cover
Contact Name
Dwi Sulisworo
Contact Email
sulisworo@iistr.org
Phone
+6281328387777
Journal Mail Official
jgi@journal.iistr.org
Editorial Address
Jalan Sugeng Jeroni No.36 Gedongkiwo Mantrijeron Yogyakarta 55142 Indonesia
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Genesis Indonesia
ISSN : 29625750     EISSN : 29621666     DOI : https://doi.org/10.56741/jgi
Jurnal Genesis Indonesia is a journal managed by The Indonesian Institute of Science and Technology Research. True to its name: Genesis, which means "beginning of formation", this journal is aimed at students, as well as young researchers and young professionals. This journal covers various scopes, from education, management, economics, engineering, technology, to health. Authors are encouraged to submit submissions, whether in English or Indonesian Language.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 01 (2022): Jurnal Genesis Indonesia" : 6 Documents clear
Experiment Science sebagai Pengganti Tontonan Televisi Yunita Sapta Rachmah; Putri Roja Syahfitri; Yulika Rahmawati; Monica Merry Febriyana; Indica Yona Okyranida
Jurnal Genesis Indonesia Vol. 1 No. 01 (2022): Jurnal Genesis Indonesia
Publisher : The Indonesian Institute of Science and Technology Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (522.611 KB) | DOI: 10.56741/jgi.v1i01.14

Abstract

Di Rumah Belajar Indonesia Kreatif ditemukan banyak anak-anak di sana yang tidak dapat merasakan bangku sekolah. Program ini bertujuan untuk mengurangi dampak anak-anak menonton acara televisi yang kurang baik. Dalam konsep experiment science experience di Rumah Belajar Indonesia Kreatif adalah dengan membuat video animasi dalam bentuk 2D yang telah di-upload di YouTube. Pada pembuatan video animasi menggunakan aplikasi Kinemaster, komputer dan hard disk. Pembuatan video animasi eksperimen untuk pelaksanaan pengabdian ini terdapat 10 judul yang telah diunggah ke YouTube, sehingga siswa dapat mengaksesnya secara daring di rumah masing-masing. Video animasi eksperimen dibuat dengan tampilan menarik dan disertai penjelasan ilmiah dan teoritis. Sehingga peserta didik mendapatkan penjelasan konsep. Dengan adanya video animasi eksperimen diperoleh dari data angket yang diberikan pada siswa sebelum pelaksaan pengabdian diperoleh 78% siswa suka menonton televisi dan 22% menyukai eksperimen sains. Setelah dilaksanakan pengabdian ini terjadi perubahan 85% anak menyukai eksperimen fisika dan 25% anak menyukai menonton televisi.
Faktor Internal, Sosial, dan Organisasi pada Tindakan Cyberloafing di Perguruan Tinggi Aprianti Setyo Rini; Ifta Firdausa Nuzula
Jurnal Genesis Indonesia Vol. 1 No. 01 (2022): Jurnal Genesis Indonesia
Publisher : The Indonesian Institute of Science and Technology Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (457.953 KB) | DOI: 10.56741/jgi.v1i01.15

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor internal, sosial dan organisasi terhadap tindakan cyberloafing. Data primer didapatkan dari kuesioner dengan 53 responden karyawan non dosen di Perguruan Tinggi XXX. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data digunakan mencakup analisis berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi. Hasil analisis menunjukkan bawha faktor internal secara parsial berpengaruh negatif pada cyberloafing. Faktor sosial secara parsial berpengaruh positif terhadap cyberloafing. Sedangkan faktor organisasi berpengaruh positif terhadap cyberloafing. Secara bersama-sama ketiga faktor ini berpengaruh terhadap cyberloafing.
Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Bisnis Pariwisata: Upaya Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Komunitas Ima Frafika Sari
Jurnal Genesis Indonesia Vol. 1 No. 01 (2022): Jurnal Genesis Indonesia
Publisher : The Indonesian Institute of Science and Technology Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (454.367 KB) | DOI: 10.56741/jgi.v1i01.16

Abstract

The Community Dedication activity is an activity to help other communities in certain situations without expecting anything in return. This dedication activity is carried out using a participatory action research (PAR) approach in the tourism sector in Goa Gong Pacitan. This activity uses 3 stages in its implementation namely preparation, implementation of activities, and evaluation of activities. The target of this activity is the people around Goa Gong Pacitan who work as tour guides and who have other livelihoods. The aims of this activity is to improve the ability of English speaking for the people around Goa Gong Pacitan, and to provide the motivation and awareness to the people around tourist attractions in learning English. This article is a kind of qualitative describing and explaining descriptively. The result of this activity is the training participants can learn English well, they can understand teaching techniques both in terms of context and vocabulary of English, there is a sense of confidence in communicating using English, the availability of training places, and the availability of a place for coordination/deliberation.
Pemanfaatan Kecerdasan Buatan pada Media Pembelajaran Berbantuan Google Assistant: Penelitian Tindakan Kelas pada Materi Hukum Newton Arip Nurahman; Pandu Pribadi
Jurnal Genesis Indonesia Vol. 1 No. 01 (2022): Jurnal Genesis Indonesia
Publisher : The Indonesian Institute of Science and Technology Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (538.642 KB) | DOI: 10.56741/jgi.v1i01.17

Abstract

Telah dilakukan proses kegiatan belajar mengajar (KBM) fisika saat masa pandemi Covid-19 pada pokok bahasan Hukum Newton berbantuan Aplikasi Kecerdasan Buatan Google Assistant di SMKN 1 Rajadesa Ciamis Jawa Barat pada program keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif kelas X, sebanyak 35 siswa mencoba menggunakan perangkat lunak kecerdasan buatan Google Assistant pada smartphone mereka, sebanyak 30 siswa menyatakan senang dan tertarik terhadap proses belajar mengajar fisika pada pokok bahasan Hukum Newton dan 5 siswa lainnya masih tergolong sukar menggunakan media pembelajaran berbasis kecerdasan buatan Google Assistant. Penulis percaya jika siswa terus diarahkan untuk belajar secara teratur menggunakan media pembelajaran terkini akan memotivasi dan meningkatkan minat belajar mereka terhadap mata pelajaran fisika.
Pop-Up Book untuk Mendorong Minat Belajar Peserta Didik Kelas V Iriani Astuti; Endra Putra Raharja; Asrul
Jurnal Genesis Indonesia Vol. 1 No. 01 (2022): Jurnal Genesis Indonesia
Publisher : The Indonesian Institute of Science and Technology Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (717.462 KB) | DOI: 10.56741/jgi.v1i01.18

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan pengaruh media pembelajaran pop-up book terhadap minat belajar peserta didik kelas V di SD Muhammadiyah Majaran. Pada penelitian ini, penelitian yang digunakan adalah penelitian Kuantitatif dengan jenis penelitian Eksperimen, dengan desain Pre-Exsperimental Design yaitu penelitian yang hanya menggunakan satu kelompok eksperimen dan tidak memiliki kelompok kontrol. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik SD Muhammadiyah Majaran Kabupaten Sorong yang berjumlah 56 peserta didik dengan sampel kelas V yang berjumlah 12 peserta didik. Penelitian ini menggunakan teknik non tes dengan istrumen yang digunakan yaitu angket pernyataan minat belajar, lembar observasi guru, lembar observasi peserta didik, RPP, media pembelajaran Pop-Up Book dan dokumentasi. Dari analisis data diperoleh uji normalitas Shapiro Wilk yaitu 0,145 untuk pre-test dan 0,162 untuk post-test. Hasil uji N-Gain menunjukkan bahwa bahwa persentase nilai mean statistik adalah 60,4323 dan nilai tersebut berada dalam kategori cukup efektif (rentang nilai 56-75). Hasil data uji One Sampel t-Test menunjukkan bahwa nilai T yaitu 5,217 dengan df yaitu 11 yang berarti terdapat pengaruh positif media pembelajaran Pop-Up Book terhadap minat belajar peserta didik pada materi perubahan wujud benda.
Studi Banding Implementasi Metode Hidden Markov Model dalam Pengenalan Tulisan Tangan Muhammad Miftahul Amri
Jurnal Genesis Indonesia Vol. 1 No. 01 (2022): Jurnal Genesis Indonesia
Publisher : The Indonesian Institute of Science and Technology Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (810.213 KB) | DOI: 10.56741/jgi.v1i01.26

Abstract

Hidden Markov Model (HMM) adalah model distribusi yang menghasilkan observasi yang bergantung pada keadaan pokok dan tidak dapat diamati (tersembunyi) pada Proses Markov. Metode pemodelan ini dapat diterapkan pada berbagai aplikasi secara fleksibel untuk data time series univariat dan multivariat, terutama untuk series dengan nilai diskrit, termasuk series pengelompokan dan series perhitungan. [1] HMM dapat digunakan untuk memprediksi kemungkinan demonstrasi massa, mengenali ekspresi wajah seseorang, seismokardiograf, dsb. Penggunaan metode HMM untuk pengenalan tulisan tangan telah sering dilakukan. Namun dari berbagai penelitian yang telah dilakukan, terdapat perbedaan metode ekstraksi fitur maupun metode pelatihan. Paper ini bertujuan untuk mengetahui metode dan parameter dari HMM yang menghasilkan performa terbaik dalam pengenalan tulisan tangan. Berdasarkan hasil perbandingan penelitian yang telah dilakukan sebelumnya [7, 8, 9, 10, 11, 12], didapatkan kombinasi metode yang paling optimal adalah ekstraksi 24 fitur meliputi kerapatan piksel hitam, posisi vertikal & horizontal piksel hitam, serta arah (kecekungan) piksel dengan batas ambang adaptif. Kemudian nilai tersebut diolah dengan menggunakan kombinasi planar HMM (hybrid) dan advanced HMM yang bersifat adaptif. Semakin banyak jumlah state dan sampel data, maka akurasi pengenalan akan semakin baik. Namun, waktu komputasi juga akan semakin lama. Maka, jumlah state dan sampel yang paling optimal perlu ditentukan melalui simulasi dan eksperimen.

Page 1 of 1 | Total Record : 6