cover
Contact Name
Alil Rinenggo
Contact Email
garuda@apji.org
Phone
-
Journal Mail Official
karim@gmail.com
Editorial Address
Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI Jl. Tentara Pelajar No. 13 Ungaran - 50514 Telp. (024) 76911929, Fax. (024) 6923180 Email: waspada.fkip@undaris.ac.id
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Waspada : Jurnal Wawasan Pengembangan Pendidikan
ISSN : 25802267     EISSN : 27220435     DOI : 10.61689
Core Subject : Education,
WASPADA - Jurnal Wawasan Perkembangan Pendidikan diterbitkan oleh Fakultas Pengembangan Pendidikan Guru. Redaksi mengharapkan para peneliti, penulis dan pakar bidang Pendidikan dapat turut menyumbang naskah kemajuan dunia pendidikan dan jurnal ini
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 2 (2020): WASPADA" : 7 Documents clear
PERAN GURU MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM PENGEMBANGAN NILAI MORAL PANCASILA SISWA SMK PGRI III SALATIGA Praptiningsih, Praptiningsih
WASPADA (Jurnal Wawasan Pengembangan Pendidikan) Vol 8, No 2 (2020): WASPADA
Publisher : Faculty of Teacher Training and Education of Undaris

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61689/waspada.v8i2.170

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peranan guru mata pelajaran PKn dalam pengembangan nilai moral pancasila dan apakah yang menjadi hambatan guru mata pelajaran PKn dalam pengembangan nilai moral pancasila siswa SMK PGRI III Salatiga.Jenis penelitian ini digunakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan metode pengumpulan data melalui wawancara terhadap guru PKn, Guru Agama, dan Kepala Sekolah, dengan satuan analisisnya guru, dengan teknik analisis secara kualitatif deskriptif yaitu suatu usaha untuk mengumpulkan dan menyusun data, dengan analisis dan interprestasi/penafsiran terhadap data-data.Hasil penelitian: 1) peranan guru dalam pengembangan nilai-nilai PKn antara lain: (a) menumbuhkan keyakinan adanya Tuhan Yang Maha Esa dengan menunjukkan kebesaran ciptaan tuhan. (b) memberi tauladan yang baik dalam keseharian, mengingatkan langsung kepada anak yang baik dan kurang baik dalam kehiduapan sehari-hari. (c) memberi tauladan agar selalu kerjasama dan rukun, membiasakan untuk kerjasama dalam bekerja dan belajar, menasehati tentang pentingnya hidup rukun dan bersatu. (d) memberi contoh dengan kepemimpinan yang baik, selalu mementingkan musyawarah, bersikap adil terhadap semua orang. (e) memberi tauladan pentingnya berlaku adil, senantiasa menasehati kepada siswa agar senantiasa bersikap saling menjaga amanah dan selalu bertanggung jawab, memberi penjelasan tentang wawasan nusantara, membiasakan anak untuk saling tolong menolong sesuai kemampuan untuk bersikap adil antar sesama. 2) hambatan guru mata pelajaran PKn, yaitu masih ada siswa yang minat belajar kurang sehingga di rumah malas untuk mempelajari lagi, anak setelah pulang sekolah sulit untuk di pantau, orang tua kurang memperhatikan anaknya karena kesibukannya
KESIAPAN DAN KENDALA PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK MELALUI MEDIA DARING PADA MAHASISWA UNIVERSITAS DARUL ULUM ISLAMIC CENTRE SUDIRMAN GUPPI Yogi Ageng Sri Legowo
WASPADA (Jurnal Wawasan Pengembangan Pendidikan) Vol 8, No 2 (2020): WASPADA
Publisher : Faculty of Teacher Training and Education of Undaris

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61689/waspada.v8i2.175

Abstract

Penyebaran covid-19 telah memberikan dorongan bagi pengajar untuk menggunakan pembelajaran dalam jaringan (daring). Model dan metode yang bervariasi mulai dikombinasikan guna mencapai tingkat efektifitasan pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang digunakan adalah pembelajaran berbasis projek melalui media daring. Seperti hal nya penggunaan model atau kombinasi model dan metode yang lain, pembelajaran projek berbasis projek melalui media daring pasti memiliki persiapan dan kendala dalam praktinya.  Dalam artikel ini, penulis akan mendiskripsikan kesiapan pembelajaran berbasis projek melalui media daring mahasiswa Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI serta kendalayang dihadapi pada satu semester pelaksanaan kombinasi model dan media pembelajaran tersebut. Artikel diharapkan dapat memberikan tambahan informasi dan dukungan literasi pengajar lain ketika akan menerapkan pembelajaran berbasis projek melalui media daring
PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA MATA KULIAH KETERAMPILAN BERBAHASA SD DENGAN METODE ROLE PLAYING PADA MAHASISWA SEMESTER V PROGRAM STUDI PGSD UNDARIS UNGARAN Wijayanti, Atrianing Yessi
WASPADA (Jurnal Wawasan Pengembangan Pendidikan) Vol 8, No 2 (2020): WASPADA
Publisher : Faculty of Teacher Training and Education of Undaris

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61689/waspada.v8i2.171

Abstract

Berdasarkan hasil observasi terhadap keterampilan berbicara pada mata kuliah Keterampilan Berbahasa SD mahasiswa semester V Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar UNDARIS Ungaran bahwa persentase mahasiswa pada keterampilan berbicara dalam aspek berwawancara, berbicara dalam diskusi di depan kelas, serta kemampuan memandu acara masih rendah yaitu 68,13. Hal itu disebabkan karena beberapa hal, antara lain: mahasiswa mengalami kesulitan dalam menyampaikan ide, pikiran, dan gagasannya, mahasiswa kurang mampu menceritakan kembali isi suatu bacaan yang telah  dipelajarinya, kemampuan mahasiswa dalam mata kuliah Keterampilan Berbahasa SD relatif rendah, mahasiswa kurang semangat dalam mengikuti proses belajar, lingkungan dan tempat belajar siswa kurang kondusif. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara pada Mata Kuliah Keterampilan erbahasa SD dengan Metode Role Playing pada mahasiswa semester V Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar UNDARIS Ungaran.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian tindakan kelas menurut Kemmis & Mc Taggart (dalam Arikunto, 2015: 42) terdiri dari empat kegiatan utama yang ada pada setiap siklus yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di UNDARIS Ungaran. Subjek penelitian ini adalah Mahasiswa PGSD FKIP UNDARIS semester V yaitu berjumlah 35 mahassiwa, yang terdiri 21 mahasiswi dan 14 mahasiswa. Penelitian dilakukan pada semester II tahun akademik 2019/ 2020 pada bulan Februari tahun 2020. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan observasi. Instrumen yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dosen dan mahasiswa, serta lembar tes kinerja.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode role playing dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada mahasiswa semester V Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar UNDARIS. Sebelum dilaksanakan tindakan, nilai rata-rata kelas yang diperoleh yaitu 59,2. Setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I nilai rata-rata kelas 77 dan pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 81,5
UPAYA MENINGKATAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH OLEH GURU DALAM PEMBELAJARAN PADA CLASSROOM READING PROGRAM MELALUI SUPERVISI AKADEMIK BAGI GURU SD NEGERI MENDONGAN KECAMATAN SUMOWONO KABUPATEN SEMARANG SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Hamid, Abdul
WASPADA (Jurnal Wawasan Pengembangan Pendidikan) Vol 8, No 2 (2020): WASPADA
Publisher : Faculty of Teacher Training and Education of Undaris

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61689/waspada.v8i2.172

Abstract

Berkaitan dengan pemanfaatan referensi perpustakaan sekolah oleh guru dalam pembelajaran, kondisi objektif di SD Negeri Mendongan Kec. Sumowono Kabupaten Semarang saat ini belum optimalnya pemanfaatan perpustakaan, sehingga ada beberapa fenomena: (1) Buku perpustakaan jarang dibaca para siswa, (2) Terdapat anak-anak yang kurang aktif dalam mencari informasi dari referensi perpustakaan, (3) Kurangya siswa SD Negeri Mendongan yang memanfaatkan referensi perpustakaan sekolah, (4) Dalam proses pembelajaran sehari-hari tampak pemanfaatan referensi perpustakaan siswa menunjukkan intensitas yang tidak sama, (5) Pemanfaatan referensi perpustakaan oleh siswa tampak biasa-biasa saja, kecuali tugas dari guru.Dari beberapa masalah yang diidentifikasikan, dalam penelitian ini dilakukan supervisi akademik pada classroom reading program dan pemanfaatan referensi perpustakaan oleh siswa. Subyek penelitian ini adalah guru SD Negeri Mendongan Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang berjumlah 6 orang.Hasil penelitian sebagai berikut: Sebelum supervisi akademik pada classroom reading program kualitas guru dalam pemanfaatan referensi perpustakaan sebagai sumber pembelajaran di SD Negeri Mendongan, Kec. Sumowono, Kabupaten Semarang rata-rata 64,58% dan skor guru yang mencapai ≥ 75 ada 2 orang (33,33%). Setelaah supervisi akademik pada classroom reading program siklus I, kualitas guru dalam pemanfaatan referensi perpustakaan sebagai sumber pembelajaran di SD Negeri Mendongan, Sumowono, Kabupaten Semarang, rata-rata 73,60% dan skor guru yang mencapai ≥ 75 ada 3 orang (50,00%). Peningkatan rata-rata skor 9,0 dan peningkatan kualitas pemanfaatan referensi perpustakaan 16,7%. Setelaah supervisi akademik pada classroom reading program siklus II, kualitas guru dalam pemanfaatan referensi perpustakaan sebagai sumber pembelajaran di SD Negeri Mendongan, Kec. Sumowono, Kabupaten Semarang, rata-rata 78,50% dan skor guru yang mencapai ≥ 75 ada 5 orang (83,33%). Peningkatan rata-rata 4,9 dan peningkatan IPK guru 33,3%.Dapat disimpulkan, supervisi akademik pada classroom reading program dapat meningkatkan pemanfaatan perpustakaan sekolah oleh guru dalam meningkatkan  budaya baca siswa dalam pembelajaran pada classroom reading program di SD Negeri Mendongan Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019
UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG “FPB DAN KPK” DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN OPEN ENDED (OE) DI KELAS IV SDN GEMAWANG KECAMATAN JAMBU KABUPATEN SEMARANG SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Waluyo, Rahmat
WASPADA (Jurnal Wawasan Pengembangan Pendidikan) Vol 8, No 2 (2020): WASPADA
Publisher : Faculty of Teacher Training and Education of Undaris

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61689/waspada.v8i2.173

Abstract

Pada siswa kelas IV Semester I, setelah kegiatan pembelajaran Matematika dengan kompetensi dasar “FPB dan KPK”, ternyata guru mengalami beberapa masalah yang berkaitan dengan keberhasilan siswa dalam mempraktekkan materi ini. Hal ini terlihat pada hasil tes perbuatan, semua belum mencapai target ketuntasan. Dari 8 siswa baru ada 3 siswa (37,5%) yang mencapai target ketuntasan belajar dengan nilai 65. Siswa masih lemah dalam “FPB dan KPK”. Kondisi seperti ini memerlukan perhatian dari guru untuk melakukan perbaikan pembelajaran. Pemecahan masalah yang dilakukan guru yaitu dengan melakukan Pendekatan pembelajaran Open Ended (OE)  dengan membentuk kelompok besar dan kelompok kecil agar latihan siswa lebih intensif. Dengan Pendekatan pembelajaran Open Ended (OE), siswa saling membantu temannya yang lemah dalam “FPB dan KPK”. Dalam penelitian ini, pelatihan ditekankan pada peningkatan kemampuan “FPB dan KPK”.Penelitian ini menggunakan jenis PTK (penelitian tindakan kelas), dilaksanakan di SD Negeri Gemawang Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang pada bulan Agustus – Oktober 2019. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah: siswa kelas IV yang berjumlah 8 siswa.Hasil penelitian : (1) Hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika tentang “FPB dan KPK”  pada kelas IV SD Negeri Gemawang Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang melalui pendekatan pembelajaran Open Ended (OE) meningkat: (a) Pada Kondisi awal yang rata-rata 58,13; (b) Pada Siklus I rata-rata 65,61; (c) Pada Siklus II hasil belajar  rata-rata 70; (2) Ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dalam pembelajaran Matematika tentang “FPB dan KPK”  pada kelas IV SD Negeri Gemawang Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang melalui pendekatan pembelajaran Open Ended (OE), yaitu  : (a) Pada Kondisi awal yang mencapai dengan ketuntasan belajar ada 3 siswa (37,5%); (b) Pada Siklus I yang mencapai dengan ketuntasan belajar ada 4 siswa (50,0%); (c) Pada Siklus II yang mencapai dengan ketuntasan belajar ada 7 siswa (87,5%).
PERAN GURU DALAM MENANAMKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN PKN SISWA KELAS XI DI SMK MIFTAHUL ULUM SUSUKAN Hidayat, Mansyur
WASPADA (Jurnal Wawasan Pengembangan Pendidikan) Vol 8, No 2 (2020): WASPADA
Publisher : Faculty of Teacher Training and Education of Undaris

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61689/waspada.v8i2.169

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di SMK Miftahul Ulum Susukan,  yaitu ada sebagian siswa yang terlambat datang masuk jam pelajaran, tidak memakai seragam kaos olahraga pada saat jam pelajaran olahraga, tidak memakai sabuk, memiliki rambut panjang, tidak memperhatikan pada saat pembelajaran, pada saat moving class siswa tidak segera menghapus papan tulis, dan berbagai permasalahan karakter lainnya. Hal ini membuat penulis ingin mengetahui kegiatan penanaman karakter melalui pembelajaran PKn yang di laksanakan di SMK Miftahul Ulum Susukan. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Lokasi penelitian berada di SMK Miftahul Ulum Susukan. Kemudian waktu penelitian dilaksanakan pada tanggal 8 September 2019 s.d. 8 Oktober 2019, peneliti berperan mengumpulkan data dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Satuan analisis penelitian ini adalah peran guru PKn dalam menanamkan karakter melalui pembelajaran PKn terhadap siswa kelas XI di SMK Miftahul Ulum Susukan. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru PKn kelas XI dan 8 siswa SMK Miftahul Ulum Susukan, sedangkan pengecekan data menggunakan teknik triangulasi yakni menggabung berbagai teknik pengumpulan data dan sumber data yang telah ada. Tahap-tahap penelitian meliputi persiapan, mencari data, analisis data, tahap penyusunan laporan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa guru PKn berperan sebagai inspirator, informator, organisator, fasilitator, motivator, pembimbing, pengelola kelas, mediator dalam Menanamkan Karakter melalui Pembelajaran PKn terhadap siswa Kelas XI di SMK Miftahul Ulum Susukan
PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS GUNA MENINGKATKAN KETERAMPILAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PROGRAM BDR (BELAJAR DARI RUMAH) SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI DABIN 1 KORWILCAM BIDANG PENDIDIKAN KECAMATAN SUMOWONO Sarjono, Sarjono
WASPADA (Jurnal Wawasan Pengembangan Pendidikan) Vol 8, No 2 (2020): WASPADA
Publisher : Faculty of Teacher Training and Education of Undaris

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61689/waspada.v8i2.174

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan yang dialami guru di lingkungan Korwilcam Bidang Pendidikan Kecamatan Sumowono terhadap pelaksanaan program BDR (Belajar Dari Rumah) yang dicetuskan pemerintah dalam rangka mencegah penyebaran virus Covid-19 di sekolah. Oleh sebab itu, peneliti melaksanakan kegiatan supervisi akademik guna meningkatkan keterampilan mengajar guru dalam melaksanakan program BDR. Peneliian ini merupakan Penelitian Tindakan Kepengawasan (PTKp) dan dilaksanakan di Dabin 1 Korwilcam Bidang Pendidikan Kecamatan Sumowono. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru kelas  V dan VI dari Dabin 1 yang berjumlah 26 guru. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi kegiatan pembelajaran dan catatan lapangan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi yang telah valid dan reliabel. Analisis data yang dilakukan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif terhadap hasil observasi kegiatan guru selama proses belajar mengajar. Observasi dikembangkan dari instrumen BDR oleh Kemendikbud. Penerapan supervisi akademik yang telah dilakukan oleh peneliti mampu meningkatkan keterampilan guru dalam melaksanakan program BDR di Dabin 1 Korwilcam Bidang Pendidikan Kecamatan Sumowono. Rata-rata nilai keterampilan guru pada Siklus I sebesar 72 (kategori Cukup) meningkat menjadi 77,75 (Kategori Baik) pada Siklus II.

Page 1 of 1 | Total Record : 7