cover
Contact Name
Dwi Sulisworo
Contact Email
sulisworo@iistr.org
Phone
+6281328387777
Journal Mail Official
pbpsp@journal.iistr.org
Editorial Address
Jalan Sugeng Jeroni No.36 Gedongkiwo Mantrijeron Yogyakarta 55142 Indonesia
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah dan Pesantren
ISSN : 29625785     EISSN : 29621682     DOI : https://doi.org/10.56741/pbpsp
Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah dan Pesantren is a journal that disseminates the results of applying theories, and concepts in building knowledge, skills, and attitudes in schools and boarding schools. This application can be in various forms and perspectives such as school action research, classroom action research, experiments, literature studies, and creativity of teachers and students in various fields of science and technology in the school context.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 02 (2022): Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah dan Pesantren" : 5 Documents clear
WhatsApp dan Google Classroom untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Kelas XI Budi Hayati
Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah dan Pesantren Vol. 1 No. 02 (2022): Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah dan Pesantren
Publisher : The Indonesian Institute of Science and Technology Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (400.825 KB) | DOI: 10.56741/pbpsp.v1i02.84

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan penerapan pembelajaran online dengan mengkombinasikan aplikasi WhatsApp dan Google Classroom. Pembelajaran terkait dengan materi fisika pada topik Keseimbangan Benda Tegar. Penelitian ini diterapkan dengan pendekatan penelitian tindakan kelas dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran ini efektif yang diindikasi pada jumlah peserta didik yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal sebanyak 92%. Ada beberapa yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran, yaitu memastikan peserta didik untuk dapat aktif selama berinteraksi secara online.
Implementasi Kurikulum Kekhasan dalam Meningkatkan Karakter Kebangsaan Muhammad Hambal Shafwan; Abdul Waris Husni
Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah dan Pesantren Vol. 1 No. 02 (2022): Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah dan Pesantren
Publisher : The Indonesian Institute of Science and Technology Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (562.756 KB) | DOI: 10.56741/pbpsp.v1i02.85

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan kurikulum kekhasan. Aspek yang diamati terkait dengan faktor-faktor penghambat dan upaya penanganannya. Metode penelitian ini bersifat kualitatif dengan jenis deskriptif. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data di analisis secara interaktif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas taruna MA. Mambaul Ulum Bata-Bata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum kekhasan digunakan sebagai pedoman dan penjamin mutu yang sistematis dan terencana. Kurikulum ini digunakan untuk mengembangkan potensi peserta didik baik di bidang akademik, karakter dan kepribadian. Hambatan yang dialami adalah jumlah pembimbing tidak seimbang dengan jumlah siswa dan sarana latihan kurang  memadai. Upaya yang dilakukan adalah berkoordinasi dengan Ketua Ma’hadiyah. Selain itu, sekolah menunda kegiatan ke jam yang lain atau ke hari yang lain. Kegiatan dalam penerapan ini sangat tergantung pada kreativitas guru.
Penerapan Extending Concept through Language Activities dalam Pembelajaran Bahasa Veronica Endang Wahyuni
Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah dan Pesantren Vol. 1 No. 02 (2022): Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah dan Pesantren
Publisher : The Indonesian Institute of Science and Technology Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (339.737 KB) | DOI: 10.56741/pbpsp.v1i02.86

Abstract

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk mengetahui peningkatan kualitas proses pembelajaran keterampilan mengembangkan hikayat ke dalam bentuk cerpen. Strategi pembelajaran yang diterapkan adalah Extending Concept through Language Activities (ECOLA). Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPS SMA Negeri 6 Yogyakarta, Indonesia. Tindakan yang dilakukan sebanyak dua siklus yang mencakup perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pemantauan secara partisipatif peneliti dan kolaborator. Data diambil dengan observasi, wawancara tertulis, dan dokumentasi. Hasil kajian ini menjelaskan bahwa ada peningkatan kualitas proses pembelajaran terlihat pada keantusiasan siswa. Selain itu ada peningkatan nilai keterampilan mengembangkan teks hikayat dalam bentuk cerpen.
Pembinaan Agama Islam pada Mualaf di Pedalaman Dian Indriyani; Dwi Noviani
Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah dan Pesantren Vol. 1 No. 02 (2022): Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah dan Pesantren
Publisher : The Indonesian Institute of Science and Technology Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (455.077 KB) | DOI: 10.56741/pbpsp.v1i02.97

Abstract

Perkembangan populasi umat Islam di Indonesia, juga berpengaruh pada perkembangan mualaf di wilayah terpencil dan pedalaman serta minoritas Papua Barat. Penelitian ini betujuan untuk menganalisis strategi pembinaan dan bimbingan komunitas mualaf yang meliputi dai, pesan ajaran Islam, media dan perubahan sikap. Metode kualitatif digunakan dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data primer dilakukan dengan wawancara dan observasi. Temuan menunjukkan bahwa komunikasi dakwah dilakukan dengan tatap muka secara langsung dalam kelompok pengajian dan konsultasi syariat, ceramah keagamaan dan kelompok belajar baca alquran. Pesan ajaran berupa nilai-nilai dasar keagamaan, keutamaan Islam dan keindahan-keindahan Islam, salat dan mengaji. Media pembinaan adalah dengan cara tatap muka secara langsung. Dengan penerapan tersebut, terjadi perubahan sikap pada mualaf yang ditunjukkan dengan peningkatan pengetahuan komunitas tentang nilai-nilai tauhid, akhlak dan syariat yang baik.
Pondok Baca dengan Pemberdayaan Hasil Hutan untuk Peningkatan Minat Baca Anak Maria Fatima; Yuliana Hale; Maria Ermelinda Dua Lering
Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah dan Pesantren Vol. 1 No. 02 (2022): Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah dan Pesantren
Publisher : The Indonesian Institute of Science and Technology Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (994.42 KB) | DOI: 10.56741/pbpsp.v1i02.201

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pemberdayaan hasil hutan dalam pembangunan pondok baca untuk meningkatkan minat baca anak-anak di Wairterang, NTT. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Sumber data menggunakan data primer (wawancara, observasi) dan sekunder (dokumen, buku). Teknik analisis dilakukan dengan tahapan data dikumpulkan, dikelompokkan, disajikan, dan diambil kesimpulan. Faktor penyebab minat baca anak-anak yang rendah adalah kemalasan, bimbingan yang kurang, fasilitas yang terbatas, kesadaran masyarakat untuk memanfaatkan lingkungan yang rendah. Upaya meningkatkan minat baca anak-anak adalah dengan memberikan pelatihan pengelolaan rumah baca yang memanfaatkan hasil hutan dan sosialisasi pada masyarakat setempat.

Page 1 of 1 | Total Record : 5