cover
Contact Name
Lisda Ramdhani
Contact Email
lisdaramdhani@habi.ac.id
Phone
+6281337237577
Journal Mail Official
prodiinformatika6@gmail.com
Editorial Address
Jl. Lintas Bolo-Donggo, Bolo Kab. Bima, NTB
Location
Kota bima,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
INFOTIKA: Jurnal Pendidikan Informatika
Published by STKIP Harapan Bima
ISSN : 28291026     EISSN : 28291018     DOI : 10.56842
INFONTIKA: Jurnal Pendidikan Informatika yang diterbitkan oleh STKIP Harapan Bima dengan periode terbit setiap bulan April dan Oktober (dua kali setahun). Jurnal ini menerbitkan artikel studi konseptual dan menganalisis hasil penelitian empiris.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2025): April 2025" : 6 Documents clear
MENERAPKAN KAHOOT! SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI TIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA Rahmawan, Ardi; Muslimin, Muslimin; Supryanto, Try
Infomatika: Pendidikan Informatika Vol 4, No 1 (2025): April 2025
Publisher : STKI Harapan Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56842/infotika.v3i1.639

Abstract

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam beberapa tahun terakhir telah membawa dampak signifikan terhadap berbagai aspek kehidupan, termasuk bidang pendidikan. Transformasi digital memungkinkan terciptanya lingkungan belajar yang lebih dinamis, adaptif, dan berbasis teknologi. Namun demikian, pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran, khususnya di jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP), masih menghadapi berbagai kendala. Salah satu ironi yang terjadi adalah metode pengajaran mata pelajaran TIK yang masih bersifat konvensional, padahal materi ini bertujuan membekali siswa dengan keterampilan abad ke-21. Hal ini berdampak pada rendahnya keterlibatan dan antusiasme siswa dalam proses belajar. Untuk menjawab tantangan tersebut, inovasi strategi pengajaran menjadi penting, salah satunya melalui penerapan gamifikasi. Penggunaan platform Kahoot! sebagai alat pembelajaran interaktif berbasis gamifikasi telah terbukti mampu meningkatkan motivasi, partisipasi aktif, dan pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan dan mengevaluasi efektivitas Kahoot! dalam pembelajaran TIK di tingkat SMP. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan metode pembelajaran berbasis teknologi yang lebih menarik dan efisien, serta memberikan rekomendasi praktis bagi pendidik dalam meningkatkan kualitas pengajaran TIK di sekolah.
IMPLEMENTASI MICROLEARNING BERBASIS WHATSHAPP STORY DALAM PEMBELAJARAN INFORMATIKA DI ERA DIGITALISASI Rahmah, Asri; Ramdhani, Lisda
Infomatika: Pendidikan Informatika Vol 4, No 1 (2025): April 2025
Publisher : STKI Harapan Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan potensi dan tantangan implementasi model microlearning berbasis WhatsApp Story dalam pembelajaran informatika di era digitalisasi. Latar belakang penelitian ini adalah kebutuhan akan pendekatan pembelajaran yang lebih visual, cepat, dan fleksibel bagi generasi digital. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif di SMPN 1 Bolo, melibatkan guru informatika dan 20 siswa kelas VIII. Instrumen yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan WhatsApp Story sebagai media pembelajaran belum dapat diimplementasikan secara optimal karena sebagian besar siswa belum memiliki perangkat gawai pribadi. Hal ini menjadi kendala utama dalam aksesibilitas konten pembelajaran digital. Meskipun secara konsep metode ini sangat potensial, efektivitasnya masih terbatas oleh kesiapan infrastruktur dan ketersediaan perangkat siswa. Penelitian ini merekomendasikan adanya penyediaan sarana pendukung terlebih dahulu sebelum strategi microlearning dapat diterapkan secara luas dan merata.
PENGARUH PEMBELAJARAN INFORMATIKA BERBASIS APLIKASI MOBILE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 1 MADAPANGGA Yuningsih rs, Yuyun; Firmansah, Firmansah; Salahuddin, Muhammad
Infomatika: Pendidikan Informatika Vol 4, No 1 (2025): April 2025
Publisher : STKI Harapan Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56842/infotika.v4i1.660

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran menggunakan aplikasi mobile (Micro Quest) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi algoritma dan pemrograman. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Madapangga pada kelas VIII. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen (Quasi-experimental). Penelitian ini menggunakan dua kelompok sampel, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, sampel penelitian berjumlah 38 orang untuk kelompok eksperimen dan 38 orang untuk kelompok kontrol. Kelompok eksperimen dalam penelitian ini adalah kelompok siswa yang mendapatkan pembelajaran berbasis aplikasi mobile Micro Quest yang dapat diunduh pada perangkat Android, sedangkan kelompok kontrol adalah kelompok siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa tes pilihan ganda dan tes praktik pemrograman yang selanjutnya diujicoba pada kelas. Hasil rata-rata analisis data kuantitatif menunjukkan ketercapaian kemampuan berpikir komputasional siswa pada pretest dan posttest. Berdasarkan pengujian hipotesis statistik dengan uji-t' (? = 0,05) diperoleh thitung sebesar 1,99. Dari hasil perhitungan, diperoleh hasil uji-t post-test kelas eksperimen yakni 3,303 yang berarti lebih besar dari t-tabel. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran informatika berbasis aplikasi mobile terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi algoritma dan pemrograman. 
Analisis Sikap Siswa Smp Negeri 8 Satap Dompu Terhadap Informatika Berbasis Teknologi Parmawati Atmaja, Jessy; Yuningsih RS, Yuyun
Infomatika: Pendidikan Informatika Vol 4, No 1 (2025): April 2025
Publisher : STKI Harapan Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56842/infotika.v4i1.662

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui frekuensi penggunaan teknologi informatika oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Satap Dompu, serta menganalisis sikap mereka terhadap pelajaran informatika berbasis teknologi di lingkungan sekolah. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan penelitian lapangan, melibatkan 1 guru informatika dan 10 siswa sebagai responden. Instrumen pengumpulan data meliputi observasi, kuesioner, dan wawancara. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan teknologi informatika cukup tinggi, namun sikap positif terhadap informatika masih perlu ditingkatkan. Hasil angket menunjukkan 20% siswa memberikan respon “sangat baik”, 50% “baik”, 20% “cukup”, dan 10% “kurang baik”. Temuan ini diperkuat oleh hasil wawancara dan observasi yang mengindikasikan kesadaran siswa akan pentingnya informatika, meskipun terdapat kendala dalam akses dan pemahaman teknologi. Rekomendasi diberikan untuk peningkatan fasilitas dan strategi pembelajaran berbasis teknologi yang lebih inklusif. This study aims to determine the frequency of information technology usage by eighth-grade students at SMP Negeri 8 Satap Dompu, as well as to analyze their attitudes toward technology-based informatics lessons within the school environment. The research employed a qualitative descriptive method with a field research approach, involving one informatics teacher and ten students as respondents. Data collection instruments included observation, questionnaires, and interviews. The results showed that the use of information technology was fairly high, but positive attitudes toward informatics still need improvement. The questionnaire results indicated that 20% of students responded “very good,” 50% “good,” 20% “fair,” and 10% “poor.” These findings were reinforced by interview and observation results, which indicated students’ awareness of the importance of informatics, despite some obstacles in technology access and comprehension. Recommendations were provided for improving facilities and implementing more inclusive technology-based learning strategies.
Pengaruh Penggunaan Video Animasi Berbasis STEM Berbantuan Web terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Desain Grafis di SMKN 1 Kota Bima Rawanda, Bayu; Suharti, Suharti; Ramdhani, Lisda
Infomatika: Pendidikan Informatika Vol 4, No 1 (2025): April 2025
Publisher : STKI Harapan Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56842/infotika.v4i1.666

Abstract

Technological advancements in education have opened opportunities to implement innovative and effective learning media. This study aims to examine the effect of using STEM-based (Science, Technology, Engineering, Mathematics) animated videos supported by a web platform on students’ creative thinking skills in graphic design subjects at SMKN 1 Kota Bima. The research employed a quasi-experimental design with a nonequivalent control group, involving both an experimental group and a control group. The research subjects consisted of 60 eleventh-grade students majoring in Graphic Design, with 30 students in the experimental group and 30 in the control group. Data were collected through creative thinking skill tests, questionnaires, and observations. The results showed a significant difference in creative thinking skills between students who used the STEM-based animated video and those who received conventional instruction, with an average increase of 28% in the experimental group. This media provided a more engaging and interactive learning experience and effectively facilitated students’ understanding of graphic design concepts in an innovative and enjoyable way. It is concluded that the use of web-assisted STEM-based animated videos has a positive and significant effect on students' creative thinking skills in graphic design learning at SMKN 1 Kota Bima.
PROFILL PELAJAR PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN DARING MATEMATIKA: ANALISIS NILAI KARAKTER DAN INTEGRASI TEKNOLOGI DI SMA Jusman, Jusman; Muslimin, Muslimin; Yamin, Muhammad
Infomatika: Pendidikan Informatika Vol 4, No 1 (2025): April 2025
Publisher : STKI Harapan Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56842/infotika.v4i1.743

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran daring matematika di SMA, dengan meninjau hubungan antara nilai-nilai karakter dan integrasi teknologi pembelajaran. Pendekatan yang digunakan adalah metode survei kuantitatif deskriptif yang dilengkapi data kualitatif dari observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri atas 40 siswa dan guru matematika dari dua SMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum, persepsi siswa dan guru terhadap penerapan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran daring matematika berada pada kategori sangat baik (rata-rata skor siswa = 4,36 dan guru = 4,53). Dimensi dengan skor tertinggi adalah beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME (4,71) dan bernalar kritis (4,63), sedangkan dimensi mandiri memperoleh skor terendah (4,12). Integrasi teknologi pembelajaran menunjukkan tingkat penerapan tinggi–sangat tinggi (rata-rata siswa = 83%, guru = 90%), dengan pemanfaatan Learning Management System, media interaktif seperti GeoGebra dan Canva, serta platform kolaboratif seperti Padlet dan Jamboard. Analisis korelasi Pearson menghasilkan nilai r = 0,71 (p 0,01), menunjukkan hubungan positif yang signifikan antara integrasi teknologi dan penguatan karakter Pelajar Pancasila. Aspek bernalar kritis memiliki korelasi tertinggi terhadap media interaktif (r = 0,78), sedangkan kemandirian menunjukkan korelasi terendah (r = 0,52). Analisis kualitatif memperkuat temuan ini melalui empat tema utama: (1) internalisasi nilai religius dan etika akademik, (2) penguatan berpikir kritis berbasis teknologi visual, (3) gotong royong digital, dan (4) kreativitas berbasis digital.

Page 1 of 1 | Total Record : 6