cover
Contact Name
Dwi Bhakti Indri M
Contact Email
indrimdwibhakti@gmail.com
Phone
+6281330541008
Journal Mail Official
aulada.ikhac@gmail.com
Editorial Address
Kampus A Lt. 1 Jl. Tirtowening Bendungan Jati Pacet Mojokerto
Location
Kota mojokerto,
Jawa timur
INDONESIA
Aulada : Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak
ISSN : -     EISSN : 26561638     DOI : https://doi.org/10.31538/aulada
AULADA adalah jurnal yang bertujuan untuk mempublikasikan artikel hasil diskusi, pemikiran dan penelitian dalam bidang pendidikan dan perkembangan anak khususnya usia dini. Jurnal AULADA diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah Institut Pesantren KH. Abdul Chalim Mojokerto. Terbit dua kali dalam setahun, yaitu Semester Ganjil dan Genap.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2020): Teknologi dan Pendidikan Anak" : 6 Documents clear
KONSEP TARBIYATUL AULAD FI AL-ISLAM ABDULLAH NASHIH ‎ULWAN DAN ‎RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM ‎UNTUK “KIDS JAMAN NOW”‎ SITI AMALIATI
Aulada : Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak Vol 2 No 2 (2020): Teknologi dan Pendidikan Anak
Publisher : Prodi. Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1081.165 KB) | DOI: 10.31538/aulada.v2i2.627

Abstract

‎“Insan kamil” merupakan tujuan pendidikan Islam tertinggi, untuk menuju tujuan tersebut harusnya ‎dipersiapkan secara matang sedini mungkin. Mengingat perubahan kehidupan manusia yang sangat cepat ‎dan dinamis di era revolusi industri 4.0 saat ini. Salah satu realitas yang menjadi viral di dunia maya saat ‎ini munculnya istilah “kids jaman now” yang merujuk pada tingkahlaku dan perubahan kebutuhan anak-‎anak usia sekolah menjadikan gawai sebagai candu. Ironisnya, usia mereka yang belum dapat memfilter ‎baik dan buruk secara maksimal, mereka justru banyak mengimitasi apapun tersedia pada gawai mereka ‎sesuai dengan kehendaknya dan menjadikannya sebagai pola kesehariannya. Oleh sebab itu pendidikan ‎Islam dapat dijadikan acuan dalam memberikan tindakan preventif agar tidak terjadi prilaku-prilaku ‎menyimpang pada anak-anak. Abdullah Nashih Ulwan dalam kitab karangannya Tarbiyatul Aulad fi al-‎Islam menjelaskan ada tujuh pokok pendidikan yang harus di berikan pada anak-anak yaitu pendidikan ‎intelektual, pendidikan psikis, pendidikan moral, pendidikan iman, pendidikan fisik, pendidikan sosial, ‎dan pendidikan seksual. Ketujuh dasar tersebut harus diberikan pada anak-anak secara kontinyu dan ‎pembiasaan sedini mungkin. Konsep Tarbiyatul Aulad fi al-Islam memiliki relevansi dengan pendidikan ‎Islam itu sendiri. Hal ini dapat dilihat dari konsep pendidikan Islam yang menjelaskan tentang tiga dasar ‎pokok pendidikan yang harus diberikan pada anak-anak yaitu pendidikan Aqidah, pendidikan Akhlaq, ‎dan pendidikan Ibadah. Sehingga relevansi konsep Tarbiyatul Aulad fi al-Islam dengan pendidikan Islam ‎memiliki relevansi nilai-nilai yang dapat dijadikan pondasi dalam mendidik anak secara Islami. Penelitian ‎ini merupakan penelitian kualitatif noninteraktif yang menitik bertakan pada data kajian secara teoritis. ‎Pengumpulan data dengan cara kualitatif yang ada hubungannya dengan konsepsi pendidikan anak ‎dalam Islam Abdullah Nashih Ulwan menggunakan teknik dokumen atau studi literatur/pustaka.‎
PENERAPAN PENDEKATAN CTL UNTUK MENINGKATKAN ‎KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK HABIBURROHMAN HABIBURROHMAN; DWI BHAKTI INDRI
Aulada : Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak Vol 2 No 2 (2020): Teknologi dan Pendidikan Anak
Publisher : Prodi. Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1149.123 KB) | DOI: 10.31538/aulada.v2i2.665

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan pembelajaran CTL pada mata pelajaran aqidah akhlak serta seberapa besar peningkatan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa kelas V di MI Miftahul Ulum Cepokolimo Pacet tahun ajaran 2018/20192. Jumlah sampel terdiri dari 24 siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus, data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan wawancara, tes, observasi dan dokumentasi serta teknis analisi data yang digunakan adalah statistic deskripsi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa dari siklus satu dan siklus dua, pada pra siklus persentase ketuntasan beajar mencapai 29% dengan kategori kurang dan pada siklus satu hasil belajar siswa mencapai ketuntasan belajar mencapai 58% dengan kategori “cukup” dan keaktifan belajar siswa dalam ketuntasan klasikal mencapai 46% dengan kategori “rendah”, sedangkan pada siklus dua hasil belajar siswa dalam ketuntasan belajar mencapai 88% termasuk dalam kategori “tinggi” dan keaktifan belajar siswa dalam ketuntasan klasikal mencapai 83% sehingga mencapai kategori tinggi. Sehingga peneliti menyipulkan bahwa pendektan pembelajaran CTL dapat meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di MI Mitahul Ulum kelas V cempokolimo Pacet tahun ajaran 2018/2019.
PENGARUH WIYATA LIGKUNGAN DAN KECERDASAN EKOLOGIS TERHADAP SIKAP KEPEDULIAN LINGKUNGAN BAGI SISWA MI TSAMROTUL JANNAH; AGUNG PURWONO
Aulada : Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak Vol 2 No 2 (2020): Teknologi dan Pendidikan Anak
Publisher : Prodi. Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (651.352 KB) | DOI: 10.31538/aulada.v2i2.866

Abstract

Peduli lingkungan sangat diperlukan karena melihat kondisi sekarang yang makin banyak kasus ‎kerusakan lingkungan dan bencana alam yang disebabkan oleh tangan manusia. Penanaman sikap peduli ‎lingkungan sejak dini sangat diperlukan. Tidak hanya kecerdasan ekologis yang dimiliki oleh siswa yang ‎membantu pembentukan sikap peduli lingkungan. Penerapan program di sekolah juga mendukung penanaman ‎sikap peduli lingkungan. Pemerintah juga sudah berkerja sama antara mentri lingkungan hidup dan mentri ‎pendidikan. Untuk penerapan sekolah berbasis adiwwiyata. Namun tidak semua sekolah mampu menerapkan ‎program tersebut. Lembaga sekolah MI Dwi Dasa Warsa juga berusaha menanamkan sikap tersebut kepada ‎siswanya meskipun lembaga tersebut tidak berbasis adiwiyata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari penerapan ‎program wiyata lingkungan dan kecerdasan ekologis terhadap sikap peduli lingkunag siswa MI Dwia Dasa ‎Warasa Trawas Mojokerto. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasi, yang bertujuan untuk ‎melihat seberapa besar pengaruh dari program yang sudah dibentuk oleh sekolah dan kecerdasan ekologis siswa ‎terhadap sikap peduli lingkungan yang di miliki siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan ‎skala likert, observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan korelasi dari penerapan ‎program wiyata lingkungan dengan sikap peduli lingkungan 0,831. Sedangkan korelasi antara kecerdasan ‎ekologis dengan sikap kepedulian lingkunga siswa 0,855. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang ‎positif dari penerapan program wiyata lingkungan dan kecerdasana ekologis dengan sikap peduli lingkungan. ‎
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SMART PATRICK BERBASIS ‎PERMAINAN PADA SUBTEMA PENGARUH KALOR TERHADAP KEHIDUPAN ‎DI KELAS V MI TAHFIDZ AN-NASHICHAH NONGSA BATAM KEPULAUAN ‎RIAU JONI JONI; BENNY ANGGA PERMADI
Aulada : Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak Vol 2 No 2 (2020): Teknologi dan Pendidikan Anak
Publisher : Prodi. Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1406.715 KB) | DOI: 10.31538/aulada.v2i2.878

Abstract

Smart Patrick merupakan Media pembelajaran Papan Pintar yang dimodifikasi bahan ‎bakunya memakai plastik yang di desain untuk pemebelajaran berbasis permainan dengan ‎tujuan untuk kemudahan dalam pembelajaran subtema Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan. ‎Selain itu Media Smart Patrick di rancang untuk memberikan kemudahan untuk guru ‎menjelaskan materi dan membagi kelompok kerja siswa yang awalnya individu menjadi ‎kelompok. Yang di dalam terdapat manual media pembelajaran Smart Patrick serta konsep ‎permainan kelompok yang bergerak. Media Pembelajaran alat pendukung dan merupakan ‎salah satu alternative yang digunakan oleh seorang pendidik atau guru dalam menyampaikan ‎sebuah materi di depan kelas. Dengan menggunakan media pembelajaran seorang guru ‎diharapkan bisa lebih mudah dalam menyampaikan materi pembelajaran dan siswa juga ‎dapat menerima pelajaran dengan baik, menyenangkan sehingga dapat memotivasi peserta ‎didik. Jenis Penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah Research and Development ‎‎(R&D) atau sering disebut pengembangan adalah model sebuah konsep memodifikasi alat ‎bantu pendukung proses pembelajaran yang memiliki tahap-tahap atau suatu proses ‎pemvalidan produk, baik dapat di lakukan individu maupun kelompok.‎
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK BERBASIS ISLAM ‎PADA SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN DI KELAS V MI ‎MIFTAKHUL ULUM CEPOKOLIMO RIRIN ANDRIANI
Aulada : Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak Vol 2 No 2 (2020): Teknologi dan Pendidikan Anak
Publisher : Prodi. Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (899.702 KB) | DOI: 10.31538/aulada.v2i2.879

Abstract

Landasan permasalahan yang ada di MI Miftahul Ulum Cepokolimo. Kurangnya bahan ‎ajar yang membantu siswa dalam belajar secara mandiri. Kurangnya keimanan dan ketakwaan ‎siswa terhadap nikmat yang diberikan allah kepada mereka. Selain itu hasil belajar siswa kelas ‎V menunjukan 80% siswa mendapat nilai di bawah KKM (kriteria Kelulusan Minimal). Belum ‎ditemukanya bahan ajar yang memadukan antara konsep dengan ayat-ayat al Quran yang ‎bertujuan untuk menambah keyakinan dan ketakwaan kepada Allah sebagai sang Khalik. ‎Berdasarkan masalah-masalah yang telah dipaparkan,Akhirnya peneliti menghasilkan ‎pengembangan modul tematik yang berbasis islam. Pengembangan ini mempunyai tujuan yaitu ‎untuk mengetahui sepesifikasi, efektifitas, dan kemenarikan modul Tematik yang berbasis islam ‎di MI Miftahul Ulum Cepokolimo. Model penelitian dan pengembangan ini yaitu ADDIE yang ‎mempunyai 5 tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. ‎Hasil dari penelitian sepesifikasi modul bahwa modul tematik yang berbasis islam berbetuk ‎media cetak. Kedua yaitu validasi, efektifitas, dan kemenarikan. Berdasarkan dari validasi ahli ‎desain 79%, validasi ahli materi 75%, validasi ahli pembelajaran 80%, berdasarkan uji lapangan ‎siswa dalam mencarai kemenarikan memperoleh hasil 88%, bardasarkan rata-rata hasil pre tes ‎dn post tes yaitu 61,45 dan 91,79 yang dapat memberikan penilaian keefektifan modul. ‎Berdasarkan hasil maka modul yang dibuat peneliti efektif, valid dan menarik.‎
PENGARUH PROJECT VIDEO VLOG YOUTUBE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN TALI-TEMALI DAN MOTIVASI BELAJAR PADA EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI MIN 1 MOJOKERTO RISKI MURDIANTO; MOKHAMMAD NIZZAM
Aulada : Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak Vol 2 No 2 (2020): Teknologi dan Pendidikan Anak
Publisher : Prodi. Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (828.435 KB) | DOI: 10.31538/aulada.v2i2.880

Abstract

Perkembangan zaman yang semakin modern berdampak besar dalam ranah ‎pendidikan. Faktanya adalah di mana media elektronik telah banyak digunakan ‎oleh masyarakat, salah satunya adalah anak-anak yang berstatus sebagai peserta ‎didik. Ada pun salah satu media yang digemari peserta didik saat ini adalah ‎youtube. Sehingga, perlu juga adanya pembaharuan model-model belajar yang ‎terkini. Dilakukannya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh project ‎video vlog youtube dalam meningkatan kemampuan tali-temali dan motivasi belajar ‎pada ekstrakurikuler pramuka di MIN 1 Mojokerto. Penelitian ini menggunakan ‎pendekatan kuantitatif dengan model true eksperimen. Sehingga didapat data ‎hipotesis setelah melakukan pengujian terhadap variabel menggunakan uji ‎homogenitas, uji validitas dan reliabilitas, dan uji normalitas, maka didapatkan uji ‎hipotesis di mana terdapat pengaruh project video vlog youtube terhadap ‎kemampuan tali-temali peserta didik dan tidak terdapat pengaruh project video ‎vlog youtube terhadap motivasi belajar peserta didik ekstrakurikuler pramuka di ‎MIN 1 Mojokerto.‎

Page 1 of 1 | Total Record : 6