cover
Contact Name
Nurul Husna Siregar
Contact Email
bio.ipts@gmail.com
Phone
+6281377179848
Journal Mail Official
bio.ipts@gmail.com
Editorial Address
Jln. Sutan Mhd. Arif Kel. Batang Ayumi Jae Kec. Padang Sidempuan Utara Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara
Location
Kab. tapanuli selatan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Edugenesis
ISSN : -     EISSN : 26851784     DOI : https://doi.org/10.37081/edugenesis.v5i2
Core Subject : Science, Education,
JURNAL EDUGENESIS merupakan jurnal elektronik nasional yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA) Institut Pendidikan Tapanuli Selatan (IPTS) dengan tujuan sebagai sarana publikasi hasil penelitian original yang terkait bidang ilmu pendidikan Biologi maupun ilmu biologi. Penerbitan jurnal dilakukan sebanyak dua kali dalam satu tahun, yaitu bulan Januari, Mei dan September .
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 2 (2021): Vol 4 No 2 Desember 2021" : 11 Documents clear
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DENGAN PENGGUNAAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI MTS AR-RAUDLATUL HASANAH 2 LUMUT Chairul Elsandi Nasution; Nurhidaya Fithriyah Nasution; Nurul Husna Siregar
JURNAL EDUGENESIS Vol 4 No 2 (2021): Vol 4 No 2 Desember 2021
Publisher : PRODI PENDIDIKAN BIOLOGI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (545.094 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada materi klasifikasi makhluk hidup dengan penggunaan pendekatan Saintifik di MTs Ar-Raudlatul Hasanah 2 Lumut Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melibatkan siswa kelas VII B sebanyak 30 orang. Instrument yang digunakan dalam pengambilan data adalah observasi, dan tes. Teknik analisis data bersifat kuantitatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar pada materi klasifikasi makhluk hidup dengan penggunaan pendekatan Saintifik di MTs Ar-Raudlatul Hasanah 2 Lumut menunjukkan ketuntasan hasil belajar siswa dengan pencapaian yaitu siklus I sebesar 13,3% dengan nilai rata-rata 53,6 dan pada siklus II sebesar 76,7% dengan nilai rata-rata 70,1 dengan peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 16,6. Kata kunci : Hasil Belajar, Klasifikasi Makhluk Hidup, Saintifik
PENINGKATAN KARAKTER SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DI SMA NEGERI 1 BATANGTORU Putri Yusniarti; Lukman Hakim Siregar; Rizky Amelia Dona Siregar
JURNAL EDUGENESIS Vol 4 No 2 (2021): Vol 4 No 2 Desember 2021
Publisher : PRODI PENDIDIKAN BIOLOGI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (446.248 KB)

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana karakter siswa di SMA Negeri 1 Batang Toru, untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan model pembelajaran Think Talk Write di SMA Negeri 1 Batang Toru dan untuk mengetahui apakah ada peningkatan karakter siswa melalui model pembelajaran Think Talk Write di SMA Negeri 1 Batang Toru. Sebagai populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas SMA Negeri 1 Batangtoru yang terdiri dari 3 kelas IPA berjumlah 117 siswa. Sedangkan sampel yang diambil adalah Kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Batangtoru Tahun Ajaran 2018-2019 yang berjumlah 35 siswa. Berdasarkan perhitungan diperoleh thitung = 3,13 dan ttabel = 1,63 sehingga -1,63 < 4,18 > 1,63 dengan demikian hipotesis diterima yang berbunyi “Ada peningkatan karakter siswa melalui model pembelajaran Think Talk Write di SMA Negeri 1 Batang Toru” Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan karakter siswa di SMA Negeri 1 Batang Toru. Dalam mempelajari ekosistem sangat diperlukan pengetahuan dan pemahaman konsep yang dipelajari. Oleh karena itu, guru hendaknya mampu merangsang daya ingat siswa dan berusaha untuk dapat melihat hubungan antara materi yang satu dengan materi yang lain sehingga memiliki keterkaitan. Kata Kunci: Model Think Talk Write, Karakter Siswa, Padangsidimpuan
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KARAKTER SISWA KELAS X DI DESA GUNUNG BINANGA KECAMATAN MARANCAR Siti Nurhasanah Siregar; Perima Simbolon; Rizky Amelia Dona Siregar
JURNAL EDUGENESIS Vol 4 No 2 (2021): Vol 4 No 2 Desember 2021
Publisher : PRODI PENDIDIKAN BIOLOGI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (553.558 KB)

Abstract

Abstrak.Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan pembelajaran Think Talk Write terhadap karakter siswa kelas X SMA Di Desa Mombang Boru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dan sampel pada penelitian ini berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling dengan design One-Shot Case Study. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan angket. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil perhitungan penggunaan model pembelajaran Think Talk Write diperoleh nilai rata-rata 89,9 pada kategori “Sangat Baik”. Sedangkan karakter siswa diperoleh nilai rata-rata70,83 pada kategori “Baik”. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan diperoleh hasil thitung 8,33 > ttabel 11,1 berarti hipotesis diterima. Artinya penggunaan model pembelajaran Think Talk Write terhadap karakter siswa Kelas X Di Desa Mombang Boru Kecamatan Marancar.
ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI DALAM PEMBELAJARAN DARING DI SMK NEGERI 3 PADANGSIDIMPUAN Ainun Mardiah Siregar; Perima Simbolon; Nabilah Siregar
JURNAL EDUGENESIS Vol 4 No 2 (2021): Vol 4 No 2 Desember 2021
Publisher : PRODI PENDIDIKAN BIOLOGI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (562.49 KB)

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Keterampilan Proses Sains siswa pada materi sel dalam pembelajaran daring di SMK Negeri 3 Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah deskriftif kualitatif dengan melibatkan informan penelitian sebanyak 36 siswa di kelas X Busana 4 SMK Negeri 3 Padangsidimpuan dan guru mata pelajaran Biologi SMK Negeri 3 Padangsidimpuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam pengambilan data adalah angket, dan wawancara. Teknik analisis data pada penelitian menggunakan triangulasi data yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil angket yaitu pada indikator mengamati 71,5%, menanya 77,8%, mengumpulkan data 66,7%, mengasosiasikan 75%, dan mengkomunikasikan 62,5%, dengan hasil rata-rata keseluruhan 70,7% berada pada kategori baik. Hasil wawancara dengan guru mata pelajaran biologi diperoleh bahwa pada penerapan Keterampilan Proses Sains ditemukan lebih dari 50% siswa yang telah aktif mengikuti pembelajaran pada materi sel dalam pembelajaran daring melalui Googgle Cassroom. Kata Kunci: Keterampilan Proses Sains, sel, pembelajaran daring.
PENGARUH PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN LURING MATERI SEL KELAS X SMK N 3 PADANGSIDIMPUAN Dian Erwira Harahap; Nabilah Siregar; Dwi Aninditya Siregar
JURNAL EDUGENESIS Vol 4 No 2 (2021): Vol 4 No 2 Desember 2021
Publisher : PRODI PENDIDIKAN BIOLOGI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (698.293 KB)

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran umum mengenai peta konsep, hasil belajar siswa setelah menggunakan peta konsep dan seberapa besar pengaruh peta konsep terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran luring materi sel kelas X SMK N 3 Padangsidimpuan. Metode yang digunakan peneliti untuk membahas permasalahan yang dihadapi serta menguji hipotesis yang diujikan maka peneliti menggunakan metode eksperimen.Hasil penelitian gambaran penggunaan peta konsep pada kelas kontrol memiliki nilai rata-rata 60 dan pada kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 76, hasil belajar siswa sebelum menggunakan metode konvensional pada kelas kontrol memiliki nilai rata-rata 59 dan setelah menggunakan metode konvesional memiliki nilai rata-rata 59 sedangkan pada kelas eksperimen nilai rata-rata siswa sebelum menggunakan peta konsep sebesar 57 dan setelah menggunakan peta konsep nilai rata-rata siswa 73. Dan hasil uji Paired Samples Test yang telah dilakukan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diatas dapat disimpulkan bahwa H0 pada kelas eksperimen dan kelas kontrol ditolak dan Ha diterima karena nilai sig (2-tailed) pada kelas eksperimen dan kelas kontrol lebih kecil dari 0.05. Kata Kunci : Gambaran Peta Konsep, Hasil Belajar Siswa, Pengaruh Peta Konsep
PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN ALAM SEKITAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI DESA PARGARUTAN JULU Hotmaida Marito Harahap; Nabilah Siregar; Nurhidaya Fithriyah Nasution
JURNAL EDUGENESIS Vol 4 No 2 (2021): Vol 4 No 2 Desember 2021
Publisher : PRODI PENDIDIKAN BIOLOGI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (442.021 KB)

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan lingkungan alam sekitar sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa kelasVII di Desa PargarutanJulu. Metode penelitian ini metode eksperimen dengan desain one group pretest posttest.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP di Desa PargarutanJulu.Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 15 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Hasil penelitian diketahui gambaran pemanfaatan lingkungan alam sekitar sebagai sumber belajar diperoleh nilai sebesar 3,00dengan kategori baik. Gambaran hasil belajar IPA siswa kelas VII di Desa PargarutanJulu sebelum pemanfaatan lingkungan alam sekitar sebagai sumber belajar diperoleh nilai rata-rata sebesar 69.00 yakni berada pada kategori cukup.Sesudah pemanfaatan lingkungan alam sekitar sebagai sumber belajar diperoleh nilai rata-rata sebesar 74.33 yakni berada pada kategori baik.Berdasarkan hasil uji hipotesis di atas diketahui bahwa nilai thitung sebesar 4.675 selanjutnya adapun nilai Sig. (2-tailed) 0.000 < 0.05 maka dapat disimpulkan “Terdapat pengaruh pemanfaatan lingkungan alam sekitar sekolah sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP di Desa PargarutanJulu”. Kata kunci:Pemanfaatan Lingkungan Alam Sekitar, Sumber Belajar,Hasil Belajar
ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS XI SMA NEGERI 2 PADANGSIDIMPUAN F.Diana Lewisky Ritonga; Rizky Amelia Dona Siregar; Nurul Husna Siregar
JURNAL EDUGENESIS Vol 4 No 2 (2021): Vol 4 No 2 Desember 2021
Publisher : PRODI PENDIDIKAN BIOLOGI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (528.435 KB)

Abstract

Abstrak. Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara. Penelitian ini akan dilaksanakan di SMA Negeri 2 padangsidimpuan. Waktu penelitian ini 3 bulan yaitu April sampai dengan juni 2021. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendapatkan informasi apa saja kesulitan yang dihadapi siswa dalam melaksanakan pembelajaran secara daring selama pandemi Covid-19. Jenis penelitian penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Objek penelitian ini siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 2 padangsidimuan. Teknik pengumpulan data adalah prosedur sistematis dan standar untuk memperoleh data yang diperlukan. Hasil penelitian diperoleh data yang lengkap tentang hasil wawancara dan angket. Jadi dapat disimpulkan rata-rata kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran daring sebesar 71% berada pada kategori tinggi. Berdasarkan faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran daring diperoleh dari indikator yang pertama yaitu Minat belajar sebesar 66% berada pada kategori rendah, Sedangkan pada indikataor ke dua Motivasi belajar sebesar 63% berada pada kategori rendah, Pada indikator yang ke tiga yaitu media pembelajaran sebesar 62% berada pada kategori rendah, Pada indikator yang ke empat yaitu lingkungan keluarga sebesar 81% berada pada kategori tinggi, Pada indikator yang ke lima yaitu lingkungan sekolah sebesar 81% berada pada kategori tinggi, Pada indikator yang ke enam yaitu lingkungan masyarakat sebesar 72% berada pada tinggi. Kata Kunci : Kesulitan Belajar, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19
IDENTIFIKASI HAMBATAN SISWA DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPA SECARA DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 DI KELAS X SMK NEGERI 3 PADANGSISDIMPUAN Juwita Harahap; Perima Simbolon; Nurul Husna Siregar
JURNAL EDUGENESIS Vol 4 No 2 (2021): Vol 4 No 2 Desember 2021
Publisher : PRODI PENDIDIKAN BIOLOGI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (512.573 KB)

Abstract

Abstrak.Pendidikan adalah aspek yang sangat penting bagi perkembangan sumber daya manusia (SDM), dikarenakan pendidikan merupakan petunjuk yang digunakan bukan saja untuk membebaskan manusia dari keterbelakangan, melainkan juga dari kebodohan dan kemiskinan. Tujuan penelitian untuk mengetahui hamabatan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran IPA secara daring selama pandemi COVID-19 di SMK Negeri 3 Padangsidimpuan. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 3 Padangsidimpuan kelas X Busana 4 pada bulan Maret sampai dengan April.Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, informan penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 3 Padangsidimpuan di kelas X Busana 4 yang berjumlah 36 siswa dan salah satu guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan wawancara. Hasil penelitian adalalah indikator hambatan fisik diperoleh persentase 17% kategori sangat rendah dalam hal ini siswa tidak merasa terhambat pada proses pembelajaran daring, indikator hambatan psikis persentase 78% kategori tinggi hal ini menunjukkan bahawa psikis siswa yang terlihat dari ranah kognitif, afektif dan psikomotorik siswa dalam hal ini terhambat, indikator pendidik persentase 44% kategori sangat rendah hal ini menunjukkan bahwa pendidik tidak terhambat dalam pembelajaran daring, indikator fasilitas persentase 34% kategori sangat rendah siswa dalam hal ini tidak merasa terhambat, indikator keluarga persentase 58% kategori rendah, hal ini menunjukkan bahwa hambatan keluarga tidak terhambat dalam pelaksanaan pembelajaran daring. Kata Kunci :Hambatan Siswa, Pembelajaran IPA Daring, COVID-19
ANALISIS KEJENUHAN BELAJAR SISWA ANALISIS KEJENUHAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 1 ULU BARUMUN Rizky Amelia HSB; Perima Simbolon; Nurul Husna Siregar
JURNAL EDUGENESIS Vol 4 No 2 (2021): Vol 4 No 2 Desember 2021
Publisher : PRODI PENDIDIKAN BIOLOGI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (606.484 KB)

Abstract

Abstrak: Kebijakan pembelajaran daring selama pandemi COVID-19 menjadi solusi utama agar proses pembelajaran tetap dapat berlangsung. Namun dalam pelaksanaannya terdapat kendala dan kekurangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kejenuhan belajar siswa dalam pembelajaran daring pada pandemi COVID-19 di SMA Negeri 1 Ulu Barumun. Penelitian ini telah dilaksanakan di SMA Negeri 1 Ulu Barumun, Jl, Lints Sibuhuan-Sosopan Km. 4, Desa Matondang, Kecamatan Ulu Barumun, Kabupaten Padang Lawas. Waktu penelitian ini bulan April sampai dengan Mei 2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Informan penelitian ini siswa kelas XI IPA-4 SMA Negeri 1 Ulu Barumun dan guru biologi SMA Negeri 1 Ulu Barumun. Teknik pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan angket. Hasil penelitin diperoleh diperoleh data yang lengkap dari hasil wawancara dan angket. Aspek kelelahan emosi diperoleh hasil 56, 8% dengan kategori sedang. Aspek kelelahan fisik diperoleh hasil 52, 8% dengan kategori sedang.aspek kelelahan kognitif diperoleh hasil 87, 2% dengan kategori tinggi. Dan aspek kehilangan otivasi diperoleh hasil 57, 6% dengan kategori sedang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mengalami kejenuhan belajar siswa yaitu yang disebabkan kelelahan emosi, kelelahan fisik, kelelahan kognitif dan kehilangan motivasi. Kata Kunci : Kejenuhan, Pembelajaran Daring, COVID-19
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI POKOK SISTEM GERAK PADA MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 SIBABANGUN Sri Rahmi Tanjung
JURNAL EDUGENESIS Vol 4 No 2 (2021): Vol 4 No 2 Desember 2021
Publisher : PRODI PENDIDIKAN BIOLOGI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (431.57 KB)

Abstract

The aim of this research was to know describing and to know whether there was a significant influence between using audio visual media on biology achievement in human motion system subject at the eleventh grade students of IPA mayor at SMA Negeri 1 Sibabangun. The approach of this research was quantitative by applying descriptive and experimental method. The total sample was 40 students. Based on descriptive analysis, using audio visual media had mean 91.40, it was categorized “very good”. Biology achievement in human motion system subject before using audio visual media had mean 56.10, it was categorized “low”. While biology achievement in human motion system subject after using audio visual media had mean 80.65, it was categorized “very good”. Based on inferential statistic, it could be gotten that tcount = 9.97, while ttable = 1.69 in error level 5%, confidence level 95%, df = N – 2 = 40 – 2 = 38. It could be seen that tcount was greater than ttable (9.97>1.69). The alternative hypothesis was accepted. It means there was a significant influence between using audio visual media on biology achievement in human motion system subject at the eleventh grade students of IPA mayor at SMA Negeri 1 Sibabangun.

Page 1 of 2 | Total Record : 11