cover
Contact Name
-
Contact Email
muhammadzakaria00@gmail.com
Phone
+6237622566
Journal Mail Official
muhammadzakaria00@gmail.com
Editorial Address
https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/jppm/EditorialTeam
Location
Kab. lombok timur,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat
ISSN : -     EISSN : 2962617X     DOI : https://doi.org/10.37216/almadani.v1i1
Focus Al-Madani: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat. Scope Jurnal Al-Madani ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi civitas akademika dan praktisi untuk mempublikasikan artikel pengabdian asli. Ruang lingkup artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini membahas berbagai topic, diantanya sebagai berikut: Bidang Keagamaan, Bidang Ekonomi Bidang Pariwisata, Bidang Pertanian dan Peternakan Bidang Semua Pendidikan termasuk Lembaga Pendidikan Islam. Manajemen dan peningkatan Prfesionalisme pendidik Bidang social dan Budaya, Bidang Pengembangan sumberdaya manusia, Bidang Pengembangan Teknologi tepat guna dan termasuk terknoligi baru terbarukan Bidang Kewirausahaan. Pesantren dan perubahan sosial
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2022): JUNI: Al-Madani (Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat)" : 5 Documents clear
Pendampingan Dalam Upaya Pemberdayaan Dan Pemanfaatan Potensi Masyarakat Di Desa Mekar Sari Kec. Narmada Kab. Lombok Barat - NTB Rizal, Samsul
Al-Madani: Jurnal Pengabdian Pada MAsyarakat Vol 1 No 1 (2022): JUNI: Al-Madani (Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat)
Publisher : Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Pancor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1073.418 KB) | DOI: 10.37216/al-madani.v1i1.639

Abstract

Pengabdian ini dilaksanakan di Desa Mekar Sari Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat. Pengabdian ini mengambil judul Pendampingan dalam Upaya Pemberdayaan dan Potensi Masyarakat di Desa Mekar Sari Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat melalui berbagai kegiatan yang bersifat penyuluhan dan pelatihan. Hasil Observasi dari potensi dan keadaan desa menunjukkan bahwa mayoritas masyarakat Desa Mekar Sari berprofesi sebagai buruh, terutama buruh di pasar, tukang kebun, petani padi, pembuat batu bata dan lain sebagainya. Masyarakat masih mengandalkan hasil pertanian sebagai penghasilan utama warga. Meskipun demikian, kemampuan dan pengetahuan masyarakat dalam mengolah hasil pertanian masih minim. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa mayoritas masyarakat petani di desa ini sudah maju pola pikirnya dalam bidang pertanian, dan juga profesi lainnya namun pada kenyataannya, masyarakat pada umumnya masih menggunakan pola menanam secara konvensional di setiap musimnya. Ini terlihat pada cara mereka mengolah tanahnya serta memaksimalkan hasil pertaniannya yang belum maksimal. Dalam aspek lain semisal pengetahuan mereka tentang kerajinan, teknologi, rasa kebersamaan dalam gotong royong masih memerlukan penyuluhan dan pelatihan secara lebih intensif. Ketiga masalah tadi terlihat ketika tim pengabdian melakukan pengamatan dimana masyarakat masih minim pengetahuan tentang cara memaksimalkan potensi yang ada pada diri mereka. Untuk itulah tim pengabdian dalam kesempatan ini memberikan berbagai kegiatan pendampingan yang berupa kegiatan penyuluhan tentang pertanian serta kegiatan pelatihan yang berkaitan dengan beberapa macam kerajinan. Beberapa kendala yang menghambat digalakkannya penyuluhan serta pelatihan tentang hal tadi adalah terutama kesadaran dan mendapat waktu luang dari masyarakat untuk rela mengikuti proses pelatihan dan penyuluhan yang diadakan oleh tim PAR, lebih-lebih pada waktu pelaksanaan pengabdian tersebut masyarakat Desa Mekar Sari masih sibuk dengan aktifitas keseharian mereka baik yang berprofesi sebagai petani, pedagang, buruh dan lain sebagainya. Faktor pendukung yaitu masyarakat di desa ini sangat terbuka dan mempunyai keinginan yang kuat untuk belajar. Masyarakat di desa ini berharap IAI Hamzanwadi NW Pancor sebagai salah satu perguruan tinggi ternama di Lombok Timur agar selalu menjadi mitra masyarakat dan dapat membantu memecahkan kendala-kendala yang ada.    
Aktualisasi Prinsip Pemberdayaan Islam Tenaga Pendamping Profesional Indonesia (TPPI) Pada Program Pembangunan Dan Pemberdayaan Masyarakat DesA (P3MD) Suprawan, Lalu; Sabirin
Al-Madani: Jurnal Pengabdian Pada MAsyarakat Vol 1 No 1 (2022): JUNI: Al-Madani (Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat)
Publisher : Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Pancor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (429.668 KB) | DOI: 10.37216/al-madani.v1i1.729

Abstract

A man behind the gun, it seems that this quote deserves to be attached to the village assistant (TPPI) where with their different efforts in mentoring they are able to assist the village towards religious empowerment through the principles of empowerment contained in the Al-Quran and Hadith. In this paper it will be shown what and how the village assistants behave in applying the empowerment principle in terms of ukhuwah, ta'awun, and equality.
Program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pesisir (PEMP) Oleh Dinas Kelautan Dan Perikanan Provinsi NTB Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada Kelompok Pembudidaya Ikan Di Sekotong) Hasbullah
Al-Madani: Jurnal Pengabdian Pada MAsyarakat Vol 1 No 1 (2022): JUNI: Al-Madani (Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat)
Publisher : Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Pancor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (331.764 KB) | DOI: 10.37216/al-madani.v1i1.730

Abstract

Masyarakat pesisir membutuhkan intervensi Pemerintah melalui program pembangunan sesuai dengan kondisi yang ada. Namun demikian pada umumnya program pembangunan yang diberikan Pemerintah kepada masyarakat tidak sesuai dengan kondisi yang ada. Selain model program yang bersifat cuma-cuma (bantuan murni), pelaksanaannya tidak dibarengi dengan pendampingan, sehingga menimbulkan persepsi yang berbeda-beda di masyarakat. Hal ini sudah disadari Pemerintah sehingga perlu dirumuskan sebuah program yang bersifat pemberdayaan masyarakat. Pemberdayaan masyarakat sebagai suatu proses pembangunan masyarakat bertujuan untuk memulai kegiatan sosial serta memperbaiki situasi dan kondisi diri sendiri. Pengabdian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Penggalian data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Proses Pengabdian intensif berlangsung selama hampir 3 bulan dengan melibatkan masyarakat Desa Sekotong Barat yang menerima bantuan program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pesisir dan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB sebagai Pelaksana Bantuan. Tujuan dari program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pesisir adalah meningkatkan partisipasi masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan pengembangan kegiatan ekonomi masyarakat, memperkuat kelembagaan ekonomi masyarakat dalam mendukung pembangunan Daerah, mengembangkan keragaman kegiatan usaha, dan memperluas kesempatan kerja sehingga pendapatan masyarakat meningkat. Nilai-nilai Islam yang termuat dalam sistem pelaksanaan program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pesisir bagi masyarakat Desa Sekotong Barat dalam memberikan pembelajaran bagi kedua belah pihak yakni mengajarkan tentang nilai kebaikan, baik dalam niat maupun perbuatan, harus senantiasa bersifat Adil, Jujur, dan Amanah.
Pelatihan Dan Pendampingan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Bagi Ustadz Dan Ustadzah Madrasah Diniyah Miftahul Khoirot Gondang Nganjuk Suhartono; Indramawan, Anik; Idawati
Al-Madani: Jurnal Pengabdian Pada MAsyarakat Vol 1 No 1 (2022): JUNI: Al-Madani (Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat)
Publisher : Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Pancor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (265.364 KB) | DOI: 10.37216/al-madani.v1i1.732

Abstract

Tugas guru (ustadz/ ustadzah) pada satuan pendidikan formal dan non formal adalah melaksanakan pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran dapat efektif dan terprogram, guru (ustadz/ ustadzah) harus menyiapkan perencanaan pembelajaran dengan matang. Salah satu perencanaan pembelajaran yang disiapkan oleh guru (ustadz/ ustadzah) minimal berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Kurangnya pemahaman tentang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bagi guru (ustadz/ ustadzah), sehingga guru (ustadz/ ustadzah) di Madrasah Diniyah Miftahul Khoirot Gondang Nganjuk tidak pernah membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Sebagai solusi diadakan pelatihan dan pendampingan dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi, pemahaman, dan kemampuan guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa 100% motivasi ustadz dan ustadzah sangat baik mengikuti kegiatan pelatihan dan pendampingan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), 77,78% ustadz dan ustadzah memahami materi pelatihan dan pendampingan, dan 66,67 % ustadz dan ustadzah dapat menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menunjukkan hasil yang baik dan membantu ustadz dan ustadzah dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebagai pedoman dan rambu-rambu melaksanakan pembelajaran yang terprogram dan efektif.
Revolusi Mental Masyarakat Pedesaan Melalui Pendampingan Dan Pelatihan Life Skill Suhaemi; Zakaria, Muh
Al-Madani: Jurnal Pengabdian Pada MAsyarakat Vol 1 No 1 (2022): JUNI: Al-Madani (Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat)
Publisher : Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Pancor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1000.559 KB) | DOI: 10.37216/al-madani.v1i1.737

Abstract

Potensi masyarakat yang ada dilombok pada umumnya tergolong tinggi namun belum banyak tersentuh dan terbedayakan oleh para akademisi dan para ahli dibidang masing-masing. Adapun metode yang digunakan dalam pengabdian ini menggunakan Partisipatory Action Research (PAR), beberapa kegiatan pendampingan dan pelatihan yang dilaksanakan adalah pendampingan TPQ, pelatihan pengolahan sampah dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan lingkungan. Selanjutnya memberikan pelatihan pengajaran ana-anak usia dini dalam hal baca tulis Alquran ini masuk pada pelatihan keagamaan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5