cover
Contact Name
nugroho prasetya adi
Contact Email
nugroho@unsiq.ac.id
Phone
+6285228632243
Journal Mail Official
nugroho@unsiq.ac.id
Editorial Address
Jln Raya Kalibeber Km 03 Mojotengah Wonosobo Jawa Tengah Indonesia
Location
Kab. wonosobo,
Jawa tengah
INDONESIA
AL QALAM JURNAL KEPENDIDIKAN
ISSN : 25484362     EISSN : 23562447     DOI : 10.32699
Jurnal Al Qalam merupakan salah satu jurnal di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Sains Al Quran Jawa Tengah di Wonosobo. Jurnal ini terbit perdana pada tanggal 22 April 2006. Jurnal yang dikelola oleh Pusat Studi Kependidikan (PSKp) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Sains Al Quran Jawa Tengah di Wonosobo ini merupakan publikasi ilmiah para dosen, pakar dan praktisi pendidikan yang berasal dari berbagai institusi. Artikel artikel yang dipublikasikan dalam jurnal ini merupakan kajian ilmiah atas masalah masalah kependidikan yang berkembang dalam masyarakat, gagasan gagasan orisinal dan juga ringkasan hasil penelitian yang dituangkan dalam bahasa Indonesia.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 22 No 2 (2021): AL-QALAM: JURNAL ILMU KEPENDIDIKAN" : 5 Documents clear
URGENSI PENDIDIKAN TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA DALAM MASYARAKAT (Studi di Desa Kapencar Kecamatan Kertek Kabupaten Wonosobo) Trisnaningtyas, Faidati; Jafar, Noor Azis
AL-QALAM: JURNAL ILMU KEPENDIDIKAN Vol 22 No 2 (2021): AL-QALAM: JURNAL ILMU KEPENDIDIKAN
Publisher : FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS SAINS AL-QUR'AN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32699/al-qalam.v22i2.2354

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang mengacu pada jenis penelitian lapangan. Pendekatan deskriptif ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pendidikan toleransi antar umat beragama dalam masyarakat Desa Kapencar Kecamatan Kertek Kabupaten Wonosobo. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah yakni reduksi data, penyajian data, kemudian penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasanya masyarakat Desa Kapencar menjalankan Pendidikan Toleransi dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya sekolah minggu yang dilakukan setiap hari minggunya, namun tidak semua agama menjalankan rutinitas sekolah tersebut, hanya beberapa agama saja. Sekolah minggu masyarakat Desa Kapencar diajarkan mengenai pendidikan akhlak, adab, etika, tata krama, dll sehingga timbal balik dari sekolah minggu tersebut mengakibatkan masyarakat saling menghargai, menghormati satu sama lain tanpa memandang agama yang berbeda.
EFEKTIVITAS METODE SOROGAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA DAN MEMAHAMI BUKU AJAR YANBU’A DI PONDOK PESANTREN ROUDHOTUL QUR’AN WANGON BANJARNEGARA TAHUN AJARAN 2021/2022 Nadlifah, Nur Aimmatun; Sidiq, Ngarifin
AL-QALAM: JURNAL ILMU KEPENDIDIKAN Vol 22 No 2 (2021): AL-QALAM: JURNAL ILMU KEPENDIDIKAN
Publisher : FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS SAINS AL-QUR'AN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32699/al-qalam.v22i2.2355

Abstract

Di era Globalisasi saat ini terdapat beberapa permasalahan yang ditemukan pada lembaga formal maupun non formal dalam kaitanya pelajaran membaca Al-Qur’an. Berdasarkan permasalahan tersebut mulai dikembangkan metode-metode pembelajaran Al-Qur’an yang praktis khususnya dalam pelajaran membaca dan memahami, dan dengan metode tersebut mampu menjawab semua permasalahan yang sedang berkembang saat ini, yaitu metode Qiro’ati, metode tilawah, metode tartil, metode yanbu’a dan masih banyak metode praktis lainnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui konsep metode sorogan dalam pembelajaran Al-Qur’an, (2) untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran melalui metode sorogan dalam memahami bukuajar yanbu’a, (3) untuk mengetahui efektifitas metode sorogan dalam memahami bukuajar yanbu’a. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitataif lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi, dilanjutkan analisis data reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan penulis menunjukkan bahwa konsep metode sorogan dalam pembelajaran Al-Qur’an di Pondok Pesantren Roudhotul Qur’an bisa dikatan efektif, dalam hal ini seorang santri akan bisa meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an.
IMPLEMENTASI CHARACTER EDUCATION MELALUI AKLIMATISASI BERJILBAB SEJAK USIA DINI (Telaah Buku Jilbab Karya M. Quraish Shihab) Shinta, Shinta; Nashoka, Nashoka
AL-QALAM: JURNAL ILMU KEPENDIDIKAN Vol 22 No 2 (2021): AL-QALAM: JURNAL ILMU KEPENDIDIKAN
Publisher : FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS SAINS AL-QUR'AN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32699/al-qalam.v22i2.2356

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana konsep pendidikan berjilbab sejak usia dini yang ada dalam Islam, mengetahui implementasi pendidikan berjilbab melalui aklimatisasi berjilbab dalam buku yang ditulis oleh M. Quraish Shihab dengan judul “JILBAB”, dan juga untuk mengetahui apa saja yang menjadi pengaruh dari berjilbab dari usia dini terhadap karakter yang terbentuk pada anak. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, obyek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kajian buku yang ditulis oleh M. Quraish Shihab dengan judul Jilbab. Adapun sumber data yang digunakan adalah data primer. Hasil dari penelitian ini dapat menambah pengetahuan yang luas, bermanfaat bagi penulis maupun pembaca dan juga dapat mengetahui secara mendalam isi buku Jilbab yang terkhusus pada bagian berjilbab untuk membentuk karakter anak. melalui penelitian ini, peneliti mencari cara mendidik karakter anak dengan aklimatisasi berjilbab sejak dini. Karena fondasi dalam menjalani hidup adalah pendidikan karakter.
PENERAPAN PERMAINAN UTENGKAR UNTUK MENINGKATKAN FISIK MOTORIK KASAR ANAK KELAS B DI RA MASYITHOH KALIWIRO Firdaus, Nisa Ul; Munawaroh, Hidayatu
AL-QALAM: JURNAL ILMU KEPENDIDIKAN Vol 22 No 2 (2021): AL-QALAM: JURNAL ILMU KEPENDIDIKAN
Publisher : FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS SAINS AL-QUR'AN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32699/al-qalam.v22i2.2357

Abstract

Perkembangan fisik motorik kasar pada anak-anak perlu dilatih karena diusia dini kemampuan motorik kasar menjadi awal untuk pengembangan kemampuan yang lainnya, seperti kemampuan sensorik dan kemampuan berpikir. Tujuan Penelitian yaitu untuk mengetahui 1) kemampuan fisik motorik kasar anak, 2) mengetahui penerapan permainan utengkar, 3) mengetahui peningkatan hasil fisik motorik kasar anak setelah penerapan permainan utengkar. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian one group pretest posttest design. Instrumen yang digunakan meliputi observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan 1) kemampuan fisik motorik kasar anak sebelum penerapan permainan utengkar memiliki perkembangan yang sangat rendah terlihat dari data pretest ,masih ada 10 anak memiliki kriteria BB (Belum Berkembang) dengan indicator melangkah ke depan dan belakang menggunakan egrang batok kelapa. 2) Penerapan permainan utengkar dilaksanakan seperti pembelajaran pada umumnya, yakni dengan kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir. 3) Fisik Motorik Kasar anak mengalami peningkatan setelah menerapkan permainan utengkar.
INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN CINTA TANAH AIR SANTRI PONDOK PESANTREN ULUMUL QUR’AN AL-QINDILIYAH KECAMATAN MOJOTENGAH KABUPATEN WONOSOBO Maula, Zulaifatul; Mukromin, Mukromin; Mubin, Nurul
AL-QALAM: JURNAL ILMU KEPENDIDIKAN Vol 22 No 2 (2021): AL-QALAM: JURNAL ILMU KEPENDIDIKAN
Publisher : FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS SAINS AL-QUR'AN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32699/al-qalam.v22i2.2358

Abstract

Pendidikan harus diberikan sejak dini karena dengan pelatihan-pelatihan sejak dini maka seseorang akan memahami sesuatu. Salah satunya adalah pendidikan cinta tanah air, pada era modern seperti ini perlu dikuatkan agar seseorang bisa mengetahui perjuangan dan asal muasal terdapatnya negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui wujud pendidikan cinta tanah air di Pondok Pesantren Ulumul Qur’an Al-Qindiliyah Kecamatan Mojotengah dan nilai-nilai yang didapat dari pendidikan cinta tanah air serta internalisasinya. Penelitian lapangan ini dengan menggunakan metode kualitatif. Data yang diperoleh yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 3 kegiatan wujud dari pendidikan cinta tanah air di Pondok Pesantren Ulumul Qur’an Al-Qindiliyah Kecamatan Mojotengah yaitu pemilihan ketua pondok, peringatan kemerdekaan RI, dan upacara hari santri nasional. Nilai-nilai yang didapat yaitu santri akan memiliki rasa bangga dengan negaranya serta santri memiliki sikap demokrasi yang selalu mengedepankan nilai kejujuran dan keadilan tanpa sebuah paksaan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5