cover
Contact Name
Jeperson Hutahaean
Contact Email
bhb.jurnalteknologipendidikan@gmail.com
Phone
+6282399206294
Journal Mail Official
bhb.jurnalteknologipendidikan@gmail.com
Editorial Address
Jl. Acces Road Kuala Tanjung Inalum No. 29 Dusun: Bahagia Kelurahan: Pakam Raya Selatan Kecamatan: Medang Deras Kabupaten: Batubara KP. 21258 Provinsi : Sumatera Utara
Location
Kab. batu bara,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Teknologi Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 29643767     DOI : https://doi.org/10.56854/tp.v1i2
Core Subject : Education,
Jurnal Teknologi Pendidikan adalah jurnal yang ditebitkan PT. Bangun Harapan Bangsa untuk memuat dan menyebarluaskan hasil penelitian lapangan atau studi literatur dengan ruang lingkup teknologi pendidikan dengan kajian pengembangan kurikulum terutama disain, pengembangan, pemanfaatan berbagai sumber belajar, implementasi, dan penilaian program dan hasil belajar. Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan dengan nomor E-ISSN 2964-3767 dan SK: 005.29643767/K.4/SK.ISSN/2022.11. Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan dua kali dalam setahun, di bulan Juni dan bulan Desember. Jurnal ini diterbitkan oleh PT. Bangun Harapan Bangsa. Jurnal yang di-submit ke Jurnal Teknologi Pendidikan akan melalui proses Peer-Review. Jurnal yang diterima akan tersedia untuk di-download secara online. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Focus & Scope Fokus publikasi jurnal ini dalam bidang ilmu Teknologi Pendidikan dan bidang lainnya dengan kajian yang relevan dengan Teknologi Pendidikan yang meliputi hasil penelitian dosen, mahasiswa, dan praktisi dari berbagai lembaga pendidikan, lembaga penelitian, dan departemen. Bidang Kajian meliputi 1. Pengembangan Kurikulum terutama Disain 2. Pemanfaatan Berbagai Sumber Belajar 3. Implementasi dan 4. Penilaian Program dan Hasil Belajar
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1: Juni 2023" : 5 Documents clear
Studi Tentang Efektifitas Pembelajaran Adaptif Berbasis Teknologi di Pendidikan Dasar Arfan Syahputra, Wan; Hanum, Zulia
Jurnal Teknologi Pendidikan Vol. 2 No. 1: Juni 2023
Publisher : PT. Bangun Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56854/tp.v2i1.220

Abstract

Media pembelajaran adaptif pada intinya adalah perubahan alat atau media yang bertujuan untuk memberi peluang kepada siswa di sekolah dasar untuk mengikuti program pembelajaran dengan tepat, efektif, dan dengan kepuasan. Prinsip utama perubahan media pembelajaran adalah menyesuaikan aktivitas dengan kapasitas sekolah dasar untuk melakukan aktivitas tersebut. Dalam waktu yang sangat singkat, sistem pembelajaran adaptif dapat menyediakan materi pembelajaran atau konten yang dapat disesuaikan dengan situasi setiap siswa dari berbagai sumber. Ini mencakup animasi, video, diagram interaktif, dan fitur berbasis web lainnya yang dapat digunakan siswa saat dibutuhkan. Singkatnya, dalam sistem pembelajaran adaptif, siswa dapat mengontrol proses belajar mereka, mendapatkan akses ke sumber daya yang sesuai dengan kebutuhan mereka, dan mempelajari sesuai kecepatan mereka sendiri. Teknologi pembelajaran adaptif dapat membuat lingkungan pembelajaran yang dapat disesuaikan secara cerdas dengan kebutuhan unik siswa dengan menyediakan informasi yang tepat, bahan ajar, perancah (atau scaffold), umpan balik, dan rekomendasi yang didasarkan pada karakteristik siswa.
Perbandingan Efektivitas Pembelajaran Tradisional dan Pembelajaran Berbasis Video Di Sekolah Menengah Atas Mazaimi, Zulfan; Sary, Irma
Jurnal Teknologi Pendidikan Vol. 2 No. 1: Juni 2023
Publisher : PT. Bangun Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56854/tp.v2i1.221

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan efektivitas pembelajaran tradisional dan pembelajaran berbasis video di SMA Negri 1 KUALUH SELATAN. Metode yang digunakan adalah kualitatif yaitu mengumpulkan data dan menganalisis proses belajar siswa dengan memanfaatkan media video yang disediakan pihak sekolah. pembelajaran tradisional umumnya bergantung pada metode pengajaran dan penggunaan bahan ajar, dan efektivitasnya sering kali bergantung pada keterampilan berbicara dan presentasi guru. Dalam pembelajaran tradisional, interaksi langsung dan kesempatan tanya jawab merupakan keuntungan utama, namun beberapa siswa mungkin kesulitan memahami materi jika metode penyampaiannya tidak sesuai dengan gaya belajar mereka. Pada saat yang sama, penggunaan media video dapat memberikan visualisasi dan demonstrasi yang lebih konkrit, sehingga dapat membantu semua jenis pembelajar, terutama mereka yang lebih bersifat visual dan kinestetik. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan media video untuk pembelajaran memang membantu siswa memahami materi yang diberikan guru dan memudahkan mereka dalam menguasai materi yang disampaikan. Kegiatan ini dilakukan dengan mempersiapkan materi, memastikan tempat dan fasilitas pendukung, menjelaskan teori tentang materi dengan cara belajar melalui video, pembuatan media pembelajaran siswa dan juga kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk ceramah, diskusi serta tanya jawab di ruangan kelas.
Analisis Penerapan Multimedia Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar Yanti Situmorang, Dina
Jurnal Teknologi Pendidikan Vol. 2 No. 1: Juni 2023
Publisher : PT. Bangun Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56854/tp.v2i1.222

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepraktisan dan keefektifan penerapan multimedia dalam pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar. Pendidikan yang berkualitas sangat penting untuk menciptakan masyarakat yang cerdas dan demokratis, sehingga pembaharuan dalam metode pembelajaran selalu diperlukan. Penggunaan multimedia interaktif, seperti Lectora Inspire, dalam pembelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap materi ajar. Multimedia interaktif memungkinkan penyajian materi yang lebih menarik dan efisien, yang dapat membantu siswa mengembangkan kemampuan berbahasa mereka dengan lebih baik. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan multimedia interaktif dalam pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar tidak hanya meningkatkan hasil belajar siswa tetapi juga membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan. Data yang diperoleh dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pengembangan metode pembelajaran yang lebih kreatif dan efektif di masa mendatang.
Pengaruh Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Berbasis Android Terhadap Motivasi Belajar Siswa Rahmah, Shabrina; Farhan Hadi, Muhammad
Jurnal Teknologi Pendidikan Vol. 2 No. 1: Juni 2023
Publisher : PT. Bangun Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56854/tp.v2i1.223

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi masa kini telah mendorong perubahan signifikan dalam dunia pendidikan. Teknologi ini memungkinkan pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif, sehingga meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa. Sebagai salah satu bentuk inovasi, media pembelajaran digital seperti Canva dan aplikasi berbasis Android dapat memfasilitasi proses belajar-mengajar yang lebih efektif. Studi ini menyoroti pentingnya peran media pembelajaran dalam menarik minat siswa dan meningkatkan motivasi belajar mereka. Meskipun banyak guru masih menggunakan media konvensional, penggunaan teknologi digital terbukti lebih efektif dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan produktif. Penelitian ini khususnya fokus pada pengaruh aplikasi pembelajaran berbasis Android terhadap motivasi belajar siswa di SMK Negeri 1 Kisaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi tersebut memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini juga membandingkan hasil dengan beberapa studi sebelumnya yang menunjukkan bahwa media pembelajaran digital meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa di berbagai mata pelajaran dan jenjang pendidikan. Kesimpulannya, penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi, khususnya aplikasi Android, dapat menjadi solusi inovatif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di era digital ini.
Peran Teknologi Pendidikan dalam Meningkatkan Keterampilan Kolaboratif Siswa Mahmud Hamdi, Satria
Jurnal Teknologi Pendidikan Vol. 2 No. 1: Juni 2023
Publisher : PT. Bangun Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56854/tp.v2i1.224

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah membawa perubahan besar dalam berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk pada bidang pendidikan. Yang dimana pada bidang pendidikan ini merupakan salah satu sektor yang paling banyak mengalami transformasi akibat penggunaan teknologi. Selain itu teknologi pendidikan tidak hanya mengubah cara pengajaran dan pembelajaran, tetapi juga membuka peluang baru untuk meningkatkan keterampilan siswa. Selain itu dalam penelitian kali ini untuk menyelidiki serta mengidentifikasi bagaimanakah teknologi pendidikan dapat digunakan secara efektif untuk meningkatkan keterampilan kolaboratif dari siswa pada lingkungan pendidikan. Selain itu juga terdapat tujuan lain seperti yaitu untuk mengeksplorasi berbagai jenis teknologi pendidikan yang dapat digunakan untuk memfasilitasi interaksi serta kerja sama antar siswa. Selain itu juga dalam penelitian kali ini menggunakan Metode Penelitian yaitu menggabungkan antara pendekatan kuantitatif dan pendekatan kualitatif, dengan tujuan untuk mendapatkan data yang komprehensif dan mendalam. Maka berdasarkan pemaparan yang ada, disini kami selaku peneliti akan menarik beberpa kesimpulan inti antara lain seperti untuk kesimpulan yang pertama yaitu dalam penelitian kali ini menemukan bahwa teknologi kolaboratif dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Dengan memfasilitasi akses yang lebih mudah terhadap sumber daya pendidikan dan mendukung komunikasi secara real-time antar siswa, maka platform ini dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih inklusif dan responsif terhadap kebutuhan individu dan kelompok. Selain itu juga dampak positif ini tidak hanya terlihat dalam peningkatan partisipasi siswa dalam kelas, tetapi juga dalam peningkatan kualitas interaksi dan kerja sama tim diantara para siswa yang ada dan untuk kesimpulan yang terakhir yaitu penggunaan teknologi kolaboratif ini telah membawa dampak positif pada pengembangan keterampilan "soft skills" dari para siswa. Yang dimana hal ini menunjukkan bahwa peningkatan yang signifikan dalam kemampuan komunikasi, kerja sama tim, serta kepemimpinan informal diantara para siswa yang terlibat aktif dalam pembelajaran berbasis teknologi ini. Hal ini menegaskan bahwa integrasi teknologi tidak hanya berdampak pada aspek akademis, tetapi juga mempersiapkan siswa untuk menghadapi tuntutan kehidupan di masa yang akan datang.  

Page 1 of 1 | Total Record : 5