cover
Contact Name
UKHTI RAUDHATUL JANNAH
Contact Email
ukhti_math@unira.ac.id
Phone
+6281233675362
Journal Mail Official
ngabdimas@unira.ac.id
Editorial Address
Jl. Raya Panglegur KM 3.5 Pamekasan
Location
Kab. pamekasan,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (Ngabdimas)
Published by Universitas Madura
ISSN : 28083555     EISSN : 28082907     DOI : http://dx.doi.org/10.53712/ngu.v2i2
Jurnal Ngabdimas: Unira (Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Madura), dengan nomor ISSN 2808-3555 (cetak) dan ISSN 2808-3555 (online) adalah jurnal multidisiplin ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Madura. Jurnal Ngabdimas: Unira merupakan jurnal yang bertaraf nasional yang memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu-ilmu di bidang pengabdian kepada masyarakat. Lingkup bidang pengabdian kepada masyarakat antara lain meliputi pengembangan pendidikan di sekolah atau masyarakat; desain dan penggunaan teknologi tepat guna dalam mengembangkan kearifan lokal; pelatihan dan pemasaran untuk pemberdayaan masyarakat; pemberdayaan masyarakat terutama masyarakat terpencil; kegiatan pengabdian masyarakat oleh mahasiswa. Tujuan dari publikasi jurnal ini adalah untuk menyebarluaskan pemikiran konseptual atau ide-ide yang telah dicapai di bidang pengabdian kepada masyarakat. Jurnal Ngabdimas: Unira terbit dua kali dalam satu tahun yaitu pada bulan April dan Oktober.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2021): Pengabdian kepada Masyarakat (Ngabdimas)" : 5 Documents clear
Pemanfaatan Sosial Media dalam Memasarkan Produk Jajanan Khas Waru Barat (Otok Goreng) Pada Masa Pandemi Covid-19 Adibah Nurul Izzah, Eva Nikmatul Rabbianty
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1, No 2 (2021): Pengabdian kepada Masyarakat (Ngabdimas)
Publisher : Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (396.051 KB) | DOI: 10.53712/ngu.v1i2.1365

Abstract

Pada Saat ini internet sudah sangat mudah diakses oleh siapapun di seluruh dunia, termasuk para pebisnis UMKM yang menggunakan internet sebagai sarana pemberi dan berbagai informasi tentang produk yang ditawarkan kepada konsumen secara online. Penelitian ini  membahas  tentang  bagaimana  pemanfaatan  media  sosial  dalam  memasarkan  produk jajanan khas Waru yaitu otok goreng  di masa pandemi covid 19. Pemanfaatan media sosial di sini yaitu bertujuan untuk mengenalkan produk jajanan khas Waru atau otak goreng kepada masyarakat luar agar mendapatkan potensi pasar yang lebih besar. Pemanfaatan sosial media memberikan prospek yang baik untuk menaikkan angka penjualan produk jajanan khas Waru yaitu otot goreng yang mengalami dampak pandemi covid 19. Hal itu disebabkan karena sistem pemasaran digital menyediakan platform jual beli secara daring, agar memudahkan proses pemesanan dan pembelian sehingga pembeli dapat berinteraksi dengan pemilik usaha otot goreng untuk melakukan transaksi secara langsung. Media sosial yang saat ini menjadi trend anak muda mengekspresikan diri menjadi peluang besar sebagai media iklan maupun promosi bisnis. media sosial seperti Facebook, Instagram, WhatsApp dan lain sebagainya sekarang banyak dimanfaatkan untuk media bisnis, baik dari produk-produk yang sudah ternama hingga produk buatan sendiri dengan internet para pelaku usaha dapat memberikan efisiensi anggaran pemasaran,  internet memiliki jangkauan yang luas, akses mudah dan biaya murah hal ini terbukti dengan banyaknya usaha yang mencoba menawarkan berbagai macam produk menggunakan media sosial
Pemanfaatan Media Balok-Balok Angka untuk Melatih Operasi Dasar dalam Matematika Esty Saraswati Nur Hartiningrum, safii
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1, No 2 (2021): Pengabdian kepada Masyarakat (Ngabdimas)
Publisher : Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (599.367 KB) | DOI: 10.53712/ngu.v1i2.1361

Abstract

lat peraga balok-balok angka ini mempunyai kelebihan yaitu selain memperlihatkan secara langsung konsep penjumlahan, bisa menarik minat siswa untuk belajar matematika karena alat peraga ini siswa bisa bermain sekaligus belajar sehingga siswa tidak merasa jenuh atau bosan dan sesuai dengan tingkat perkembangan intelektual anak SD yang masih dalam tahap prakonkret, maka siswa SD dapat menerima konsep – konsep matematika yang abstrak melalui benda–benda konkret.Sasaran yang dipilih adalah materi yang membutuhkan alat peraga untuk mempermudah dalam mejalaskan konsep matematika yang bersifat abstrak.  Siswa yang dipilih adalah siswa pada MI Al-Hikmah Janti Kelas II. Selama pelatihan dan pendampingansiswa dibimbing dari awal proses pembelajaran sampai akhir pembelajaran. Pendampingan dan Pelatihan diberikan sampai siswa dapat mengoperasikan media balok-balok angka. Tahap pelaksanan pelatihan ini dibagi lagi menjadi 2 tahap, Tahap pertama pada tahap ini, pelatihan difokuskan pada pemberian motivasi, pemberian materi matematika sehingga pembelajaran menjadi menarik dan mnyenagkan. Di tahap pertama ini pula, tim PKM akan mendemonstrasikan sedikit tentang cara menggunakan alat peraga. Tahap kedua, Pada tahap ini, pelatihan difokuskan pada kegiatan praktek alat peraga matematika balok-balok angka
Implementasi Marketplace Sentra Batik Madura di Pasar 17 Agustus Pamekasan Untuk Meningkatkan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat dan Daerah Ubaidi, Nindian Puspa Dewi
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1, No 2 (2021): Pengabdian kepada Masyarakat (Ngabdimas)
Publisher : Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (593.167 KB) | DOI: 10.53712/ngu.v1i2.1362

Abstract

Pasar 17 Agustus Pamekasan merupakan salah satu pasar terbesar di Pamekasan yang dijadikan sebagai sentra batik tulis Madura. Batik Madura sendiri merupakan salah satu kekayaan budaya Madura. Batik ini juga cukup dikenal di seluruh Indonesia karena memiliki corak yang unik serta warna yang cukup mencolok, sehingga sangat banyak diminati, baik oleh masyarakat lokal maupun dari luar Madura.  Oleh karena itu, perlu untuk menerapkan sebuah aplikasi marketplace yang selain berfungsi sebagai media promosi, juga sebagai sistem informasi penjualan. Dengan adanya marketplace dapat meningkatkan penjualan batik Madura karena menjadi marketplace terpusat. Aplikasi Marketplace ini dibuat dengan berbasis web dan mobile sehingga dapat diakses dimana saja dan kapan tanpa harus mengunjungi Pasar 17 Agustus Pamekasan. Metode yang digunakan untuk menerapkan aplikasi ini adalah melakukan riset pasar, mengembangkan aplikasi yang sudah dibuat sebelumnya dan menyesuaikan dengan kebutuhan, ujicoba sistem dan melakukan pelatihan kepada mitra. Luaran yang diperoleh dari pengabdian ini adalah meningkatnya kemampuan mitra dalam melakukan promosi, penjualan dan pencatatan dengan memanfaatkan teknologi serta memperbesar peluang penjualan batik Madura.
Pengenalan Permainan Edukatif Sebagai Penguatan Pendidikan Berkarakter pada pre-service teacher Mariyatul Kiptiyah; Evha Nazalatus Sa’adiyah Sy; Chairuddin Chairuddin; Mohammad Amiruddin; Sofia Ningsih; Ainur Rofiq Hafsi
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1, No 2 (2021): Pengabdian kepada Masyarakat (Ngabdimas)
Publisher : Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (275.18 KB) | DOI: 10.53712/ngu.v1i2.1363

Abstract

Beberapa permasalahan yang kadang dilupakan oleh beberapa para calon guru (pre-service teacher) adalah kurang kreatif nya mereka dalam menggunakan beberapa media yang ada. pada Program ini, kami mengupakan untuk mengenalkan beberapa permainan edukatif yang bisa dan dapat mereka (pre-service teacher) gunakan dalam proses pembelajaran. Metode kegiatan yang dilaksanakan dalam program Pengabdian masyarakat ini dalam bentuk penyuluhan/pelatihan terkait permainan edukatif yang dapat membantu para calon guru (pre-service teacher)  membentuk dan menjadikan para peserta didik yang berkarakter. Permainan edukasi dalam pembelajaran baik online maupun offline dapat membantu preservice teacher untuk memotivasi siswa dalam proses pembelajaran.  namun kita harus dapat memahami bahwa pemilihan  
Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Bagi Calon Guru Youtuber Vivi Suwanti, I Ketut Suastika Trija Fayeldi, Nur Farida, Tatik Retno Murniasih, Timbul Yuwono
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1, No 2 (2021): Pengabdian kepada Masyarakat (Ngabdimas)
Publisher : Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (334.585 KB) | DOI: 10.53712/ngu.v1i2.1364

Abstract

Pemanfaatan youtube sebagai alat penyampaian pembelajaran tidak boleh meninggalkan kaidah utama dari proses pembelajaran itu sendiri. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk membantu calon guru matematika yang saat ini merupakan mahasiswa persiapan magang sekolah Universitas PGRI Kanjuruhan Malang dalam membuat video pembelajaran yang baik dan sesuai dengan kaidah pembelajaran yang baik. Metode pelaksanaan yang ditawarkan dalam pengabdian ini antara lain berupa pelatihan dan pendampingan. Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan yang dilakukan secara daring, disimpulkan bahwa 1) calon guru memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan teknologi video editing, akan tetapi masih kurang mahir dalam menyajikan konten video pembelajaran yang baik, 2) calon guru memiliki kreativitas dalam menggunakan animasi sebagai penambah daya tarik video pembelajaran yang disajikan, 3) calon guru perlu memperbanyak studi literatur mengenai konsep-konsep matematika yang disajikan, hal ini terlihat dari beberapa kesalahan konsep pada video yang dipresentasikan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5