cover
Contact Name
Hikmawati
Contact Email
job.pgsd@uho.ac.id
Phone
+6282310491029
Journal Mail Official
job.pgsd@uho.ac.id
Editorial Address
Universitas Halu Oleo Kampus Hijau Bumi Tridharma, Jl. HAE. Mokodompit No1 Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : 25812998     EISSN : 25812629     DOI : -
Core Subject : Education,
Journal of Basication (JOB): Jurnal Pendidikan Dasar merupakan sistem jurnal terbuka yang menggunakan sistem peer-review pada jurnal yang di submit. Diterbitkan oleh Jurusan PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo sejak tahun 2017. Journal of Basication (JOB): Jurnal Pendidikan Dasar adalah jurnal Open-Access dan diterbitkan tiga kali setahun, yaitu pada bulan Agustus, Desember, April. Artikel / Jurnal yang diterbitkan dengan tujuan dan ruang lingkup berkiatan dengan Strategi, Model, Pendekatan dan Metode Pembelajaran di SD dan SMP; Media dan Teknologi Pembelajaran di SD dan SMP; Evaluasi Pembelajaran di SD dan SMP; Psikologi Pendidikan di SD dan SMP; Pengembangan Kurikulum di SD dan SMP; serta Manajemen Sekolah di SD dan SMP.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 7 No. 2 (2023): Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar" : 8 Documents clear
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV Yani, April; La Ili; La Ode Kaimuddin; Mustari, Facharuddin
Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 7 No. 2 (2023): Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Jurusan PGSD FKIP Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Melalui penggunaan paradigma pembelajaran berbasis masalah, penelitian ini berupaya untuk meningkatkan pengetahuan konseptual siswa tentang materi bangun datar di kelas IV SDN 91 Kendari. Dua jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Lembar observasi digunakan untuk mengumpulkan data kualitatif, sedangkan ujian siklus digunakan untuk mengumpulkan data kualitatif. Berdasarkan laporan hasil belajar, 23 siswa pada siklus I telah mencapai KKM ≥ 70 dengan 100% siswa yang hadir, dan nilai rata-rata mereka adalah 90,43%. Pada Siklus II, terdapat 23 siswa yang telah menyelesaikan KKM ≥ 70 dengan ketuntasan 100%, tidak ada siswa yang belum tuntas, dan nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 100%.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V Ade Andini; Rusmin, Lisnawati; Hikmawati
Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 7 No. 2 (2023): Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Jurusan PGSD FKIP Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jobpgsd.v7i2.36

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS siswa tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 26 Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN 26 Kendari yang berjumlah 34 orang. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri pada siklus I diperoleh presentase ketuntasan secara klasikal sebesar 56% dengan nilai rata-rata 67,05 dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase ketuntasan menjadi 85% dengan nilai rata-rata 80. Sehingga dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa pada tema 9 benda-benda di sekitar kita kelas V SDN 26 Kendari.
ANALISIS DESKRIPTIF PELAKSANAAN KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS V Hayudin, Ahmad; Arihi, La Ode Safiun; Uge, Sarnely
Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 7 No. 2 (2023): Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Jurusan PGSD FKIP Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jobpgsd.v7i2.37

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan keterampilan dasar mengajar guru pada mata pelajaran PKn dan upaya guru dalam mengimplementasikan keterampilan dasar mengajar di kelas V SD Negeri 46 Kendari. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan Guru Kelas v yang mengajar mata pelajaran PKn. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data di peroleh dengan menggunakan Teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil Penelitian Menunjukan bahwa, pelaksanaan keterampilan dasar mengajar guru pada mata pelajaran PKn dan upaya guru dalam mengimplementasikan keterampilan dasar mengajar di kelas V memperoleh nilai rata-rata 80,4% dengan kategori sangat baik. Dengan rician keterampilan membuka dan menutup memperoleh nilai sebesar 73,8% dengan kategori baik, keterampilan menjelaskan memperoleh nilai sebesar 66,7% dengan kategori baik, keterampilan bertanya memperoleh nilai sebesar 83,3% dengan kategori sangat baik, keterampilan mengadakan variasi memperoleh nilai sebesar 75% dengan kategori baik, keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil memperoleh nilai sebesar 87,5% dengan kategori sangat baik, keterampilan mengelola kelas memperoleh nilai 83,3% dengan kategori sangat baik, dan keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan memperoleh nilai sebesar 87,5% dengan kategori sangat baik. Secara garis besar dapat di simpulkan bahwa keterampilan yang dimiliki oleh guru dalam mengajar telah memadai untuk mendukung pembelajaran di kelas sehingga Siswa terlibat aktif dalam memecahkan permasalahan yang terkait dengan materi yang di ajarkan, mengungkapkan gagasanya dan menyimpulkanya.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI PADA SISWA KELAS V Berlianti, Fita Nur; La Rabani; Mansyur M.; Mustika Kurniasari
Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 7 No. 2 (2023): Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Jurusan PGSD FKIP Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jobpgsd.v7i2.38

Abstract

Pada bidang keterampilan menulis masih menunjukkan hasil yang kurang baik dan tergolong rendah jika dibandingkan dengan aspek kebahasaan lainnya. Tujuan penelitian ini meningkatkan keterampilan menulis narasi melalui penerapan model pembelajaran concept stentence. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN 97 Kendari yang berjumlah 18 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Setiap siklus dalam penelitian ini dilaksanakan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Data kualitatif akan dianalisis secara deskriptif kualitatif melalui observasi guru dan siswa dengan menggunakan lembar observasi. Sedangkan data kuantitatif akan dianalisis secara deskriptif kuantitatif melalui tes yang diberikan pada akhir setiap siklus tindakan. Hasil analisis menunjukkan siklus I sebanyak 9 siswanya tuntas (50%), sedangkan sebanyak 9 siswanya tidak tuntas (50%). Rata-rata keterampilan menulis narasi siklus I adalah 69,17 sedangkan siklus II 15 siswanya (83,33%) tuntas. Sebanyak 3 siswa memperoleh persentase 17% dinyatakan belum tuntas di mana rata-ratanya 91,67. Berdasarkan hal tersebut, dapat dikatakan bahwa penerapan model Concept Sentence untuk keterampilan menulis narasi siswa Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita kelas V SDN 97 Kendari meningkat.
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA Imran; Muhammad Yasin; Kansil, Yoo Eka Yana; Iman Ashari
Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 7 No. 2 (2023): Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Jurusan PGSD FKIP Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jobpgsd.v7i2.39

Abstract

Kasus yang ditemukan khususnya pada siswa kelas V adalah proses pembelajarannya belum berlangsung sebagaimana yang dikehendaki. Hal tersebut dikarenakan siswa belum terbiasa dengan pembelajaran yang mengarahkan siswa untuk memecahkan masalah ketika diberikan soal yang berbasis masalah. Kurangnya kemampuan siswa terhadap pemecahan masalah soal cerita matematika mengakibatkan kualitas pembelajaran matematika masih rendah sampai saat ini. Salah satu materi yang menekankan penyelesaian masalah adalah cara menyelesaikan soal cerita materi FPB dan KPK. Untuk meningkatkan akivitas mengajar guru pada materi KPK dan FPB melalui model problem based learning, meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa pada materi KPK dan FPB melalui model problem based learning, dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi KPK dan FPB melalui model problem based learning. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dikelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus pembelajaran. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Prosedur dalam penelitian ini meliputi (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (Observasi dan Evaluasi, (4) Refleksi. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa (1) Aktivitas Mengajar Guru pada siklus 1 pertemuan 1 terlaksana 56,25 %,dan pada pertemuan 2 terlaksana 65,62 %. Sedangkan pada siklus II pertemuan 1 terlaksana 71.87% dan pada pertemuan 2 terlaksana 87,5 %. (2) Aktivitas belajar siswa pada siklus 1 terlaksana 66,7%. Sedangkan pada siklus II 80.92%. Berdasarkan data tersebut maka indikator keberhasilan dalam penelitian ini telah tercapai, sehingga dapat disimpulkan bahwa Aktivitas mengajar guru, Aktivitas belajar siswa dan hasil Belajar siswa dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran problem based learning.
PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IIISD NEGERI DESA TEREBINO KECAMATAN MENUI KEPULAUAN KABUPATEN MOROWALI Ismail; Muhamad Abas; Suardika, I Ketut
Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 7 No. 2 (2023): Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Jurusan PGSD FKIP Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jobpgsd.v7i2.40

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk Mengetahui Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III SD Negeri Desa Terebino Kecamatan Menui Kepulauan Kabupaten Morowali”. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah eksperimen semu dengan metode penelitian Ex Post Facto. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III dan guru SD Negeri Desa Terebino Kecamatan Menui Kepulauan Kabupaten Morowali. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara, dokumentasi dan hasil belajar IPS siswa. Uji instrumen peneliti menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji hipotesis One Sample T Test dengan nilai sig = 0,000. Karena sih = 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak atau H1 diterima yang berarti bahwa terdapat pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar IPS siswa Kelas III SD Negeri Terebino Kecamatan Menui Kepulauan Kabupaten Morowali dengan taraf kepercayaan 5%.
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR Widiani, Kadek Ayu; Izlan Sentryo; Nana Sumarna
Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 7 No. 2 (2023): Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Jurusan PGSD FKIP Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jobpgsd.v7i2.41

Abstract

Melalui penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah di kelas IV SD Negeri 5 Landono, penelitian ini berusaha untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah siswa meningkat. Penelitian tindakan kelas (PTK) adalah jenis penelitian ini. Penelitian ini dilakukan hingga dua siklus, dengan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Data kuantitatif akan dievaluasi secara kuantitatif berdasarkan hasil tes kemampuan pemecahan masalah siswa pada akhir setiap siklus tindakan, sedangkan data kualitatif akan dinilai secara deskriptif kualitatif melalui hasil observasi yang dikumpulkan. Berdasarkan hasil penelitian, siklus I menghasilkan nilai rata-rata 54,66%, sedangkan siklus II menghasilkan nilai rata-rata 83,55%, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan keterlibatan siswa, keterlibatan guru, dan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas IV SD Negeri 5 Landono.
ANALISIS LKPD BERBASIS SAINTIFIK YANG DIGUNAKAN OLEH GURU Ilham Nudin; Amiruddin B.; Arisanti, Wa Ode Lidya; Rende, Alimulya
Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 7 No. 2 (2023): Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Jurusan PGSD FKIP Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jobpgsd.v7i2.42

Abstract

Kurangnya penggunaan LKPD berbasis saintifik yang digunakan guru menyebabkan kemampuan menganalisis peserta didik terhadap proses pemecahan masalah berkurang. Maksud dari penelitian ini untuk mengetahui LKPD yang digunakan oleh Guru di SDN 17 Kendari sudah berbasis saintifik atau belum. Yang menjadi subjek dari penelitian ini yaitu semua guru yang ada di SDN 17 Kendari. Sampel diperoleh adalah LKPD guru kelas 4, 5, dan 6 di SDN 17 Kendari. Data yang diperoleh berupa dokumentasi Lembar Kerja Peserta Didik kelas 4, 5, dan 6 yang sudah digunakan. Data dianalisis dengan komponen-komponen berbasis saintifik dan kemudian diberi skor. Adapun tahapan analisis data seperti pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan pengambilan keputusan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan LKPD berbasis saintifik oleh guru di SDN 17 Kendari telah memberikan dampak positif dalam pembelajaran siswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 8