cover
Contact Name
Zufri Hasrudy Siregar
Contact Email
rudysiregar7@gmail.com
Phone
+628116221919
Journal Mail Official
jurnalvorteks@gmail.com
Editorial Address
Jl. Pintu Air IV No.214, Kwala Bekala, Kec. Medan Johor, Kota Medan, Sumatera Utara 20143
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
BONANZA : Jurnal Ilmiah Ekonomi, Bisnis dan Keuangan
ISSN : 26208970     EISSN : 27759040     DOI : https://doi.org/10.54123/bonanza.v2i2
Core Subject : Economy,
1. Topik Kajian Akuntansi terkait dengan berbagai aspek akuntansi dan termasuk dalam tema artikel namun tidak terbatas pada: Akuntansi Keuangan, Akuntansi Sektor Publik, Akuntansi Manajemen, Akuntansi dan Manajemen Keuangan Syariah, Auditing, Corporate Governance, Etika dan Profesionalisme, Pendidikan Akuntansi, Taxation Pasar Modal, Perbankan, Accounting information system Behavioral Accounting (Including Ethics and Professionalism), Accounting (Ethics) Education, 2.Topik Kajian Manajemen terkait dengan berbagai aspek manajemen dan termasuk dalam tema artikel namun tidak terbatas pada: Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Human Resource Management Entrepreneurship Strategi Manajemen Perilaku Organisasi
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 1 (2025): Februari 2025" : 8 Documents clear
PENGARUH KERAGAMAN PRODUK, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN BERBELANJA DI SMARTSHOP MARELAN Siregar, Nabilah; Subakti, Syamsul Bahri; Daulay, Akman
BONANZA : Jurnal Ilmiah Ekonomi, Bisnis dan Keuangan Vol. 5 No. 1 (2025): Februari 2025
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Al-Azhar Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54123/bonanza.v5i1.410

Abstract

Abstrak Kajian ini bermaksud menelaah pengaruh keragaman produk, harga dan lokasi terhadap keputusan berbelanja di Smartshop Marelan. Metode kajian yang dipakai jauh kajian ini berkarakter kuantitatif. Teknik penghimpunan data yang dipakau ialah observasi, studi dokumentasi dan kuesioner. Melalui kajian ini, Karena populasi dalam kajian ini tidak disadari kuantitasnya, maka dipakai rumus Lemeshow guna mengetahui total sampel. Maka, grand total partisipan dalam kajian ini ialah 96 customer. Hasil kajian menunjukkan secara parsial keragaman produk berpengaruh positif terhadap keputusan berbelanja di Smartshop Marelan dengan nilai t-hitung > t-tabel (3,335 > 1,9860) sebesar 0,001 lebih kecil dari 0,05. Harga berpengaruh positif dan menonjol terhadap keputusan berbelanja di Smartshop Marelan dengan nilai t-hitung > t-tabel (2,792 > 1,9860) sebesar 0,006 lebih kecil dari 0,05. Lokasi berpengaruh positif terhadap keputusan berbelanja di Smartshop Marelan dengan nilai t-hitung > t-tabel (2,568 > 1,9860) dan 0,012 lebih kecil dari 0,05. Secara simultan hasil kajian menunjukkan bahwa keragaman produk, harga dan lokasi secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan berbelanja di Smartshop Marelan dengan nilai Fhitung (64,855) > Ftabel (2,70), dan 0,000 < 0,05
PENGARUH USIA, PENGALAMAN DAN PENDIDIKAN DEWAN KOMISARIS TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN SEKTOR PERDAGANGAN, JASA DAN INVESTASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2020-2022 Lubis, Siti Syahrani; Pasaribu, Aria Masdiana; Muhajir, Ahmad
BONANZA : Jurnal Ilmiah Ekonomi, Bisnis dan Keuangan Vol. 5 No. 1 (2025): Februari 2025
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Al-Azhar Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54123/bonanza.v5i1.411

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh usia, pengalaman dan pendidikan dewan komisaris terhadap kualitas laporan keuangan pada Perusahaan sektor perdagangan, jasa dan investasi yang terdaftar di bursa efek Indonesia tahun 2020-2022. Jumlah populasi dalam penelitian sebanyak 178 perusahaan dan jumlah sampel sebanyak 49 perusahaan dengan teknik pengampilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Adapun teknik analisa data yang digunakan adalah regresi linear berganda melalui uji F dan uji t dengan maksud untuk mengetahui pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial dan secara simultan usia, pengalaman dan pendidikan dewan komisaris tidak berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan pada Perusahaan sektor perdagangan, jasa dan investasi yang terdaftar di bursa efek Indonesia tahun 2020-2022. Untuk penelitian selanjutnya disarankan untuk lebih mendalam dalam menambahkan variabel lainnya, serta melibatkan sampel yang lebih besar tentang apa saja yang dapat memengaruhi kualitas laporan keuangan tersebut.
PENGARUH NET WORKING CAPITAL, FIRM SIZE DAN LEVERAGE TERHADAP CASH HOLDING PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2018-2022 Syafera, Vida; Pasaribu, Aria Masdiana; Liniarti, Sri
BONANZA : Jurnal Ilmiah Ekonomi, Bisnis dan Keuangan Vol. 5 No. 1 (2025): Februari 2025
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Al-Azhar Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54123/bonanza.v5i1.412

Abstract

Studi ini mengkaji pengaruh Net Working Capital, Firm Size, dan Leverage terhadap Cash Holding di perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI pada periode 2018 sampai dengan 2022. Studi ini melibatkan populasi sebanyak 62 perusahaan, dengan sampel sebanyak 26 perusahaan. Untuk menganalisis data, digunakan regresi berganda, uji koefisien determinasi (R2), uji t dan uji F dan tujuan mengevaluasi dampak dari variabel X pada variabel Y pada derajat keyakinan 50% (? = 0,5). Hasil uji parsial diperoleh Firm Size dan Leverage berpengaruh negatif pada Cash Holding, dan Net Working Capital tidak berpengaruh pada Cash Holding. Namun, jika dipertimbangkan secara bersama-sama, Net Working Capital, Firm Size, dan Leverage berpengaruh signifikan pada Cash Holding .
PENGARUHI HARGAI, KUALITASI PRODUK DAN LABELI HALAL TERHADAP KEPUTUSANI PEMBELIAN PADA PT. JURAGAN DIMSUM INDONESIA Alhabshy, Farah Azmi Azizi; Daulay, Akman; Surbakti, Syamsul Bahri
BONANZA : Jurnal Ilmiah Ekonomi, Bisnis dan Keuangan Vol. 5 No. 1 (2025): Februari 2025
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Al-Azhar Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54123/bonanza.v5i1.413

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh harga, kualitas produk, dan label halal terhadap keputusan pembelian pada PT. Juragan Dimsum Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian bersifat kuantiatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, pembagian kuesioner serta wawancara. Populasi penelitian ini adalah konsumen PT. Juragan Dimsum Indonesia. Jumlah sampel penelitian ini yaitu 96 responden. Teknik analisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil uji F nilai Fhitung (25,032) > Ftabel (2,70) dengan signifikansi <0.001 lebih kecil dari 0,05 menunjukan bahwa variabel terikat (harga, kualitas produk, dan label halal) berpengaruh secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian pada PT.Juragan Dimsum Indonesia. Hasil uji t harga berpengaruh dengan thitung lebih besar dari ttabel (2,355 >1,986) dengan signifikansi 0,021 < 0,05. Kualitas Produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung > ttabel (3,180I>1,986) dengan signifikansi 0,002 < 0,05. Hasil ini membuktikan bahwa variabel harga, variabel kualitas produk, dan variabel abel halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada PT.Juragan Dimsum Indonesia.
PENGARUH LINGKUNGAN KERJA FISIK, KEPUASAN KERJA DAN PENGEMBANGAN KARIR TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI PDAM TIRTANADI MEDAN CABANG PADANG BULAN Atikah, Putri Rezki; Aginta, Windy; safriandi, Ferry
BONANZA : Jurnal Ilmiah Ekonomi, Bisnis dan Keuangan Vol. 5 No. 1 (2025): Februari 2025
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Al-Azhar Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54123/bonanza.v5i1.414

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui Lingkungan Kerja Fisik, Kepuasan Kerja dan Pengembangan Karir terhadap Kinerja Karyawan di PDAM Tirtanadi Medan Cabang Padang Bulan. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan Sampel Jenuh, dan diperoleh jumlah sampel 63 responden. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan yaitu regresi linier berganda. Hasil uji F nilai Fhitung (5,820) > Ftabel (2,76) dengan signifikansi <0.001b lebih kecil dari 0,05 menunjukkan bahwa secara simultan variabel Lingkungan Kerja Fisik, adanya kepuasan dalam melakukan pekerjaan dan Pengembangan Karir memiliki suatu pengaruh terhadap Kinerja Karyawan. Secara parsial Lingkungan Kerja Fisik berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai t hitung > t-tabel (2,584 >2,001) dan signifikan sebesar 0,012 lebih kecil dari 0,05. Adanya kepuasan dalam pekerjaan ini berpengaruh secara positif dan signifikan dengan nilai thitung > ttabel (2,156 > 2,001) dan signifikan sebesar 0,035 lebih kecil dari 0,05. Sedangkan variabel Pengembangan Karir secara parsial tidak berpengaruh dengan nilai thitung > t tabel (0,049 < 2,001) dan signifikan sebesar 0,961 lebih besar dari 0,05.
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS KONSUMEN E-COMMERCE SHOPEE PADA MASYARAKAT DI KECAMATAN BATANG TORU TAPANULI SELATAN Siregar, Ummi Kalsum; Aginta, Windy; Surbakti, , Syamsul Bahri
BONANZA : Jurnal Ilmiah Ekonomi, Bisnis dan Keuangan Vol. 5 No. 1 (2025): Februari 2025
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Al-Azhar Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi variabel yang mempengaruhi loyalitas konsumen E-Commerce shopee pada masyarakat di Kecamatan Batang Toru Tapanuli Selatan. Untuk populasi penelitian,ini menggunakan rumus lemeshow dan sampelnya terdiri dari 96 orang responden. Hasil uji F nilai Fhitung 32,498 > Ftabel 2,70 dengan signifikan <0.001b < 0,05 menunjukkan bahwa variabel harga, kualitas produk dan promosi berpengaruh terhadap Loyalitas Konsumen secara bersamaan. Secara parsial harga berdampak positif dan signifikan terhadap Loyalitas Konsumen dengan nilai thitung > ttabel 2,066 >1,986 dan signifikan sebesar 0,042 < 0,05. Kualitas produk juga berdampak positif dan signifikan terhadap Loyalitas Konsumen dengan nilai thitung > ttabel 2,407 > 1,986 dan signifikan sebesar 0,018 < 0,05 dan Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Konsumen dengan nilai thitung > ttabel 5,181 > 1,986 dan signifikan sebesar <0,001 < 0,05.
Pengaruh Budaya Organisasi, Lingkungan IKerja Fisik Idan Kepusan IKerja ITerhadap Kinerja ASN (Aparatur Sipil Negara) Bagian Seretariat pada IDinas Lingkungan IHidup dan IKehutanan IProvinsi ISumatera IUtara Ramadhanty, Wilda; Sukarsih; Panjaitan, Tuah
BONANZA : Jurnal Ilmiah Ekonomi, Bisnis dan Keuangan Vol. 5 No. 1 (2025): Februari 2025
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Al-Azhar Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54123/bonanza.v5i1.416

Abstract

IPenelitian Iini Ibertujuan Iuntuk Imengetahui Ipengaruh Ibudaya Iorganisasi, lingkungan kerja fisik dan kepuasan kerja terhadap kinerja ASN (Aparatur Sipil Negara) Bagian Sekretariat pada Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan IProvinsi ISumatera IUtara. Metode yang digunakan pada penelitian ini bersifat deskriptif kuantiatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu pembagian kuesioner, wawancara dan observasi. Populasi dari penelitian ini adalah ASN (Aparatur Sipil Negara) Bagian Sekretariat pada Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Sumatera Utara. sampel yang digunakan yaitu 40 ASN. Teknik analisis yang digunakan yaitu regresi linier berganda. Hasil uji F menunjukan Fhitung 10.536 > Ftabel 2,866 dengan signifikan <0,001b < 0,05 menunjukan bahwa secara simultan variabel Budaya Organisasi, Lingkungan Kerja Fisik, Kepuasan Kerja Berpengaruh terhadap kinerja ASN (Aparatur Sipil Negara) Bagian Sekretariat ASN (Aparatur Sipil Negara) Bagian Sekretariat pada Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Sumatera Utara. Hasil uji t Budaya Organisasi nilai thitung 2.142 > ttabel 2.028) dengan signifikansi 0,039 < 0.05. Lingkungan Kerja Fisik nilai thitung 0.154 < ttabel 2.028) dengan signifikansi 0,879 > 0.05. Kepuasan Kerja nilai thitung 3,394 > ttabel 2.028) dengan signifikansi 0,002 < 0.05. Hasil ini menunjukan bahwa X1 Iberpengaruh positif Idan Isignifikan, X2 tidak berpengaruh signifikan, dan X3 berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja ASN (Aparatur Sipil Negara) Bagian Sekretariat pada Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Sumatera Utara.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN BERBELANJA DI SMARTSHOP MARELAN Syahputri, Laila; Dewi, Sri Puspa; Lubis, Saidan Sany
BONANZA : Jurnal Ilmiah Ekonomi, Bisnis dan Keuangan Vol. 5 No. 1 (2025): Februari 2025
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Al-Azhar Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54123/bonanza.v5i1.417

Abstract

Kajian ini berupaya sebagai mengkaji dampak kualitas layanan, harga dan relationship marketing terhadap loyalitas pelanggan Smartshop Marelan. Metode kuantitatif digunakan sebagai strategi penelitian. Beberapa metode pengumpulan data yang diterapkan antara lain survei, analisis dokumen, dan observasi. Mengingat jumlah populasi yang tidak dapat dipastikan, besar sampel ditentukan menggunakan rumus Lemeshow. Sebagai hasilnya, sebanyak 96 pelanggan terlibat dalam survei ini. Berdasarkan temuan penelitian yang menunjukkan bahwa nilai t-hitung > t-tabel (2.144 > 1.9860) dan tingkat signifikansi 0.035 yang lebih kecil dari 0.05, kualitas layanan memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap loyalitas pelanggan. Dengan nilai t-hitung yang lebih besar dari t-tabel (7.956 > 1.9860) dan tingkat signifikansi 0.0000 yang juga lebih kecil dari 0.05, temuan analisis ini mengindikasikan bahwa harga memberikan dampak yang baik dan signifikan kepada loyalitas klien. Relationship marketing juga mengasih damapk yang baik dan bermakna kepada kesetiaan pelanggan, yang dibuktikan dengan nilai t-hitung yang lebih tinggi daripada t-tabel (2,725 > 1,9860) dan tingkat makna yang terbatas dari 0,05 (0,008). Berdasarkan hasil uji F, nilai F-hitung (62,278) lebih besar dibandingkan dengan nilai F-tabel (2,70), dan nilai signifikansi 0,0000 < 0,05. Temuan ini mengindikasikan bahwa loyalitas pelanggan di Smartshop Marelan dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti kualitas layanan harga dan relationship marketing.

Page 1 of 1 | Total Record : 8