cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Faculty of Psychology Universitas Islam Sultan Agung Semarang Fakultas Psikologi Universitas Islam Sultan Agung Semarang, Jl. Kaligawe Raya km 4, Genuk, Semarang, Jawa Tengah, 50112
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Proyeksi: Jurnal Psikologi
ISSN : 19078455     EISSN : 26564173     DOI : 10.30659
Core Subject : Social,
Proyeksi: Jurnal Psikologi adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Psikologi Universitas Islam Sultan Agung. Jurnal ini memuat hasil pemikiran dan studi empiris bidang psikologi atau bidang lain yang terkait dengan disiplin ilmu psikologi. Terbit setahun dua kali tiap April dan Oktober. Redaksi mengundang para penulis untuk mengirimkan artikel hasil penelitian maupun pemikiran dibidang psikologi maupun bidang lain yang terkait. Redaksi berhak mengedit naskah sepanjang tidak mengubah substansi tulisan
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 19, No 1 (2024): April 2024" : 8 Documents clear
PENINGKATAN KEUNGGULAN KOMPETITIF MELALUI SOCIAL MISSION, SERVICE QUALITY, INTENTION TO BUY, DAN BRAND IMAGE Mukti, Yoanita Yuniati; Ashila, Shafa; Bakar, Abu
Proyeksi Vol 19, No 1 (2024): April 2024
Publisher : Faculty of Psychology Universitas Islam Sultan Agung Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/jp.19.1.39-51

Abstract

Tingginya persaingan di industri menunjukkan pentingnya keunggulan kompetitif. Upaya peningkatan keunggulan kompetitif mutlak diperlukan agar upaya yang dilakukan dapat menarik perhatian konsumen. Penelitian ditujukan untuk identifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian, yaitu social mission, service quality, dan brand image. Hipotesis penelitian adalah faktor social mission, service quality, Intention to buy, dan brand image memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Metode pengambilan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dan diperoleh data 100 responden. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan SEM-PLS, dan diperoleh bahwa terdapat pengaruh yang signifikan di antara variabel social mission terhadap service quality, brand image dan intention to buy, serta service quality terhadap brand image, dan brand image terhadap intention to buy. Hasil penelitian menunjukkan rekomendasi upaya peningkatan keunggulan kompetitif yaitu diantaranya meliputi, peningkatan kegiatan misi sosial, peningkatan kualitas layanan terutama sikap dari karyawan dalam memberikan layanan kepada pelanggan, serta peningkatan serta ciri khas merek sebagai bagian dari brand image perusahaan.
Pengaruh Literasi Kesehatan Mental Terhadap Kesehatan Mental Pada Mahasiswa Fakhriyani, Diana Vidya
Proyeksi Vol 19, No 1 (2024): April 2024
Publisher : Faculty of Psychology Universitas Islam Sultan Agung Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/jp.19.1.52-65

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat literasi kesehatan mental pada mahasiswa, (2) tingkat kesehatan mental pada mahasiswa, (3) pengaruh literasi kesehatan mental terhadap kesehatan mental pada mahasiswa, dan (4) perbedaan tingkat literasi kesehatan mental dan kesehatan mental pada mahasiswa, antara laki-laki dan perempuan. Sampel penelitian sebanyak 257 orang mahasiswa yang diambil berdasarkan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini, berupa skala Literasi Kesehatan Mental (Mental Health Literacy Scale / MHLS) dan Inventori Kesehatan Mental (Mental Health Inventory / MHI). Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian membuktikan bahwa pertama, mahasiswa memiliki tingkat literasi kesehatan mental yang beragam, yakni rendah, sedang, dan tinggi, di mana kategori tinggi merupakan jumlah terbanyak diantara kategori lainnya. Kedua, tingkat kesehatan mental mahasiswa sebagian besar berada pada kategori sedang. Meskipun terdapat tingkat kesehatan mental mahasiswa dalam kategori tinggi, namun ada sebagian mahasiswa yang memiliki tingkat kesehatan mental pada kategori rendah. Ketiga, literasi kesehatan mental tidak berpengaruh secara langsung terhadap kondisi kesehatan mental pada mahasiswa. Keempat, tingkat literasi kesehatan mental pada mahasiswa, perempuan lebih tinggi dibandingkan laki-laki, sedangkan tingkat kesehatan mental pada mahasiswa antara laki-laki dan perempuan adalah cenderung sama.
PELATIHAN REGULASI EMOSI: UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN REGULASI EMOSI PADA SISWA SMK Fiqih, Fikri Tahta Nurul; Ambarini, Tri Kurniati
Proyeksi Vol 19, No 1 (2024): April 2024
Publisher : Faculty of Psychology Universitas Islam Sultan Agung Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/jp.19.1.66-75

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelatihan regulasi emosi untuk meningkatkan keterampilan regulasi emosi pada siswa SMK. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan terpilih sebanak 21 partisipan sebagai kelompok eksperimen. Alat ukur yang digunakan untuk pretest dan posttest adalah skala Emotion Regulation Questionnare (ERQ) yang terdiri dari 10 item, dengan 6 item mengukur strategi cognitive reappraisal dan 4 item mengukur strategi expressive supression. Pelatihan regulasi emosi dilaksanakan sebanyak 6 sesi dengan beberpa metode seperti ceramah, diskusi dan roleplay. Hasil analisis data menggunakan paired sample test menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada kelompok eksperimen sebelum dan sesudah intervensi, sehingga dapat disimpulkan bahwa pelatihan regulasi dapat meningkatkan keteranpilan regulasi emosi siswa.
PENGARUH PEMBERIAN EXPRESSIVE WRITING THERAPY TERHADAP PENINGKATAN REGULASI EMOSI Nabila, Hannah; Sartika, Dewi; Nugrahawati, Eni Nuraeni
Proyeksi Vol 19, No 1 (2024): April 2024
Publisher : Faculty of Psychology Universitas Islam Sultan Agung Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/jp.19.1.1-13

Abstract

Perilaku melukai diri didasari oleh ketidakmampuan individu untuk menghadapi emosi negatif dengan cara yang adaptif. Kesulitan dalam menemukan coping membuat individu mencari cara yang dirasa paling cepat untuk mengurangi peningkatan emosi negatif. Perilaku melukai diri dapat menurunkan emosi negatif dan mendatangkan perasaan lega, namun cara ini menimbulkan luka fisik pada individu dan besar kemungkinan perilaku tersebut akan diulang oleh individu ketika kembali mengalami peningkatan emosi negatif. Jika hal ini terjadi secara terus menerus maka akan menurunkan rasa takut akan kematian dan akan berdampak pada peningkatan resiko bunuh diri. Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh pemberian expressive writing therapy terhadap peningkatan regulasi emosi dewasa awal yang melakukan NSSI. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest, dengan jumlah subjek penelitian 5 orang. Sesi intervensi dilakukan sebanyak 5 kali pertemuan. DERS versi Bahasa Indonesia digunakan untuk mengukur regulasi emosi pada partisipan sebelum dan sesudah pemberian intervensi Expressive Writing Therapy (EWT). Data yang didapatkan dianalisis menggunakan uji statistika non-parametrik Wilcoxon Signed Rank. Hasil uji signifikansi menunjukkan p value= 0.042, dengan taraf kepercayaan α= 0.05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan regulasi emosi secara signifikan pada individu dewasa awal yang melakukan non suicidal self injury (NSSI) setelah diberikannya intervensi Expressive Writing Therapy (EWT). Individu menjadi lebih mampu untuk mencari alternatif perilaku lain dalam menghadapi peningkatan emosi negatif.
PENGARUH EGO DEPLETION TERHADAP KREATIVITAS MAHASISWA Sumbaga, Marchelina Febe
Proyeksi Vol 19, No 1 (2024): April 2024
Publisher : Faculty of Psychology Universitas Islam Sultan Agung Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/jp.19.1.76-85

Abstract

Setiap individu pada hakikatnya menginginkan yang namanya keberhasilan di dalam hidupnya. Namun pada realitanya, akan ada banyak halangan yang terjadi pada saat individu ingin mencapai keberhasilan tersebut. Keseluruhan hal ini mampu untuk mempengaruhi individu baik secara fisik hingga psikis (Robson, 2023). Konflik dan dilema di seperti kondisi diatas bukanlah sesuatu yang bersifat anecdotal (Li et al., 2022). banyak pendapat yang mengatakan bahwa mahasiswa adalah individu-individu yang rentan mengalami ego depletion ini dikarenakan banyak tugas perkuliahan, tuntutan akademik, tuntutan orangtua/lingkungan, pengelolaan keuangan, hingga masalah interpersonal dan masih banyak lagi lainnya. hal ini akan mempengaruhi dari prestasi akademik, pemecahan masalah, kegagalan memenuhi tugas, kurangnya fokus/konsentrasi untuk belajar, hingga penurunan fungsi kognitif (Yang, 2022). Metode yang digunakan dalam penelitian adalah eksperiment yang dimana kita membagi 2 kelompok yang masing masing berisikan 10 anggota dimana kelompok A merupakan kelompok kontrol dan B merupakan kelompok eksperimen. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa ego deplemention memiliki pengaruh terhadap kreativitas yang dimana jika semakin banyak ego depletion terhadap seseorang maka kreativitas akan menurun, sedangkan semakin sedikit ego depletion terhadap seseorang maka kreativitas akan meningkat,
PENGARUH BEBAN KERJA TERHADAP PROKRASTINASI PADA KARYAWAN DI KOTA SAMARINDA sari, meyritha trifina
Proyeksi Vol 19, No 1 (2024): April 2024
Publisher : Faculty of Psychology Universitas Islam Sultan Agung Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/jp.19.1.14-25

Abstract

Dalam dunia kerja banyak factor penyebab pegawai melakukan penundaan dalam penyelesaian tugas. Salah satu factor adalah beban kerja yang dijalani oleh pegawai. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui secara empiris pengaruh beban kerja terhadap prokrastinasi pada karyawan. Penelitian ini melibatkan 121 karyawan perusahaan industri dan jasa di kota Samarinda. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan penetapan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian diperolah menggunakan dua jenis skala yaitu skala beban kerja dan skala prokrastinasi. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis regresi sederhana dengan bantuan program SPSS 22 for windows. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa beban kerja berpengaruh positif terhadap prokrastinasi pada karyawan dengan nilai p = 0.095 (p > 0,05). Pengaruh beban kerja terhadap prokrastinasi pada karyawan ditunjukkan oleh nilai R2 sebesar 0,037, yang berarti bahwa variabel prokrastinasi dipengaruhi oleh variabel beban kerja.
THE IMPACT OF EMOTIONAL INTELLIGENCE, TEACHER-STUDENT RELATIONSHIPS, PARENTAL INVOLVEMENT, AND CLASSROOM CLIMATE ON PRESCHOOLERS' SOCIAL-EMOTIONAL DEVELOPMENT Iskandar, Yusuf
Proyeksi Vol 19, No 1 (2024): April 2024
Publisher : Faculty of Psychology Universitas Islam Sultan Agung Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/jp.19.1.26-38

Abstract

This research aims to examine the influence of emotional intelligence, teacher-student relationships, parental involvement, and classroom climate on the social-emotional development of Indonesian preschool children in Sukabumi Regency. A total of 80 preschool children and their parents were recruited as participants. Data were collected using a questionnaire and analyzed with SPSS. The results of the study showed that emotional intelligence, teacher-student relationships, parental involvement, and classroom climate have a positive and significant effect on the social-emotional development of Indonesian preschool children. Specifically, higher emotional intelligence, positive teacher-student relationships, greater parental involvement, and a positive classroom climate were associated with better socio-emotional development in preschool children. The findings highlight the importance of focusing on these factors in early childhood education programs to promote the social-emotional development of preschool children in Indonesia.
Efektivitas Sosialisasi Peran Guru Penggerak terhadap Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar Handayani, Agustin; Kuncoro, Joko
Proyeksi Vol 19, No 1 (2024): April 2024
Publisher : Faculty of Psychology Universitas Islam Sultan Agung Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/jp.19.1.86-95

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan intervensi guna meningkatkan kompetensi guru dalam lima sikap yang harus dimiliki seorang guru sebagai motivator yaitu : bersikap terbuka, membantu siswa dalam memanfaatkan potensi dalam disinya dengan maksimal, Menciptakan hubungan interaksi KBM dengan serasi, menumbuhkan minat belajar siswa, dan Sikap aktif dari subjek belajar (siswa). Analisis data menggunakan SPSS (Statistical Product and Service Solution), yang terbagi dalam 4 model. Model 1 dengan hasil uji korelasi yang dilakukan memperoleh skor R = 0,452 dengan tingkat signifikansi 0,07 (p>0,05). Model 2 dengan hasil uji korelasi yang dilakukan memperoleh skor R = 0,496 dengan tingkat signifikansi 0,05 (p<0,05). Model 3 dengan hasil uji korelasi yang dilakukan memperoleh skor R = 0,501 dengan tingkat signifikansi 0,049 (p<0,05). dan Model 4 dengan hasil uji korelasi yang dilakukan memperoleh skor R = 0,77 dengan tingkat signifikansi 0,01 (p<0,01).

Page 1 of 1 | Total Record : 8