cover
Contact Name
Mariaty Podungge
Contact Email
mariatypodungge@gmail.com
Phone
+6285240574043
Journal Mail Official
mariatypodungge@gmail.com
Editorial Address
Kampus II Jln. Sultan Amai Kelurahan Pone, Kecamatan Limboto Barat, Kabupaten Gorontalo Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
PEKERTI Journal Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
ISSN : -     EISSN : 29633389     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
PEKERTI: Journal Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti publishes articles on the realm of Islamic education, covering both literary and fieldwork studies. The journal highlights aspects related to Islamic education studies, with special reference to character education, Islamic education policy, philosophy of Islamic education, Islamic education management, Islamic education curriculum, innovations in Islamic education, Islamic education leadership, multicultural Islamic education, Islamic education for social transformation, madrasa education, pesantren education, and other relevant topics. This journal warmly welcomes contributions from scholars of related disciplines. This journal was published by Prodi Pendidikan Agama Islam, FITK IAIN Sultan Amai Gorontalo. PEKERTI: Journal Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti is published two times a year (February and August).
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 2 (2023): AUGUST" : 5 Documents clear
Penggunaan Media Sosial Sebagai Trend Dakwah Pendidikan Islam di Era Digital Terhadap Generasi Z Sukma Rahayu, Anisa; Budiyanti, Nurti; Siti Nurhaliza , Rifa; Khoirunnisa, Yasmin; Suci Fadillah, Zahra
Pekerti: Journal Pendidikan Islam dan Budi Pekerti Vol. 5 No. 2 (2023): AUGUST
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam, IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58194/pekerti.v5i2.3596

Abstract

Peran media sosial dalam mendukung kegiatan dakwah dimasa yang serba digital ini telah diterapkan diberbagai daerah, maka dari itu media sangatlah penting dalam menunjang keberlangsungan kegiatan manusia salah satunya yaitu kegiatan dakwah. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik kuisioner. Studi ini menemukan bahwasannya peranan media dalam proses penyebaran dakwah merupakan kebutuhan bagi umat islam. Dan juga studi ini bermanfaat untuk menyampaikan ajaran-ajaran syariat dan pesan-pesan kebaikan kepada masyarakat melalui peran media sebagai sarana dakwah. Studi ini menciptalan peran media sangat berpengaruh dalam proses penyebaran pesan-pesan dakwah kepada masyarakat, dengan itu memanfaatkan media pesan dakwah dapat disampaikan secara cepat kepada kalangan masyarakat.
Konsep Dasar Pendidikan Nahdlatul Ulama dan Masa Depannya Pada Era Revolusi Industri 4.0 Labaso', Syahrial; Hestiana, Ratna; Podungge, Mariaty
Pekerti: Journal Pendidikan Islam dan Budi Pekerti Vol. 5 No. 2 (2023): AUGUST
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam, IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58194/pekerti.v5i2.3348

Abstract

Pendidikan Nahdlatul Ulama dibangun dalam prinsip menjaga kemurnian Islam dengan mempertahankan nilai-nilai tradisionalnya. Hal ini penting untuk memastikan bahwa ajaran/ dogma yang yakini masih sesuai dengan nilai originalitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran penting pendidikan Nahdlatul Ulama mempertahankan identitasnya dan sekaligus berupaya menyesuaikan diri dengan tantangan zaman yang melingkupinya. Penelitian ini mengunakan pendekatan studi Pustaka (library research), dengan cara melibatkan sumber-sumber rujukan yang relevan dengan tema penelitian ini, serta berupaya mensintesiskannya sehingga melahirkan paradigma baru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Nahdlatul Ulama melakukan upaya pembaharuan secara evolutif dengan cara melakukan pembahruan pada hal-hal yang dipandang tidak relevan lagi dengan kebutuhan zaman, sementara pada sisi yang lain tetap mempertahankan yang dipandang masih relavan. Pembaharuan secara evolutif juga dipandang dapat mendekatkan nilai-nilai keislaman dengan fakta-fakta lokal (kearifan lokal), sehingga nilai-nilai keIslaman menjadi lebih universal dan familiar
Peran Guru Agama Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Toleransi Beragama Di SDN 41 Hulontalangi. Kandi
Pekerti: Journal Pendidikan Islam dan Budi Pekerti Vol. 5 No. 2 (2023): AUGUST
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam, IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini membahas peran krusial guru agama dalam membentuk sikap toleransi siswa di sekolah dasar. Dalam konteks SDN 41 Hulontalangi, keberagaman agama menjadi landasan utama untuk mendalami dampak pendekatan pengajaran guru agama terhadap pembentukan sikap toleransi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menggali strategi dan pendekatan efektif yang diterapkan oleh guru agama dalam menanamkan nilai-nilai toleransi. Metode penelitian melibatkan observasi kelas, wawancara dengan guru agama, dan analisis materi pembelajaran. Temuan menunjukkan bahwa peran guru agama di SDN 41 Hulontalangi tidak hanya sebagai penyampai ajaran agama, tetapi juga sebagai fasilitator dialog terbuka mengenai perbedaan agama. Integrasi nilai-nilai toleransi dalam kurikulum dan kegiatan ekstrakurikuler menjadi bagian integral dari pendekatan ini. Artikel ini memberikan kontribusi pada pemahaman tentang bagaimana lingkungan sekolah dapat memainkan peran penting dalam membentuk karakter siswa yang menghargai keberagaman agama. Temuan ini diharapkan dapat menjadi panduan untuk meningkatkan praktik pengajaran agama yang mendukung nilai-nilai toleransi di sekolah dasar dan lingkungan pendidikan serupa.
IMPLEMENTASI KOLABORASI SKILL GURU PAI DENGAN GURU TEMATIK DALAM PEMBERIAN TUGAS DI MI MUHAMMADIYAH UNGGULAN KOTA GORONTALO Biki, Felisnawati; Solong, Najamuddin Petta
Pekerti: Journal Pendidikan Islam dan Budi Pekerti Vol. 5 No. 2 (2023): AUGUST
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam, IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini membahas tentang implementasi kolaborasi kemampuan antar guru PAI dengan guru Tematik dalam pemberian tugas di MI Muhammadiyah Unggulan Kota Gorontalo. metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dekumentasi. Untuk menganalisis data, penulis mengunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan dan menginterprestasikan data-data yang ada untuk mengambarkan realitas sesuai dengan fenomena yang sebenarnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kolaborasi antar guru PAI dengan guru tematik dalam pemberian tugas di MI Muhammadiyah Unggulan Kota Gorontalo yakni menggunakan modul Pelajaran. Pada modul tersebut terdapat karakter siswa, dari karakter tersebut dapat dikolaborasikan dengan mata pelajaran lainya yang saling berhubungan dan untuk tugasnya diberikan dalam bentuk praktik. Selain Modul, kolaborasi antar mata pelajaran dalam pemberian tugas lebih memberikan kemudahan baik pada guru dan siswa. untuk guru lebih mengefesienkan waktu mengajar, Pada siswa, guru mudah memberikan pemahaman kepada siswa, karena dilakukan oleh dua guru sekaligus
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK FASE E DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KABUPATEN GORONTALO: Bahasa Indonesia Zubair, Siti Nur Ain
Pekerti: Journal Pendidikan Islam dan Budi Pekerti Vol. 5 No. 2 (2023): AUGUST
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam, IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Pelaksanaan Pembelajaran beridferensiasi Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Fase E di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kabupaten Gorontalo. Dengan tujuan penelitian sebagai berikut: 1) Untuk mendeskripsikan proses pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajatan akidah akhlak fase E. 2) Untuk mengetahui kesulitan yang dihadapi oleh guru dari pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi untuk proses belajar anak terlebih terlebih pada kesuksesan anak dalam memahami pelajaran. 3) Untuk mengetahui upaya dalam mengatasi kesulitan pada pelaksanaan pembelajaran bediferensiasi di Madrasah Aliyah Negeri 1 kabupaten Gorontalo.Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian antara lain: Hasil penelitian diperoleh bahwa pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi yaitu melakukan asesmen awal untuk melakukan pemetaan  terkait kebutuhan belajar peserta didik, merancang perangkat pembelajaran berdasarkan kebutuhan peserta didik, mengelompokan peserta didik berdasarkan kebutuhan belajarnya, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mendesain pemahaman mereka terkait materi dalam bentuk proyek

Page 1 of 1 | Total Record : 5