cover
Contact Name
Faturachman Alputra Sudirman
Contact Email
atur@uho.ac.id
Phone
+6282251053573
Journal Mail Official
pamarenda@uho.ac.id
Editorial Address
Program Studi Ilmu Pemerintahan. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Halu Oleo . Kampus Baru Jl. H.E.A. Mokodompit, Kota Kendari, 93232
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
PAMARENDA : Public Administration and Government Journal
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : -     EISSN : 27983838     DOI : 10.52423
Core Subject : Humanities, Social,
PAMARENDA: Public Administration and Government Journal is a peer-reviewed journal published by the Department of Government Science, Faculty of Social and Political Science, Universitas Halu Oleo. Published three times a year in March, July, and November. PAMARENDA: Public Administration and Government Journal publish various concepts of thinking or ideas and the research in the following topics 1) State and Governance, 2) Policy and public services, 3) Government innovation, 4) Local Government and Public Policy, 5) Political and Government, and 6) State and Development.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 3 (2024):" : 7 Documents clear
Analisis Strategi Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat di Air Terjun Tumburano, Konawe Kepulauan Julianto, Marsan; Amir, Muh; Ramayana, Wa Ode Srijuna
PAMARENDA : Public Administration and Government Journal Vol 3, No 3 (2024):
Publisher : Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Halu O

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52423/pamarenda.v3i3.47526

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi Strategi Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat di Air Terjun Tumburano, Kecamatan Wawonii Utara, Kabupaten Konawe Kepulauan. Lokasi penelitian dipilih dengan mempertimbangkan relevansinya terhadap topik yang dibahas. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Ruang lingkup penelitian mencakup strategi pengembangan pariwisata berbasis masyarakat di Air Terjun Tumburano, dengan fokus pada efektivitas strategi tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat di Air Terjun Tumburano, Kecamatan Wawonii Utara, Kabupaten Konawe Kepulauan belum efektif. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pencapaian tujuan, kurangnya pengarahan tindakan dan pembelajaran yang belum mampu mematuhi amanat Peraturan Daerah Nomor 10 Tahun 2021 tentang Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah (RIPPDA) Kabupaten Konawe Kepulauan Tahun 2021-2025. Selain itu, lingkungan wisata belum terawat dengan baik, pengarahan yang belum optimal, ketersediaan sarana prasarana dan fasilitas wisata yang kurang memadai, serta masih banyak infrastruktur yang belum diperhatikan. Pembelajaran kepada pengelola wisata juga belum optimal meskipun memiliki SDM yang berkualitas namun jumlahnya terbatas. Kata kunci : Strategi, Pariwisata, Berbasis Masyarakat
Penerapan Kode Etik Aparatur Sipil Negara Pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Kendari Rahim, Sartika; Saidin, Saidin; Adji Pratama, Rekha
PAMARENDA : Public Administration and Government Journal Vol 3, No 3 (2024):
Publisher : Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Halu O

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52423/pamarenda.v3i3.47711

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami penerapan Kode Etik dan kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) di BKPSDM Kota Kendari. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Kualitatif Deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integritas pegawai masih perlu ditingkatkan, terutama terkait keterlambatan masuk dan kesadaran akan tanggung jawab ASN dalam memberikan pelayanan optimal. Meskipun perilaku kerja dinilai baik, masih ada aspek-aspek yang perlu diperbaiki. Disiplin dinilai cukup baik, tetapi perlu peningkatan. Profesionalisme masih menjadi tantangan, dengan peningkatan dalam bekerja dianggap kunci untuk menerapkan kode etik ASN. Selain itu, kesadaran terkait tanggung jawab pengelolaan barang milik negara juga perlu ditingkatkan. Kata kunci : Kode Etik, ASN , Kinerja, BKPSDM
Implementasi Sistem Absensi Online di Kantor Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Unit 1 Kapontori: Studi Kasus Simponi ASN di Kabupaten Buton 2022-2023 Irmayani, Irmayani; Husain, M. Najib; Asriani, Asriani
PAMARENDA : Public Administration and Government Journal Vol 3, No 3 (2024):
Publisher : Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Halu O

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52423/pamarenda.v3i3.47512

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi penerapan sistem absensi online melalui aplikasi Simponi Aparatur Sipil Negara di Kantor Unit Pelaksanaan Teknis Dinas Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Unit 1 Kapontori, Kabupaten Buton. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan dilaksanakan secara hati-hati dan profesional melalui langkah-langkah terencana, yang meliputi identifikasi kebutuhan, pemilihan teknologi, pelibatan pihak terkait, pelatihan staf, uji coba, dan penanganan kendala. Pendekatan holistik diterapkan dalam pemantapan kinerja melalui pemantauan, evaluasi, dan perbaikan berkelanjutan, yang bertujuan untuk efektivitas jangka panjang dalam pengelolaan hutan. Aplikasi Simponi ASN berfungsi sebagai alat pemantauan serta sarana edukasi dan pelatihan, yang meningkatkan kepatuhan pegawai terhadap peraturan absensi. Meskipun terdapat upaya yang signifikan, aplikasi Simponi ASN belum terbukti efektif, menuntut peningkatan terus-menerus untuk mengatasi kendala teknis dan sumber daya manusia, menciptakan lingkungan kerja yang adaptif dan efisien. Kata kunci : Sistem Absensi Online, Simponi ASN, UPTD KPH
Efektivitas Pelayanan Publik dalam Pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Buton Tengah Zainu, Ruslan; Nasir, Muh; La Bilu, La Bilu
PAMARENDA : Public Administration and Government Journal Vol 3, No 3 (2024):
Publisher : Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Halu O

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52423/pamarenda.v3i3.47724

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Pelayanan Publik Dalam Pembuatan Elektronik Kartu Tanda Penduduk (E-KTP) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Buton Tengah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui metode purpose sampling dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari tiga alur kegiatan: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan verifikasi. Hasil penelitian, disimpulkan bahwa Pelayanan Publik Dalam Pembuatan E-KTP di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Buton Tengah pada aspek pelayanan publik pembuatan E-KTP sudah cukup efektif, dengan terdapat 3 indikator yang memadai. Meskipun demikian, masih terdapat beberapa masalah seperti gangguan pada server dan penundaan dalam pengumpulan data penduduk yang mempengaruhi keberhasilan program dan kepuasan terhadap program. Kata kunci : Efektivitas, Pelayanan Publik, E-KTP
Evaluasi Tata Kelola BUMDes dalam Meningkatkan Pendapatan Desa: Studi Kualitatif di Desa Kaimbulawa, Buton Selatan Yusliadi, Yusliadi; Alam, Syamsul; Sudirman, Faturachman Alputra
PAMARENDA : Public Administration and Government Journal Vol 3, No 3 (2024):
Publisher : Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Halu O

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52423/pamarenda.v3i3.47706

Abstract

Penelitian ini mengevaluasi Tata Kelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) La Bolontio Kaimbulawa dalam meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes) di Desa Kaimbulawa, Kabupaten Buton Selatan. Dengan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara dengan 7 informan purposive, didukung oleh observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan implementasi prinsip-prinsip pengelolaan BUMDes yang baik, seperti kerja sama yang efektif antara Pemerintah Desa, BUMDes, dan masyarakat. Transparansi dan partisipasi masyarakat juga terwujud, serta pelaporan keuangan yang akuntabel kepada Pemerintah Desa. Terdapat peningkatan PADes melalui BUMDes La Bolontio Kaimbulawa, terlihat dari pengembangan unit usaha dan partisipasi masyarakat Kata kunci : Tata Kelola BUMDes, Peningkatan PADes
Peran DEKRANASDA Sulawesi Tenggara dalam Pemberdayaan Pengrajin Perak: Tinjauan Kualitatif Deskriptif Kurnia Anggraini, Devi; Amir, Muh; Rajab, Marlina
PAMARENDA : Public Administration and Government Journal Vol 3, No 3 (2024):
Publisher : Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Halu O

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52423/pamarenda.v3i3.47717

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran Dewan Kerajinan Nasional Daerah (DEKRANASDA) Provinsi Sulawesi Tenggara dalam pemberdayaan pengrajin perak melalui "Kendari Werk". Penelitian menggunakan desain penelitian kualitatif deskriptif, dengan fokus pada hubungan antara DEKRANASDA dengan instansi pemerintah terkait dalam pemberdayaan pengrajin perak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran DEKRANASDA Provinsi Sulawesi Tenggara dalam pemberdayaan pengrajin perak "Kendari Werk" memiliki tiga peran; peran antar personal, peran informasional, dan peran pengambilan keputusan. Namun, dari ketiga peran tersebut, DEKRANASDA Provinsi Sulawesi Tenggara masih belum optimal dalam peran pengambilan keputusan terkait upaya penambahan jumlah pengrajin melalui pelatihan bagi masyarakat umum (regenerasi), karena minimnya penyebaran informasi terkait kegiatan tersebut. Kata kunci : Dewan Kerajinan Nasional Daerah, Pemberdayaan, Pengrajin Perak
Fungsi Pengawasan Ombudsman dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Pemerintah Kota Kendari: Sebuah Tinjauan Kualitatif Rinding, Rinding; Rahman, Rahman; Yusuf, Muh
PAMARENDA : Public Administration and Government Journal Vol 3, No 3 (2024):
Publisher : Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Halu O

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52423/pamarenda.v3i3.47716

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan fungsi pengawasan Ombudsman dalam meningkatkan kualitas pelayanan Pemerintah Daerah Kota Kendari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan fungsi pengawasan Ombudsman dalam meningkatkan kualitas pelayanan Pemerintah Kota Kendari belum berjalan efektif. Hal ini dapat dilihat berdasarkan tiga indikator pengawasan Ombudsman yang meliputi kegiatan penerimaan dan verifikasi laporan, pemeriksaan dan penyelesaian laporan diketahui sudah berjalan baik, tetapi untuk indikator Pencegahan Maladministrasi belum efektif dilakukan oleh Ombudsman Perwakilan Sulawesi Tenggara dalam mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik di Kota Kendari. Kata kunci : Fungsi Pengawasan, Ombudsman, Kualitas Pelayanan Publik

Page 1 of 1 | Total Record : 7