cover
Contact Name
M. Makbul
Contact Email
m.makbul@fai.unsika.ac.id
Phone
+6282192367665
Journal Mail Official
az.zakiy@unsika.ac.id
Editorial Address
Fakultas Agama Islam Universitas Singaperbangsa Karawang Jl. HS Ronggowaluyo Telukjambe Timur Kab. Karawang
Location
Kab. karawang,
Jawa barat
INDONESIA
Az-Zakiy: Journal of Islamic Studies
ISSN : 30263174     EISSN : 30258863     DOI : -
Core Subject : Religion,
Az-Zakiy | Journal of Islamic Studies is a scientific periodical published by the Faculty of Islamic Studies, Singaperbangsa University, Karawang which contains the results of research by experts in the field of Islamic education from various perspectives. The focus of this journal is on important and actual issues regarding Islamic Education, such as: Islamic Religious Education Learning System Design Islamic Religious Education Curriculum Islamic Religious Education Learning Media Evaluation of Islamic Religious Education Philosophy of Islamic Education Islamic Education Theory Sociology of Islamic Education Tarbawi Hadith Study Tarbawi Interpretation Study Islamic Education in the Family and Society Islamic Education for Children with Special Needs History of Islam in Indonesia History of Islamic Civilization
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2024): Az-Zakiy: Journal of Islamic Studies" : 6 Documents clear
Penyusunan Program Semester dalam Pembelajaran: Analisis Teoretis dan Praktis untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Firmansyah, Firmansyah
Az-zakiy : Journal of Islamic Studies Vol 2 No 1 (2024): Az-Zakiy: Journal of Islamic Studies
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Singperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35706/azzakiy.v2i1.11122

Abstract

Penelitian ini bertujuan melengkapi pembahasan tentang penyusunan program semester dalam konteks pembelajaran, dengan fokus pada pengertian, konsep dasar, dan langkah-langkah penyusunan program semester. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan, yang berusaha mengumpulkan informasi secara teoretis dan praktis berdasarkan studi kepustakaan. Sumber primer penelitian berasal dari buku, didukung oleh sumber data sekunder dari berbagai artikel relevan. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik dokumentasi, dan analisis data menggunakan metode analisis induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program semester adalah rancangan kegiatan belajar mengajar secara garis besar yang dibuat dalam satu semester, memperhatikan program tahunan dan alokasi waktu mingguan. Program ini mencakup garis-garis besar tentang hal-hal yang akan dilaksanakan dan dicapai dalam satu semester, merupakan penjabaran dari program tahunan. Isinya mencakup informasi seperti bulan, pokok bahasan, waktu yang direncanakan, dan keterangan tertentu. Sebagai perangkat pembelajaran, program semester bukan hanya administrasi belaka, melainkan bagian integral dari sistem pendidikan yang tak dapat dipisahkan dari komponen pendidikan lainnya. Penyusunan program semester menjadi rancangan rencana pembelajaran di suatu satuan pendidikan pada mata pelajaran tertentu. Dengan demikian, guru dapat memetakan kapan materi harus disampaikan, menjadikannya kunci penting untuk mencapai pendidikan yang efektif dan efisien.
Peran Guru Mata Pelajaran PAI dalam Pelaksanaan Kurikulum MBKM di SMKN 1 Gantar Indramayu Zulfatus Shopiah, Nawa; Sartika, Ika; Farihin, Ahmad; Avina Farhanah, Pipin
Az-zakiy : Journal of Islamic Studies Vol 2 No 1 (2024): Az-Zakiy: Journal of Islamic Studies
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Singperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35706/azzakiy.v2i1.11163

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru pendidikan agama islam dalam pelaksanaan kurikulum merdeka belajar di SMKN 1 Gantar Indramayu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus sebagai metodologi utama untuk mengungkapkan peran guru PAI dalam pelaksanaan kurikulum MBKM, melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunujukan bahwa peran guru PAI aktif terlibat dalam pelaksanaan pembelajaran yang mengintegrasika nilai-nilai agama islam dangan kompetensi MBKM. Selain itu, guru PAI berperan sebagai pembimbing dan pemantau perkmbangan siswa, memberikan arahan terkait aspek keagamaan dan moral. Kesimpulan dari penelitian ini memberikan wawasan yang berharga bagi praktidi pendidikan, guru PAI dan pihak sekolah untuk memahami dan meningkatkan peran mereka dalam mencapai tujuan kurikulum merdeka di SMKN 1 Gantar Indramayu.
Qur’anic Parenting sebagai Solusi Solutif Degradasi Moral Anak Syafi'i, Ahmad Syafi'i
Az-zakiy : Journal of Islamic Studies Vol 2 No 1 (2024): Az-Zakiy: Journal of Islamic Studies
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Singperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35706/azzakiy.v2i1.11169

Abstract

Kerusakan moral yang meluas pada anak-anak muda yang terjadi di ruang kelas dan lingkungan sekitar menyebabkan tingkat kriminalitas. Untuk mengembalikan kesadaran anak-anak, keteladanan menjadi sangat penting. Tulisan ini mengkaji gagasan pengasuhan anak dari perspektif al-Qur'an Luqman al-Hakim dengan menggunakan analisis QS Luqman/31: 13-19. Tulisan ini merupakan hasil penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan pendekatan analisis isi (content analysis). Fenomenologi adalah metode yang digunakan. Metode maudu'i digunakan untuk menganalisis ayat tersebut, dan temuannya menunjukkan bahwa cara terbaik dan paling etis untuk mendidik anak adalah dengan menekankan hal-hal berikut: 1) pendidikan akidah; 2) memperlakukan orang tua dengan baik dan melarang berbakti kepada orang tua dalam konteks kemusyrikan; 3) keimanan; 4) perintah shalat dan larangan mendekati perbuatan buruk; dan 5) pendidikan moral.
Pengaruh Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Pembentukan Etika Sopan Santun Peserta Didik Kelas IV Mdta Baitul Falah Kecamatan Cikarang Timur Kabupaten Bekasi Salisah, Siti Khopipatu; Makbul, M.
Az-zakiy : Journal of Islamic Studies Vol 2 No 1 (2024): Az-Zakiy: Journal of Islamic Studies
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Singperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35706/azzakiy.v2i1.11170

Abstract

Penelitian ini terdiri dari dua variabel yakni pembelajaran akidah akhlak dan pembentukan etika sopan santun peserta didik sehingga dengan demikian tujuan penelitian ini untuk menguraikan gambaran hasil pembelajaranakidah akhlak, pembentukan etika sopan santun, serta pengaruh keduanya dalam hubungan korelasional. Populasi dalam penelitian ini yakni seluruh peserta didik kelas IV Madrasah Diniyah Takmiliyyah Awaliyyah Baitul Falah Cikarang Timur Bekasi, dan sampelnya ialah peserta didik kelas IV. Metode penelitian yang digunakan dalam riset ini yakni penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif, metode ini dipilih metode eks post facto untuk mengidentifikasi hubungan antara pembelajaran akidah akhlak dan pembentukan etika sopan santun peserta didik. Data terkait pengalaman pembelajaran akidah akhlak dan pembentukan etika sopan santun peserta didik dikumpulkan dengan menggunakan intrument kuesioner, yang disusun dengan menggunakan skala likert, teknik analisis data menggunakan analisis dektifptif dan inferensial. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa Pembelajaran akidah akhlak 3% pada kategori rendah, 10% pada Kategoris sedang dan 3% pada kategori tinggi, sehingga dapat disimpulkan bahwa rerata Pembelajaran akidah akhlak peserta didik kelas IV madrasah diniyyah takmiliyyah awaliyyah Baitul Falah Cikarang Timur Bekasi berada pada kategori sedang. Pembentukan etika sopan santun, 3% pada kategori rendah, 16% pada Kategoris sedang dan 9% pada kategori tinggi, sehingga dapat disimpulkan bahwa rerata pembentukan etika sopan santun peserta didik kelas IV madrasah diniyah takmiliyyah awaliyyah Baitul Falah Cikarang Timur Bekasi berada pada kategori sedang Berdasarkan outpus SPSS pada tabel Coefficientsa diketahui nilai signifikansi (sig.) sebesar 0,255 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa “Ada pengaruh pembelajaran akidah akhlak (X) terhadap pembentukan etika sopan santun peserta didik (Y).” Dari hasil analisis diketahui nilai R Square= 0,091, dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh pembelajaran akidah akhlak (X) terhadap pembentukan etika sopan santun peserta didik (Y) sebesar 9,1% sedangkan 90,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang bukan menjadi variabel dari penelitian ini.
Implementasi Implementasi Metode Kooperatif Tipe Index card match dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadis Kelas III di MI Muhammadiyah Ketepung Andriyani, Nova; Hudha, M. Choirul
Az-zakiy : Journal of Islamic Studies Vol 2 No 1 (2024): Az-Zakiy: Journal of Islamic Studies
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Singperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35706/azzakiy.v2i1.11178

Abstract

Pembelajaran diberikan agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan,penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan. Index card match adalah salah satu variasi dari metode kooperatif yang melibatkan pemberian pertanyaan atau pernyataan pada kartu yang kemudian disebar kepada peserta didik untuk dipecahkan bersama-sama Penelitian deskriptif kualitatif sendiri yaitu penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan fenomena secara utuh yang terjadi di masyarakat pada saat itu atau pada masa lampau sehingga tergambar karakter, ciri, sifat, dan model dari fenomena tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian dengan cara mengumpulkan data secara langsung yang diambil dari lapangan dengan mendatangi lokasi. Strategi Index card match disebut sebagai strategi untuk mencari pasangan kartu informasi. Strategi ini menyenangkan yang digunakan untuk mengulang materi ajar yang telah diberikan sebelumnya. Namun materi baru pun dapat diajarkan dengan cara ini dengan catatan siswa diberi tugas untuk mempelajari topik yang akan disampaikan. Strategi ini bertujuan melatih peserta didik agar lebih kuat pemahamannya terhadap suatu materi yang dipelajari.
Optimalisasi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Akhlak Mazmumah Siswa Sekolah Dasar : Optimization of Islamic Religious Education Teachers in Addressing Elementary School Students' Psalms Morals Karimah, Ummah; Riski, Riski
Az-zakiy : Journal of Islamic Studies Vol 2 No 1 (2024): Az-Zakiy: Journal of Islamic Studies
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Singperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35706/azzakiy.v2i1.11228

Abstract

Bentuk penyimpangan sikap terhadap siswa karena cenderung meniru apa yang dilihat sehingga menyebabkan sikap bersikap yang kurang baik atau akhlak mazmumah. Oleh karena itu, diadakan optimalisasi guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi akhlak mazmumah siswa di SDN Sawah 04 Ciputat Tangerang Selatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi akhlak mazmumah dan faktor-faktor yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi Akhlak mazmumah siswa di SDN Sawah 04 Ciputat Tangerang Selatan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode observasi dan wawancara digunakan untuk mencari data tentang optimalisasi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi akhlak mazmumah dan faktor-faktor yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi Akhlak mazmumah siswa di SDN Sawah 04 Ciputat Tangerang Selatan. Metode dokumentasi data yang dicari yaitu data tentang letak geografis sekolah, data keadaan guru, keadaan siswa, serta sarana dan prasarana. Adapun pemeriksaan keabsahan data penelitian ini menggunakan kredibilitas dengan cara melakukan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dalam penelitian dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa optimalisasi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi akhlak mazmumah siswa dilakukan dengan cara melalui keteladanan, pembiasaan, nasehat dan hukuman. Gambaran akhlak mazmumah seperti membolos sekolah, menjelekkan temannya sendiri, dusta, berolok-olok, mengganggu temannya dikelas, berkhianat dan tidak mau patuh dengan guru dan orang tua. Adapun faktor-faktor yang dihadapi guru dalam mengatasi akhlak mazmumah yaitu kurangnya pengawasan orang tua, masa remaja (pubertas), teman sebaya, dan media sosial.

Page 1 of 1 | Total Record : 6