cover
Contact Name
Muhammad Syahrul Rizal
Contact Email
sicedu@universitaspahlawan.ac.id
Phone
+6282172464416
Journal Mail Official
syahrul.rizal92@gmail.com
Editorial Address
https://sicedu.org/index.php/sicedu/about/editorialTeam
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Science and Education Journal
ISSN : 2963928X     EISSN : 29629713     DOI : -
Science and Education Journal (SICEDU) menerbitkan artikel penelitian yang membahas tentang pendidikan: pembelajaran di PGSD, di Sekolah Dasar yang membahas kurikulum dan teknologi pembelajaran, manajemen sekolah, kebijakan pendidikan di sekolah, Sosial, humaniora, dll.
Articles 31 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 3 (2023): Science and Education Journal 2023" : 31 Documents clear
Pengembangan Media Lectora Inspire Berbasis Model Pembelajaran Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI SMK N 1 Onan Ganjang Rimelda Sitanggang, Sanny; Siagian, Pargaulan
Science and Education Journal (SICEDU) Vol. 2 No. 3 (2023): Science and Education Journal 2023
Publisher : Faculty Of Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/sicedu.v2i3.137

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan media lectora inspire berbasis model pembelajaran Creative Problem Solving yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini menggunakan model ADDIE. setelah dilakukan Uji Coba I dan Uji Coba II, Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kategori valid, praktis dan efektif dengan dengan nilai rerata total hasil validasi ahli sebesar 4,07; nilai keterlaksanaan perangkat pembelajaran dengan nilai rerata total 4,25 kategori tinggi maka media adalah praktis. Ketercapaian keefektifan media lectora inspire berdasarkan pada: (1) ketuntasan belajar siswa secara klasikal yaitu sebanyak 87,5%; peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan Nilai n gain 0,6 (2) ketercapaian ketuntasan tujuan pembelajaran dengan rerat nilaii 75% (3) angket respon siswa berada pada kriteria positif dengan nilai 88,8% pada kriteria tinggi (4) Penggunaan waktu Pembelajaran telah mencapai kriteria penggunaan waktu pembelajaran yang tepat dengan nilai pada kategori tinggi sehingga media lectora inspire yang sudah efektif telah ditemukan.
Tingkat Kondisi Fisik Club Sepakbola Tomas Jr Teratak Air Hitam Kecamatan Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singingi Julio Pratama, Fikri; Rahmadani, Ahmad
Science and Education Journal (SICEDU) Vol. 2 No. 3 (2023): Science and Education Journal 2023
Publisher : Faculty Of Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/sicedu.v2i3.138

Abstract

Masalah dalam penelitian adalah rendahnya tingkat kondisi fisik atlet Club sepakbola Tomas Jr Teratak Air Hitam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi tingkat kondisi fisik para atlet sepakbola Tomas Jr Teratak Air Hitam. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pemain Sepak Bola Tomas Jr Teratak Air Hitam yang berjumlah 22 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling, Artinya seluruh anggota populasi dijadikan sampel, sampel dalam penelitian ini berjumlah 22 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan pengukuran terhadap lima variabel. Untuk daya tahan cardio vascular di tes dengan lari selama 15 menit, daya tahan lokal otot lengan dan bahu (extensor) di tes dengan Push-Ups, kecepatan di tes dengan lari 50 meter, kelincahan dan koordinasi di tes dengan Shuttle run 6 x 10 meter, power otot tungkai di tes dengan tes vertical jump. Pengolahan data dengan menggunakan deskriptif yang menggunakan tabulasi frekruensi dan rata-rata P=f/nX100%. Hasil penelitian kemampuan kondisi fisik pemain Sepak Bola Tomas Jr Teratak Air Hitam menunjukkan: 1) Daya tahan cardio vascular berada pada kategori kurang, 2) Daya tahan otot lengan dan bahu berada pada kategori baik, 3) Kecepatan berada pada kategori baik, 4) Kelincahan berada pada kategori baik, 5) Power otot tungkai berada pada kategori cukup. 6) Kondisi fisik secara keseluruhan dengan merata-ratakan nilai setiap item tes kondisi fisik dari 22 orang, secara umum tingkat kondisi fisik gabungan pemain Club sepakbola Tomas Jr Teratak Air Hitam berada pada kategori baik.
Karakteristik Daerah Rawan Banjir Di Provinsi Bengkulu Rizki Oktarina, Cinta; Pahlepi, Reza; Syuhada Putri, Sri; Agustina, Dian
Science and Education Journal (SICEDU) Vol. 2 No. 3 (2023): Science and Education Journal 2023
Publisher : Faculty Of Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/sicedu.v2i3.139

Abstract

Banjir adalah bencana alam yang sering terjadi di berbagai belahan dunia, menyebabkan kerugian besar baik dalam hal ekonomi maupun sosial. Pemahaman mendalam tentang karakteristik daerah rawan banjir sangat penting dalam upaya mitigasi dan pengelolaan risiko banjir. Oleh karena itu, penelitian ini akan membahas beberapa pengelompokan daerah karakteristik utama dari daerah rawan banjir, di provinsi bengkulu dengan menggunakan analisis Biplot. Hasil dari penelitian ini diperoleh beberapa daerah di Provinsi Bengkulu yang memiliki karakteristik daerah rawan banjir sama antara lain, yang pertama kabupaten bengkulu utara, kabupaten kaur dan kabupaten lebong memiliki kemiripan karakteristik pada jumlah sungai, luas hutan dan perairan serta jumah danau, waduk serta bendungan. Kedua, kabupaten bengkulu selatan, kabupaten rejang lebong, kabupaten seluma dan kabupaten kepahiang memiliki kemiripan karakteristik pada jumlah embung, jumlah saluran irigasi, dan jumlah mata air. Ketiga, kabupaten bengkulu tengah dan kota bengkulu tidak memiliki karakteristik berdasarkan keenam variabel yang ada. Terakhir, kabupaten muko-muko. Kabupaten muko-muko tidak berdekatan dengan kabupaten/kota manapun pada kuadran 4 yang artinya tidak diperoleh jarak antar kabupaten/kota.
Minat Dan Motivasi Siswi Kelas Xi Dalam Mengikuti Pembelajaran PJOK Di SMA Negeri 3 Mandau Deziyan Putra, Divra; Makorohim, Fransazeli
Science and Education Journal (SICEDU) Vol. 2 No. 3 (2023): Science and Education Journal 2023
Publisher : Faculty Of Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/sicedu.v2i3.140

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya motivasu siswi kelas XI yang mengikuti pembelajaran PJOK di SMA Negeri 3 Mandau. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini siswi kelas XI SMA Negeri 3 Mandau yang berjumlah 200 siswi. Teknik sampel yang digunakan adalah quota sampling dengan jumlah 40 siswi. Indikator minat dalam angket terbagi menjadi 4 indikator yaitu : 1) perhatian, 2) perasaan senang, 3)keterlibatan, dan 4)ketertarikan. Sedangkan pada indikator motivasi angket terbagi menjadi 6 indikator yaitu : 1)adanya hasrat dan keinginan berhasil, 2)adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar, 3)adanya harapan dan cita-cita masa depan, 4)adanya penghargaan dalam belajar, 5)adanya lingkungan belajar yang kondusif, 6)adanya keinginan yang menarik dalam belajar. Jumlah pertanyaan awal dirancang untuk angket minat sebanyak 24 butir pernyataan dan setelah di uji validitas menjadi 16 butir pernyataan. Sementara pada jumlah pertanyaan awal dirancang untuk angket motivasi sebanyak 36 butir pernyataan dan setelah di uji validitas menjadi 24 butir pernyataan. Hasil penelitian ini adalah minat dan motivasi siswi kelas XI dalam mengikuti kegiatan pembelajaran PJOK di SMA Negeri 3 Mandau dengan rata-rata minat 81,19% dan rata-rata motivasi 79,2% dengan kategori baik.
Hubungan Kelincahan Dan Kelenturan Tubuh Terhadap Keterampilan Menggiring Bola Pada Permainan Futsal Gumelar, Ferdi; Cendra, Romi
Science and Education Journal (SICEDU) Vol. 2 No. 3 (2023): Science and Education Journal 2023
Publisher : Faculty Of Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/sicedu.v2i3.141

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi kelincahan dan kelenturan tubuh terhadap keterampilan menggiring bola futsal pada siswa ekstrakurikuler SMA Nurul Falah. Adapun jenis penelitian ini adalah korelasi. Populasi pada penelitian ini adalah siswa siswa ekstrakurikuler SMA Nurul Falah yang berjumlah 15 orang, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling sehingga sampel pada penelitian ini berjumlah 15 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes right boomerang run test, tes sit and reach dan tes menggiring bola futsal. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji nilai korelasi ganda dan menghitung nilai kontribusi. (1) Terdapat kontribusi kelincahan terhadap keterampilan menggiring bola futsal pada siswa ekstrakurikuler SMA Nurul Falah dengan nilai rhitung = 0,677 > rtabel = 0,514 dan nilai KD sebesar 45.83%, (2) Terdapat kontribusi kelenturan tubuh terhadap keterampilan menggiring bola futsal pada siswa ekstrakurikuler SMA Nurul Falah dengan nilai rhitung = 0,611 > rtabel = 0,514 dan nilai KD sebesar 37.33%. (3) Terdapat kontribusi kelincahan dan kelenturan tubuh terhadap keterampilan menggiring bola futsal pada siswa ekstrakurikuler SMA Nurul Falah dengan nilai rhitung = 0,754 > rtabel = 0,514 dan nilai KD sebesar 56.85%.
Pengembangan Bahan Ajar Production Orale Debutante Menggunakan Aplikasi “Lingbe” Rosanti, Mita; Friska, Junita
Science and Education Journal (SICEDU) Vol. 2 No. 3 (2023): Science and Education Journal 2023
Publisher : Faculty Of Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/sicedu.v2i3.142

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar bahasa Perancis pada mata kuliah Production orale debutante dengan menggunakan aplikasi Lingbe untuk mahasiswa semester satu dan mengetahui kelayakan bahan ajar dan materi pembelajaran yang dikembangkan. Metode yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri dari tiga tahap yaitu, analisis, perancangan dan pengembangan, pada tahap analisis langkah-langkah yang dilakukan terdiri dari analisis data dari kuisioner kebutuhan dan wawancara, yang kedua adalah tahap desain pada tahap ini, langkah-langkah yang dilakukan adalah merancang bahan ajar yang sesuai dengan hasil belajar mata kuliah berbicara pemula tahap ketiga adalah tahap pengembangan, langkah-langkah yang dilakukan adalah mengembangkan materi penyaji yang dimiliki seseorang yang lain. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan teknik analisis kualitatif. Hasil validasi oleh validator materi sebesar 88%, sedangkan validator media sebesar 77%. Hasil validasi materi termasuk dalam kategori “Sangat Baik” dan hasil evaluasi media termasuk dalam kategori “Baik”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan berbasis aplikasi Lingbe valid untuk pembelajaran mata kuliah Production orale debutante.
Pengembangan Materi Pembelajaran Bahasa Perancis Menggunakan Lectora Inspire 17 Di SMA N. 1 Batang Kuis Harahap, Hoiruddin; Ghofur, Abdul
Science and Education Journal (SICEDU) Vol. 2 No. 3 (2023): Science and Education Journal 2023
Publisher : Faculty Of Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/sicedu.v2i3.143

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi Pembelajaran Bahasa Prancis dengan Menggunakan software lectora inspire 17 di SMAN 1 Batang Kuis, dan menguji kelayakan materi dan media pembelajaran bahasa prancis pada materi article defini dan indefini. Penelitian ini menggunakan metode Research dan Development dari Sugiyono (2015) model ADDIE . Dalam metode ini, ada tiga langkah utama; analisi, Perencanaan, dan Pengembangan .pertama, Analisis pada tahap ini dilakukan analisis kebutuhan, wawancara dengan guru dan diperoleh hasil bahwa hasil belajar bahasa Prancis di SMAN 1 Batang Kuis belum baik. Dari nilai rata-rata hasil belajar siswa SMA kelas X yang hanya mencapai 62 (lebih rendah dari nilai KKM yaitu 70). Kemudian siswa analisis kebutuhan yang diisi oleh 36 siswa Kebutuhan tersebut dibagikan kepada 36 siswa SMAN 1. Batang Kuis yang belajar bahasa prancis. Tahap kedua adalah tahap Perencanaan, pada bagian ini, peneliti merancang bagaimana langkah langkah pengembangan materi tersebutdan perencanaan ini dilakukan dengan memilih materi pembelajaran yang sesuai tertera dalam RPP mata pelajaran bahasa prancis. Selanjutnya tahap yang ketiga tahap pengembangan. Pada langkah ini, peneliti mengembangakan materi ajar dengan menggunakan lectora inspire 17. Kemudian proses validasi, dua validator yang berbeda untuk mengetahui kelayakannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi yang telah dikembangkan berada di kategori “sangat baik” dengan skor 82.00% .Selanjutnya aplikasi lectora inspire 17 yang digunakan sebagai media pembelajaran untuk materi yang telah dikembangkan dinilai “sangat baik” dengan skor 86,15% yang berarti layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran dikelas.
Pengaruh Penerapan Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Engklek Sebagai Media Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 097361 Serbelawan Efendi, Ilham; Surya, Edy
Science and Education Journal (SICEDU) Vol. 2 No. 3 (2023): Science and Education Journal 2023
Publisher : Faculty Of Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/sicedu.v2i3.144

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan etnomatematika pada permainan tradisional engklek sebagai media pembelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 097361 Serbelawan tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan etnomatematika pada permainan tradisional engklek sebagai media pembelajaran matematika memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 097361 Serbelawan. Hal ini dibuktikan dengan perubahan jumlah siswa yang tuntas dalam pembelajaran, dimana pada saat pretest hanya 13 siswa atau 44%dari seluruh siswa kelas V yang dinyatakan dengan kategori tuntas sedangkan pada setelah diberikan perlakuan dan diberikan posttest siswa yang dinyatakan tuntas sebanyak 25 siswa atau 86% dariseluruh siswa kelas V yang berumah 29 Siswa.
Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Aplikasi Smartapps Creator 3 Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan Nurul Khairiyah, Rasyiqah; Ningsih Sagala, Prihatin
Science and Education Journal (SICEDU) Vol. 2 No. 3 (2023): Science and Education Journal 2023
Publisher : Faculty Of Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/sicedu.v2i3.145

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh media pembelajaran matematika yang valid, praktis, dan efektif dan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE dimana model ini meliputi tahap analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Sampel dari penelitian adalah 32 orang siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitan adalah angket validasi media dan materi, angket respon siswa, tes kemampuan awal pemecahan masalah matematis (pretest) dan tes kemampuan akhir pemecahan masalah matematis(posttest). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan telah valid dengan rincian nilai rata-rata validasi media 4,63 dengan kategori sangat layak dan validasi materi dengan rata-rata nilai 4,69 dengan kategori sangat layak. Sementara nilai rata-rata kepraktisan media adalah 3,80 dengan kategori sangat praktis Aplikasi pembelajaran matematika pada materi bangun ruang sisi datar kubus dan balok yang dikembangkan sudah efektif karena telah memenuhi kriteria keefektifan yakni : (a) Tercapainya ketuntasan indikator/tujuan pembelajaran peserta didik dimana sebanyak 83,87% siswa dinyatakan tuntas dan mencapai nilai diatas kriteria ketuntasan minimum yakni 75; (b) Waktu yang digunakan tidak melebihi waktu yang pembelajaran biasa/efisien; dan (c) Respon siswa 95,05% positif.
Pengembangan Modul Matematika Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa di Kelas VII SMP Swasta Santa Maria Kabanjahe Yolanda br Tarigan, Nada; Syahputra, Edi
Science and Education Journal (SICEDU) Vol. 2 No. 3 (2023): Science and Education Journal 2023
Publisher : Faculty Of Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/sicedu.v2i3.146

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul matematika yang berbasis etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa yang berkualitas berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan dan kefektifan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan dengan menggunakan tipe pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Swasta Santa Maria Kabanjahe yang berjumlah 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul matematika berbasis etnomatematika telah berhasil dikembangkan yang berkualitas dari aspek kevalidan kepraktisan, dan keefektifan. Hasil validasi ditunjukkan dari validitas isi oleh pakar ahli yang menyatakan “modul dapat digunakan tanpa revisi” dan validitas modul dinyatakan “valid”. Kepraktisan dilihat dari angket respon peserta didik tahap one to one sebesar 70%, respon guru sebesar 81,25% dan kelas kecil sebesar 91,66%, ketiga hasil tersebut menunjukkan besaran skor lebih dari 50% responden memberikan respon positif. Keefektifan dilihat dari ketuntasan belajar klasikal sebesar 93,33%, ketercapaian indikator sebesar 92%, 87%, 96%, 77%, dan 89% untuk tiap indikator dan respon siswa positif sebesar 92%.

Page 1 of 4 | Total Record : 31