cover
Contact Name
Iin Parlina
Contact Email
Parlina.ok0303@gmail.com
Phone
+6281373443897
Journal Mail Official
jurnaldialektologi@gmail.com
Editorial Address
Jln. Sulaiman Raden Anom No.333 Lintas Timur Kecamatan Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan
Location
Kab. ogan komering ilir,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal DIALEKTOLOGI
Core Subject : Education,
DIALEKTOLOGI diterbit oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung. Berkala diterbitkan dua kali setahun pada bulan April dan November. Akan tetapi, sejak tahun 2022 terbitan berkala direvisi menjadi Bulan April dan Oktober. Berisi tulisan tentang kajian dan hasil penelitian di bidang pendidikan bahasa Indonesia.
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol. 8 No. 2 (2023): Dialektologi" : 14 Documents clear
SARKASME NETIZEN DALAM KOMENTAR AKUN INSTAGRAM LESTI KEJORA Ulan Dari; Edi Suryadi; Doni Samaya
DIALEKTOLOGI Vol. 8 No. 2 (2023): Dialektologi
Publisher : DIALEKTOLOGI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Gaya bahasa atau majas sering kali ditemukan di sebuah tulisan yang dibuat oleh penulis atau pengarang. Gaya bahasa memiliki berbagai jenis salah satunya yaitu, sarkasme. Sarkasme termasuk dalam salah satu jenis gaya bahasa sindiran karena merupakan sindiran bersifat kasar. Sarkasme sering kita temukan di media sosial, yaitu Instagram. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis dan bentuk gaya bahasa sarkasme netizen dalam komentar akun Instagram Lesti Kejora. Metode yang digunakan metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa gaya bahasa sarksme netizen dalam komentar akun instagram Lesti Kejora periode November—Desember 2022 ditemukan 217 data. Pada bulan November jenisnya terdapat 79 data, yaitu bersifat ironis 37 data dan bersifat lugas 42 data. Bentuknya ditemukan 45 data, yaitu sarkasme sifat ada 3 data, bentuk sarkasme tindakan ada 7 data, bentuk sarkasme hasil tindakan ada 6 data, bentuk sarkasme himbauan 2 data dan sarkasme sebutan ada 27 data. Bulan Desember jenisnya ditemukan 63 data, yaitu bersifsat ironis ada 32 data dan jenis bersifat lugas 31 data. Bentuknya ditemukan 30 data, yaitu sarkasme sifat ada 2 data, sarkasme tindakan ada 2 data, sarkasme hasil tindakan ada 6 data, sarkasme himbauan 3 data, dan sarkasme sebutan ada 17 data
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI INSHOT DALAM MENULIS PUISI Iin Parlina; Sa’udah
DIALEKTOLOGI Vol. 8 No. 2 (2023): Dialektologi
Publisher : DIALEKTOLOGI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan aplikasi Inshot terhadap keterampilan menulis puisi. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dan populasinya hanya siswa kelas X SMK Negeri 3 Kaguagung tahun pelajaran 2023. Teknik analisis data yang digunakan adalah perhitungan uji-t dengan menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan skor tes keterampilan puisi antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Nilai rata-rata tes puisi siswa kelas eksperimen sebelumnya adalah 53,86 dan kelas eksperimen kedua adalah 77,95. Nilai rata-rata kelas kontrol sebelum tes sebesar 52,73 dan setelah tes sebesar 70,23. Hasil analisis data menunjukkan ratarata skor belajar kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrolyaitu 77,95 > 70,23. Berdasarkan hasil analisis pertama menunjukkan bahwa t hitung (10,495) lebih besar dari ttabel (1,682) dengan nilai 42 (df 42) pada tingkat signifikansi probabilistik kurang dari 0,05 atau 0,000<0,05. Artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain, terdapat perbedaan keterampilan menulis siswa yang belajar menggunakan Inshot dan yang belajar menggunakan media visual
SARKASME NETIZEN DALAM KOMENTAR AKUN INSTAGRAM LESTI KEJORA Ulan Dari; Edi Suryadi; Doni Samaya
DIALEKTOLOGI Vol. 8 No. 2 (2023): Dialektologi
Publisher : Dialektologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Gaya bahasa atau majas sering kali ditemukan di sebuah tulisan yang dibuat oleh penulis atau pengarang. Gaya bahasa memiliki berbagai jenis salah satunya yaitu, sarkasme. Sarkasme termasuk dalam salah satu jenis gaya bahasa sindiran karena merupakan sindiran bersifat kasar. Sarkasme sering kita temukan di media sosial, yaitu Instagram. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis dan bentuk gaya bahasa sarkasme netizen dalam komentar akun Instagram Lesti Kejora. Metode yang digunakan metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa gaya bahasa sarksme netizen dalam komentar akun instagram Lesti Kejora periode November—Desember 2022 ditemukan 217 data. Pada bulan November jenisnya terdapat 79 data, yaitu bersifat ironis 37 data dan bersifat lugas 42 data. Bentuknya ditemukan 45 data, yaitu sarkasme sifat ada 3 data, bentuk sarkasme tindakan ada 7 data, bentuk sarkasme hasil tindakan ada 6 data, bentuk sarkasme himbauan 2 data dan sarkasme sebutan ada 27 data. Bulan Desember jenisnya ditemukan 63 data, yaitu bersifsat ironis ada 32 data dan jenis bersifat lugas 31 data. Bentuknya ditemukan 30 data, yaitu sarkasme sifat ada 2 data, sarkasme tindakan ada 2 data, sarkasme hasil tindakan ada 6 data, sarkasme himbauan 3 data, dan sarkasme sebutan ada 17 data
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI INSHOT DALAM MENULIS PUISI Iin Parlina; Sa’udah
DIALEKTOLOGI Vol. 8 No. 2 (2023): Dialektologi
Publisher : Dialektologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan aplikasi Inshot terhadap keterampilan menulis puisi. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dan populasinya hanya siswa kelas X SMK Negeri 3 Kaguagung tahun pelajaran 2023. Teknik analisis data yang digunakan adalah perhitungan uji-t dengan menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan skor tes keterampilan puisi antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Nilai rata-rata tes puisi siswa kelas eksperimen sebelumnya adalah 53,86 dan kelas eksperimen kedua adalah 77,95. Nilai rata-rata kelas kontrol sebelum tes sebesar 52,73 dan setelah tes sebesar 70,23. Hasil analisis data menunjukkan ratarata skor belajar kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol yaitu 77,95 > 70,23. Berdasarkan hasil analisis pertama menunjukkan bahwa t hitung (10,495) lebih besar dari ttabel (1,682) dengan nilai 42 (df 42) pada tingkat signifikansi probabilistik kurang dari 0,05 atau 0,000<0,05. Artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain, terdapat perbedaan keterampilan menulis siswa yang belajar menggunakan Inshot dan yang belajar menggunakan media visual
PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 KAYUAGUNG Yeyen Yusniar; Ade Rahmayani
DIALEKTOLOGI Vol. 8 No. 2 (2023): Dialektologi
Publisher : Dialektologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis query terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode semi empiris. Sampel survei terdiri dari dua strata, yaitu. kelas VIII.6 sebagai kelas tes dan kelas VIII.7 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menguji kemampuan menulis teks eksplanasi dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaan. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan program SPSS dan dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan hasil hipotesis pertama terlihat Thitung (3,480) lebih besar dari ttabel (1,670) dengan besaran 62. Pada taraf signifikansi probabilitas lebih kecil dari 0,05. Selain itu, penggunaan tulisan tangan juga memberikan pengaruh positif bagi siswa dalam menulis surat persuasif. Hal ini terlihat jelas pada tingkat signifikansi 0,001 (kedua belah pihak). Artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran query berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kayuagung
PENGGUNAAN MEDIA VIDEO STOP MOTION DALAM MENCERITAKAN KEMBALI TEKS LEGENDA SISWA KELAS VII Novi Santi; Bella Novia
DIALEKTOLOGI Vol. 8 No. 2 (2023): Dialektologi
Publisher : Dialektologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media video stop-motion dalam menceritakan kembali teks legenda siswa kelas VII. Dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Sampel penelitian ini adalah kelas VII.3 (kelas eksperimen) dan kelas VII.4 (kelas kontrol) yang berjumlah 58 orang. Teknik analisis data dengan menggunakan program SPSS 22 yang dianalisis dengan uji t dan Levene Statistics. Nilai sebelumnya pada kelas eksperimen adalah 52,93 dan kelas kontrol sebesar 47,93. Hasil postes kelas eksperimen yaitu 72,24, sedangkan kelas kontrol yaitu 68,28. Hasil hipotesis menunjukkan thitung (4,649) > ttabel (1,673) dengan signifikansi > 0,05 dan tingkat keabsahan 56. Artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan menceritakan kembali teks legenda menggunakan media video stop motion dan media visual (buku cetak)
ANALISIS NOVEL KISAH TANAH JAWA GUA JEPANG KARYA @KISAHTANAHJAWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN HISTORIS Aria Eka Bakti
DIALEKTOLOGI Vol. 8 No. 2 (2023): Dialektologi
Publisher : Dialektologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah unsur unsur sejarah yang ada di dalam novel yang berjudul Kisah Tanah Jawa Gua Jepang, berdasarkan analisis yang telah dilakukan maka peneliti dapat mengetahui beberapa unsur sejarah seperti waktu kejadian dari peristiwa sejarah pada masa penjajahan Jepang. Metode yang digunakan oleh peneliti dalam adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berupa Novel Kisah Tanah Jawa: Gua Jepang Karya @Kisah Tanah Jawa. Penelitian ini menggunakan kata kata sebagai media untuk menguraikan análisis. Hasil penelitian yang dipaparkan berupa unsur-unsur sejarah Islam yang terdapat dalam novel Gua Jepang, Kisah Tanah Jawa. meliputi peristiwa sejarah, tokoh sejarah, tempat terjadi peristiwa sejarah, waktu terjadi peristiwa sejarah, penyebab terjadi peristiwa sejarah, dan cara terjadi peristiwa sejarah
PERMASALAHAN SOSIAL DALAM FILM “PERTARUHAN” SUTRADARA SIDHARTA TATA DAN RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA Tuti Alawiyah; Alia; Dwira Safitri
DIALEKTOLOGI Vol. 8 No. 2 (2023): Dialektologi
Publisher : Dialektologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan permasalahan sosial yang terdapat dalam film “Pertaruhan” Sutradara Sidharta Tata (Kajian Sosiologi Sastra) dan Relevansinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Masalah sosial tersebut menurut Soekanto terbagi menjadi sembilan, yaitu (1) kemiskinan, (2) kejahatan, (3) disorganisasi keluarga, (4) masalah generasi muda dalam masyarakat modern, (5) pelanggaran terhadap norma-norma masyarakat, (6) masalah lingkungan hidup, (7) masalah kependudukan, (8) birokrasi, dan (9) peperangan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan sosiologi sastra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa kata-kata yang mengandung unsur masalah sosial dalam film “Pertaruhan” Sutradara Sidharta Tata. Dari kesembilan macam masalah sosial menurut Soekanto, data yang menyatakan adanya masalah sosial berjumlah 20 data. Masalah sosial yang terdapat dalam film “Pertaruhan” Sutradara Sidharta ini, yaitu kemiskinan, kejahatan, disorganisasi keluarga, masalah generasi muda dalam masyarakat modern, dan pelanggaran terhadap norma-norma masyarakat. Film ini dapat dihubungkan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia, yaitu dapat dijadikan bahan dan media pembelajaran pada tingkat Sekolah Menengah Pertama kelas VIII semester genap kurikulim 2013
PENGARUH VIDEO PEMBELAJARAN APLIKASI KINEMASTER DALAM MENULIS PANTUN Dila Febrianti
DIALEKTOLOGI Vol. 8 No. 2 (2023): Dialektologi
Publisher : Dialektologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh video pembelajaran aplikasi KineMaster dalam menulis pantun pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Rantau Panjang. Metode penelitian ini menggunakan eksperimen semu. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VII. Sampel penelitian berjumlah 66 orang, dengan rincian 33 orang siswa kelas VII.I (kelas eksperimen) menggunakan media video pembelajaran aplikasi KineMaster dan 33 orang siswa kelas VII.2 (kelas kontrol) menggunakan media pembelajaran visual. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah tes menulis pantun. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh tingkat kemampuan siswa dalam menulis pantun, kenaikkan rata-rata nilai siswa kelas eksperimen 19,7 dan kelas kontrol 13,56. Rata-rata nilai awal kelas eksperimen 60,53 dan kelas kontrol 58,86. Selanjutnya rata-rata nilai akhir kelas eksperimen 80,23 dan kelas kontrol 72,42. Hasil analisis data menunjukkan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol, 80,23>72,42. Berdasarkan hasil hipotesis menunjukkan nilai thitung (4,939)>ttabel (1,669) dengan derajat keabsahan 64 (df 64) dengan signifikasi < 0,05. Ini bearti H0 ditolak, dan Ha diterima. Artinya, ada perbedaan kemampuan menulis pantun, siswa yang diajarkan dengan menggunakan media video pembelajaran aplikasi KineMaster dengan siswa yang diajarkan menggunakan media pembelajaran visual
PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 KAYUAGUNG Yeyen Yusniar; Ade Rahmayani
DIALEKTOLOGI Vol. 8 No. 2 (2023): Dialektologi
Publisher : DIALEKTOLOGI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis query terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode semi empiris. Sampel survei terdiri dari dua strata, yaitu. kelas VIII.6 sebagai kelas tes dan kelas VIII.7 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menguji kemampuan menulis teks eksplanasi dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaan. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan program SPSS dan dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan hasil hipotesis pertama terlihat Thitung (3,480) lebih besar dari Ttabel (1,670) dengan besaran 62. Pada taraf signifikansi probabilitas lebih kecil dari 0,05. Selain itu, penggunaan tulisan tangan juga memberikan pengaruh positif bagi siswa dalam menulis surat persuasif. Hal ini terlihat jelas pada tingkat signifikansi 0,001 (kedua belah pihak). Artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran query berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kayuagung

Page 1 of 2 | Total Record : 14


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol. 10 No. 2 (2025): Jurnal Dialektologi Vol. 10 No. 1 (2025): Jurnal Dialektologi Vol 9 No 2 (2024): JURNAL DIALEKTOLOGI Vol. 9 No. 2 (2024): Dialektologi Vol. 9 No. 2 (2024): Jurnal Dialektologi Vol. 9 No. 1 (2024): Jurnal Dialektologi Vol 9 No 1 (2024): JURNAL DIALEKTOLOGI Vol. 9 No. 1 (2024): Dialektologi Vol 8 No 2 (2023): JURNAL DIALEKTOLOGI Vol. 8 No. 2 (2023): Jurnal Dialektologi Vol. 8 No. 2 (2023): Dialektologi Vol. 8 No. 1 (2023): Dialektologi Vol 8 No 1 (2023): JURNAL DIALEKTOLOGI Vol. 8 No. 1 (2023): Jurnal Dialektologi Vol 7 No 02 (2022): DIALEKTOLOGI Vol 7 No 01 (2022): DIALEKTOLOGI Vol. 7 No. 2 (2022): Jurnal Dialektologi Vol. 7 No. 2 (2022): Dialektologi Vol. 7 No. 1 (2022): Jurnal Dialektologi Vol. 7 No. 1 (2022): Dialektologi Vol 6 No 02 (2021): DIALEKTOLOGI Vol 6 No 01 (2021): DIALEKTOLOGI Vol. 6 No. 2 (2021): Jurnal Dialektologi Vol. 6 No. 2 (2021): Dialektologi Vol. 6 No. 1 (2021): Jurnal Dialektologi Vol. 6 No. 1 (2021): Dialektologi Vol 5 No 02 (2020): DIALEKTOLOGI Vol 5 No 01 (2020): DIALEKTOLOGI Vol. 5 No. 2 (2020): Dialektologi Vol. 5 No. 2 (2020): Jurnal Dialektologi Vol. 5 No. 1 (2020): Jurnal Dialektologi Vol. 5 No. 1 (2020): Dialektologi Vol 4 No 02 (2019): DIALEKTOLOGI Vol 4 No 01 (2019): DIALEKTOLOGI Vol. 4 No. 2 (2019): Jurnal Dialektologi Vol. 4 No. 1 (2019): Jurnal Dialektologi Vol 3 No 2 (2018): Dialektologi Vol 3 No 1 (2018): Dialektologi Vol 2 No 2 (2017): Dialektologi Vol 2 No 1 (2017): Dialektologi Vol 1 No 2 (2016): Dialektologi Vol 1 No 1 (2016): Dialektologi More Issue