cover
Contact Name
Annisa Junaid
Contact Email
annisa.junaid@umi.ac.id
Phone
+6282194098257
Journal Mail Official
jtsm@umi.ac.id
Editorial Address
Jln. Urip Sumoharjo KM. 05 Makassar
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Teknik Sipil Macca
ISSN : 25410148     EISSN : 27209199     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Jurnal Teknik Sipil MACCA merupakan media publikasi tulisan ilmiah yang dibentuk oleh tim redaksi sebagai pengelola jurnal Program Studi Teknik Sipil Universitas Muslim Indonesia dalam  rangka mewadahi hasil pemikiran dan penelitian serta inovasi insan ketekniksipilan guna memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya di bidang Teknik Sipil yang meliputi Teknik Struktur, Geoteknik, Teknik Transportasi, Teknik Keairan, dan Manajemen Konstruksi.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 8 No 2 (2023): Jurnal Teknik Sipil MACCA Juni 2023" : 10 Documents clear
Analisis Tingkat Pelayanan pada Ruas Jalan Dr. Ratulangi Kota Palopo Andi Alifuddin; St Maryam Hafran; Rani Bastari Alkam; Dwi Suci Ramadhani; Fitrahalia Bontong
Jurnal Teknik Sipil MACCA Vol 8 No 2 (2023): Jurnal Teknik Sipil MACCA Juni 2023
Publisher : Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tingkat kepemilikan suatu kendaraan yang semakin tinggi merupakan suatu masalah yang memicu timbulnya arus lalu lintas yang meningkat pada ruas jalan, serta tingkat kesadaran masyarakat yang rendah dalam mematuhi aturan lalu lintas yang dampaknya menimbulkan konflik lalu lintas, tetapi masih dikategorikan aman. Jalan Dr. Ratulangi merupakan jalan utama yang berada di Kota Palopo. Dimana pada kondisi tersebut banyak kendaraan yang melintas sehingga pada jam-jam tertentu dapat timbul berbagai konflik lalu lintas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik lalu lintas dan analisis tingkat pelayana pada ruas jalan Dr. Ratulangi Kota Palopo. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan menunjukkan volume lalu lintas tertinggi pada titik 1 terjadi pada hari rabu arah utara 803 smp/jam dan arah selatan 881 smp/jam, untuk lokasi titik 2 volume tertinggi pada arah dengan jumlah 1121 smp/jam dan arah selatan 1125 smp/jam. Tingkat pelayanan yang didapatkan pada titik 1 untuk arah utara yaitu B dan untuk arah selatan C, sedangkan tingkat pelayanan titik 2 diperoleh C untuk arah utara dan pada arah selatan C.
Pengaruh Bahan Tambah Polimer Ethylene Vinyl Asetate (EVA) pada Campuran Aspal Beton AC-WC Terhadap Pengujian Indirect Tensile Strength (ITS) dan Durabilitas Salim; Sudarman Supardi; Andi Alifuddin; Armadianti Ananda Alawiah; Muhammad Syakir
Jurnal Teknik Sipil MACCA Vol 8 No 2 (2023): Jurnal Teknik Sipil MACCA Juni 2023
Publisher : Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tegangan tarik aspal beton terhadap bahan tambah Polimer EVA dan untuk mengetahui pengaruh Polimer EVA terhadap durabilitas campuran Asphalt concrete - Wearing Course (AC-WC). Metode Penelitian yang digunakan ialah metode eksperimen terhadap penggunaan bitumen modifikasi polimer EVA sebagai bahan tambah pada campuran untuk lapisan Aspal Beton AC-WC.Hasil analisis variasi bahan tambah pencampuran dengan penambahan EVA, hasil pengujian Indirect Tensile Strength (ITS) nilai tinggi untuk tegangan tarik berada di 4% dengan nilai 44645,93 Kpa dan untuk regangan berada di 4% dengan nilai 0,01058 Kpa untuk nilai regangan yang baik. Dan dari analisi pengaruh penambahan bahan tambah EVA, hasil pengujian Durabilitas pada campuran aspal beton dengan kadar bahan tambah optimum EVA 4% setelah mengalami serangkaian periode perendaman pada durasi 24 jam, 48 jam, 96 jam dan 144 jam memenuhi spesifikasi Bina Marga 2018 minimum 75%. Sedangkan dilihat dari penggunaan tanpa variasi bahan tambah EVA yaitu normal mengalami penurunan mutu pada 48 jam dimana tidak memenuhi spesifikasi Bina Marga 2018 yaitu 75%. Tetapi penambahan kadar bahan tambah optimum bahan tambah EVA 4% dapat meningkatkan nilai durabilitas berdasarkan parameter Indeks Kekuatan Sisa.
Analisis Perbandingan Struktur Flat Slab Drop Panel dan Pelat dengan Balok Gedung 5 Lantai Menggunakan Aplikasi ETABS Abd Karim Hadi; Toni Utina; Zaifuddin; Ilham Manipi; Lukman
Jurnal Teknik Sipil MACCA Vol 8 No 2 (2023): Jurnal Teknik Sipil MACCA Juni 2023
Publisher : Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembangunan struktur gedung bertingkat menggunakan sistem pelat dengan drop panel berdampak pada peningkatan kebutuhan material konstruksi. Salah satu material konstruksi yang paling banyak dibutuhkan adalah tulangan. Penggunaan material tulangan pada bangunan tinggi salah satunya ada di elemen struktur pelat lantai. Ada dua teknik dalam sistem konstruksi pelat yaitu pelat dengan drop panel dan pelat dengan balok. Pelat dengan drop panel memiliki kelebihan dalam mengurangi ketinggian struktur, adapun kekurangannya adalah flat slab membutuhkan pelat yang lebih tebal dari pelat dengan balok, untuk mengatasi lendutan dan punching shear. Dalam penelitian ini, suatu struktur beton bertulang Gedung 5 lantai akan diketahui sistem struktur terhadap pengaruh beban gempa dan volume penggunaan material tulangannya dengan 2 pembanding, yaitu pelat dengan drop panel dan pelat dengan balok. Dalam perhitungan digunakan peraturan SNI 2847-2019, SNI 1726-2019 dan SNI 1727-2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh base shear, displacement dan periode yang ditimbulkan akibat gaya gempa pada sistem struktur pelat dengan balok lebih kecil dari sistem struktur pelat dengan drop panel dan perbandingan volume pembesian pada flat slab drop panel sebesar 1461522.11 kg sedangkan tipe pelat dengan balok sebesar 102431.845 kg dapat dikatakan bahwa pekerjaan pembesian pelat dengaan balok lebih ekonomis daripada sistem pelat dengan drop panel.
Penerapan Manajemen Lalu Lintas untuk Menanggulangi Kemacetan Lalu Lintas (Simpang Bersinyal Jln. Monginsidi – Jln. Bulu Kunyi) Lambang Basri Said; Ilham Syafei; Rani Bastari Alkam; Febriansya; Andiiii Amri
Jurnal Teknik Sipil MACCA Vol 8 No 2 (2023): Jurnal Teknik Sipil MACCA Juni 2023
Publisher : Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Manajemen lalu lintas penting untuk mengoptimalkan kinerja pada simpang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja simpangan bersinyal dan menerapkan manajemen lalu lintas untuk menanggulangi kemacetan simpang bersinyal Jalan Monginsidi - Jalan Bulu Kunyi menggunakan pendekatan MKJI serta meninjau kesesuaian antara pengaturan waktu sinyal eksisting dengan hasil analisis. Survei lalu lintas dilaksanakan selama tiga hari pada pada Hari Rabu, Jumat, dan Minggu dari Pukul 07.00-18.00. Data dianalisis menggunakan prosedur analisis MKJI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Berdasarkan permasalahan yang didapatkan pada lokasi survei, maka solusi permasalahan lalu lintas yang dapat diambil adalah pelarangan gerakan belok kiri untuk pendekat utara, selatan, timur, dan barat. Kapasitas yang terjadi pada simpang empat bersinyal Jln. monginsidi - Jln. bulu kunyi adalah buruk karena nilai arus jenuh, drajat kejenuhan, antrian, dan tundaanya memperoleh nilai variabel yang sedikit berbeda meskipun digunakan data arus yang sama.
Analisis Distribusi Kecepatan Aliran pada Saluran Sekunder Ratna Musa; Ali Mallombasi; Muhammad Haris; Andi Muh Nizar Zulmhi; Muh Adhi Rajha Ahmad Firdaus
Jurnal Teknik Sipil MACCA Vol 8 No 2 (2023): Jurnal Teknik Sipil MACCA Juni 2023
Publisher : Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui tentang pengaruh kedalaman terhadap distribusi kecepatan pada suatu aliran saluran. Adapun kecepatan suatu saluran sejatinya dipengaruhi akan adanya kekasaran, dimensi ukuran serta vegetasi dari saluran tersebut namun pada kasus kali ini, Kecepatan suatu saluran sendiri ditinjau untuk mengetahui perbedaannya pada kedalaman suatu saluran yang berbeda- beda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode secara tidak langsung (undirect methode) dengan menggunakan alat current meter yang difungsikan untuk mendapat bacaan variabel nilai meliputi Lebar Saluran, Kecepatan Saluran, Kedalaman Saluran dan Luasan saluran tersebut. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi yang ditujukan untuk mengetahui pola relasi atau hubungan antara variabel terikat dengan variabel bebasnya dengan tingkat yang minim kesalahan pada distribusi kecepatan terhadap kedalaman suatu saluran. Kesimpulan yang dapat diambil di penelitian ini berdasarkan rumusan permasalahan, ialah pengaruh kedalaman terhadap distribusi kecepatan suatu saluran memiliki hubungan yang saling bertolak belakang dimana semakin tinggi kedalaman suatu saluran maka bacaan kecepatan dari saluran tersebut semakin rendah, yang dari keseluruhannya dapat dilihat pada tabel perhitungan yang terdapat pada hasil pembahasan dari penelitian yang ditinjau.
Analisis Dampak Hambatan Samping Terhadap Kinerja Ruas Jalan Nasional Perkotaan Mukhtar Thahir Syarkawi; St Maryam Hafran; Rani Bastari Alkam; Habibi Setiawan HK; Fita Safitri Kerubun
Jurnal Teknik Sipil MACCA Vol 8 No 2 (2023): Jurnal Teknik Sipil MACCA Juni 2023
Publisher : Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Ruas Jalan Sulawesi Kota Makassar arus lalu lintasnya menggunakan sistem satu arah, di ruas jalan ini volume lalu lintas kendaraan cukup padat ditambah aktivitas hambatan samping yang tinggi karena menjadi kawasan bisnis perdagangan seperti perkantoran, perbankan, pertokoan, restaurant, dan pusat perbelanjaan yang menjadi tempat terjadinya transaksi penjual dengan pembeli serta terdapat tempat peribadatan. Oleh karena itu dilakukan penelitian tentang dampak hambatan samping terhadap kinerja ruas jalan Sulawesi kota Makassar menggunakan metode dari MKJI 1997. Dengan kesimpulan Hambatan samping pada ruas Jalan Sulawesi Kota Makassar pada kondisi eksisting didapatkan tertinggi terjadi pada hari Selasa di titik 2 (Depan Duta Bearing) dengan frekuensi berbobot hambatan samping sebesar 502 Kej/Jam atau 3,42% dari jumlah total frekuensi berbobot kejadian hambatan samping di titik 2 (Depan Duta Bearing) sebanyak 14679 Kej/Jam, termasuk kelas hambatan samping tinggi (H) dengan kondisi daerah niaga dengan aktifitas sisi jalan yang sangat tinggi. Hal ini terbukti bahwa hambatan samping berdampak singnifikan terhadapa kinerja ruas Jalan Sulawesi Kota Makassar karena mengakibatkan berkurangnya kecepatan dan kapasitas serta menurunkan kualitas tingkat pelayanan jalan.
Tinjauan Waktu Pelaksanaan Proyek Menggunakan Microsoft Project 2021 pada Pembangunan Pesantren Entrepeneurship Kabupaten Lebak Provinsi Banten Sudarman Supardi; Watono; Alridzwan Ahmadsyah
Jurnal Teknik Sipil MACCA Vol 8 No 2 (2023): Jurnal Teknik Sipil MACCA Juni 2023
Publisher : Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tantangan utama sebuah proyek adalah mencapai sasaran-sasaran dan tujuan proyek dengan menyadari adanya batasan-batasan yang pada umumnya adalah ruang lingkup pekerjaan, waktu pekerjaan dan anggaran pekerjaan. Dalam hal ini maka penjadwalan sangat perlu diperhatikan agar mendapatkan jadwal yang logis dan maksimal. Pembangunan Gedung Kantin Pesantren Entrepeneurship Kabupaten Lebak, Banten memiliki masa pelaksanaan selama 169 hari. Pembangunan Gedung ini dijadikan objek penelitian sebab adanya keterlambatan waktu pelaksanaan, yang salah satu penyebabnya adalah jauhnya akses menuju lokasi proyek yang berjarak 23 kilometer dari jalan poros Pandeglang-Rangkasbitung yang sering menyebabkan keterlambatan material yang masuk ke proyek tersebut. Maka dilakukan tinjauan waktu pelaksanaan menggunakan aplikasi Microsoft Project 2021 dengan metode Pressedence Diagram Method (PDM) agar mendapatkan pengelolaan waktu pelaksanaan yang lebih baik, sehingga membuat jaringan pekerjaan lebih mudah dengan melakukan hubungan antara tiap- tiap pekerjaan yang saling tumpang tindih. Berdasarkan hasil yang didapat setelah melakukan tinjauan menggunakan PDM pada Microsoft Project 2021 didapatkan perbandingan hari dari perencanaan awal proyek yaitu selama 169 hari menjadi 147 hari setelah dilakukan tinjauan menggunakan Microsoft Project 2021 yang menunjukan perrcepatan durasi selama 22 hari Kata Kunci: Penjadwalan, Pressedence Diagram Method (PDM), Microsoft project 2021
Pemanfaatan Penggunaan Batu Zeolit sebagai Agregat Kasar Terhadap Sifat Mekanik Beton Hanafi Ashad; Arifuddin Karim; Muhammad Syarif BP; Muhammad Yusril Tawainella; Hasrianto
Jurnal Teknik Sipil MACCA Vol 8 No 2 (2023): Jurnal Teknik Sipil MACCA Juni 2023
Publisher : Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam pencampuran beton normal terdapat bahan pembentuk beton antara lain agregat kasar, agregat halus, semen dan air. Agregat merupakan komponen utama yang mempunyai peran penting dalam mendukung kekuatan dan ketahanan terhadap beton karena menempati 60-70 persen dari total volume beton. Pengujian kali ini memakai batu zeolit sebagai agregat kasar yang bertujuan untuk memanfaatkan batu zeolit terhadap sifat mekanik beton. Penelitian kali ini dilakukan pengujian dari pemeriksaan material kemudian dilakukan pengujian kuat tekan beton, kuat tarik belah dan kuat lentur beton pada umur 7 hari, 14 hari dan 28 hari dengan mutu rencana (f’c) = 25 Mpa. Dari pengujian batu zeolit sebagai agregat kasar diperoleh kuat tekan rata-rata pada umur 7 hari sebesar 12,46 Mpa, 14 hari sebesar 17,35 Mpa serta 28 hari sebesar 23,40 Mpa. Batu zeolit terhadap kuat tarik belah diperoleh nilai rata-rata berdasarkan umur adalah 1,51 Mpa untuk umur 7 hari, 1,86 untuk umur 14 hari dan 2,24 Mpa untuk umur 28 hari. Batu zeolit terhadap pengujian kuat lentur beton diperoleh nilai rata-rata berdasarkan umur yaitu 3,51 Mpa untuk umur 7 hari, 3,84 Mpa untuk umur 14 hari dan 4,17 Mpa untuk umur 28 hari.
Analisis Pengaruh Aktivitas Kegiatan Masyarakat terhadap Kinerja Jalan Nasional Poros – Enrekang Lambang Basri Said; Ilham Syafei; Suriati Abd Muin; Muhammad Zulfikri Bashir; Abdi Ramti Nagara
Jurnal Teknik Sipil MACCA Vol 8 No 2 (2023): Jurnal Teknik Sipil MACCA Juni 2023
Publisher : Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masalah Transportasi merupakan masalah utama pada lalu lintas jalan termasuk juga di daerah Enrekang tepatnya yang terjadi di Jalan Nasional Poros-Enrekang karena adanya aktivitas kegiatan masyarakat di antaranya aktivitas pasar dan perdagangan yang menimbulkan hambatan samping sehingga mempengaruhi kinerja arus lalu lintas di Jalan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik arus lalu lintas dan kinerja lalu lintas akibat aktivitas pada hari biasa dan hari pasar. Metode pengumpulan data didapat dari hasil survei lapangan dengan melakukan pengamatan langsung pada geometric jalan, volume lalu lintas, waktu tempuh serta hambatan samping kemudian di data. Hasil survei dan analisis yaitu hambatan samping tertinggi pada hari Rabu dari arah barat 599/jam.Volume lalu lintas yang didapatkan pada jam puncak yaitu pada hari Rabu pukul 09.45 – 10.45 arah timur sebesar 1188 smp/jam dengan kecepatan rata-rata mencapai 13 km/jam,kapasitas sebesar 2449,4 smp/jam dan derajat kejenuhan 0,49 dengan Tingkat Pelayanan C.
Model Hidrograf Satuan Sintetis di Daerah Aliran Sungai Baliase Kabupaten Luwu Andi Adillah Firstania Azis; Siti Astycha Ananda Sofyan
Jurnal Teknik Sipil MACCA Vol 8 No 2 (2023): Jurnal Teknik Sipil MACCA Juni 2023
Publisher : Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Metode hidrograf satuan sintetik yang saat ini umum digunakan di Daerah Aliran Sungai Baliase antara lain adalah metode Nakayasu, Gama I. Berdasarkan cara-cara untuk mendapatkan hidrograf satuan pengamatan, diperlukan serangkaian data antara lain data tinggi muka air (rekaman AWLR), data pengukuran debit, data hujan harian dan data hujan jam-jaman. tujuan penelitian yaitu untuk menganalisis debit banjir rancangan periode ulang 2,5,10,25,50 dan 100 tahun berdasarkan persamaan Metode Hidrograf Satuan Sintetik Nakayasu pada Daerah Aliran Sungai Baliase. Metode HSS Gama 1 dan Nakayasu pada DAS Baliase dengan kala ulang 2 tahun sebesar 9,71 m3/dtk dan 100,20 m3/dtk, kala ulang 5 tahun 119,94 m3/dtk dan 123,87 m3/dtk, kala ulang 10 tahun sebesar 134.99 m3/dtk dan 139.44 m3/dtk, kala ulang 25 tahun sebesar 154,00 m3/dtk dan 159.10 ,kala ulang 50 tahun sebesar sebesar 168,11 m3/dtk dan 173,68 m3/dtk,dan kala 100 tahun 182,11 m3/dtk dan 188,16 m3/dtk. Dengan waktu puncak mengalami 3,5 jam dalam waktu dasar 26 jam.

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol. 10 No. 3 (2025): Jurnal Teknik Sipil MACCA (OKTOBER 2025) Vol. 10 No. 2 (2025): Jurnal Teknik Sipil MACCA (JUNI 2025) Vol. 10 No. 1 (2025): Jurnal Teknik Sipil MACCA (FEBRUARI 2025) Vol. 9 No. 3 (2024): Jurnal Teknik Sipil MACCA Vol. 9 No. 2 (2024): Jurnal Teknik Sipil MACCA Vol. 9 No. 1 (2024): Jurnal Teknik Sipil MACCA Vol 8 No 3 (2023): Jurnal Teknik Sipil MACCA Oktober 2023 Vol 8 No 2 (2023): Jurnal Teknik Sipil MACCA Juni 2023 Vol 8 No 1 (2023): Jurnal Teknik Sipil MACCA Februari 2023 Vol. 8 No. 3 (2023): Jurnal Teknik Sipil MACCA Vol. 8 No. 2 (2023): Jurnal Teknik Sipil MACCA Vol. 8 No. 1 (2023): Jurnal Teknik Sipil MACCA Vol 7 No 3 (2022): Jurnal Teknik Sipil MACCA Oktober 2022 Vol 7 No 2 (2022): Jurnal Teknik Sipil MACCA Juni 2022 Vol 7 No 1 (2022): Jurnal Teknik Sipil MACCA Februari 2022 Vol. 7 No. 3 (2022): Jurnal Teknik Sipil MACCA Vol. 7 No. 2 (2022): Jurnal Teknik Sipil MACCA Vol. 7 No. 1 (2022): Jurnal Teknik Sipil MACCA Vol 6 No 3 (2021): Jurnal Teknik Sipil MACCA Oktober 2021 Vol 6 No 2 (2021): Jurnal Teknik Sipil MACCA Juni 2021 Vol 6 No 1 (2021): Jurnal Teknik Sipil MACCA Februari 2021 Vol. 6 No. 3 (2021): Jurnal Teknik Sipil MACCA Vol. 6 No. 2 (2021): Jurnal Teknik Sipil MACCA Vol. 6 No. 1 (2021): Jurnal Teknik Sipil MACCA Vol 5 No 3 (2020): Jurnal Teknik Sipil MACCA Oktober 2020 Vol 5 No 2 (2020): Jurnal Teknik Sipil MACCA Juni 2020 Vol 5 No 1 (2020): Jurnal Teknik Sipil MACCA Februari 2020 Vol. 5 No. 3 (2020): Jurnal Teknik Sipil MACCA Vol. 5 No. 2 (2020): Jurnal Teknik Sipil MACCA Vol. 5 No. 1 (2020): Jurnal Teknik Sipil MACCA Vol 4 No 3 (2019): Jurnal Teknik Sipil Macca Oktober 2019 Vol 4 No 2 (2019): Jurnal Teknik Sipil Macca Juni 2019 Vol 4 No 1 (2019): Jurnal Teknik Sipil Macca Februari 2019 Vol. 4 No. 3 (2019): Jurnal Teknik Sipil MACCA More Issue