LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan
1. Komputasi Lunak, 2. Sistem Cerdas Terdistribusi, Manajemen Basis Data, dan Pengambilan Informasi, 3. Komputasi evolusioner dan komputasi DNA/seluler/molekuler, 4. Deteksi kesalahan, 5. Sistem Energi Hijau dan Terbarukan, 6. Antarmuka Manusia, 7. Interaksi Manusia-Komputer, 8. Hibrida dan Algoritma Terdistribusi Pemrosesan Informasi Manusia, 9. Komputasi Berkinerja Tinggi, 10. Penyimpanan informasi, 11. Keamanan, integritas, privasi, dan kepercayaan, 12. Pemrosesan Sinyal Gambar dan Ucapan, 13. Sistem Berbasis Pengetahuan, 14. Jaringan Pengetahuan, 15. Multimedia dan Aplikasi, 16. Sistem Kontrol Jaringan, 17. Klasifikasi Pola Pemrosesan Bahasa Alami, 18. Pengenalan dan sintesis ucapan, 19. Kecerdasan Robot, 20. Analisis Kekokohan, 21. Kecerdasan Sosial, 22. Statistic 23. Komputasi grid dan kinerja tinggi, 24. Realitas Virtual dalam Aplikasi Rekayasa, 25. Intelijen Web dan Seluler, 26. Data Besar, 27. Manajemen Informatika, 28. Sistem Informasi, 29. Desain Permainan, 30. Sistem Multimedia, 31. Pemrosesan Gambar, 32. IOT 33. Pemrograman Seluler, 34. Desain Basis Data, 35. Pemrograman Jaringan, 36. Sistem Terdistribusi, 37. Sistem Pendukung Keputusan, 38. Sistem Pakar, 39. Kriptografi, 40. Model dan Simulasi, 41. Jaringan 42. PENDIDIKAN TERAPAN 43. Semua jenis ilmu pendidikan
Articles
34 Documents
Search results for
, issue
"Vol. 1 No. 4 (2023): LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan"
:
34 Documents
clear
IMPLEMENTASI SISTEM DETEKSI BANJIR MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER NODEMCU ESP8266 MELALUI NOTIFIKASI WHATSAPP GATEWAY DAN ALARM: Studi Kasus : Pintu Air Danau Tarakan
Ibnoe Malik;
Hadi Zakaria
LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan Vol. 1 No. 4 (2023): LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan
Publisher : Shofanah Media Berkah
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Banjir merupakan fenomena alam yang terjadi akibat curah hujan yang tinggi, dimana terjadinya kelebihan air yang tidak didukung oleh jaringan saluran air suatu wilayah. Peningkatan intensitas curah hujan yang tinggi biasanya terjadi akibat dari peningkatan gejala pemanasan global berupa peningkatan suhu permukaan bumi yang disebabkan oleh aktivitas di permukaan bumi. Pada danau Tarakan terdapat pintu air yang berfungsi untuk mengatur debit air agar saat terjadinya banjir, air akan langsung dikuras dengan cepat. Dalam melakukan penelitian penulis menemukan permasalah yang ada yaitu, minimnya informasi mengenai tinggi air pada pintu air tersebut sehingga dapat menyebabkan banjir datang secara tiba-tiba yang dapat menimbulkan kerugian, karena masyarakat tidak sempat untuk mengevakuasi barang-barang berharga mereka. Untuk mengatasi permasalahan tersebut penulis melakukan penelitian untuk membuat suatu alat peringatan dini banjir. Dalam penelitian ini penulis menggunakan Mikrokontroler NodeMCU ESP8266 dengan menggunakan Arduino IDE dan sensor ultrasonik HC-SR04 untuk mengukur ketinggian air, serta Whatsapp Gateway sebagai media penyampai informasi dengan menggunakan Aplikasi Twilio dan Buzzer sebagai media informasi berupa suara. Dan penulis menggunakan model Waterfall dalam membuat alur perancangannya. Diharapkan pembuatan alat implementasi sistem deteksi banjir menggunakan mikrokontroler NodeMCU ESP8266 melalui notifikasi Whatsapp Gateway dan alarm ini dapat membantu memantau ketinggian air secara realtime sehingga pengguna dapat menginformasikan kepada masyarakat sebelum banjir memasuki wilayah mereka.
Rancang Bangun Aplikasi Antrian Secara Realtime Dengan Fitur Push Notification Menggunakan Smartphone Berbasis Android: Studi Kasus: Klinik Sandiana
Mohamad Eko Saifudin;
Hadi Zakaria
LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan Vol. 1 No. 4 (2023): LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan
Publisher : Shofanah Media Berkah
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Klinik Sandiana merupakan klinik kecantikan untuk perawatan kulit wajah. Klinik Sandiana dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dengan memberikan perawatan yang baik melalui dokter ahli dibidang estetika medis. Untuk mendapatkan perawatan kecantikan di Klinik Sandiana diperlukan pendaftaran terlebih dahulu, pendaftaran yang dilakukan saat ini masih menggunakan cara manual pada kertas yang dirasa masih kurang efektif, sehingga menyebabkan antrian panjang yang membuat pasien merasa tidak nyaman dan pulang begitu saja tanpa mendapatkan hasil. Hal ini juga terjadi karna kelalaian pihak klinik dan tidak adanya pembaharuan informasi mengenai antrian berjalan secara realtime. Dalam mengatasi masalah tersebut, Penulis melakukan penelitian untuk membuat aplikasi Sistem antrian berbasis Android dengan push notification untuk memudahkan karyawan dalam mengelola data pendaftaran dan mengetahui informasi antrian secara realtime kepada pasien sehingga pasien tidak perlu khawatir akan tertinggalnya panggilan antrian, karna proses antrian dan pendaftaran yang sedang berjalan dapat dilihat langsung secara online tanpa harus datang ke klinik. Dalam penulisan ini, penulis menggunakan bahasa pemrograman yaitu Java dan Android Studio, serta database MySQL sebagai penyimpanan data pasien dan Model Waterfall sebagai perancangannya.Diharapkan sistem antrian ini dapat mempermudah proses pendaftaran dan penyampaian informasi antrian secara realtime, yang dapat memudahkan pasien dalam melakukan pendaftaran untuk antrian, sehingga tidak terjadi lagi antrian panjang dan dapat mengetahui antrian yang sedang berjalan dengan adanya fitur push notification, Sehingga pasien merasa aman dan nyaman pada saat melakukan pendaftaraan diklinik sandiana.
Penerapan Aplikasi Quaces Berbasis Android Untuk Membantu Absensi Karyawan Pada PT. Quantum Tera Network
Muhammad Dimas Nugroho;
Nurhasanah
LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan Vol. 1 No. 4 (2023): LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan
Publisher : Shofanah Media Berkah
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Informasi yang berkembangan pesat sekarang ini sudah menjangkau ke semua bidang. Dalam proses absensi kehadiran karyawan merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan untuk memonitor kedatangan dan kepulangan para karyawan, memungkinkan pencatatan data yang baik dan detail dalam suatu sistem dan mempermudah perhitungan absen karyawan untuk mempermudah penggajian. Permasalahan pada PT. Quantum Tera Network adalah. Di awal pandemi kita sempat mendengar bahwa absen fingerprint menjadi salah satu tempat yang rawan penularan virus Covid-19. Karena itu perlu ada strategi absensi baru yang bisa mencegah kantor menjadi salah satu kluster penularan virus Covid-19. Selain itu, absensi fingerprint rentan dimanipulasi, karena rekapitulasi dilakukan secara konvensional. Untuk itu penelitian dirancang untuk menjelaskan bagaimana aplikasi sistem absensi berbasis android ini memanfaatkan metode GPS (Global Positioning System) dan LBS (Location-based service) dapat mempermudah karyawan untuk melakukan absensi. Data lokasi diambil dari latitude dan longitude yang digunakan untuk memantau posisi karyawannya, sehingga lebih fleksibel saat melakukan absensi dan data yang dihasilkan lebih akurat sehingga mengurangi kemungkinan human error yang merugikan perusahaan.
Penerapan Metode Fuzzy Inference System untuk Memprediksi Jumlah Pembelian Stok Barang : Studi Kasus : Toko Yanto Grosir
Aenun Nisa;
Kecitaan Harefa
LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan Vol. 1 No. 4 (2023): LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan
Publisher : Shofanah Media Berkah
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Logika fuzzy digunakan dalam berbagai aplikasi pemrosesan data yang tidak dapat direpresentasikan dalam bentuk biner. Logika fuzzy mengiterprestasikan statemen yang samar menjadi sebuah pengertian yang logis. Toko Yanto Grosir merupakan toko yang menjual berbagai macam kebutuhan sehari-hari, toko ini sebagai salah satu agen yang berada di daerah Gunung Sindur yang menjual berbagai macam kebutuhan sehari-hari baik eceran ataupun reseller. Masalah yang terjadi dalam proses persediaan stok barang di toko yanto grosir adalah kesulitan dalam memperkirakan jumlah stok barang yang optimal sesuai dengan kapasitas penyimpanan. Selain itu terdapat beberapa masalah dengan persediaan barang yang sering terjadi yaitu jika jumlah barang yang tersedia lebih sedikit dari pada jumlah barang yang terjual yang menyebabkan hilangnya kepercayaan para reseller terhadap toko yang menyebabkan kerugian bagi toko. Sebaliknya, jika jumlah barang yang tersedia lebih banyak dibandingkan jumlah barang yang terjual maka akan menyebabkan kerusakan pada barang yang diakibatkan barang yang terlalu lama berada ditempat penyimpanan serta mengakibatkan penuhnya tempat penyimpanan atau gudang. Dengan adanya suatu teknik yang mampu menentukan jumlah persediaan stok barang, ini akan menunjang toko yanto grosir dalam menentukan jumlah persediaan yang harus tersedia. Hal ini diperlukan untuk menjamin tersedianya persediaan yang tepat dalam kuantitas yang tepat juga mengoptimasi jumlah stok yang sesuai kapasitas tempat penyimpanan sehingga terhindar dari kerugian dan kehilangan peluang akibat penumpukan jumlah stok barang maupun kekurangan jumlah stok barang. Dalam masalah ini, logika fuzzy merupakan salah satu cara untuk penyelesaiannya karena dapat digunakan untuk menentukan jumlah persediaan stok barang. Logika fuzzy dianggap mampu untuk memetakan suatu input kedalam suatu output tanpa mengabaikan faktor-faktor yang ada. Pada penelitian ini penulis akan menggunakan metode Tsukamoto untuk menyelesaikan permasalahan prediksi jumlah pembelian stok barang berdasarkan persediaan dan penjualan.
Perancangan Sistem Informasi Kepegawaian Berbasis Web Pada PT. Bisnis Solusi Pranata
Dody Cipto Santoso;
Nurjaya
LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan Vol. 1 No. 4 (2023): LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan
Publisher : Shofanah Media Berkah
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Manajemen sumber daya manusia berhubungan dengan sistem rancangan formal dalam suatu organisasi untuk menentukan efektifitas dan efisiensi untuk mewujudkan tujuan organisasi, karyawan dan masyarakat, sumber daya manusia harus didefinisikan bukan dengan apa yang sumber daya manusia lakukan, tetapi apa yang sumber daya manusia hasilkan. Peran administrasi pada beberapa organisasidilakukan oleh pihak ketiga di luar organisasi (outsourcing) daripada dilakukan sendiri oleh organisasi, bahkan teknologi semakin berperan besar dan dilibatkan dalam mengotomatisasikan pekerjaan yang bersifat administratif. Sampai saat ini sistem yang digunakan untuk pengelolaan data karyawan masih belum berintegrasi seperti sistem absensi, data karyawan, data cuti karyawan dan penggajian yang masih terpisah, dan belum adanya sistem untuk menampilkan informasi dari masing-masing karyawan, sehingga karyawan sulit mendapatkan informasi seperti info gaji, info absensi, dan info data karyawan. Pada penelitian ini peneliti akan merancang sebuah sistem pengolahan data karyawan yang saling terintegrasi satu sama lain seperti sistem absensi, data karyawan, dan data penggajian. Selain itu peneliti juga akan membuat sebuah sistem informasi untuk masing-masing karyawan seperti info gaji, info peringatan, info pinjaman, info cuti, dan info data karyawan, sehingga dapat mempermudah karyawan untuk mendapatkan informasi kepegawaian.
Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Powtoon Pada Pembelajaran IPS Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar
Asep Saefurrohman;
Oman Farhurrohman;
Rachma Azzahra
LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan Vol. 1 No. 4 (2023): LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan
Publisher : Shofanah Media Berkah
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Pada penelitian ini masih banyaknya siswa kelas IV Annisa yang mendapatkan nilai IPS dibawah KKM (73). Tujuan dari penellitian ini yaitu untuk menghasilkan pengembangan dengan model media Powton serta dengan menguji kefektifan model pembalajaran Powtoon dalam hasil peserta didik pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD. Uji coba ini dulakukan menggunakan model Research and Development (R&) yang meliputi (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). hasil belajar peserta didik tersebut sudah melewati dari batas persentase yang sudah ditetapkan ketuntasan klasikal yaitu 85%. Hal ini menunjukkan hasil model media Powtoon efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV pada pembelajaran IPS. Berdasarkan hasil uji validasi media video animasi berbasis Powtoon dapat diketahui bahwa dosen ahli media memberikan skor 40 dari skor maksimal 45 sehingga memperoleh rata-rata persentase 88% dengan kriteria "Sangat Layak", sedangkan dari dosen ahli materi memberikan skor 37 dari skor maksimal 40 sehingga memperoleh rata-rata persentase 92% dengan kriteria "Sangat Layak". Hal ini menghasilkan maka media video animasi berbasis Powtoon layak untuk menjadikan media pembelajaran. Adapun berdasarkan hasil uji coba media video animasi berbasis Powtoon pada pembelajaran IPS di kelas IV Annisa SDIT Bina Bangsa, hasil belajar peserta didik menunjukkan adanya peningkatan sebesar 15,8%. Sebelum uji coba produk, peserta didik memperoleh nilai rata-rata persentase 71,7% dan setelah melakukan uji coba produk, peserta didik memperoleh rata-rata persentase 87,5%.
Analisis Sentimen Masyarakat Indonesia terhadap Invasi Russia di Ukraina menggunakan Metode Naive Bayes pada Media Sosial Facebook
Maulana Arvyantomo;
Niki Ratama
LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan Vol. 1 No. 4 (2023): LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan
Publisher : Shofanah Media Berkah
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Invasi Rusia di Ukraina telah membuat media sosial ramai membicarakan hal tersebut terutama pada media sosial Facebook. Sehingga banyak opini - opini atau tanggapan masyarakat Indonesia yang mengomentari dengan lebih mendukung aksi yang dilakukan oleh Rusia dan ada juga yang lebih mendukung aksi yang dilakukan oleh Ukraina sehingga timbul komentar yang bersifat positif dan yang bersifat negatif. Masyarakat Indonesia juga ada yang menengahi atau berkomentar netral atas terjadinya invasi Rusia di Ukraina tersebut. Dalam penelitian ini, penulis akan melakukan analisis sentimen berdasarkan komentar yang membahas tentang invasi Rusia di Ukraina dengan menerapkan metode Naive Bayes untuk proses pengklasifikasian teks apakah termasuk kedalam sentimen positif, negatif maupun netral. Penulis menggunakan 10% dari dataset komentar untuk dijadikan sebagai data latih yang akan digunakan sebagai pembelajaran mesin. Kemudian data diklasifikasi oleh sistem dengan mencari nilai probabilitas tertinggi. Nilai yang lebih tinggi merupakan kelas baru dari data tersebut. Hasil penelitian berupa persentase dari banyaknya sentimen positif, negatif dan netral dari dataset komentar. Metode Naive Bayes terbukti dapat melakukan proses klasifikasi sentimen dengan hasil sebanyak 52% sentimen positif, 5% sentimen negatif dan 43% sentimen netral.
Implementasi dan Perancangan Virtual Mouse dengan Hand Gesture Recognition menggunakan OpenCV
Achmad Alfa Rizki;
Achmad Udin Zailani
LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan Vol. 1 No. 4 (2023): LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan
Publisher : Shofanah Media Berkah
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Mouse virtual dengan hand gesture recognition merupakan sebuah sistem yang digunakan untuk menggerakan kursor mouse secara waktu nyata dengan melacakpergerakan tangan. Pelacakan tangan manusia menghasilkan suatu koordinat pada tangan yang dimana tiap koordinatnya dapat menghasilkan informasi untuk menjalankan sebuah fungsi fungsi tertentu. Informasi yang dihasilkan dapat berupa posisi tangan, serta arah pergerakan tangan. Sistem ini terdiri dari pengolah citra hasil pendeteksi yaitu opencv dan mediapipe dengan bantuan kamera web sebagai pembaca gerakan tangan. Hasil percobaan mouse virtual dengan hand gesture recognition mencapai hasil akurasi 92.17% pada jarak hingga 100cm.
SELEKSI PEGAWAI MENGGUNAKAN SISTEM BERBASIS WEB METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING : STUDI KASUS : PT. INDORACK MULTIKREASI
Fuad Rahman Hakim
LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan Vol. 1 No. 4 (2023): LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan
Publisher : Shofanah Media Berkah
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
PT. INDORACK MULTIKREASI adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang manufaktur yang sudah berdiri sejak tahun 1993. Perusahaan ini memliki jumlah karyawan lebih dari 20 orang yang memiliki aktivitas kerja sesuai divisi masing-masing. PT. INDORACK MULTIKREASI, setiap divisi memiliki jadwal kerja sesuai peraturan perusahaan yang sudah berlaku sejak berdirinya perusahaan dalam menjalankan kewajiban divisi masing-masing. PT. INDORACK MULTIKREASI memiliki kebutuhan dalam seleksi kepegawaian untuk menentukan kriteria pegawai terbaik pada perusahaan yang bertujuan mengetahui beberapa karyawan terbaik untuk menjadikan calon-calon pimpinan perusahaan pada beberapa divisi kerja. Proses seleksi saat ini masih dilakukan dengan cara sederhana yaitu antara kedekatan pimpinan yang sedang menjabat dengan para pegawai dengan memilih langsung calon kandidat pimpinan. Hal ini tentu sangatlah kurang efektif dengan tidak mengetahui jelas kapasitas dari beberapa calon kandidat tanpa melihat beberapa prestasi maupun nilai dari karyawan yang akan dipilih. Adanya permasalahan tersebut, PT. INDORACK MULTIKREASI membutuhkan solusi untuk mengetahui tingkat ketepatan dalam proses seleksi pegawai dengan menambahkan media informasi berbasis web, sistem yang dibangun menerapkan sistem pendukung keputusan dengan penerapan metode yaitu Simple Additive Weighting.
Sistem Informasi Administrasi Berbasis Website Pada PAUDQu Al Kariim Islamic School
Syarif Hidayatullah;
Sartika Lina Mulani Sitio
LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan Vol. 1 No. 4 (2023): LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan
Publisher : Shofanah Media Berkah
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Pengelolaan administrasi di PAUDQu Al Kariim merupakan bagian yang penting karena setiap kegiatan yang ada di sekolah pasti akan membutuhkan pendataan dan pengelolahan data demi kelancaran kegiatan sekolah. Pada PAUDQU Al Kariim Islamic School salah satu permasalahan yang terjadi yaitu untuk pengarsipanya pengolahan data siswa pada bagian tata usaha sekolah ini sebagian besar pekerjaan pengolahan data masih dilakukan dengan menggunakan cara yang manual, yakni dengan cara menuliskan data siswa secara keseluruhan ke dalam buku induk dan dokumen fisik. Adapun yang sudah terkomputerisasi namun masih menggunakan Microsoft Office sehingga mengakibatkan terlalu banyaknya dokumen fisik yang menumpuk membutuhkan sapace ruangan mengakibatkan keterbatasan akses, lamanya proses pendaftaran, sering terjadi kesalahan dalam proses pembayaran pendaftaran siswa. Melihat permasalahan tersebut maka mucul gagasan untuk membangun sistem informasi administrasi Berbasis Website Pada PAUDQu Al Kariim Islamic School.