cover
Contact Name
Ahmad Ashifuddin Aqham
Contact Email
ahmad.ashifuddin@gmail.com
Phone
+6285726173515
Journal Mail Official
imas@stie-trianandra.ac.id
Editorial Address
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra Jl. Diponegoro No.69, Dusun I, Wirogunan, Kec. Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57166 ; Email : lppm@stie-trianandra.ac.id
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Journal of Student Research
ISSN : 29639859     EISSN : 29639697     DOI : 10.55606
Ilmu Sosial Humaniora, Pertanian, Kesehatan, Peternakan, perikanan, Politik, Pendidikan, Ilmu Teknik, Teknik Elektro dan Informatika, Desain Komunikasi Visual, Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2024): Maret: Journal of Student Research" : 20 Documents clear
Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Yang Diajarkan Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dan Think Talk Write (TTW) Dwi Pramuditya Putra
Journal of Student Research Vol. 2 No. 2 (2024): Maret: Journal of Student Research
Publisher : Pusat Riset dan Inovasi Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/jsr.v2i2.2698

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran koperatif tipe Think Talk Write serta model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada siswa kelas XI SMA Negeri 11 Medan T. A 2023/2024. Pada penelitian ini seluruh kelas XI dijadikan populasi, kemudian dipilih dua kelas acak yaitu kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen I dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen II untuk dijadikan sampel. Kelas eksperimen I diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran koperatif tipe Think Talk Write (TTW) dan kelas eksperimen II diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Intrumen yang digunakan untuk penelitian ini berupa post-test berbentuk essay yang sudah divalidasi. Kelas eksperimen I menghasilkan nilai rata-rata post-test sebesar 82,57 sedangkan kelas eksperimen II menghasilkan nilai rata-rata post-test 77,21. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa data post-test telah berdistribusi normal dan homogen. Setelah dilakukan uji hipotesis didapatkan thitung (4,648)>ttabel (1,998). Oleh karena itu H0 ditolak sedangkan Ha diterima sehingga bisa ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran koperatif tipe Think Talk Write dengan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di Kelas VII SMP Negeri 1 Tg. Tiram Nurmalinda
Journal of Student Research Vol. 2 No. 2 (2024): Maret: Journal of Student Research
Publisher : Pusat Riset dan Inovasi Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/jsr.v2i2.2699

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dikelas VII-2 SMP Negeri 1 Tg. Tiram. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa/i kelas VII-2 SMP Negeri 1 Tg. Tiram yang berjumlah 29 orang. Objek penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Berdasarkan hasil analisis data setelah pemberian tindakan pada siklus I melalui pemberian tes kemampuan pemecahan masalah matematis diperoleh 10 dari 29 siswa (34,48%) telah berhasil mencapai target keberhasilan sedangkan 19 siswa lainnya (65,51%) belum mencapai target keberhasilan dengan rata-rata kemampuan siswa sebesar 63,62. Dari kriteria keberhasilan klasikal maka persentase keberhasilan ini belum memenuhi. Setelah pemberian tindakan pada siklus II melalui pemberian tes kemampuan pemecahan masalah matematis diperoleh 26 dari 29 siswa (89,65%) telah berhasil mencapai target keberhasilan sedangkan 3 siswa lainnnya (10,35%) belum mencapai target keberhasilan dengan rata-rata kemampuan siswa sebesar 86,37. Berdasarkan target keberhasilan klasikal (≥85%) maka persentase keberhasilan ini sudah memenuhi. Dari uraian sebelumnya dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dikelas VII-2 SMP Negeri 1 Tg. Tiram.
ANALISIS KESULITAN PEMAHAMAN KONSEP, PRINSIP, DAN PROSEDUR SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN Limbong, Cahya Kesya Br
Journal of Student Research Vol. 2 No. 2 (2024): Maret: Journal of Student Research
Publisher : Pusat Riset dan Inovasi Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/jsr.v2i2.2702

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan pemahaman konsep, prinsip, dan prosedur dalam penyelesaian soal pada materi perbandingan siswa.Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Sunggal. Instrumen yang digunakan adalah tes dan pedoman wawancara. Pengambilan subjek dilakukan dengan cara memberikan tes kepada 33 siswa kelas VIII-8, lalu dilakukan pemilihan 6 siswa berdasarkan perolehan nilai tes siswa masing-masing 2 siswa per kategori. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya yaitu 1) pada pemahaman konsep siswa mengalami kesulitan dalam menyatakan ulang konsep perbandingan dengan bahasa sendiri, kesulitan dalam menyatakan konsep perbandingan dalam representasi matematis, serta kesulitan dalam membuat contoh dan bukan contoh perbandingan serta kesulitan dalam mengklasifikasikan bentuk perbandingan pada cerita 2) pada penahaman prinsip, siswa mengalami kesulitan yaitu tidak mampu dalam mengubah soal menjadi bentuk model matematika atau pemisalan dengan tepat, dan masih terdapat informasi yang tidak lengkap dan jelas pada model, kesulitan dalam menentukan rumus yang tepat untuk menyelesaikan soal serta, siswa kesulitan dalam menghitung jawabannya, 3) pada pemahaman prosedur, siswa kesulitan dalam menggunakan rumus dan langkah penyelesaian yang tidak tepat, kesulitan dalam membuat strategi yang benar.
Analisis Kesulitan Siswa Memahami Konsep, Prinsip, dan Prosedur pada Soal-Soal Materi Garis dan Sudut Sitanggang, Derma
Journal of Student Research Vol. 2 No. 2 (2024): Maret: Journal of Student Research
Publisher : Pusat Riset dan Inovasi Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/jsr.v2i2.2752

Abstract

Abstract. The purpose of this research is to identify the difficulties experienced by students in understanding the concepts, principles, and procedures in problems related to the material of lines and angles. This research is a qualitative study with a descriptive method. The subjects of this study were students of class VIII-1 at SMP Negeri 29 Medan. Data collection techniques included tests, interviews, and documentation. All students of class VIII-1 took a test on the understanding of concepts, principles, and procedures. Afterward, the test results were analyzed and categorized into three groups: high, medium, and low ability. Subsequently, two students from each ability group were selected as interview subjects. The results of this research indicate that the most common conceptual difficulty experienced by students is classifying objects according to their concepts in determining the type of angle according to its measurement. The most common principle difficulty experienced by students is connecting mathematical concepts in solving problems in the material of the relationship between angles formed by two parallel lines intersected by a transversal line. Meanwhile, the procedural difficulty experienced by students is that all students still make mistakes in explaining, planning, and applying the correct steps or algorithms in mathematical problems, both in the material of the relationship between lines, determining angles, and the relationship between angles formed by two parallel lines intersected by a transversal.
Pengaruh Konsep Diri Dan Forgiveness Terhadap Psychological Well-Being Pada Mahasiswa Afiifah oktafiani rahmadini nurul khootimah; Afrian riziq; Suniyah salasilla; Lucky purwantini
Journal of Student Research Vol. 2 No. 2 (2024): Maret: Journal of Student Research
Publisher : Pusat Riset dan Inovasi Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/jsr.v2i2.2754

Abstract

Psychological well-being indicates an individual's ability to make life decisions independently, master their environment, establish positive relationships with other people, determine and achieve life goals, accept themselves positively, and develop their potential gradually. This research aims to determine the influence of self-concept and forgiveness on psychological well-being. This research uses quantitative methods. The subjects in this research were 134 students of the psychology study program at the Islamic University "45" Bekasi. The sampling technique used is simple random sampling. The data analysis technique used is multiple linear regression. The results of this research show that the F test result is a calculated F value = 153.579 with a significance value of 0.000 < 0.05 and the R2 value shows that self-concept contributes 70.1% to psychological well-being. Self-concept has a significant influence on psychological well-being, while forgiveness does not have a significant influence.
Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 16 Medan Silitonga, Hotria Rosliana
Journal of Student Research Vol. 2 No. 2 (2024): Maret: Journal of Student Research
Publisher : Pusat Riset dan Inovasi Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/jsr.v2i2.2777

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan melalui model pembelajaran Numbered Head Together lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan model konvensional, (2) model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Medan, (3) proses jawaban yang dikerjakan siswa dalam menyelesaikan masalah melalui pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimen yang di SMP Negeri 16 Medan. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sampling purposive, yaitu kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan model kooperatif tipe Numbered Head Together dan VIII-2 sebagai keas kontrol yang diajari dengan menggunakan model konvensional. Intrumen pengumpulan data yang digunakan ialah lembar tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebanyak 3 butir berupa uraian, lembar observasi keterlaksanaan sintaks dan aktivitas siswa dan angket respon siswa. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji t-test independent dengan berbantuan SPSS 22. Hasil dari penelitian menunjukkan: (1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan melalui model pembelajaran Numbered Head Together lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan model konvensional. Hal ini berdasarkan perhitungan ????ℎ???????????????????? = menunjukkan bahwa ????ℎ???????????????????? > ????tabel 1,699127 artinya Ho ditolak dan Ha diterima, (2) hasil tes akhir kemampuan pemecahan masalah matematis siswa tuntas secara individu dan klasikal dengan persentasi 87,5%, keterlaksanaan pembelajaran berada dalam kategori baik dengan rata-rata 3.605 sementara aktivitas dan respon siswa berada dalam kategori aktif dan positif dengan rata-rata 85.41% dan 79.75%. sehingga model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Medan, (3) proses penyelesaian jawaban siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan yang diberi model pembelajaran konvensional.
HARMONI KEUTUHAN BUDAYA MASYARAKAT BADUY DALAM MENYINGKAP PERKEMBANGAN PENDIDIKAN Suaidi Suaidi
Journal of Student Research Vol. 2 No. 2 (2024): Maret: Journal of Student Research
Publisher : Pusat Riset dan Inovasi Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/jsr.v2i2.2797

Abstract

Education and human life cannot be separated, because education as a determinant of the direction of human life, the higher human education will show the higher quality of human life and vice versa. In line with the development of education, however, there are still people who reject the progress of education because they believe that the development of the times is not a guarantee for the realization of independence and peace of mind. This research aims to raise the issue of education development in Baduy community of Leuwidamar District, Lebak Regency, Banten Province. The Baduy community consists of groups, Inner Baduy, Outer Baduy and Muallaf Baduy, the three of them have their own uniqueness, for the Inner Baduy community they reject various forms of modernization, while the Outer Baduy community they accept although there is still a classification between what is accepted and what is rejected, while the Muallaf Baduy community totally accepts the development even their lifestyle is not like the lifestyle of urban communities, in terms of their children's education some of them have enjoyed higher education.
TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH DI KABUPATEN DELI SERDANG Yurika Aulia; Deana Sari Br Hasibuan; Hetri Waruwu; Priska Devriska Gulo; Silvia Nurhaliza
Journal of Student Research Vol. 2 No. 2 (2024): Maret: Journal of Student Research
Publisher : Pusat Riset dan Inovasi Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/jsr.v2i2.2809

Abstract

This research focuses on providing information regarding transparency and accountability in regional financial management in Deli Serdang Regency in 2022. This research aims to find out how transparent and accountable regional financial management is in Deli Serdang Regency in 2022, as well as to provide a clear picture of management practices regional finance. The research results show that although there have been efforts to increase transparency by providing access to information through websites. Therefore, this research provides recommendations for improving regional financial management practices that are more transparent and accountable, as well as increasing community participation in monitoring regional financial management.
Pengaruh Penggunaan Internet Terhadap Keterampilan Literasi Informasi Masyarakat Di Kelurahan Balai-Balai Kota Padang Panjang Rezzy Febriola; Malta Nelisa
Journal of Student Research Vol. 2 No. 2 (2024): Maret: Journal of Student Research
Publisher : Pusat Riset dan Inovasi Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/jsr.v2i2.2833

Abstract

The purpose of this research is to describe (1) the diversity of people's internet use in the Balai-Balai Kota Padang Panjang subdistrict, (2) the information literacy skills of the community in the Balai-Balai Kota Padang Panjang subdistrict, (3) the influence of internet use on the information literacy skills of the community in Padang Panjang City Hall sub-district. This research uses quantitative research with descriptive methods. The population in this study was the community in the Balai-Balai City District of Padang Panjang with sampling using simple random sampling. The main instrument used was a research questionnaire which had been tested for validity and reliability, the sample size was 98 people. The population in the study was the community in the Balai-Balai City District of Padang Panjang. Data collection techniques are questionnaire techniques and questionnaire data processing through editing and tabulation stages. The results of the research are: (1) The community's internet use has an average answer score of 3.21. This score is on an interval scale of 2.50 – 3.24, which means that the internet use of the Padang Panjang City Hall community is classified as good. This can be seen from the intensity, usefulness and effectiveness of internet use carried out well. (2) Public information literacy has an average answer score of 3.11. This score is on an interval scale of 2.50 – 3.24, which means that the information literacy of the Padang Panjang City Hall community is classified as good. This can be seen from information literacy skills in determining information needs, finding information, evaluating information and using information for certain purposes by understanding aspects that are considered good. (3) The influence of internet use on the information literacy skills of people in the Balai-Balai City District of Padang Panjang is strong. From the results of the SPSS regression test, a correlation coefficient value of R = 0.787 was obtained, meaning that internet users have a positive influence on information literacy skills. The higher the use of the internet, the higher the information literacy skills in the Balai-Balai City District of Padang Panjang.
Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Memilih Jasa Wedding Organizer Di Purandewi Catering Ulfi Maranisya; Bilqis Alifia Adzani
Journal of Student Research Vol. 2 No. 2 (2024): Maret: Journal of Student Research
Publisher : Pusat Riset dan Inovasi Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/jsr.v2i2.2834

Abstract

The purpose of this research is to study how brand image and service quality impact the decisions made by customers when choosing Purandewi Catering wedding organizer services. Descriptive quantitative method with Likert measurement tool was used in this research. Primary data from this study came from 68 respondents who used Purandewi Catering services during the period January - December 2023. The results of the multiple linear regression test show that the brand image variable regression coefficient value is 0.403 or has a positive and significant effect on consumer decisions, then the service quality variable regression coefficient value of 0.298 has a positive effect on consumer decisions. The two variables also simultaneously or together have an effect on consumer decisions to use Purandewi Catering wedding organizer services with the results of the f test count 31.754 greater than the f table value of 3.13.

Page 1 of 2 | Total Record : 20