIII who were selected by quota sampling in one of the public junior high schools in Karawang, West Java. The analysis used is descriptive statistical data analysis by measuring the level of ability possessed by class VIII students at the school. The results showed that from 50 students there were 32% students who were still classified as low mathematical connection abilities. The results of this study indicate that it is necessary to strengthen learning, one of which is peer teaching of students with high mathematical connection abilities or teacher scaffolding.
Kompetensi Matematika: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Menurut Polya Nia Kania; Nunuy Ratnawulan
Journal of Research in Science and Mathematics Education (J-RSME) Vol. 1 No. 1 (2022): August
Publisher : EDUPEDIA PUBLISHER

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (284.358 KB) | DOI: 10.56855/jrsme.v1i1.10

Abstract

Pemecahan masalah (Problem solving) merupakan pembelajaran yang melibatkan siswa untuk aktif, kreatif dan mampu berfikir logis, kritis dan mampu berfikir tingkat tinggi dalam menyampaikan gagasannya untuk memecahkan suatu masalah yang dihadapinya. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahap pokok atau penting dalam memecahkan masalah yang sudah diterima luas, dan ini bersumber dari buku George Polya tahun 1945 berjudul How to Solve It. Penelitian ini merupakan kualitatif deskriptif untuk mengungkapkan pemecahan masalah Polya. Penelitian ini diawali dengan melakukan kajian terhadap sejumlah literatur yang dapat mendukung pendekatan analisis, meliputi: kajian tentang regulasi, dan prosedur, metode pemodelan dan pemograman kajian adalah berupa buku referensi, jurnal ilmiah yang dipublikasikan. Menurut polya dalam pemecahan masalah. Ada empat langkah yang harus dilakukan. Keempat tahapan ini lebih dikenal dengan See (memahami problem), Plan (menyusun rencana), Do (melaksanakan rencana) dan Check (menguji jawaban), sudah menjadi jargon sehari-hari dalam penyelesaian problem.
Analisis Kesulitan Siswa dalam Menentukan Klasifikasi Makhluk Hidup Menggunakan Kunci Determinasi Yusi Ardiyanti; Indra Budiman; Heru Puspito; Novi Sofia Kahirani
Journal of Research in Science and Mathematics Education (J-RSME) Vol. 1 No. 1 (2022): August
Publisher : EDUPEDIA PUBLISHER

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (323.645 KB) | DOI: 10.56855/jrsme.v1i1.11

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan bahwa dalam pelajaran biologi ada salah satu materi yang dianggap sulit bagi siswa Kelas X adalah Menentukan Klasifikasi Hewan Dengan Menggunakan Kunci Determinasi. penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pada tahapan penyelesaian apa siswa mengalami kesulitan, Dalam penelitian ini tahapan penyelesaian yang diteliti adalah menentukan nilai dari kingdom sampai spesies pada klasifikasi hewan dengan bantuan kunci determinasi menggunakan symbol T1-7 untuk setiap tingkatan takson. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 32 orang. Dari hasil analisis, maka dapat disimpulkan rata-rata persentase kesulitan hanya ada pada (T3) sebesar 64,37% berarti siswa mengalami kesulitan dalam menentukan penaman kelas; (T4) sebesar 100% yang berarti seluruh siswa mengalami kesulitan dalam menentukan ordo; (T5) sebesar 90,62% berarti hampir sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam menentukan famili; (T6) sebesar 75% berarti siswa mengalami kesulitan dalam menentukan genus; serta (T7) sebesar 56,52% berarti siswa mengalami kesulitan dalam menentukan spesies. Hasil analisis menunjukkan apabila siswa menemui kesulitan dalam menentukan penamaan untuk setiap takson, maka ada kecenderungan siswa mengalami kesulitan dalam menentukan klasifikasi hewan.
Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Zaenal Arifin
Journal of Research in Science and Mathematics Education (J-RSME) Vol. 1 No. 1 (2022): August
Publisher : EDUPEDIA PUBLISHER

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (282.394 KB) | DOI: 10.56855/jrsme.v1i1.12

Abstract

: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada masa pandemi covid-19, dan untuk mengetahui apakah instrumen yang digunakan valid dan reliabel. Penelitian ini dilakukan di kelas XII IPA 1 MAN 3 Cianjur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase validitas sangat tinggi sebesar 44%, persentase validitas tinggi sebesar 44%, dan persentase validitas tinggi sebesar 12%. Hal ini menunjukkan bahwa semua instrumen pengukur hasil siswa selama pandemi covid-19 adalah valid. Selain itu, hasil estimasi reliabilitas berdasarkan data yang diuji adalah 0,7619. Artinya, instrumen yang dibuat reliabel, sehingga instrumen ini dapat digunakan di kelas manapun atau pada mata pelajaran lain. Secara umum hasil analisis seluruh nilai siswa menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada uji coba sebesar 64,86% memiliki hasil belajar yang baik, dan 35,12% memiliki hasil belajar yang kurang baik. Di masa pandemi COVID-19 ini tentunya banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa, dan hal ini dapat dijadikan bahan untuk penelitian selanjutnya.
Penerapan Ethnomathematics dalam Pembelajaran Kelas III Sekolah Dasar Luar Biasa Nella Suciaty
Journal of Research in Science and Mathematics Education (J-RSME) Vol. 1 No. 1 (2022): August
Publisher : EDUPEDIA PUBLISHER

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (341.267 KB) | DOI: 10.56855/jrsme.v1i1.17

Abstract

Ethnomatematics atau etnomatematika atau matematika dalam perspektif budaya adalah topik yang sedang ramai diperbincangkan dewasa ini baik dari kalangan pendidikan maupun non-pendidikan. Pada saat proses penyampaian pelajaran atau materi ajar, guru yang berperan sebagai pengajar menyampaikan materi matematika dihubungkan atau di alih-hubungan dengan kebudayaan lokal yang ada. Dengan tujuan para peserta didik mampu dengan mudah menyerap ilmu yang disampaikan oleh guru. Mata pelajaran matematika hadir tidak hanya di sekolah-sekolah ‘biasa’ tetapi juga hadir dikalangan sekolah-sekolah luar biasa. Namun, ada beberapa metode pembelajaran yang diterapkan pada sekolah luar biasa (SLB) ini, baik dari segi penyampaian, metode dan strategi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi ethnomathematic pada proses pembelajaran di sekolah dasar luar biasa. Dalam kegiatan pembelajaran, penyampaian materi ajar dengan menggunakan media ajar yang berbeda dari media ajar matematika pada umumnya dan penerapan ethnomathematic ini membantu siswa tersebut mempermudah proses belajar. Hasil menunjukkan bahwa penerapan ethnomathematic pada proses pembelajaran dapat dimanfaatkan untuk mempermudah proses pembejaran berlangsung. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan ethnomathematics di Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) bukan hanya mempermudah siswa dalam menerima materi tetapi juga mengajarkan siswa bagaimana penerapan ilmu matematika yang dikenal abstrak, tetapi sangat erat kaitannya dengan kehidupan kita sehari-hari.

Page 1 of 1 | Total Record : 5