cover
Contact Name
Hidayat
Contact Email
jp2mipa@gmail.com
Phone
+6281281189363
Journal Mail Official
jp2mipa@gmail.com
Editorial Address
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUSLIM NUSANTARA AL WASHLIYAH Kampus Abdul Rahman Syihab Jl. Gari II No 52, Medan 20417
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA
ISSN : 25029606     EISSN : 25029614     DOI : https://doi.org/10.32696/jp2mipa
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA (JP2MIPA) merupakan jurnal ilmiah peer-review yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah yang memuat publikasi hasil penelitian maupun kajian literatur di bidang Pendidikan Matematika, Pendidikan IPA, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi. JP2MIPA diterbitkan pada bulan Juli dan Januari.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 8 No. 2 (2024): Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA" : 5 Documents clear
Pengembangan LKPD Tematik Model Picture and Picture Berbasis Budaya Lokal Tema 7 Materi Indahnya Keragaman Di Negeriku Kelas IV SD Nurjannah; Nurmairina
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MIPA Vol. 8 No. 2 (2024): Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA
Publisher : LPPM UMN Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/jp2mipa.v8i2.2350

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena belum di terapkannya nilai-nilai kearifan lokal dalam proses pembelajaran disekolah sehingga peserta didik kurang mengetahui kearifan lokal yang ada di daerahnya dan Kurangnya minat siswa dalam menggunakan bahan ajar lembar kerja peserta didik (LKPD dikarenakan tampilan bahan ajar yang hanya menggunakan kertas buram dan dikemas biasa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk Mengembangkan lembar kerja peserta didik (LKPD) Tematik dengan Model Picture and Picture Berbasis Budaya Lokal Pada Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas IV SD. Dengan adanya lembar kerja peserta didik (LKPD) Tematik dengan Model Picture and Picture Berbasis Budaya Lokal peserta didik lebih tertarik dan termotivasi dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian yang dilakukan oleh penulis, yaitu penelitian Reseacrh and Development (R&D) yang dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu (1) Analisi (Analysis) Tahap analisis yang dilakukan mencakup tiga hal yaitu analisis kebutuhan, analisis kurikulum, dan analisis karakter peserta didik (2) Perancangan (Design) Acuan dalam penyusunan pembuatan media buku cerita bergambar adalah spesifikasi produk yang telah dibuat, (3) Pengembangan (Development) Pada tahap ini pengembangan media akan dilakukan uji validitas Oleh Telaah bahasa, Ahli materi dan guru. Berdasarkan penjelasan yang Rata-rata penilaian secara keseluruhan terhadap respon guru terhadap media didapatkan persentase sebesar 75% Persentase ini termasuk kriteria cukup layak untuk digunakan sebagai media dalam aktivitas pembelajaran siswa. Rata-rata penilaian secara keseluruhan terhadap Telaah Bahasa mendapatkan persentase sebesar 90% Persentase ini termasuk kriteria layak untuk digunakan sebagai media dalam aktivitas pembelajaran siswa. Rata-rata penilaian secara keseluruhan terhadap telaah ahli materi mendapatkan persentase sebesar 83%. Persentase ini termasuk kriteria layak untuk digunakan sebagai media dalam aktivitas pembelajaran siswa kelas IV SD tema indahnya keragaman dinegeriku. Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Indahnya Keragaman di Negeriku
Pengembangan Media Rak Stik Bersusun untuk Operasi Hitung Perkalian Pada Siswa Kelas II SDN 105390 Citra Ayu, Sri; warti, sukma
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MIPA Vol. 8 No. 2 (2024): Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA
Publisher : LPPM UMN Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/jp2mipa.v8i2.2582

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media rak stik bersusun untuk operasi hitung perkalian pada siswa/siswi kelas II SDN 105390, (2) mendeskripsikan kelayakan media media rak stik bersusun untuk operasi hitung perkalian pada siswa/siswi kelas II SDN 105390. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang mencakup lima tahap yaitu: Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Subjek dalam penelitian ini adalah validator ahli materi, ahli media, ahli pembelajaran (guru kelas IV) serta siswa kelas II SDN 105390. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah wawancara, observasi, tes, dan angket atau kuesioner. Berdasarkan analisis data yang diperoleh melalui uji validitas ahli materi, ahli media, dan tanggapan guru. Hasil validasi oleh ahli materi yaitu 81,17% termasuk kategori sangat baik/sangat layak. Hasil validasi oleh ahli media yaitu 87,6% termasuk kategori sangat baik/sangat layak. Hasil validasi dari tanggapan guru kelas IV yaitu 80% termasuk kategori baik/layak. Berdasarkan hasil presentase dari ahli materi, ahli media, dan tanggapan guru tersebut, kemudian dihitung rata-ratanya diperoleh hasil 83% termasuk dalam kategori sangat baik/sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Media Pembelajaran Animasi Powtoon Berbasis Problem Based Learning pada Materi Pengukuran Di Kelas V SD Rifa'i Dalimunthe, Muhammad
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MIPA Vol. 8 No. 2 (2024): Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA
Publisher : LPPM UMN Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/jp2mipa.v8i2.2903

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran animasi Powtoon berbasis problem based learning pada materi pengukuran dikelas V SD. (2) Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran animasi powtoon berbasis problem based learning pada materi pengukuran dikelas V SD. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development) dengan mengacu pada model ADDIE yang teridiri dari lima tahap pengembangan, yaitu: (1) analisis (analysis), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (development), (4) implementasi (implementation), dan (5) evaluasi (evaluation). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket. Teknik analisis data yaitu deskriptif kualitatif. 3.​Hasil validasi ahli materi mendapatkan persentase sebesar 94%. Persentase ini termasuk kriteria “sangat layak”. Hasil validasi ahli media mendapatkan persentase sebesar 92% persentase ini termasuk kriteria “sangat layak”. Hasil validasi respon guru dapat diketahui bahwa penilaian oleh respon guru kelas V SD mendapatkan persentase 96% media video pembelajaran pada materi pengukuran dikelas V SD yang dikembangkan sudah sangat valid dan dapat diterapkan sebagai media untuk proses belajar mengajar di sekolah. Kata Kunci: Video powtoon, pengukuran, Problem Based Learning
Analisis Perilaku Siswa Dalam Menyelesaikan Permasalahan Soal Cerita Matematika Kelas VI UPT SPF SD Negeri 105386 Tanjung Siporkis br Barus, Enda Triana; Sukmawarti, Sukmawarti
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MIPA Vol. 8 No. 2 (2024): Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA
Publisher : LPPM UMN Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/jp2mipa.v8i2.3348

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku siswa dalam menyelesaikan permasalahan soal cerita matematika pada materi pecahan kelas VI UPT SPF SD Negeri 105386 Tanjung Siporkis Kecamatan Galang Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas VI UPT SPF SD Negeri 105386 Tanjung Siporkis pada mata pelajaran matematika, salah satunya dalam pembelajaran soal cerita matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jenis perilaku kesalahan, faktor penyebab dan solusi meminimalisir kesalahan perilaku siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi pecahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, analisis dokumen, dan wawancara dengan subjek penelitian sejumlah 20 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek penelitian melakukan kesalahan pada masing-masing butir soal dengan berbagai tipe kesalahan, yakni kesalahan membaca soal 15 kali, kesalahan memahami masalah 35 kali, kesalahan tranformasi 35 kali, kesalahan dalam proses perhitungan 84 kali, dan kesalahan dalam penulisan jawaban akhir 84 kali. Terdapat 3 faktor penyebab siswa melakukan kesalahan, yakni: 1) kesulitan memahami masalah; 2) kesulitan dalam proses perhitungan operasi hitung pecahan; 3) dan mengakibatkan kesalahan dalam penulisan jawaban akhir. Solusi yang ditawarkan untuk meminimalisir perilaku kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita adalah dengan memperbanyak latihan mengerjakan soal cerita, membuat soal cerita dengan bahasa yang lebih komunikatif, menerapkan pembelajaran kooperatif dalam mengajarkan soal cerita, dan memberikan penjelasan menggunakan alat peraga konkret.
Bahan Ajar Bangun Datar Berbasis Masalah di Kelas V SD Rangkuti, Muhammad Zhaky; Sukmawarti, Sukmawarti
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MIPA Vol. 8 No. 2 (2024): Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA
Publisher : LPPM UMN Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/jp2mipa.v8i2.3375

Abstract

This development research aims to develop problem-based flat shape teaching materials that are suitable for use in the learning process in 5th grader. This research is development research using the ADDIE development procedure which consists of 5 stages. In this research, researchers implemented the ADDIE development model only up to the development stage. The instrument used to collect data was a questionnaire given to several expert validators, namely media expert validators, material expert validators and learning expert validators. From the material expert validation results, a score of 85 was obtained with the criteria "very feasible", from the media expert validator a score was obtained of 87.6 with the criteria "very feasible" and from the learning expert validator a score was obtained of 87.2 with the criteria "very feasible". The average score from the assessment results of the three expert validators was 86.6. Based on the assessment score criteria, it can be said that the problem-based flat shape teaching materials developed are "Very Appropriate" for use in the learning process.

Page 1 of 1 | Total Record : 5