cover
Contact Name
Umar Mansyuri
Contact Email
admin@lppmbinabangsa.id
Phone
+6287873247003
Journal Mail Official
admin@lppmbinabangsa.id
Editorial Address
S1 Prodi Sistem Informasi Universitas Bina Bangsa Jl. Raya Serang – Jakarta KM.3 No.1B (Pakupatan) Kota Serang Provinsi Banten
Location
Kota serang,
Banten
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Sistem Informasi
ISSN : 2798835X     EISSN : 27988341     DOI : https://doi.org/10.46306/sm
Core Subject : Science,
Jurnal Simasi Adalah Jurnal Ilmiah Sistem Informasi yang terbit secara daring pada bulan Juni dan Desember. Jurnal Simasi bertujuan untuk menyebarluaskan penelitian tentang sistem informasi dan ilmu komputer. Jurnal ini mengundang penelitian empiris asli (kualitatif atau kuantitatif), tinjauan literatur, kontribusi teoritis atau metodologis, ulasan integratif, meta-analisis, studi komparatif atau historis tentang topik-topik sistem Informasi.
Articles 93 Documents
SISTEM KOMPUTERISASI PELAYANAN PEMASANGAN BARU JARINGAN LISTRIK PADA PT. PLN UPJ RANGKASBITUNG Umar Mansyuri
Jurnal Ilmiah Sistem Informasi Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Ilmiah Sistem Informasi
Publisher : LPPM Universitas Bina Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (633.985 KB) | DOI: 10.46306/sm.v1i1.1

Abstract

Kebutuhan akan listrik menjadi sesuatu yang sangat vital. Tidak saja untuk kepentingan penerangan saja tetapi sudah menjadi suatu kebutuhan yang menyeluruh. Listrik dijadikan sebagai media untuk membantu masyarakat terutama kebutuhan yang sangat primer seperti memasak, mencuci, penyedia air baik minum maupun yang lainnya. Pemasalahan yang terjadi adalah masih belum sepenuhnya menggunakan system yang terkumputerisasi sehingga banyak data-data yang hilang, ditambah lagi dengan lambatnya proses pencarian data yang masuk. Dalam menganalisa system tersebut digunakan metode PIECES sedangkan untuk perancangannnya digunakan metode Waterfall. Untuk perancangannya alat atau tool yang dipakai adalah dengan menggunakan Diagram Arus Data dan Entity Relationship Diagram. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa system di PT. PLN (Persero) UPJ Rangkasbitung adalah masih bersifat manual.
MERANCANG KUIS INTERAKTIF MENGGUNAKAN MACROMEDIA DIRECTOR 8 Umar Mansyuri
Jurnal Ilmiah Sistem Informasi Vol. 1 No. 2 (2021): Jurnal Ilmiah Sistem Informasi
Publisher : LPPM Universitas Bina Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (528.331 KB) | DOI: 10.46306/sm.v1i2.2

Abstract

Today, with the development and advancement of technology that is increasingly sophisticated, it is easier for humans to communicate and get or send the information needed. Vaughan (1998) defines multimedia as a collection of ways that humans use to communicate and get information called media. Media is something that is needed in various aspects or fields of human life, for example in educational institutions, entertainment, health, training, and other fields. One multimedia-based application that can be used as a tool to help in education is interactive quizzes. Where with this interactive quiz application an educator no longer needs to correct the results of the quiz to see the results but automatically after students work on the interactive quiz, the final result is immediately visible on the last sheet of this quiz. In this simple article, the software used in making this interactive quiz is Macromedia Director 8
PROCESS DISCOVERY PADA TRANSAKSI PENJUALAN CV. JATAYU CATRA INTERNUSA Lila Setiyani
Jurnal Ilmiah Sistem Informasi Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Ilmiah Sistem Informasi
Publisher : LPPM Universitas Bina Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (266.948 KB) | DOI: 10.46306/sm.v1i1.3

Abstract

Process discovery merupakan tahapan dari business process management life cycle. Dalam tahapan tersebut dilakukan identifikasi proses bisnis yang berjalan(as-is process). Penelitian ini bertujuan untuk memodelkan proses bisnis yang berjalan pada transaksi penjualan CV. Jatayu Catra Internusa. Pemodelan dilakukan dengan menggunakan business process modelling notation(BPMN). Metode pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan wawancara semi-terstruktur dengan nara sumber karyawan CV. Jatayu Catra Internusa yang menangani transaksi penjualan. Berdasarkan informasi dari narasumber, penelitian ini menghasilak  pemodelan proses bisnis berjalan untuk transaksi penjualan. Pemodelan proses bisnis transaksi penjualan ini, dapat dimanfaatkan oleh CV. Jatayu Catra Internusa untuk melakukan perbaikan dan peningkatan proses sehingga dapat proses yang lebih baik
SISTEM JARINGAN INTRANET BERBASIS TCP Abdul Halim
Jurnal Ilmiah Sistem Informasi Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Ilmiah Sistem Informasi
Publisher : LPPM Universitas Bina Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (150.708 KB) | DOI: 10.46306/sm.v1i1.4

Abstract

Intranet adalah jaringan area lokal (Jaringan Area Lokal) dibangun menggunakan protokol TCP / IP. Protokol ini memungkinkan komputer untuk mengirim dan memberikan data alamat ke komputer lain, sambil memastikan pengiriman data ke komputer tujuan dengan cepat dan akurat. Data yang disajikan dari satu komputer ke komputer lain pada jaringan (Jaringan) mengalami beberapa tahap. Tahap ini oleh Jaringan Model Referensi yang disebut layer (Layer) untuk menjelaskan cara kerja jaringan komputer. Model Referensi Jaringan yang digunakan oleh konsep TCP / IP sebagai dasar hubungan Intranet yaitu Model Referensi OSI (Interkoneksi Sistem Terbuka) yang diperkenalkan oleh ISO (Organisasi Standar Internasional). Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan untuk membangun jaringan Intranet yang dapat membantu mengolah aliran dan bertukar data agar dapat berjalan cepat dan akurat tanpa perlu membuang banyak waktu, biaya dan usaha. Penelitian ini terbatas pada jaringan lokal (Local Area Network) dengan menggunakan media transmisi kabel (guided)
PENGARUH KECEPATAN TRANSAKSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PT MARGA MANDALA SAKTI PADA GERBANG TOL SERANG TIMUR Ahmad Munawir
Jurnal Ilmiah Sistem Informasi Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Ilmiah Sistem Informasi
Publisher : LPPM Universitas Bina Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (259.395 KB) | DOI: 10.46306/sm.v1i1.5

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecepatan transaksi terhadap kepuasan pelanggan di Gerbang Tol Serang Timur. Variabel penelitian independen adalah kecepatan transaksi (X). Sedangkan variabel terikat adalah kepuasan (Y). Metode penelitian yang digunakan para peneliti adalah metode deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk menggambarkan sifat sesuatu yang sedang berlangsung pada saat penelitian dan memeriksa penyebab gejala tertentu. Teknik analisis data menggunakan regresi sederhana untuk menentukan besarnya pengaruh antar variabel. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes validitas, tes keandalan, tes keandalan, tes model, dan tes regresi linier sederhana. Hasil penelitian memperoleh koefisien korelasi (R) = 0,759, yang berarti ada hubungan yang kuat antara kecepatan transaksi dan kepuasan pelanggan. Sebaliknya, koefisien penentuan (Kd) yang disesuaikan, yang berarti besarnya kemampuan variabel independen dalam bekerja sebesar 75,90%, sedangkan 24,10% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Selain itu, persamaan regresi yang diperoleh Ŷ = 12.146 + 0.705X. Dalam pengujian hipotesis diperoleh thitung> ttabel, yaitu, 8.255> 1.675 (Ho ditolak), dapat dikatakan Ho ditolak, dan Ha diterima, yang berarti ada pengaruh signifikan antara kecepatan transaksi kepuasan
ANALISIS BREAKDOWN DRIVE SYSTEM MENGGUNAKAN FAILURE METHOD EFFECT ANALYSIS DI PT LATINUSA, TBK CILEGON Endra Setyawan
Jurnal Ilmiah Sistem Informasi Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Ilmiah Sistem Informasi
Publisher : LPPM Universitas Bina Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (238.921 KB) | DOI: 10.46306/sm.v1i1.6

Abstract

Persaingan usaha dunia semakin memberikan tantangan ketat bagi perusahaan untuk menjalankan bisnisnya secara berkelanjutan dan meminimalisir gangguan yang terjadi selama proses produksi berjalan. FMEA adalah teknik evaluasi keandalan sistem untuk menentukan efek kegagalan sistem. Metode analisis dalam desain FMEA digunakan untuk menghitung nilai RPN (nomor prioritas risiko). Berdasarkan rpn perhitungan, nilai RPN tertinggi adalah DC Motor, modul Command, controller module I dan sistem mekanik. Nilai RPN untuk keempat faktor ini masing-masing dalam 1356, 1024, 1020 dan 640. Total nilai RPN untuk item keempat mencapai 78,54% dari total nilai semua item penggerak kontrol RPN yang mencapai 5144. Proses penggantian DC Drive System menjadi Sistem Penggerak AC yang akan dilakukan untuk memastikan kelangsungan operasi dan meningkatkan kualitas tinplate. Penggantian akan membutuhkan investasi besar oleh karena itu diperlukan untuk meninjau secara mendalam berbagai aspek, terutama terkait dengan aspek ekonomis, dan risiko pasar
ANALISA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN BERBASIS KOMPUTER DALAM PROSES SISTEM PENGAMBILAN KEPUTUSAN (SPK) Benny Suhendar
Jurnal Ilmiah Sistem Informasi Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Ilmiah Sistem Informasi
Publisher : LPPM Universitas Bina Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (341.368 KB) | DOI: 10.46306/sm.v1i1.7

Abstract

manfaat Dalam organisasi sistem informasi ketika pengguna juga dimungkinkan. Peran manajemen risiko menuntut penyebaran dan penggunaan sumber daya yang efisien untuk mencapai tujuan, sehingga membantu fungsi manajemen dengan penerimaan informasi yang cepat dan tepat. Maka perlu untuk menentukan apakah sistem informasi manajemen dapat mendukung tujuan organisasi. Sebuah perusahaan tidak akan lepas dari berbagai masalah dalam organisasi, dan di sebuah perusahaan, sering ada perubahan, sehingga perubahan ini sering menjadi hambatan bagi manajer. Akibat perubahan ini pe menyebabkan masalah. Oleh karena itu, diperlukan sistem informasi untuk mendukung pengelola dalam mengatasi masalah tersebut. Sistem informasi tidak hanya memproses data menjadi informasi tetapi juga mendistribusikan informasi untuk mendukung proses pengambilan keputusan.  
ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN DAN PENERIMAAN KAS (ONLINE SHOP KANTONG ASI BAABAA BAGBIT) Anggun Vica Budi Wardani; Rika Yuliastuti
Jurnal Ilmiah Sistem Informasi Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Ilmiah Sistem Informasi
Publisher : LPPM Universitas Bina Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (217.761 KB) | DOI: 10.46306/sm.v1i1.8

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakantarbelakan dengan fakta bahwa sistem penjualan dan penerimaan tunai merupakan sistem yang secara signifikan mempengaruhi kesuksesan perusahaan karena penjualan merupakan kegiatan utama yang dilakukan perusahaan untuk menghasilkan keuntungan. Penerimaan tunai adalah tolok ukur keberhasilan dalam penjualan ke perusahaan. Masalah dengan penelitian ini adalah bagaimana penerapan sistem informasi akuntansi penjualan di Baabaa dan bagbit bisnis online tas payudara dan apakah sistem kontrol untuk penjualan dan penerimaan tunai pada baabaa yang ada dan Bagbit kantong ASI bisnis online telah memadai. Penelitian ini mencakup jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Temuan penelitian ini adalah baabaa dan bisnis online tas payudara Bagbit telah menerapkan sistem informasi akuntansi mereka dengan cukup baik. Dokumen dalam sistem penjualan dan penerimaan untuk uang tunai di Tas payudara Baabaa dan Bagbit termasuk faktur dan bukti pembayaran. Catatan akresi yang digunakan dalam bisnis online Baabaa dan Bagbit adalah penerimaan uang tunai dan pengeluaran tunai masih menggunakan catatan dalam buku. Rekomandasi yang dapat diberikan adalah disarankan untuk mencatat transaksi menggunakan komputer untuk mengurangi kemungkinan kesalahan selama perekaman dan memfasilitasi saat melaporkan informasi penjualan.
SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS KEBENCANAAN DI KOTA PALU Ghefra Rizkan Gaffara; Prama Ardha Aryaguna
Jurnal Ilmiah Sistem Informasi Vol. 1 No. 2 (2021): Jurnal Ilmiah Sistem Informasi
Publisher : LPPM Universitas Bina Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (390.201 KB) | DOI: 10.46306/sm.v1i2.9

Abstract

Hazard is one of the threats caused by geological factors. Some of geological disasters that occurred in Indonesia are Earthquakes and Tsunamis. This is because Indonesia is geographically located at the confluence of the Asian-Australian plate which has dynamic conditions. So, there is a history of earthquakes and tsunamis in several areas. Palu City is one of the cities that is geographically located on the dynamic plate path. In 2018 there was an Earthquake and Tsunami disaster in Palu City which claimed many lives and materials. It is necessary to have an information system that is spatial in nature to provide information on disaster forecasts (Early Warning System) and also information about the affected areas and estimated losses. By using a Geographic Information System (GIS) areas that have risks can be mapped informatively regarding threats, area coverage and risks to the disaster. This study aims to provide information on the risk of earthquake and tsunami disaster in Palu City and efforts in disaster management in the area
E-BUSINESS IN THE DIGITAL ERA W Novianti; E Pebriansyah; T P Sumitra
Jurnal Ilmiah Sistem Informasi Vol. 1 No. 2 (2021): Jurnal Ilmiah Sistem Informasi
Publisher : LPPM Universitas Bina Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (314.527 KB) | DOI: 10.46306/sm.v1i2.10

Abstract

This paper aims to provide solutions in optimizing strategies for marketing business online in this digital age.  In this era, the internet is an important thing and is widely used, even in the business world. With the existence of the internet, it can certainly easier for businessmen and is influential in the development of the business world. To support this paper, the method used in this research is descriptive method, by analyzing the forms of promotion and marketing strategies of several existing online businesses. The results of this paper were the discovery of how to optimize online business in the digital age with intense competition to be more attractive and attractive to consumers. This is of course to persuade consumers to be more interested in the products offered. This paper discusses the fields of online business, online media, marketing strategies and ways to optimize business online

Page 1 of 10 | Total Record : 93