Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Musytari: Neraca Manajemen, Akuntasi, Ekonomi, adalah jurnal nasional peer-review yang diterbitkan oleh CV Anugrah Anggota IKAPI. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntasi, Ekonomi membahas ekonomi dan bisnis dalam ruang lingkup berbagai disiplin ilmu ekonomi, manajemen, dan akuntansi. Tim editorial menyambut baik seluruh masyarakat, terutama akademisi dan peneliti, untuk menyumbangkan dedikasi intelektualnya dalam bentuk artikel asli yang diterbitkan dalam jurnal ini yang belum pernah dipublikasikan di media manapun. Artikel dapat berupa hasil penelitian maupun kajian ilmiah lainnya.
Articles
15 Documents
Search results for
, issue
"Vol. 2 No. 7 (2023): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi"
:
15 Documents
clear
DAMPAK PERBAIKAN JALAN TERHADAP UMKM PEDAGANG SIOMAY DI JALAN GURILA UJUNG
Riswan Rambe;
Mhd. Habib Ansyahri Siregar;
Wahyu Hidayat
Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 2 No. 7 (2023): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Publisher : CV SWA Anugrah
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.8734/musytari.v2i7.1243
Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) adalah perusahaan otonom yang menghasilkan keuntungan yang dikelola oleh individu, perusahaan yang tidak berkorporasi, atau perusahaan yang beroperasi di bawah hukum mikro dan perusahaan kecil. Istilah "infrastruktur" umumnya mengacu pada semua fasilitas fisik dan sosial dasar (seperti bangunan, jalan, dan pasokan listrik) yang diperlukan untuk operasi sehari-hari komunitas atau bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak positif dan negatif perbaikan jalan terhadap UMKM pedagang siomay di jalan Gurilla Ujung, Medan.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan bersifat kualitatif. Dengan mendetailkan masalah yang muncul, penelitian ini mencoba untuk menemukan solusi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa perbaikan jalan memiliki dampak yang positif juga negatif terhadap UMKM pedagang siomay di jalan Gurilla Ujung, Medan.
PENTINGNYA STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) DALAM TATA KELOLA USAHA YANG BAIK UNTUK STABILITAS UMKM
Riswan Rambe;
Taufiq Fajar Muthahir;
Dailami Asmar;
Muhammad Surya
Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 2 No. 7 (2023): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Publisher : CV SWA Anugrah
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.8734/musytari.v2i7.1254
Standar operasional prosedur (SOP) termasuk hal yang paling utama dalam memberikan dan memperhatikan kualitas setiap produk, dan Standar operasional prosedur (SOP) ialah bentuk cara yang harus segera diselesaikan melalui beberapa tahapan dalam melakukan aktivitas kerja. Dan pada saat ini UMKM juga menjadi pondasi penting terhadap perkembangan dalam Indonesia, karena partisipasi yang sangat banyak terhadap ekonomi nasional, akan tetapi UMKM pastinya mempunyai titik kemajuan dan timbulnya permasalahan, paling utama terhadap UMKM Depot Air Minum Sholihan Water, Di Daerah Jalan Karya Komplek Graha Medan Johor. Bentuk dan sifat usaha ini masih terbilang sempurna, akan tetapi masih banyak didalamnya terdapat permasalahan-permasalahan timbul yang harus diperbaiki. Seperti selalu adanya pertukaran pegawai dan kurangnya pendapatan dalam perhitungan modal. Dengan ini seharusnya dapat memecahkan permasalahan dengan bagaimana pentingnya sebuah usaha dalam menerapkan standar operasional prosedur (SOP) dalam usaha tata kelola yang baik untuk menunjang stabilitas UMKM. Mekanisme dan metode yang dilakukan oleh peneliti adalah bentuk metode observasi, wawancara dengan melalui pemilik pengusaha Depot Air Minum Sholihan Water. Kemudian data yang sudah dikumpulkan peneliti cakupkan dalam jenis deskriptif, semua bentuk pengumpulan data yang dilakukan dalam jangka waktu 3 hari, dan dengan hal ini juga artinya peneliti sudah melakukan riset yang maksimal dalam memberikan penelitian yang efektif dan akurat.
ANALISIS STRATEGI BISNIS DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN (STUDI KASUS PADA RUANG KETIGA COFFEE)
Novra Ardian;
Muhammad Sahid Dimitri;
Pahlevi Putri Kurnia Rahmadani;
Nurrahma Nurrahma;
Satrio Bimo Syahputro
Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 2 No. 7 (2023): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Publisher : CV SWA Anugrah
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.8734/musytari.v2i7.1255
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan merumuskan strategi bisnis dari Ruang Ketiga Coffee dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan adalah faktor kunci dalam kesuksesan bisnis. Pelanggan yang puas lebih cenderung menjadi pelanggan setia, merekomendasikan bisnis kepada orang lain, memberikan ulasan positif yang pada akhirnya dapat meningkatkan reputasi bisnis dan menghasilkan peningkatan pendapatan jangka panjang sehingga lebih unggul dari kompetitor. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian deskriptif kualitatif, dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah melalui analisis SWOT, matrik IFE (Internal Factor Evaluation) dan EFE (External Factor Evaluation) yang diakhiri dengan matrik SWOT. Sampel terdiri dari 1 pemilik bisnis, 1 karyawan serta 3 pelanggan yang memiliki sikap berbeda terhadap Ruang Ketiga Coffee yang dipilih berdasarkan purposive sampling. Hasil dari penelitian menemukan bahwa posisi internal dan eksternal Ruang Ketiga Coffee relatif kuat. Analisis SWOT yang dilakukan juga menghasilkan strategi SO, ST, WO, dan WT yang dapat diadopsi oleh Ruang Ketiga Coffee dalam meningkatkan kepuasan pelanggan.
ANALISIS DAN EVALUASI PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN PADA KINERJA MANAJEMEN RUMAH SAKIT UMUM PROVINSI (RSUP) NUSA TENGGARA BARAT
L. Jatmiko Jati;
Susilo Talidobel;
Logi Mulawarman;
Rizal Ramdani;
Sang Ayu Putu Kresna Semitha
Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 2 No. 7 (2023): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Publisher : CV SWA Anugrah
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.8734/musytari.v2i7.1248
Seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan kesehatan yang menyebabkan tingginya kebutuhan masyaratkat akan jasa pelayanan kesehatan. Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) Nusa Tenggara Barat (NTB) diharapkan mampu beroperasi secara efektif dan efisien agar dapat bersaing dengan rumah sakit lain sehingga dibutuhkan kinerja manajemen rumah sakit yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi faktor keberhasilan kinerja manajemen pada RSUP NTB. Metode pada penelitian ini yaitu deskriptif dan komparatif. Perencanaan strategis yang di formulasikan RSUP NTB terbukti mampu meningkatnya jumlah masyarakat yang mengunakan jasa pelayanan kesehatan RSUP NTB. Penyusun rencana dan penganggaran RSUP NTB mampu mengendalikan biaya operasional dengan tepat dan efektif. Manajemen RSUP NTB terus melakukan pengawasan dan pengukuran dalam pelaksanaan operasional rumah sakit dengan penerapan pengendalian formal dan pengendalian informal. Hal itu terbukti dengan pengelolaan jasa administrasi keuangan dan jasa administrasi lainnya yang sudah tertata dengan rapi dan lengkap. Tahap terakhir dalam SPM RSUP NTB yaitu evaluasi dan proyeksi. Pada tahap evaluasi, manajemen RSUP NTB menemukan beberapa catatan penting yang dapat di maksimalkan pada operasi RS kedepannya. Proyeksi manajemen kedepan adalah berfokus untuk menambah kualitas pelayanan RS dengan menjadikan fasilitas kamar menjadi ruang rawat inap dan juga mengembangkan sumber daya RS lain baik dari segi alat maupun SDM sehingga bisa melayani Masyarakat NTB dengan baik.
ANALISIS KINERJA LAPORAN KEUANGAN PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MUNTILAN
Riska Aulia Ulfah;
Vina Aprilia Putri;
Rizqia Arinda Shafira;
Atika Atika;
Herlina Manurung
Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 2 No. 7 (2023): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Publisher : CV SWA Anugrah
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.8734/musytari.v2i7.1273
RSUD Muntilan merupakan salah satu unit pelaksana teknis milik Pemda Kabupaten Magelang, yang tugas utamanya adalah memberikan pelayanan kesehatan dan memiliki fasilitas di bidang kedokteran spesalis dan menjadi rumah sakit rujukan di Kabupaten Magelang dan sekitarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja laporan keuangan pada rumah sakit umum muntilan tahun anggaran 2021- 2022. Kinerja adalah semua tindakan atau perilaku yang dikendalikan oleh individu dan memberikan kontribusi bagi pencapaian tujuan-tujuan organisasi.
ANALISIS DAMPAK CAREER DEVELOPMENT, KEPUASAN KERJA, PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT TERHADAP TURNOVER INTENTION KARYAWAN PADA NAGA SWALAYAN JATIASIH
Meri Henni Goretti Sitohang;
Muhammad Richo Rianto
Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 2 No. 7 (2023): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Publisher : CV SWA Anugrah
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.8734/musytari.v2i7.1285
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak dari career development (pengembangan karir), kepuasan kerja, dan perceived organizational support (dukungan organisasional yang dirasakan) terhadap turnover intention (keinginan untuk pindah kerja) karyawan di Naga Swalayan Jatiasih. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survei dan mengumpulkan data melalui kuesioner dari responden yang merupakan karyawan Naga Swalayan Jatiasih. Analisis data dilakukan menggunakan berbagai teknik statistik untuk mengevaluasi hubungan antara variabel-variabel tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman lebih dalam tentang faktor-faktor yang memengaruhi keinginan untuk pindah kerja di lingkungan kerja Naga Swalayan Jatiasih. Implikasi praktis dari penelitian ini dapat membantu manajemen dalam mengembangkan kebijakan dan strategi untuk meningkatkan pengembangan karir, kepuasan kerja, dan dukungan organisasional yang dirasakan, sehingga dapat mengurangi tingkat turnover intention karyawan.
ANALISIS DESKRIPTIF TERHADAP RISIKO KEPUTUSAN INVESTASI USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) TEH POCI MAGELANG
Devita Permatasari;
Dimas Raka Fatchurisna’in;
Umi Salamah;
Syahrul Malazia;
Endang Kartini Panggiarti;
Suci Nasehati Sunaningsih
Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 2 No. 7 (2023): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Publisher : CV SWA Anugrah
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.8734/musytari.v2i7.1287
Bisnis minuman tercatat sebagai bisnis yang mengalami pertumbuhan tinggi terutama di Indonesia. Hal ini disebabkan minuman merupakan kebutuhan primer yang harus dipenuhi oleh semua orang. Banyak outlet yang menyediakan berbagai minuman salah satunya minuman dengan merek “Teh Poci”. Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi bisnis Teh Poci diantaranya keputusan investasi yang menguntungkan bagi produsen serta modal usaha yang dibutuhkan juga sangat terjangkau. Faktor lain yang mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian, diantaranya adalah faktor harga dan produk.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keputusan investasi terhadap risiko yang diperoleh dari rencana hasil yang diharapkan terhadap UMKM minuman Teh Poci. Penelitian ini melakukan analisis menyeluruh terhadap investasi UMKM Teh Poci, dengan fokus pada aspek finansial dan risiko-risiko yang terkait. Metodologi penelitian melibatkan pengumpulan data primer dan sekunder, termasuk laporan keuangan, proyeksi penjualan, dan informasi pasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan instrumen berupa wawancara terhadap franchisee bisnis Teh Poci. Dalam mengelola risiko-risiko ini, strategi mitigasi melibatkan diversifikasi produk, pemantauan ketat terhadap biaya operasional, dan strategi pemasaran yang inovatif. Penelitian ini menunjukkan bahwa investasi UMKM teh poci memiliki potensi pengembalian yang menjanjikan, namun dibutuhkan manajemen risiko yang efektif untuk mengatasi tantangan yang mungkin timbul.
ANALISIS RASIO LAPORAN KEUANGAN UNTUK MENGUKUR KINERJA KEUANGAN PT. SAMUDERA MITRA SINERGI
Rosita Adjeng P;
Rosiana Khafida;
Aprilia Rizka R;
Muh.Gibran Abdiel A;
Endang Kartini Panggiarti
Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 2 No. 7 (2023): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Publisher : CV SWA Anugrah
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.8734/musytari.v2i7.1298
Analisis rasio keuangan terhadap PT Samudra Mitra Sinergi (SAMSIN) pada tahun 2021-2022 memberikan gambaran yang mendalam tentang kesehatan keuangan perusahaan. Analisis ini meliputi rasio likuiditas, aktivitas, hutang, dan keuntungan dievaluasi untuk memahami kinerja keuangan Perusahaan. Secara keseluruhan, analisis rasio keuangan mengindikasikan adanya perubahan yang signifikan dalam kesehatan keuangan PT SAMSIN dari tahun 2021 ke 2022. Perubahan ini menunjukkan potensi risiko yang perlu ditangani dengan hati-hati untuk memastikan keberlanjutan dan stabilitas keuangan perusahaan di masa mendatang.
ANALISIS PROSES PEMBAYARAN SIMPAN PINJAM PADA PUSAT KOPERASI REPUBLIK INDONESIA KOTA MEDAN
Misbah Hannum;
Nuri Aslami
Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 2 No. 7 (2023): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Publisher : CV SWA Anugrah
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.8734/musytari.v2i7.1300
Dalam perekonomian modern saat ini, koperasi masih menjadi salah satu lembaga keuangan yang dibutuhkan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan.Simpan Pinjam kota medan didirikan untuk menciptakan kemandirian ekonomi bagi seluruh anggotanya khususnya untuk menciptakan semangat solidaritas antar warga kota medan dengan membantu meningkatkan perekonomian anggota.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas alur penyaluran kredit pada simpan pinjam koperasi kota medan, apakah alur atau prosedur kredit tersebut sudah sesuai dengan tujuan dan memungkinkan untuk tetap diberikan ke dalam program atau tidak sehat .kategori arus kas Selanjutnya penulis akan mencoba membandingkan indikator wanprestasi (kredit macet) dengan indikator seperti: wawancara, pengumpulan data,pemeriksaan/penyelidikan fakta dan kewajiban Mengenai kasus ditemukan pelanggan dan lain-lain yang diperoleh, menyiapkan laporan, menganalisis data.. Hasil analisis selanjutnya digunakan untuk menguji hipotesis penulis sebelumnya sehingga menghasilkan kesimpulan yang sekaligus menjadi rekomendasi dan masukan bagi pusat koperasi kota medan
PELAYANAN PEMBAYARAN UANG PERKULIAHAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA DI UNIVERSITAS BHAYANGKARA JAKARTA RAYA
Dian Sudiantini;
Anisya Rayi Mimithi;
Mateus Wahyu Prasetyo;
Najwa Halidah Putri;
Nabilah Hermawan
Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 2 No. 7 (2023): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Publisher : CV SWA Anugrah
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.8734/musytari.v2i7.1305
Manajemen SDM adalah salah satu hal yang penting dan utama yang digunakan dalam pengelolaan sumber daya manusia yang dimiliki oleh suatu organisasi. Manajemen sumber daya manusia dapat diterapkan oleh berbagai macam lembaga seperti lembaga pendidikan. Dalam penerapannya MSDM di lembaga pendidikan memiliki peran yang penting dalam memperoleh SDM. Perekrutan SDM dalam lembaga pendidikan tentunya memiliki pengaruh terhadap strategi yang diberlakukan dalam lembaga tersebut. Salah satunya adalah strategi dalam pelayanan pembayaran uang perkuliahan. Penelitian ini dilaksanakan dengan maksud untuk mengetahui bagaimana penerapan pelayanan pembayaran uang perkuliahan di Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif dan metode penelitian survey untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan. Hasil dari penelitian ini menunjukan apakah bagi mahasiswa pelayanan pembayaran uang perkuliahan yang diberikan sudah berjalan dengan baik. Apakah sistem pembayaran uang perkuliahan kuliah sudah terjamin keamanannya. Apakah keluhan-keluhan yang terjadi mampu teratasi dengan baik.