cover
Contact Name
Aprina Defianti
Contact Email
aprina.defianti@unib.ac.id
Phone
+6285268550030
Journal Mail Official
jpe.fkip@unib.ac.id
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu Jl. WR Supratman, Kandang Limun, Bengkulu
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Amplitudo: Jurnal Ilmu dan Pembelajaran Fisika
Published by Universitas Bengkulu
ISSN : -     EISSN : 28282345     DOI : https://doi.org/10.33369/ajipf
Core Subject : Science, Education,
Articles which can be published in this journal are research results articles, literature reviews, case studies or ideas on teaching physics, learning physics, physics as science, and applied physics.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2: Amplitudo : Jurnal Ilmu dan Pembelajaran Fisika Edisi Maret 2024" : 5 Documents clear
PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI SMA MELAUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN APLIKASI QUIZIZ Melinda, Sella; Desy Hanisa Putri; Ruri Septiansyah
Kumparan Fisika Vol 3 No 2: Amplitudo : Jurnal Ilmu dan Pembelajaran Fisika Edisi Maret 2024
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/ajipf.3.2.61-68

Abstract

ABSTRAK   Berdasarkan observasi selama proses pembelajaran dan wawancara  siswa kelas XI MIPA 2 SMAN 4 Kota Bengkulu, diperoleh informasi bahwa Sebagian besar siswa memiliki motivasi belajar fisika  rendah. Hal ini ditandai dengan kurangnya perhatian saat melakukan latihan dan tugas, serta sering kali kurang konsentrasi dan melamun saat belajar. Hal ini menyebabkan rendahnya hasil belajar fisika.  Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI MIPA 2 di  SMAN 4 Kota Bengkulu dengan menerapkan Model Based Learning (PBL) yang didukung dengan aplikasi Quiziz. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 2 SMAN 4 Kota Bengkulu sebanyak 35 siswa.  Metode pengumpulan data adalah observasi dan penyebaran angket motivasi belajar fisika dengan metode analisis data deskriptif  kuantitatif. Penerapan  model based  learning berbantuan aplikasi Quiziz meningkatkan aktivitas siswa.  Persentase aktivitas siswa pada siklus 1 dan 2 meningkat dari 77 (tinggi)  menjadi 95  (sangat tinggi). Berdasarkan angka tersebut dapat dikatakan bahwa aktivitas peserta didik sudah aktif dalam pembelajaran  karena telah mencapai kriteria ketercapain aktivitas peserta didik secara klasikal yaitu ≥75. Hasil  penelitian menunjukan bahwa  model pembelajaran problem based learning( PBL) berbantuan aplikasi Quiziz dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI MIPA 2 di SMAN 4 kota Bengkulu. Pada siklus 1 diperoleh rata rata motivasi belajar sebesar 72 dan termasuk pada kategori motivasi belajar  tinggi.  Pada siklus 2 rata rata motivasi belajar meningkat  menjadi 80 dan termasuk kategori motivasi belajar tinggi.   Kata  kunci: Motivasi belajar, Problrm based Learning, Quiziz.   ABSTRACT   Based on the results of observations during the learning process and interviews with class XI MIPA 2 students at SMAN 4 Bengkulu city, most of the students had low motivation to learn physics. This is characterized by low awareness in carrying out exercises and assignments and is often unfocused and daydreaming during learning. This causes low physics learning outcomes. This study aims to increase the learning motivation of class XI MIPA 2 students at SMAN 4 Bengkulu City by applying the Model Based Learning (PBL) learning model assisted by the Quiziz Application. This study used a collaborative classroom action research (PTK) design which was carried out over two cycles where each cycle consisted of the stages of planning, implementing, observing, and reflecting. The subjects in this study were all students of class XI MIPA 2 SMAN Bengkulu city, totaling 35 students. while the object of this assessment is the motivation to learn physics. The data collection method used is observation and distribution of motivational questionnaires to study physics with quantitative descriptive data analysis methods. The percentage of student activity in cycles 1 and 2 increased from 77 (high) to 95 (very high). Based on these figures it can be said that the activities of students are already active in learning because they have achieved the criteria for achieving classical student activities, namely ≥75. The results of the study show that the problem based learning (PBL) model assisted by the Quiziz application can increase the learning motivation of class XI MIPA 2 students at SMAN 4 Bengkulu city. In cycle 1, an average learning motivation of 72 was obtained and it was included in the category of high learning motivation. In cycle 2 the average learning motivation increased to 80 and included in the category of high learning motivation.   Keywords: Learning motivation, Problem based learning, Quiziz.
PENGARUH ETNOSAINS PADA PEMBUATAN KLEPON DALAM PEMBELAJARAN KALOR DAN PERPINDAHANNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 17 KOTA BENGKULU Lisantia, Risky Novi; Nirwana, Nirwana; Sakti, Indra; Primairyani, Ariefa; Wardana, Rendy Wikrama
Kumparan Fisika Vol 3 No 2: Amplitudo : Jurnal Ilmu dan Pembelajaran Fisika Edisi Maret 2024
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/ajipf.3.2.69-76

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh etnosains pada pembuatan klepon dalam pembelajaran kalor dan perpindahannya terhadap hasil belajar siswa dan mengetahui berapa besar peningkatan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran materi kalor dan perpindahannya dengan etnosains pada pembuatan klepon. Subjek dalam penelitian yatu kelas VII E di SMP Negeri 17 Kota Bengkulu. Penelitian yang dterapkan yaitu penelitian kuantitatif dengan desain one group pretest-postest. Pengumpulan data hasil belajar siswa dilakukan dengan memberikan lembar soal berupa pretest (tes awal) dan postest (tes akhir) di setiap pertemuan yang dianalisis melalui uji-t data tunggal dan N-Gain. Hasil belajar siswa dari analisis uji-t satu sampel menunjukkan thitung sebesar 29,450. Berdasarkan uji peningkatan hasil belajar siswa terdapat 18 orang siswa yang memperoleh skor N-gain yang bekisar antara 0,4 sampai 0,7 sehingga termasuk kategori sedang, sedangkan 11 orang siswa lainnya memperoleh skor N-gain kategori tinggi dengan skor 0,8 sampai dengan 1,0. Hasil keseluruhan analisis menunjukkan bahwa ada pengaruh etnosains pada pembuatan klepon dalam pembelajaran materi kalor dan perpindahannya terhadap hasil belajar siswa dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan kategori sedang dan tinggi. Sebagai penelitian penerapan pembelajaran, artikel ini dapat menjadi acuan untuk penerapan etnosains dalam pembelajaran IPA oleh guru serta dapat digunakan sebagai kajian pustaka untuk penelitian selanjutnya di bidang pendidikan. Kata kunci : etnosains, klepon, hasil belajar ABSTRACT This study aims to determine the effect of ethnoscience on making klepon in the matter heat toward learning outcomes and to find out how much increase in student learning outcomes in learning heat material and its transfer with ethnoscience in making klepon. The subjects in the study were class VII E at SMP Negeri 17 Bengkulu City. The research applied is quantitative research with one group pretest-posttest design. Data collection on student learning outcomes was carried out by giving question sheets in the form of pretest (initial test) and post-test (final test) in each meeting which was analyzed through a single data t-test and N-Gain. Student learning outcomes from the one-sample t-test analysis showed a count of 29.450. Based on the test of improving student learning outcomes, 18 students obtained an N-gain score ranging from 0.4 to 0.7 so that which was included in the medium category, while 11 other students obtained an N-gain score in the high category with a score of 0.8 to 0.7. 1.0. The overall results of the analysis show that there is an influence of ethnoscience on the making of klepon in the learning of heat material and its transfer to student learning outcomes and student learning outcomes have increased in the medium and high categories. As a research application of learning, this article can be a reference for the application of ethnoscience in science learning by teachers and can be used as a literature review for further research in the field of education. Keywords: ethnoscience, klepon, learning outcomes
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERORIENTASI PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) PADA TEKANAN FLUIDA STATIS Fadhila, Annisa; Koto, Irwan; Nirwana, Nirwana; Sakti, Indra; Sutarno, M
Kumparan Fisika Vol 3 No 2: Amplitudo : Jurnal Ilmu dan Pembelajaran Fisika Edisi Maret 2024
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/ajipf.3.2.77-86

Abstract

ABSTRAK Pandemi COVID-19 yang menyebar ke seluruh dunia termasuk Indonesia. Untuk mengatasi penularan virus COVID-19, pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk menjaga jarak. Melalui angket yang diisi oleh siswa di SMP Negeri 17 Kota Bengkulu diketahui bahwa siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi pelajaran pada saat pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan LKPD berorientasi POE dengan mengadaptasi penelitian Research and Development dengan model 4D. Pengembangan yang terdiri dari 4 tahap: define (analisis kurikulum dan perangkat pembelajaran serta analisis kebutuhan pengembangan LKPD), design (merancang produk LKPD), development (validasi dan revisi produk), dan disseminate (uji coba pada pengguna). Namun, pada penelitian ini dibatasi sampai pada tahap pengembangan produk. Hasil validasi yang telah dilakukan oleh ahli pada LKPD berorientasi POE diperoleh validitas sebesar 0,93 (validitas tinggi). Sehingga LKPD berorientasi POE pada materi tekanan fluida statis layak untuk uji lapangan. Respon keterbacaan oleh 21 siswa pada aspek tampilan LKPD, penyajian materi LKPD, dan LKPD dilakukan kepada 21 siswa di SMP Negeri 17 Kota Bengkulu. Pada aspek materi pada materi tekanan fluida statis yang sudah dikembangkan memiliki persentase sebesar 86,73% (sangat baik). Pada aspek bahasa memiliki persentase sebesar 84,05% (sangat baik). Pada aspek ketertarikan memiliki persentase sebesar 82,74 % (sangat baik). Sehingga respon siswa terhadap uji keterbacaan produk LKPD berorientasi POE pada materi tekanan fluida statis yang telah dikembangkan didapatkan hasil setiap aspek memiliki persentase 84,89% (sangat baik). Kata Kunci : Research and Development, model 4D, LKPD, POE ABSTRACT The COVID-19 pandemic has spread throughout the world, including Indonesia. To overcome the spread of the COVID-19 virus, the government issued a policy to maintain social distance. Through a questionnaire filled out by students at SMP Negeri 17 Bengkulu City, it was found that students had difficulty understanding the subject matter during online learning. The purpose of this research is to develop LKPD POE oriented by adapting Research and Development research with a 4D model. The development consists of 4 stages: define (analysis of curriculum, learning tools and needs analysis of LKPD development), design (design LKPD products), development (validation and revision of products), and disseminate (test on users). However, this research is limited to the product development stage. The results of the validation that have been carried out by experts on LKPD POE oriented obtained a validity of 0.93 (high validity). So that the LKPD POE oriented on static fluid pressure material is feasible for field testing. Readability responses by 21 students on the aspect of LKPD display, presentation of LKPD material, and LKPD were carried out to 21 students at SMP Negeri 17 Bengkulu City. In the material aspect, the static fluid pressure material that has been developed has a percentage of 86.73% (very good). In the language aspect, it has a percentage of 84.05% (very good). In the aspect of interest has a percentage of 82.74% (very good). So that the student response to the readability test of POE-oriented LKPD products on the static fluid pressure material that has been developed shows that each aspect has a percentage of 84.89% (very good). Keywords: Research and Development, 4D model, LKPD, POE
PENGARUH PENERAPAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA KELAS VII SMPN 09 KOTA BENGKULU PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL Kasim, Hafia Ameliyah; Sutarno, Sutarno; Wardana, Rendy Wikrama; Uliyandari, Mellyta; Yani, Ariefa Primair
Kumparan Fisika Vol 3 No 2: Amplitudo : Jurnal Ilmu dan Pembelajaran Fisika Edisi Maret 2024
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/ajipf.3.2.87-96

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran IPA model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), terhadap penguasaan konsep siswa di dalam pembelajaran IPA pada materi pemanasan global. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII C sebagai kelas uji coba (eksperimen) dan siswa kelas VII A sebagai kelas pembanding (kontrol). Jumlah siswa yang terlibat terdiri dari 33 siswa dari kelas VII C dan 34 siswa dari kelas VII A. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment Research tipe nonequivalent control group design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes penguasaan konsep siswa dan lembar angket respon terhadap model yang diajarkan. Berdasarkan Hasil perhitungan penguasaan konsep dengan menggunakan uji t, diperoleh nilai signifikansi menunjukkan 0,00 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil perhitungan diperoleh besarnya effect size pada penguasaan konsep menunjukkan bahwa terjadi pengaruh yang sedang. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran IPA model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap penguasaan konsep siswa kelas VII C SMPN 09 Kota Bengkulu. Kata kunci : IPA, Penguasaan Konsep, CIRC, dan Pemanasan Global ABSTRACT This study aims to determine the Effect of Applying the Science Learning Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) learning model, on students' mastery of concepts in science learning on global warming material. The research sample was taken using a purposive sampling technique. The samples used in this study were students of class VII C as a trial class (experiment) and students of class VII A as a comparison class (control). The number of students involved consisted of 33 students from class VII C and 34 students from class VII A. The type of this research is Quasi Experiment Research type nonequivalent control group design. The instruments used in this study were student concept mastery test sheets and response questionnaires to the model being taught. Based on the results of calculating mastery of the concept using the t test, a significance value is obtained showing 0.00 < 0.05 so that H0 is rejected and H1 is accepted. The results of the calculations show that the magnitude of the effect size on mastery of the concept indicates that there is moderate influence. So it can be concluded that the use of the Science learning model of the Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) learning model has a significant influence on the mastery of the concepts of class VII C students of SMPN 09 Bengkulu City. Key words : Science, Mastery of Concepts, CIRC, and Global Warming
ANALISIS KETERLAKSANAAN PENDIDIKAN MITIGASI BENCANA DALAM PEMBELAJARAN IPA DI WILAYAH PESISIR KOTA BENGKULU Rahmayani, Desti; Johan, Henny; Sutarno, Sutarno; Parlindungan, Deni; Defianti, Aprina
Kumparan Fisika Vol 3 No 2: Amplitudo : Jurnal Ilmu dan Pembelajaran Fisika Edisi Maret 2024
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/ajipf.3.2.97-105

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pendidikan mitigasi bencana dalam pembelajaran IPA, mengetahui persepsi guru dan peserta didik terhadap pentingnya penerapan pendidikan mitigasi bencana dalam pembelajaran IPA . Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII yang terdiri dari 6 sekolah yang ada di Kota Bengkulu. Jumlah siswa yang terlibat terdiri dari 32 siswa dari masing-masing kelas. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar wawancara dan lembar angket terhadap pentingnya penerapan mitigasi bencana. Berdasarkan Hasil perhitungan keterlaksanaan pendidikan mitigasi bencana yang telah dilakukan dalam pembelajaran IPA SMP di wilayah pesisir Kota Bengkulu dapat dilihat pada lampiran 7 bahwa persentase rata-rata dari SMP Negeri 3 Kota Bengkulu sebesar 73,88 yang berada pada kategori baik, SMP Negeri 7 Kota Bengkulu sebesar 80,50 yang berada pada kategori baik, SMP Negeri 9 Kota Bengkulu sebesar 77,46 yang berada pada kategori baik, SMP SINT CAROLUS Kota Bengkulu sebesar 73,08 yang berada pada kategori baik, SMP Negeri 12 Kota Bengkulu sebesar 80,00 yang berada pada kategori baik dan di SMP Negeri 15 Kota Bengkulu sebesar 78,88 yang berada pada kategori baik. Berdasarkan hasil wawancara guru keterlaksanaan pendidikan mitigasi bencana dalam pembelajaran IPA bahwa persepsi guru sudah cukup baik, sedangkan menurut peserta didik sudah cukup baik tetapi belum dilaksanakan demonstrasi secara langsung. Kata kunci : IPA, Penerapan Pendidikan, Mitigasi Bencana, Kota Bengkulu ABSTRACT This study aims to determine the implementation of disaster mitigation education in science learning, to know the perceptions of teachers and students on the importance of implementing disaster mitigation education in science learning. The sample used in this study was class VII students consisting of 6 schools in the city of Bengkulu. The number of students involved consisted of 32 students from each class. This type of research is research descriptive. The instruments used in this study were interview sheets and questionnaire sheets regarding the importance of implementing disaster mitigation. Based on the results of calculating the implementation of disaster mitigation education that has been carried out in junior high school science learning in the coastal area of Bengkulu City, it can be seen in Appendix 7 that the average percentage of SMP Negeri 3 Bengkulu 73.88 which is in the good category, SMP Negeri 7 Bengkulu 80.50 which is in the good category, SMP Negeri 9 Bengkulu 77.46 which is in the good category, SMP SINT CAROLUS Bengkulu 73.08 which is in the good category, SMP Negeri 12 Bengkulu 80 which is was in the good category and at SMP Negeri 15 Bengkulu was 78.88 which was in the good category. Based on the results of teacher interviews on the implementation of disaster mitigation education in science learning, the teacher's perception was good enough, while according to the students it was good enough but direct demonstrations had not yet been carried out. Keywords :Science, Application of Education, Disaster Mitigation, Bengkulu City

Page 1 of 1 | Total Record : 5